in

15 Rekomendasi Drama Turki Romantis yang Fenomenal

https://www.themoviedb.org/

Drama Turki Romantis – Pada dasarnya, setiap negara memang memiliki serial drama yang memiliki keunikan masing-masing dan tentunya menonjolkan budaya sendiri. Secara tidak langsung, memang serial drama mengajarkan kebudayaan tertentu yang dimiliki di suatu daerah kepada para penontonnya.

Ditambah lagi, jika alur ceritanya menarik, pasti banyak penonton yang langsung mencari tahu tentang hal-hal tentang serial drama tersebut.

Drama Turki Romantis

Di Indonesia sendiri, tentunya sudah memproduksi berbagai serial drama dengan kualitas tidak kaleng-kaleng. Semakin hari, produksi serial drama semakin ditingkatkan supaya daya tarik pemirsa “tidak pergi” ke serial drama lainnya. Melalui akting pemeran, alur cerita, sinematografi, hingga promosinya pun sudah kian berinovasi dan berkualitas.

Jika Grameds sering menonton televisi, pasti sering dong menonton berbagai serial drama yang ditayangkan. Mulai dari serial drama buatan anak negeri, dari Korea Selatan, dari Jepang, dari India, hingga Turki. Beberapa serial drama asal Turki yang terkenal di tanah air ini adalah Elif yang ditayangkan melalui channel ANTV dan dialihbahasakan oleh pengisi suara.

Nah, siapa sangka bahwa serial drama asal Turki itu ternyata begitu laris di pasaran. Terlebih lagi serial drama dengan genre romantis yang pasti akan membuat penonton ikut kasmaran. Lantas, apa sih rekomendasi serial drama Turki romantis yang dapat Grameds tonton? Beberapa serial drama Turki romantis berikut ini ternyata sudah ditayangkan di saluran ANTV dan dapat ditonton di saluran streaming Netflix. Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

15 Rekomendasi Drama Turki Romantis

1. The Magnificent Century

Drama Turki Romantis
https://www.themoviedb.org/
  • Tahun Rilis: 2011-2014
  • Genre: Biografi, Drama, Sejarah, Romantis
  • Jumlah Episode: 139

Rekomendasi drama Turki romantis yang pertama adalah The Magnificent Century atau Muhtesem Yüzyil. Menceritakan tentang Suleiman, seorang kaisar yang memerintah di era Kekasiran Ottoman dalam waktu yang lama dan istrinya yang merupakan seorang gadis budak dari Ukraina, Hurrem Sultan. Berhubung serial drama legendaris ini memiliki total 139 episode, maka alur ceritanya pun akan begitu dramatis karena menceritakan pula bagaimana kerabat dan teman-teman di sekitar Suleiman.

Serial drama ini menyuguhkan plot yang penuh intrik terutama dalam kehidupan kerajaan. Ditambah lagi adanya cerita di era Kesultanan Wanita, dimana ibu dan istri Sultan akan memberikan pengaruh besar dalam politik kerajaan. Dalam serial drama ini, tidak akan tahu siapa teman dan musuh yang sesungguhnya.

Bagi Grameds yang suka dengan serial drama seputar sejarah sekaligus romantis, coba deh nonton serial drama The Magnificent Century ini di platform streaming Netflix. FYI, serial drama ini juga pernah ditayangkan di ANTV lho dengan judul yang dialihbahasakan menjadi Abad Kejayaan.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

2. Be My Sunshine

Drama Turki Romantis
https://dizilah.com/
  • Genre: Comedy, Romance
  • Tahun Rilis: 2021
  • Jumlah Episode: 25

Jika rekomendasi drama Turki romantis sebelumnya memiliki plot cerita yang terlalu intrik, coba deh tonton serial drama Be Your Sunshine alias Bir Ada Masali. Menceritakan tentang seorang gadis kota bernama Haziran yang menjalani hidup serba ada, kemudian bertemu dengan laki-laki sederhana yang bekerja di sebuah pabrik zaitun kecil bernama Poyraz. Namun, siapa sangka bahwa kehidupan mereka akan berubah drastis setelah bertemu?

Entah suatu kebetulan, perusahaan tempat kerja Haziran tiba-tiba mengirimnya ke pulau terpencil untuk menemukan wilayah yang cocok guna pembangunan resort baru. Dari situlah, pertemuan Haziran dengan Poyraz terjadi.

3. Kiralik Ask (Love For Rent)

https://www.themoviedb.org/
  • Genre: Comedy, Romance
  • Tahun Rilis: 2015-2017
  • Jumlah Episode: 69

Menceritakan tentang seorang gadis miskin bernama Defne yang dipaksa untuk membuat pria kaya supaya jatuh cinta kepadanya. Defne yang hidupnya terjerat banyak hutang dan tidak dibantu keluarganya sama sekali, akhirnya memutar otak. Atas hal itulah, Defne berusaha membuat seorang desainer sepatu kaya, Omar, menikahinya.

4. Vatanim Sensin (Wounded Love)

Drama Turki Romantis
https://www.imdb.com/
  • Genre: Drama, History, Romance
  • Tahun Rilis: 2016-2018
  • Jumlah Episode: 59

Vatanim Sensin alias Wounded Love ini dapat dikatakan sebagai serial Turki romantis terbaik karena secara keseluruhan berisikan kisah tentang cinta, perang, pengkhianatan, dan perjuangan hidup. Mengambil latar belakang waktu saat periode Perang Kemerdekaan Turki di tahun 1919, serial drama ini menceritakan sebuah keluarga yang berantakan akibat perang tersebut.

Cevdet adalah seorang Jenderal perang yang harus menjadi mata-mata dalam militer Yunani. Cevdet memiliki keluarga bahagia yang tinggal di wilayah Thessaloniki, baik istrinya Azize dan ketiga anaknya.

Namun ternyata, rekan Cevdet ada yang diam-diam menyukai Azize dan mengatakan bahwa Cevdet telah meninggalkan dirinya. Mendengar hal itu, tentu saja membuat Azize kecewa dan marah sehingga langsung membawa ketiga anaknya pergi dari rumah.

Azize menyadari bahwa membesarkan anak-anaknya sendirian itu tidaklah mudah. Ketiga anaknya memiliki sifat egois, pemarah, dan salah satu diantaranya malah menjadi provokator melawan pemerintahan setempat. Hingga akhirnya, Azize bertemu kembali dengan Cevdet suaminya, tetapi dalam sosok yang berbeda.

5. Price of Passion

https://aphrodite.gmanetwork.com/
  • Genre: Action, Drama, dan Romance
  • Tahun Rilis: 2017-2018
  • Jumlah Episode: 32

Satu lagi serial drama Turki romantis yang tidak boleh dilewatkan yakni Price of Passion. Menceritakan seorang wanita bernama Asli yang berprofesi sebagai seorang dokter. Kepribadiannya adalah penyayang, selalu membantu orang lain, dan kuat kepada diri sendiri.

Tiba-tiba saja, dirinya diculik oleh seorang lelaki dan dipaksa untuk menikah dengannya. Awalnya, tentu saja Asli menolak hal itu, tetapi semakin berjalannya waktu dirinya memahami alasan mengapa penculik tersebut melakukan hal itu. Lambat laun, Asli mulai jatuh cinta kepada sosok penculik tersebut.

6. Cesur Ve Guzel (Brave and Beautiful)

Drama Turki Romantis
https://wikimedia.org/
  • Genre: Crime, Drama, Romance
  • Tahun Rilis: 2016-2017
  • Jumlah Episode: 32

Menceritakan tentang Cesur, lelaki yang selalu berencana balas dendam atas kematian ayahnya. Namun siapa sangka bahwa dirinya akan jatuh cinta dengan Suhan, seorang putri dari pria yang selama ini selalu disangka Cesur adalah sosok pembunuh ayahnya. Lalu, siapakah pembunuh ayah Cesur yang sebenarnya? Bagaimana nasib Cesur dan Suhan bersama dalam menghadapi dunia?

7. Calikusu (Love Bird)

https://wikimedia.org/
  • Genre: Drama, History, Romance
  • Tahun Rilis: 2013-2014
  • Jumlah Episode: 72

Serial drama Turki romantis ini diadaptasi dari novel klasik dengan judul yang sama. Menceritakan tentang Feride, seorang gadis yatim piatu yang memiliki paman dan bibinya kaya.

Suatu hari, ketika Feride mengunjungi paman dan bibinya itu, dirinya bertemu dengan sepupu yang baru saja ditemuinya bernama Kamran. Seiring berjalannya waktu, Feride jatuh cinta pada pesona Kamran dan begitu juga sebaliknya. Namun, kisah cinta akan keduanya harus dihadapkan oleh konflik keluarga besar.

8. You Knock On My Door

Drama Turki Romantis
https://www.imdb.com/
  • Genre: Comedy, Romance
  • Tahun Rilis: 2020-2021
  • Jumlah Episode: 52

Menceritakan tentang suatu hubungan palsu antara seorang perempuan bernama Eda dan seorang lelaki bernama Serkan. Keduanya harus menjalani hubungan palsu dengan berpura-pura tunangan karena suatu tujuan. Eda adalah seorang wanita penjual bunga yang gigih untuk berkuliah. Sayangnya, tiba-tiba saja beberapa pihak membatalkan beasiswa kuliahnya.

Eda tentu saja tidak terima akan hal tersebut dan mendatangi pihak setempat guna mempertanyakan bagaimana beasiswanya. Namun karena suatu masalah, tiba-tiba saja Eda berakhir bersama Serkan dan ketahuan oleh media massa. Alhasil, keduanya diberitakan sebagai seorang pasangan.

Kebetulan, Serkan yang kala itu tengah putus karena dicampakkan oleh mantan pacarnya, kemudian menggunakan kesalahpahaman media massa itu untuk balas dendam.

9. What Is Fatmagul’s Fault?

https://www.themoviedb.org/
  • Genre: Drama, Romance
  • Tahun Rilis: 2010-2012
  • Jumlah Episode: 80

Hampir sama dengan rekomendasi drama Turki romantis sebelumnya, serial drama What Is Fatmagul’s Fault? ini juga diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Menceritakan tentang seorang gadis bernama Fatmagul yang berasal dari kota kecil.

Suatu malam, dirinya diperkosa oleh 3 pria mabuk. Seorang pria bernama Kerim yang juga teman dari para pemerkosa itu, tidak ikut andil dalam insiden mengenaskan tersebut. Namun walaupun Kerim tidak melakukan apa-apa, dirinya selalu merasa bersalah terhadap Fatmagul.

Para orang tua dari ketiga pelaku pemerkosaan itu malah menyuruh Fatmagul menikahi Kerim dengan dalih untuk menyelamatkan kehormatan keluarganya.

Di sisi lain, kekasih Fatmagul justru membatalkan pertunangannya dan hendak balas dendam baik kepada Fatmagul maupun Kerim. Cerita menjadi semakin intens ketika Kerim jatuh cinta pada Fatmagul dan Fatmagul pun dengan berani melawan 3 pelaku pemerkosaan tersebut.

10. Love 101

Drama Turki Romantis
https://www.imdb.com/
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Teens
  • Tahun Rilis: 2020-2021
  • Jumlah Episode: 32

Jika Grameds mencari serial drama Turki romantis di platform Netflix, mungkin dapat menonton Love 101 ini. Menceritakan tentang sekelompok siswa di sekolah menengah yang selalu membuat onar dan mereka pun dikeluarkan dari sekolah. Namun, seorang guru bernama Burcu akhirnya menentang keputusan tersebut.

Belakangan diketahui bahwa Burcu harus pindah ke kota lain karena suatu masalah. Tentu saja hal tersebut membuat para sekelompok siswa menolak karena bagi mereka, Burcu adalah sosok penolong. Alhasil ada salah satu siswa yang berpikir bahwa mungkin saja Burcu akan tetap tinggal di sekolah tersebut jika dirinya jatuh cinta dengan pria di kota tersebut.

Para sekelompok siswa tersebut akhirnya “memilih” seorang pelatih bola basket, Kemal, untuk dijadikan sosok pria yang akan menjadi pasangan Burcu.

11. Black Money Love (Cinta Elif)

https://www.imdb.com/
  • Genre: Drama, Mystery, Romance
  • Tahun Rilis: 2014-2015
  • Jumlah Episode: 164 (2 season)

Menceritakan tentang kisah cinta antara Omer dan Elif yang bertemu setelah terjadi sebuah pembunuhan misterius. Omer sendiri adalah seorang polisi, sementara Elif adalah seorang perancang busana kelas elit. Awalnya, keduanya bekerja sama untuk mengungkap teka-teki pembunuhan yang menimpa ayah Elif dan tunangan Omer di mobil yang sama. Semakin berjalannya waktu, keduanya pun jatuh cinta.

12. Another Self

Drama Turki Romantis
https://www.doyouknowturkey.com/
  • Genre: Drama, Romance
  • Tahun Rilis: 2022
  • Jumlah Episode: 8

Serial drama Turki romantis ini merupakan serial Netflix Original yang berisikan kisah mengenai persahabatan, cinta, dan rasa ingin memiliki. Menceritakan tentang 3 teman wanita yakni Sevgi, Ada, dan Leyla, yang menjalani kehidupan bahagia. Namun semuanya berubah ketika dokter menyatakan bahwa Sevgi tengah menderita kanker.

Alih-alih menjalani perawatan kemoterapi, Sevgi justri memilih perawatan konstelasi dari seorang pria yang tinggal di Ayvalik. Atas nama persahabatan, akhirnya Ada dan Leyla turut pindah ke Ayvalik untuk menemani Sevgi menjalani perawatan. Siapa sangka, di kota kecil tersebut justru ketiganya menemukan pria impian mereka masing-masing.

13. Ertugrul: Resurrection

https://www.imdb.com/
  • Genre: Historical, Adventure, Romance, Drama
  • Tahun Rilis: 2014-2019
  • Jumlah Episode: 360 (4 season)

Serial drama Turki romantis yang satu ini menjadi salah satu serial drama sejarah dengan rating tertinggi. Banyak yang menganggap bahwa Ertugrul: Resurrection ini adalah Game of Thrones versi Turki. Terlebih lagi, romansa antara Halime Hatun dan Ertugrul Bey sangat apik di serial ini.

Secara keseluruhan, serial drama ini menceritakan kehidupan nyata dari Kekaisaran Ottoman dengan menonjolkan tokoh-tokoh sejarah penting.

14. Shahmaran

Drama Turki Romantis
https://www.imdb.com/
  • Genre: Drama, Fantasy, Romance
  • Tahun Rilis: 2023
  • Jumlah Episode: 8

Serial drama Turki romantis termasuk baru dirilis pada tahun ini dapat dapat ditonton melalui platform Netflix.

Menceritakan tentang mahasiswa PhD bernama Shahsu yang pindah ke kota Adana untuk kuliah dan tinggal bersama kakeknya. Namun ternyata, rumah kakeknya itu sangat jauh dari kota dan tiba-tiba muncullah hal-hal misterius kepadanya.

Salah satunya adalah pertemuannya dengan sosok pria tampan bernama Maran yang seolah selalu menjaganya dari situasi-situasi mencekam.

15. Midnight at The Pera Palace

https://filmyhype.com/
  • Genre: Drama, Romance, Fantasy
  • Tahun Rilis: 2022
  • Jumlah Episode: 8

Menceritakan tentang seorang jurnalis bernama Esra yang hidup di kota Turki modern, tiba-tiba mengalami perjalanan waktu dan mendapati dirinya kembali di Turki tahun 1919. Perjalanan waktunya itu membuatnya berhasil menyelamatkan bapak pendiri Turki modern, Mustafa Kemal, dari upaya pembunuhan. Setelah itu, Esra bertemu dengan seorang pria tampan bernama Halit.

Itulah beberapa rekomendasi drama Turki romantis. Dari semua drama di atas, drama Turki romantis mana yang sudah kamu tonton?

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jika ingin mencari buku yang berkaitan dengan Turki, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Atau kamu bisa melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini.

7 Rekomendasi Buku Terkait Drama Turki Romantis

1. Bahasa Turki Dasar

Bahasa Turki merupakan anggota cabang dari Bahasa-bahasa Turki, yang meliputi bahasa Turki Gagauz dan bahasa Turki Khorasani. Tergolong subkelompok Turki Selatan, yang tergolong dalam kelompok bahasa Altai.

Inilah buku berbahasa Indonesia pertama dan satu-satunya yang sanggup menghadirkan beragam topik tentang bahasa Turki secara ringan dan dasar. Buku ini diharapkan menjadi rujukan utama bagi publik Indonesia yang ingin mengenal tata bahasa dasar, kamus dan kosakata, serta ungkapan-ungkapan dasar dalam bahasa Turki.

Buku ini bukan melulu membahas tentang tata bahasa, tetapi juga dilengkapi dengan sejarah singkat dan rumpun bahasa Turki, idiom-idiom, peribahasa, dan ekspresi khas Turki, kamus dasar, contoh-contoh percakapan dengan beragam topik seperti di bank, stasiun, dan pasar, ekspresi cinta dan asmara, hingga ke praktik menerjemah.

2. Jalan-Jalan Ke Turki

Dalam buku ini, para pelajar Indonesia di Turki menceritakan pengalaman mereka backpacking ke berbagai daerah di Turki, dari kota besar hingga pelosok desa dan perbatasan negara. Dari wisata mainstream hingga tempat-tempat unik dan tersembunyi. Semua dirangkum dalam narasi yang apik dan menarik untuk Anda baca sebagai referensi jalan-jalan ke Turki atau menikmati Turki lewat cerita-cerita mereka.

Ketika seseorang melakukan sebuah perjalanan, ia akan menemukan ilmu baru dan pengalaman baru. Sementara itu membaca hanya mengembangkan diri, tetapi pengalaman tidak bertambah. Jika kalian mempunyai pemikiran seperti itu, apakah kalian tidak tertantang untuk membuktikan bahwa seorang pengelana lah yang paling banyak tahu dan mempunyai ilmu daripada orang yang kerjanya hanya membaca?

Kalau begitu, mari ambil ransel dan menjelajahlah!

3. Seribu Warna Turkiye

Ibarat seorang gadis, Turki dikenal oleh masyarakat Indonesia hanya lewat jilbab merah muda yang melambai karena angin kencang atau lewat sepotong wajah dengan ekspresi yang tidak sepenuhnya dipahami. Begitulah Turki, dulu, hari ini, dan mungkin seterusnya.

Buku kedua karya Turkish Spirits ini semacam jendela bagi halaman luas dan misterius bernama Turki; kita dipersilakan mengintipnya kapan saja, menatap warna-warni dan pernak-pernik kehidupan yang luas dengan tensi dan intriknya masing-masing.

Novel Seribu Warna Turkiye ini dikemas dengan asyik dan ringan, menghadirkan tema – tema tentang Turki yang tidak dijumpai di Google ataupun di peranti online manapun. Secara tidak langsung kamu akan menjelajahi Turki, tanpa harus mengeluarkan budget yang menguras kantong. Selamat membaca!!

4. Best Of Turki

Turki adalah sebuah negara yang terletak di antara dua benua. Posisinya yang strategis membuat negara ini unik dan kaya akan sejarah. Berbagai kesultanan dan kerajaan pernah menginjakkan kakinya di tanah Turki, bahkan kesultanan terbesar di dunia, Ottoman. Hal ini menjadikan negara Turki sebuah saksi akan kehidupan kerajaan dan kesultanan masa lampau.

Begitu banyak tempat yang harus dijelajahi, begitu banyak kekayaan alam yang perlu dikunjungi, dan begitu banyak sejarah yang perlu diresapi, tapi begitu terbatas waktu yang ada. Buku ini akan membantu para pelancong menentukan destinasi dan rute perjalanan yang efektif dan menyeluruh, agar setiap wisatawan dapat menikmati hal terbaik yang ditawarkan oleh Turki.

“Buku ini bisa menjadi bekal untuk membayangkan betapa indah, kaya sejarah, serta kaya budayanya negeri yang berada di antara dua benua ini.” – Robertus Irawan Minister Counselor of Social, Cultural, and Information Embassy of the Republic of Indonesia, Ankara, Turkey

5. Kitab Hitam Turki

Buku “Kitab Hitam Turki” berisi kumpulan tulisan karya Bernando J. Sujibto yang mencoba untuk memotret sejumlah isu sensitif di Turki. Ditulis secara lugas dengan penggunaan gaya bahasa yang apik.

Tulisan-tulisan di dalam buku ini memuat isu-isu sensitif, data-data “hitam”, dan hal-hal yang bersifat “di balik layar” mengenai Turki. Oleh karenanya, penulis memilih judul Kitab Hitam Turki, untuk mempertegas bahwa buku ini memang penuh dengan “catatan-catatan hitam” dari bangsa dan negara Dua Benua itu.

Dengan buku ini, penulis tidak bermaksud untuk membuka aib atau menjelek-jelekkan Turki, melainkan sebagai bahan referensi dan bacaan alternatif untuk memasuki cakrawala Turki yang luas.

6. Travel and Talk Turkish

Buku ini berisi kumpulan lebih dari 1.000 Kosakata dan frasa praktis bahasa Turki yang sangat berguna untuk kunjungan Anda ke Turki. Ukuran bukunya yang Praktis, membuatnya mudah untuk dibawa ke mana saja. Dengan begitu, Anda bisa belajar dengan buku ini di mana dan kapan saja.

7. Smart Book Bahasa Turki

Siapa yang tidak mengenal Bahasa Turki? Apalagi setelah banyaknya informasi bahwa negara Turki menyimpan banyak keindahan. Banyak orang berlomba-lomba ingin berkunjung kesana untuk membuktikannya.

Buku ini berisi kumpulan tata bahasa Turki dasar lengkap yang dibagi menjadi sebelas bagian. Buku ini disusun dengan mengacu kepada standar kurikulum buku tata bahasa Turki bagi penutur asing yang beredar di lembaga-lembaga pengajaran bahasa Turki.

Bahasa Turki bagi penutur asing diakui dengan menggunakan standar internasional yang disebut The Common European Framework of Reference for Language (CEFR). Menurut CEFR, Bahasa Turki dibagi menjadi 6 level, yaitu: A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Buku ini mencakup level A1 dan A2 yang merupakan level dasar bahasa Turki. Selamat belajar!

Sumber:

https://reelrundown.com/

https://digitalcruch.com/

Baca Juga!