in

Profil Sana TWICE, Sang Idol Kpop Ikonik ‘Shy Shy Shy’

https://kpopping.com/

Sana TWICE – Para penggemar K-Pop pasti tidak asing dong dengan lirik ikonik berupa ‘Shy shy shy’ dari lagu “Cheer Up” milik TWICE kan? Nah, pelantun dari lirik ikonik tersebut adalah Sana TWICE yang kemudian membuatnya semakin populer dikenal masyarakat luas. Terlebih lagi, lagu “Cheer Up” saat itu adalah comeback pertama TWICE setelah debutnya pada tahun 2015.

Mengingat TWICE adalah salah satu girl group K-Pop yang masih terkenal hingga saat ini, tentu saja nama Minatozaki Sana alias Sana TWICE tidak akan lepas dari perbincangan. Meskipun Sana berasal dari Jepang, tetapi dirinya berhasil mengalahkan sederetan trainee lain untuk debut bersama kedelapan member TWICE lainnya.

Lantas, bagaimana sih profil dan perjalanan karir seorang Sana TWICE sehingga dapat berada di posisinya sekarang ini? Bagaimana pula cerita kehidupan pribadi Sana mulai dari keluarga, pendidikan, hingga kasus kontroversinya yang berkaitan dengan pengunduran diri Kaisar Jepang Akihito? Yuk, simak segalanya tentang Sana TWICE berikut ini!

Biodata dan Profil Sana TWICE

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Minatozaki Sana
  • Nama Panggung: Sana
  • Tanggal Lahir: 29 Desember 1996
  • Zodiak: Capricorn
  • Zodiak China: Tikus (Rat)
  • Tinggi Badan: 164 cm (5’3”)
  • Golongan Darah: B
  • MBTI: ENFP
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Pendidikan: University Entrance Qualification Examination.
  • Posisi di Grup: Sub Vocalist
  • Akun Instagram: m.by__sana

Ingin mengetahui lebih dalam tentang member TWICE? Nah, kamu bisa mengetahuinya melalui buku Twice Just For Once. Dalam buku ini, kamu juga akan mengetahui tentang perjalanan karir dari Girlband berisi 9 cewek-cewek ini dibentuk dari sebuah program pencarian bakat khusus trainee perempuan JYP Entertainment, yang bertajuk ‘SIXTEEN’.

Sana TWICE

Perjalanan Karir Sana TWICE

https://aminoapps.com/

Untuk menjadi idol K-Pop itu tidaklah mudah ya Grameds. Ada banyak sekali hal yang harus dilatih, terutama bagi para trainee yang berasal dari luar negeri. Selain kendala bahasa yang jelas tidak sama, mereka juga harus beradaptasi pada budaya dan sistem yang ada di negara Korea Selatan yang tak jarang berbeda dari negara asalnya.

Begitu pula yang dirasakan oleh Minatozaki Sana yang memang memiliki impian untuk menjadi seorang penyanyi. Pada tahun 2009 ketika Sana berusia 13 tahun, dirinya sudah mulai menjadi trainee di EXPG Japan Studio cabang Osaka, sebuah agensi Jepang yang menaungi idol J-Pop E-girls dan GENERATIONS from Exile Tribe.

Yap, kala itu memang Sana benar-benar ingin menjadi idol J-Pop. Namun itu semua berubah setelah salah satu staf JYP Entertainment menemukannya dalam street casting.

2012: Street Casting oleh Staf JYP Entertainment

Tepatnya pada bulan April, ketika Sana masih berusia 16 tahun dan duduk di bangku sekolah menengah, dirinya tengah berjalan-jalan di mall bersama teman-temannya. Tiba-tiba, datangnya seorang yang mengaku sebagai staf JYP Entertainment dan mengundangnya untuk mengikuti audisi. Berhubung Sana sudah pernah berlatih untuk menjadi idol sebelumnya, maka ketika audisi pun dirinya lolos dengan mudah.

Saat audisi, Sana membawakan lagu “Mr. Taxi” yang dipopulerkan oleh SNSD dan langsung lolos ke babak selanjutnya. Artinya, Sana mendapatkan kesempatan untuk menjadi trainee di JYP Entertainment dan berpeluang menjadi idol K-Pop. Sana tentu saja senang akan hal tersebut karena dirinya memang suka dengan K-Pop setelah menonton konser 2PM di Osaka. Sedikit trivia saja nih, boygroup 2PM itu merupakan senior TWICE di agensi yang sama.

Awalnya, orang tua Sana enggan melepas anaknya untuk menjadi trainee di Korea Selatan. Namun karena Sana begitu bertekad besar untuk mengejar mimpinya sebagai idol, maka kedua orangtuanya pun mengizinkannya. Sana juga harus berhenti sekolah dan tinggal di luar negeri sendirian. Maka saat usianya 15 tahun, dirinya terbang ke Seoul dan menjadi trainee di JYP Entertainment.

Selama menjadi trainee, Sana menghabiskan waktu selama 3 tahun lamanya. Sana bersama Momo juga termasuk dalam line-up member yang hendak didebutkan pada proyek girl group Jepang bernama 6MIX. Sayangnya, proyek tersebut dibatalkan, sehingga Sana pun harus kembali menjadi trainee dan turut berpartisipasi pada survival show SIXTEEN pada tahun selanjutnya.

2015: Mengikuti Survival Show SIXTEEN dan Berhasil Debut

https://www.hellokpop.com/

Ajang survival SIXTEEN ini merupakan proyek kolaborasi antara Park Jin Young (selaku produser musik di JYP Entertainment) dengan channel Mnet. Sesuai dengan judulnya, ajang survival ini hanya diikuti oleh 16 peserta saja, yang mana 7 diantaranya adalah trainee dari JYP Entertainment. Rencananya, pemenang dari ajang ini akan debut sebagai girl group baru di bawah naungan JYP Entertainment.

Konsep utama dari ajang ini adalah 7 trainee dari JYP Entertainment tersebut adalah kandidat untuk anggota girl group baru tersebut, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba untuk menggantikan posisi ketujuh trainee tersebut. Maka dalam setiap episodenya, akan ditampilkan bagaimana 7 trainee mempertahankan posisinya, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba “menggeser” posisi tersebut.

Pada survival show tersebut tentu saja terjadi persaingan yang cukup ketat walaupun pesertanya adalah para trainee yang sudah berlatih secara bersama-sama. Selama acara SIXTEEN berlangsung, Sana masuk ke Tim Minor dua kali yakni pada episode pertama yang ditentukan oleh tim A&R dan pada misi ketiga. Setelah itu, Sana terus-menerus masuk dalam Tim Mayor sehingga mendapatkan banyak keuntungan hingga babak final.

Atas kemampuannya dalam mempertahankan posisi tersebut dan juga melalui bakat dan usahanya yang tidak sia-sia, Sana pun berhasil debut bersama kedelapan member TWICE lainnya pada 20 Oktober 2015.

2016: Terkenal Akan “Shy Shy Shy” yang Ikonik

https://gfycat.com/

Debut TWICE dengan lagu “Like Ooh-Ahh” tentu saja menjadi angin segar bagi industri musik K-Pop. Nyatanya, lagu tersebut terus berada di posisi teratas pada South Korean Gaon Digital Singles Chart dan Billboard’s World Digital Song Sales Chart. Tidak hanya itu saja, sekitar 50 ribu keping CD juga berhasil terjual.

Berkat popularitasnya itu, Sana beserta kedelapan member TWICE lainnya pun memenangkan nominasi Best New Artist of the Year pada acara penghargaan ternama yakni Mnet Asian Music Awards dan Golden Disk Awards.

Setelah popularitas TWICE yang semakin memuncak, tentu saja pihak agensi merilis comeback pertama mereka dengan album bertajuk Page Two dan lagu utamanya adalah “Cheer Up”. Sana mendapatkan bagian lirik berupa ‘Shy shy shy’ yang ternyata dinyanyikannya secara lucu dan ikonik, sehingga langsung viral dimanapun. Alhasil, lagu tersebut pun berada di puncak tangga lagu dunia.

Berkat viralnya lagu “Cheer Up” beserta liriknya yang ikonik itu, lagi-lagi TWICE berhasil membawa pulang berbagai penghargaan musik besar seperti Golden Disk Award, Mnet Asian Music Awards, dan Melon Music Awards untuk kategori nominasi Song of The Year.

Hingga saat ini pun, lirik ‘Shy shy shy’ masih saja ikonik bagi para penggemar K-Pop dan langsung mengingatkan mereka pada Sana TWICE.

Bagi para penggemar KPop mungkin sudah banyak yang tahu tentang lagu dari TWICE. Namun, sebagian orang mungkin ada yang belum menetahui tentang fakta-fakta dari TWICE. Lalu, apa saja fakta-fakta dari TWICE? Kamu bisa temukan jawabannya pada buku Twice Daebak! 

Dalam buku ini, pembaca akan mengetahui akta-fakta tentang keseharian girlband besutan JYP Entertainment. Buku setebal 220 halaman ini sangat pas untuk dijadikan bahan bacaan bagi para pemuda pemudi. Lewat buku ini juga kamu akan mengetahui sedikit tentang fashion Kpop.

Sana TWICE

Kehidupan Pribadi Sana TWICE

https://aminoapps.com/

Latar Belakang Pendidikan

Sana TWICE berhasil menyelesaikan sekolah menengahnya di Jepang sebelum akhirnya memulai masa pelatihannya di JYP Entertainment pusat. Pada tahun 2016, Sana juga lulus ujian kualifikasi akademik yang setara dengan ijazah SMA di Jepang.

Kasus Kontroversi

Pada tahun 2019, Sana terlibat kasus kontroversi yang disebabkan oleh postingan Instagram-nya tentang penurunan tahta Kaisar Jepang Akihito. Kala itu, dirinya mengunggah suatu foto dengan caption “As someone born in the Hesei era, I am sad that it is coming to an end. However, Hesei, you worked hard. It’s the beginning of the Reiwa era so I’m going to face the beginning and complete the last day of Hesei neatly.” (Sebagai orang yang lahir di era Heisei, saya sangat sedih karena era Heisei akan segera berakhir, namun, Heisei kamu bekerja keras…‘)

Atas caption tersebut, Sana TWICE langsung dikritik habis-habisan oleh para golongan konservatif sayap kanan Korea Selatan. Para netizen Korea Selatan pun turut menyebut bahwa unggahan Sana tersebut merujuk pada masa lalu ketika penduduk Korea dipaksa bekerja sebagai budak di Battleship Island oleh pihak Jepang.

Dilansir dari koreaboo.com, karena postingan tersebut terus-menerus diperbincangkan publik maka secara tidak langsung membuat hubungan diplomatis antara Korea Selatan-Jepang yang secara historis memang sudah bersitegang, menjadi sedikit politis. Para knetz (pengguna online Korea) pun turut meminta JYP Entertainment untuk mendidik artistnya supaya tidak menimbulkan konflik seperti ini lagi.

Isu Kabar Kencan

https://kpopping.com/

Meskipun dua member TWICE yakni Jihyo dan Momo pernah mengonfirmasi bahwa keduanya sama-sama memiliki kekasih, tetapi tidak dengan Sana. Hingga saat ini, pihak JYP Entertainment belum pernah mengkonfirmasi kabar kencannya dengan siapapun. Mengingat para member TWICE sudah tidak lagi berada di bawah aturan kencan karena sudah debut selama 3 tahun, tetapi Sana tidak pernah berkencan dengan siapapun.

Pada tahun 2019, pernah ada rumor yang mengatakan bahwa Sana TWICE berkencan dengan Suho EXO. Para penggemar berusaha men-cocoklogi-kan postingan-postingan Sana dan Suho sebagai isyarat keduanya berkencan. Namun itu semua dibantah oleh para penggemar lain karena terlihat tidak masuk akal.

Menggali lebih dalam tentang TWICE pastinya sangatlah seru, bahkan kita juga bisa menemukan beberapa fakta dari setiap membernya. Saat ini, sudah ada banyak buku yang mengupas lebih dalam tentang TWICE, salah satunya adalah buku Twice In Love The Untold Stories: Famous Rookie Girlband, apakah kamu sudah memilikinya?

Isi dari buku ini adalah perjalanan dalam ajang pencarian bakat, debut, hingga menjalani karier sebagai idol. Untuk kamu yang penasaran dengan perjalanan karir TWICE, maka segera dapatkan buku ini di gramedia.com.

Sana TWICE

25 Fakta Unik Sana TWICE

https://twice.fandom.com/
  1. Sana lahir dan besar di Osaka, Jepang.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan nenek. Dirinya adalah anak tunggal.
  3. Sana sudah tertarik untuk menjadi idol dan sejak tahun 2009 berlatih menari di EXPG Osaka selama 3 tahun.
  4. Pada tahun 2011, ketika sedang berjalan-jalan di mall bersama teman-temannya, Sana mendapatkan tawaran casting oleh staf JYP Entertainment. Setelah melalui audisi, dirinya berhasil lolos.
  5. Saat audisi, Sana menyanyikan lagu “Mr. Taxi” milik SNSD.
  6. Ketika Sana meminta izin kepada orangtuanya untuk menjadi trainee di Korea Selatan, Ibu Sana pun mengajaknya ke konser 2PM. Setelah itu, ibunya bertanya hal apa yang dirasakannya ketika menonton konser tersebut. Sana pun dengan lantang menjawab bahwa dirinya ingin berada di atas panggung. Atas jawaban itu, kedua orangtua Sana pun mengizinkannya menjadi trainee dan mengejar mimpinya di JYP Entertainment.
  7. Sana memulai masa trainee bersama Momo pada 13 April 2012.
  8. Sebelum debut, Sana sering muncul di MV milik seniornya yakni pada lagu berjudul “A” milik GOT7 dan “Feel” milik Junho 2PM.
  9. Sana menjadi salah satu anggota girl grup paling populer setelah killing-part ‘Shy Shy Shy’ dalam lagu TWICE “Cheer Up” menjadi hit.
  10. Sana menjadi member asing TWICE yang fasih berbahasa Korea, sehingga dirinya pun sering tampil di berbagai variety show. Sebut saja ada ‘Star King’, ‘Running Man’, ‘Happy Together’, ‘Idol Star Athletic Championship’, ‘Oppa Thinking’, ‘Hidden Singer’, dan ‘Running Man’.
  11. Pernah menjadi MC spesial untuk acara musik dan penghargaan musik besar seperti ‘M Countdown’, ‘2017 KBS Gayo Daechukje’ and ‘2019 Seollal Idol Star Athletic Championship’.
  12. Pada 27 Maret 2020, Sana dan Momo muncul pada episode terakhir dalam survival “Nizi Project” untuk memberikan semangat dan dukungan kepada para juniornya.
  13. Memiliki aksen Kansai yang kental.
  14. Ketika ditanya mengapa Sana ingin menjadi seorang penyanyi, dirinya menjelaskan bahwa neneknya pernah berkata, “Saya berharap Sana akan tampil di panggung seperti itu” saat menonton sebuah kompetisi karaoke Jepang. Itulah yang membuatnya bertekad untuk mewujudkan mimpinya sebagai seorang penyanyi.
  15. Menurut ibunya, penglihatan Sana itu buruk, sehingga ketika di rumah dirinya akan mengenakan kacamata.
  16. Memiliki tulisan tangan yang bagus.
  17. Sana tidak bersekolah setelah menjalani masa trainee di Korea Selatan, sehingga dirinya pun mengikuti ujian GED untuk ijazah sekolah menengahnya.
  18. Berteman akrab dengan Eunha dan Yerin ex GFRIEND serta Hyeri Girl’s Day.
  19. Menurut Tzuyu, Sana sering berbicara sangat cepat.
  20. Menurutnya, anggota tubuh yang menjadi daya tariknya adalah bagian hidung.
  21. Makanan favorit: sushi chutoro, kue keju, dan kue tart.
  22. Sana sangat menyukai aktris Park Soo Jin.
  23. Setiap malam, Sana akan melakukan latihan otot perut.
  24. Pada MV “Like Ooh-Ahh”, Sana jatuh secara tidak sengaja setelah mencoba mengikuti Jeongyeon dan Tzuyu yang melompat dari belakang bus sekolah.
  25. Sana jarang membawa uang tunai dan pada tahun 2021 lalu, ayahnya memberikannya kado ulang tahun berupa dompet kartu.

Sumber:

https://twice.fandom.com/

https://kpopping.com/

https://en.kepoper.com/

https://kpopwiki.org/

Baca Juga!

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.