in

Contoh Pidato Persuasif Singkat, Pengertian, Fungsi, dan Metode Pidato

Sumber: forbes.com

Contoh Pidato Persuasif Singkat – Pidato singkat merupakan suatu ucapan dengan susunan yang sopan dan baik dengan tujuan menyampaikan sesuatu hal kepada banyak orang. Sejak dulu hingga kini pidato singkat kemudian kerap digunakan di mana-mana baik pada suatu acara formal maupun acara tidak formal.

Tujuan orang berpidato singkat sendiri adalah memberi gagasan kepada banyak orang. Setiap orang sendiri tentunya memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan pidatonya. Karena pidato ini merupakan suatu hal yang menyenangkan, kamu juga tak harus takut berpidato jika ingin menyampaikan suatu aspirasi baru di depan publik.

Bagi kamu yang masih pemula dalam berpidato, sebaiknya buatlah ringkasan dahulu tentang apa yang ingin dibicarakan. Simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai pengertian, metode, contoh pidato, struktur, hingga rekomendasi buku terkaitnya.

Pengertian Pidato Persuasif Singkat

Berdasarkan pengertiannya, pidato singkat merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi dengan tujuan menyatakan pendapat serta memberikan gambaran mengenai suatu hal, dan mengajak pendengarnya untuk mengikuti apa yang disampaikan.

Pidato persuasif singkat sendiri umumnya dibawakan oleh seorang yang memberikan pernyataan mengenai suatu peristiwa penting serta patut diperbincangkan. Pidato singkat juga merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa Indonesia.

Beberapa fungsi pidato persuasif singkat yang tak banyak orang ketahui di antaranya mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi, menciptakan keadaan kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan pidato persuasif untuk kemudian dapat mempermudah komunikasi.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik kemudian dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan pidato atau berbicara yang baik di depan umum sendiri berfungsi dalam membantu seseorang mendapatkan jenjang karir yang baik.

Contoh pidato berbahasa Indonesia sendiri di antaranya mulai dari naskah pidato kenegaraan, teks pidato dalam menyambut hari-hari besar, pidato singkat mengenai pembangkit semangat, pidato singkat mengenai sambutan pada suatu acara atau event, dan lain sebagainya.

Contoh Pidato Persuasif Singkat
Sumber: Kompas.com

Dalam berpidato, gaya, penampilan, bahasa, dan ekspresi sendiri hendaknya diperhatikan dan harus disampaikan dengan baik dan percaya diri agar orang yang melihat pidato tersebut kemudian terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.

Metode Pidato Singkat

Tidak sembarang orang dapat berbicara di depan umum, pidato singkat sesungguhnya memiliki metode-metodenya yang tak banyak diketahui oleh orang lain. Berikut ini beberapa metode-metode yang sering digunakan oleh seseorang saat berpidato.

  • Impromptu merupakan suatu metode berpidato yang serta merta ada tanpa persiapan.
  • Memoriter merupakan metode berpidato dengan cara menghafalkan suatu naskah pidato persuasif terlebih dahulu.
  • Naskah sebagai suatu metode berpidato dengan membacakan teks atau naskah pidato secara persuasif .
  • Ekstemporan merupakan suatu metode berpidato dengan sebelumnya menyiapkan garis-garis besar mengenai konsep pidato persuasif yang akan disampaikan.

Lalu siapa saja yang umumnya melakukan pidato persuasif singkat ini? Beberapa orang yang sering memberikan pidato singkat di beberapa acara-acara, di antaranya kerap dilakukan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya, juga dilakukan oleh pemimpin atau pejabat negara dalam mempermudah komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis.

Pidato singkat juga kerap dilakukan untuk menenangkan suatu massa atau khalayak ramai, pidato juga umumnya dilakukan oleh seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh dan diwajibkan dalam menguasai teori pidato.

Kamu dapat menyiapkan sebuah teks kecil jika tidak sanggup menghafal banyak pidato bahasa indonesia singkat atau belum terbiasa dalam melakukan pidato persuasif secara natural.

Contoh Pidato Persuasif Singkat
Sumber: harvard.edu

Contoh Struktur Pidato (Struktur Text Pidato)

A. Pembukaan

1. Salam Pembuka
Struktur pertama yang terdapat pada suatu teks pidato adalah pembukaan. Pada bagian pembukaan ini biasanya dimulai dengan salam pembuka. Salam pembuka sebagai awalan atau pembukaan pidato.

Contoh salam pembuka seperti, “Selamat pagi, Assalamu’alaikum Wr. Wb, Salam sejahtera bagi kita semua.

2. Ucapan Penghormatan
Bagian selanjutnya dalam pembukaan pidato ialah ucapan penghormatan. Biasanya ucapan penghormatan ini dimulai dari penyebutan orang yang memiliki jabatan tertinggi dan hadir dalam kegiatan pidato.

Misalnya, jika pidato ini kemudian dilakukan di sekolah ucapan penghormatan dapat dimulai dari penyebutan kepala sekolah, kemudian bapak serta ibu guru pengajar, dan terakhir pada teman-teman yang hadir. Contoh ucapan penghormatan, berikut ini.

Yang saya hormati,
Ibu Kepala SMA Negeri 1 Bandung, Ibu Nanan Nurhanani S.Pd. Yang saya hormati, bapak dan ibu guru beserta staf SMA Negeri 1 Kota Bandung, dan juga teman-teman seperjuangan saya yang saya cintai.

3. Ucapan syukur
Bagian pembukaan selanjutnya merupakan ucapan syukur. Pada bagian ini, biasanya orator atau sebutan bagi orang yang berpidato kemudian mengucapkan syukur karena dapat hadir dan berkumpul dengan para pendengar.

Contoh ucapan syukur misalnya saja, “Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kemudian dapat hadir dan berkumpul di sini. Tak lupa, shalawat serta salam disampaikan kepada nabi besar Nabi Muhammad SAW. Tidak lupa juga para sahabatnya serta kita umatnya di akhir zaman.

Contoh Pidato Persuasif Singkat
Sumber: franticallyspeaking.com

B. Isi Pidato

Struktur lainnya setelah pembukaan ialah isi pidato. Pada bagian isi pidato, pembicara kemudian akan menyampaikan inti dari topik pidato yang disampaikan. Contoh isi pidato, sebagai berikut.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai apa saja manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Pada era ini, telah banyak teknologi – teknologi canggih yang diciptakan guna mempermudah cara hidup.

Dengan kecanggihannya ini, kita kemudian dapat mempersingkat waktu serta mempercepat penyelesaian kerja. Namun, tetap ada yang merespon dan menerimanya secara negatif dengan berbagai alasan. Seperti misalnya teknologi yang telah ada secara tidak langsung telah menyingkirkan budaya yang telah ada.

Hadirin sekalian, sesungguhnya banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan pemanfaatan teknologi – teknologi. Sebagai contoh, kita dapat berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat di tempat yang jauh dengan menggunakan telepon genggam.

Kita juga kemudian dapat mempermudah berbagai urusan rumah tangga, mulai dari memasak dengan mesin penanak nasi atau rice cooker, hingga mencuci baju dengan mesin cuci dengan mesin cuci. Bahkan internet serta kehidupan sehari – hari seperti ini kemudian tak dapat dipisahkan mulai dari memudahkan pencarian informasi, menghilangkan rasa jenuh dan penat, dan masih banyak lagi.

Pada potongan tersebut dapat kita ketahui bahwa paragraf-paragraf ini telah masuk ke dalam hal penting yang ingin disampaikan, yaitu mengenai apa saja manfaat teknologi.

C. Penutup

Struktur terakhir dalam pidato ialah penutup. Pada bagian ini akan disampaikan kesimpulan mengenai topik utama pidato. Terkadang, pembicara kerap menyampaikan saran-saran untuk orang lain. Contoh penutup misalnya tentang;

Baik buruknya teknologi itu sendiri, bergantung kepada bagaimana seseorang yang memanfaatkannya. Saya berharap, kita kemudian dapat memanfaatkan teknologi ini sesuai dengan tujuan dan manfaat teknologi itu sendiri dibuat. Supaya tidak terjadi lagi penyalahgunaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain. Demikian pidato ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kata yang salah. Wabillahi Taufiq walhidayah. Assalammualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Persuasif Singkat
Sumber: republikseo.net

Contoh Pidato Persuasif Singkat

Contoh Pidato Singkat tentang Covid-19

Assalamualaikum wr.wb
Yang terhormat (nama) dan Yang saya hormati (nama) serta teman-teman sekalian. Mari panjatkan puji serta syukur karena pada masa pandemi ini kita masih dapat diberi kesempatan untuk berkumpul Bersama-sama di sini. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata mengenai etika penyebaran informasi serta kondisi pandemi.

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, bahkan telah memasuki gelombang baru. Dibandingkan berita baik yang seringkali yang kita dapatkan di broadcast whatsapp serta berbagai media sosial lainnya ialah berita yang membuat sedih. Barangkali teman-teman kemudian pernah mendapatkan informasi mengenai peningkatan jumlah korban Covid-19, tenaga kesehatan yang collapse, kamar rumah sakit serta IGD yang penuh, dan sebagainya.

Berita yang mudah tersebar kemudian hanya akan menimbulkan kepanikan. Tentu bukan masalah jika informasi yang dibagikan telah terbukti benar, sehingga masyarakat kian waspada. Namun, bagaimana jika informasi yang disebar tersebut justru berasal dari sumber kurang terpercaya sehingga menyesatkan?

Teman-teman sekalian, kita tak dilarang untuk menyebarkan informasi, apalagi jika teman-teman beranggapan bahwa informasi tersebut bermanfaat. Sebaiknya berhati-hatilah saat kamu menyebarkan informasi mengenai berbagai obat-obatan yang dipercaya dapat menyembuhkan Covid-19 secara instan, sebab tidak semua orang dapat mengkonsumsi obat yang sama, sehingga obat ini bisa jadi berbahaya untuk kesehatan mereka.

Alangkah lebih bijak jika kita membagi motivasi untuk para penderita Covid-19 agar segera sembuh. Selain itu, kita juga dapat mengingatkan teman-teman yang lain untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang seringkali diabaikan.

Periksa kembali berita yang akan kita bagikan, dan cari tahu dulu sumbernya, serta cari tahu pendapat para ahli mengenai berita tersebut. Jangan langsung percaya pada suatu berita yang didapatkan tanpa mengkritisinya terlebih dahulu.

Akhir kata, jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan hindarilah adanya kerumunan. Yakinlah bahwa saat kamu berdisiplin, pandemi akan segera berakhir.
Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Pidato tentang Kebersihan

Menjaga kebersihan lingkungan sebagai suatu perilaku kecil yang bermanfaat dalam menyelamatkan bumi. Berikut ini adalah contoh pidato bahasa indonesia dengan tema lingkungan yang perlu diketahui:

Selamat Pagi Bapak/Ibu guru yang kami hormati, Serta teman-temanku sekalian yang saya cintai
Mari kita panjatkan dahulu puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah serta karunia-Nya sehingga kita kemudian dapat berkumpul pada acara pagi hari ini.

Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui lingkungan di sekitar kemudian menjadi cerminkan budaya sekolah. Alangkah tak bijak jika kita membiarkan lingkungan di sekitar tidak enak dipandang serta terasa tidak nyaman. Apalagi sekolah kini telah menjadi rumah kedua untuk menuntut ilmu. Lingkungan sekolah sendiri seharusnya selalu terjaga serta memiliki suasana yang sejuk sehingga dapat lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Oleh karenanya, sebagai keluarga di sekolah ini akan sangat baik jika kita dapat terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai. Setiap kelas sendiri seharusnya telah memiliki kedisiplinan akan pentingnya kebersihan.

Seperti kebijakan yang telah ditetapkan, setiap siswa sendiri telah memiliki jadwal piket masing-masing, dan sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal untuk dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas menjadi lebih nyaman dan bersih untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, sebagai seorang siswa seharusnya selalu sadar bahwa dengan tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Sebaiknya kita belajar untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai. Dengan berbagai tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, diharapkan kemudian dapat menyadarkan kita dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan sendiri berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga. Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.

Buku-Buku Terkait Pidato

Mahir Pidato Dan Mc: Panduan Praktis Menyingkirkan Rasa Gugup dan Panik

https://www.gramedia.com/products/mahir-pidato-dan-mc-panduan-praktis-menyingkirkan-rasa-gugu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mahir-pidato-dan-mc-panduan-praktis-menyingkirkan-rasa-gugu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Banyak orang yang memiliki ide brilian, namun dia tidak dapat atau tidak pandai menyampaikan ide tersebut kepada orang lain. Akhirnya, ide yang dia miliki tidak dianggap atau tidak dipakai.

Banyak orang yang berkeringat dan gemetar saat tampil di podium. Atau, banyak orang yang bolak-balik ke kamar kecil sebelum tampil, sehingga lupa akan apa yang harus dikatakan, padahal sebelum tampil konsepnya sudah matang.

Lain halnya dengan orang yang terbiasa berbicara di depan umum, di mana orang tersebut akan mendapatkan kesan baik dari audiens yang mendengarkannya. Begitu juga dengan ajakannya, orang lain akan dapat dengan mudah mengikuti apa yang diucapkannya.

Padahal sejatinya, keahlian public speaking, seperti menjadi MC ataupun berpidato dapat dipelajari. Seorang instruktur pidato di sebuah lembaga kursus khusus pidato yang sangat terkenal, Dale Carnegie, mengemukakan bahwa pidato bukan suatu seni yang hanya bisa dilakukan oleh orang berbakat, melainkan termasuk keterampilan yang dapat dilakukan oleh orang biasa yang berminat.

Oleh karena itu, buku yang sedang Anda baca ini menyajikan berbagai teori yang dapat Anda pelajari untuk menjadi seorang pembicara yang andal dan diminati oleh massa. Di samping itu, dalam buku ini juga disajikan berbagai contoh naskah pidato dan MC dalam berbagai kesempatan, sehingga setidaknya Anda memiliki acuan naskah dalam menyusun naskah pidato.

Juara Pidato 3 Bahasa (Arab-Inggris-Indonesia)

https://www.gramedia.com/products/juara-pidato-3-bahasa-arab-inggris-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/juara-pidato-3-bahasa-arab-inggris-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini paling mudah untuk dijadikan panduan bagi siswa-siswa maupun para santri dalam berlatih maupun berlomba pidato. Di buku ini bukan hanya menyajikan beragam tema pidato, tapi juga menyajikan teknik-teknik berpidato serta contoh teks Master Ceremony atau pembawa acara dalam tiga bahasa.

Buku mahir pidato ini mendapat tanggapan antusias dari siswa-siswa dan para santri karena meliputi tiga bahasa, yaitu teks pidato bahasa Indonesia, teks pidato bahasa Inggris dan juga teks pidato bahasa Arab. Kiranya, buku ini sangat membantu siapa saja yang ingin berlatih pidato dan membantu memenangkan lomba pidato.

Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini: Rahasia Para Ahli Pidato Brbicara di Depan Umum

https://www.gramedia.com/products/jangan-pidato-sebelum-baca-buku-ini-rahasia-para-ahli-pidat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jangan-pidato-sebelum-baca-buku-ini-rahasia-para-ahli-pidat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Bagaimana memenangkan hati dan telinga audiens? Bagaimana mengatasi gugup sebelum berpidato? Bagaimana menjadi pembicara yang andal dan didengar? Bagaimana kiat-kiat menyusun naskah pidato yang berisi dan berbobot?

Buku ini, selain memuat kiat-kiat berpidato, juga memuat berbagai contoh pidato dalam acara-acara umum: Pidato Hari Kartini Pidato Sumpah Pemuda Pidato Peringatan Hari Ibu Pidato Sambutan Arisan Ibu-Ibu Pidato Sambutan RT Pada Rapat Pengurus Pidato Pada Hari Pendidikan Nasional Pidato Sambutan Pada Acara Ulang Tahun Perkawinan Pidato MC Acara Khitanan Pidato MC Peringatan Maulid Nabi Dan lain-lain Baca buku ini sebelum berpidato!

Pintar Pidato & Mc: Cara Dahsyat Menaklukkan Audiens Di Berbagai Sesuatu

https://www.gramedia.com/products/pintar-pidatomc-cara-dahsyat-menaklukkan-audiens-di-berbag?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/pintar-pidatomc-cara-dahsyat-menaklukkan-audiens-di-berbag?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Public Speaking mengambil peranan yang sangat penting dalam penyampaian informasi dan teknik komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh semua orang dalam berbagai bidang kegiatan. Beberapa di antara public speaking yang sering digunakan adalah pidato, MC, dan penyiar radio.

Banyak orang beranggapan bahwa berbicara di depan umum adalah suatu hal yang susah dan hanya bisa dilakukan oleh pejabat ataupun para artis profesional. Tetapi suatu pertanyaan mendasar akan timbul jika Anda berpikir demikian.

Apakah para pejabat yang sudah mahir atau artis yang dengan santainya dalam bicara di depan umum tidak belajar terlebih dahulu? Sama halnya dengan Anda, mereka juga belajar, mereka juga merasakan demam panggung, takut tampil, dan tidak percaya diri. Akan tetapi, mereka terus melakukannya.

Ya, demam panggung adalah hal yang wajar. Akan tetapi, tidak akan wajar jika Anda tidak lagi mau belajar berbicara di depan umum. Cobalah untuk menenangkan pikiran Anda, dan biarkan buku sederhana ini memberikan sedikit bantuan agar Anda bisa sukses berbicara di depan umum, baik itu berpidato maupun menjadi MC.

Demikian ulasan mengenai contoh pidato persuasif singkat. Grameds juga bisa menambah pengetahuan dengan membaca buku-buku terkait pidato yang bisa didapatkan di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik.

Penulis: Sofyan

Baca juga:

Written by M. Hardi