in

Contoh Kata Pengantar Laporan, Makalah, Skripsi, Proposal

Contoh Kata Pengantar Laporan, Makalah, Skripsi, Proposal – Apakah Grameds masih bingung membuat kata pengantar yang baik dan benar? Tepat sekali, hal ini lumrah terjadi karena bentuk karya tulis memang banyak jenisnya. Jadi wajar saja jika banyak orang yang masih bingung membuat kata pengantar yang benar sesuai dengan jenis karya tulisnya. Padahal kata pengantar adalah bagian yang penting dalam sebuah karya tulis dan harus ditulis secara benar.

Grameds perlu membuat kata pengantar contohnya pada karya tulis ilmiah, proposal, skripsi, makalah dan sebagainya. Jadi jika Grameds sedang membuat salah satu karya tulis tersebut perlu mengetahui bagaimana contoh kata pengantar yang benar. Berikut ini penjelasan tentang kata pengantar, mulai dari pengertian, fungsi, kerangka, cara membuat, dan contoh kata pengantar yang benar sesuai dengan karya tulis yang dibuat:

Pengertian Kata Pengantar

Ilustrasi Membuat Kata Pengantar
Ilustrasi Membuat Kata Pengantar

Kata pengantar adalah salah satu bentuk kerangka tulisan yang berisi ungkapan dari penulis tentang karangan atau karya tulis yang ia buat kepada pembaca sebelum membaca ke sisi atau inti karangan tersebut. Kata pengantar yang baik haruslah memiliki isi yang mewakili karangan tersebut. Biasanya, kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang tua, atau orang-orang yang berpengaruh dan membantu menyelesaikan karya tulis tersebut.

Selain ucapan terimakasih, penulis juga bisa mengungkapkan rasa syukur, memaparkan tujuan dan manfaat karya tulisan, dan meminta kritik atau saran dari hasil karya tulisnya tersebut. Jadi penulis juga memberikan gambaran isi karya tulis tersebut secara singkat dan permohonan maaf, barangkali ada bagian-bagian yang kurang berkenan pada pembaca.  Itulah sebabnya karena sifatnya yang mengantarkan atau membuka karya tulis, maka kata pengantar berada di bagian depan.

Kata pengantar juga ditulis secara terpisah di halaman tersendiri dari bagian kerangka karya tulis yang lain. Kemudian kata pengantar diakhiri dengan pencantuman tempat dan tanggal kata pengantar tersebut ditulis beserta nama penulisnya di bagian kanan bawah halaman.

Fungsi Kata Pengantar

Keberadaan kata pengantar memiliki fungsi penting pada keberhasilan karya tulis, itulah sebabnya Grameds juga perlu mengetahui apa itu fungsi kata pengantar. Berikut ini fungsi kata pengantar pada karya tulisan:

  1. Mengantarkan pembaca menuju isi karya tulis dengan uraian-uraian umum yang terdapat dalam karya tulisan tersebut.
  2. Menampilkan ucapan terima kasih dan rasa syukur atas pihak-pihak yang membantu menyelesaikan karya tulis tersebut sehingga bisa dinikmati oleh pembaca.
  3. Menampilkan permohonan maaf penulis terhadap pembaca jika ada bagian-bagian yang kurang atau kelemahan dari karya tulis tersebut.
  4. Kata pengantar dapat mendorong atau menarik minat seseorang untuk membaca karya tulis tersebut sampai selesai
Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah
Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah

tombol beli buku

Buku Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah ini berisikan langkah-langkah praktis menulis karya ilmiah, seperti artikel, makalah, dan skripsi. Buku ini mengupas tentang bagaimana menulis latar belakang, metode penelitian, serta aturan penulisan daftar pustaka. Buku ini sangat sesuai sebagai panduan, baik untuk siswa, mahasiswa maupun guru yang ingin menulis karya ilmiah.

Kerangka Kata Pengantar

Tidak jauh berbeda dengan struktur kerangka bagian karya tulis lainnya, kata pengantar juga memiliki struktur berupa pembuka, isi, dan penutup. Perbedaannya berada pada kontens isi kata pengantar itu dibuat sesuai dengan fungsi dan tujuan penggunaannya. Berikut ini struktur atau kerangka membuat kata pengantar yang baik dan benar:

1. Pembuka

Pembukaan pada kata pengantar biasanya terdiri dari satu sampai dua paragraf yang berisi ucapan syukur penulis karena karya tulisnya telah selesai. Biasanya pada beberapa karya tulis yang tersebar di Indonesia, ucapan syukur ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang kemudian disesuaikan dengan agama atau kepercayaan penulis masing-masing. Contohnya bagi umat islam menggunakan ucapan syukur kepada Allah Ta’ala.

Setelah mengucapkan rasa syukur, penulis bisa memberikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu menyelesaikan karya tulis tersebut. Jika Grameds mempunyai banyak list orang yang membantu, maka bisa mengurutkan nama-nama orang tersebut berdasarkan peran atau jabatan dan pengaruhnya terhadap karya tulis tersebut. Contohnya pada kata pengantar skripsi nama pihak-pihak yang disebutkan pertama kali adalah rektor, dekan fakultas, dosen pembimbing, dan seterusnya.

2. Isi

Isi pada kata pengantar akan menampilkan gambaran umum dari keseluruhan isi karya tulis tersebut. Cara membuat isi kata pengantar ini diawali dengan menyebutkan judul karya tulis dan dilanjutkan dengan uraian singkat dari isi atau inti judul karya tulis tersebut. Grameds tidak perlu menulis terlalu rinci atau spesifik alih-laih membuatnya tampak jelas, justru hal tersebut dapat membuat isi kata pengantar menjadi terlalu panjang.

Selain itu membaca cenderung tidak penasaran lagi dengan isi karya tulis tersebut jika Grameds menulisnya terlalu lengkap. Jadi paparkan secara umum saja tentang topik yang Grameds ambil dan buat pembaca menjadi tertarik dengan apa yang Grameds tulis. Grameds bisa menampilkan masalah yang akan terjawab pada karya tulis tersebut. Jangan sampai membuat pembaca menjadi malas terlebih dahulu membaca karya tulis tersebut karena isi kata pengantar yang terlalu panjang dan tidak menarik.

3. Penutup

Bagian penutup kata pengantar dapat dibuat dengan ucapan permohonan maaf penulis atas apa-apa saja yang barangkali menjadi kesalahannya dalam karya tulis tersebut. Hal ini menunjukan bahwa tidak hal yang sempurna atau tidak luput dari kesalahan baik yang disadari maupun tidak disadari. Bagian penutup ini lebih fokus ditujukan kepada pembaca karena karya tulis tersebut sudah final dan sampai ke tangan pembaca yang mungkin banyak hal kekurangan atau kelemahan dari karya tulis tersebut.

gramedia obf

Dari situlah penulis kemudian meminta kritik dan saran atas kekurangan dan kelemahan yang ada pada karya tulis tersebut. Hal ini juga berfungsi untuk keberlanjutan karya tulis yang mungkin saja akan Grameds angkat kembali dengan melakukan beberapa perkembangan perspektif atau akan diangkat atau dikembangkan oleh orang lain.

Panduan Karya Tulis Ilmiah dengan Microsoft Word 365 dan 2019
Panduan Karya Tulis Ilmiah dengan Microsoft Word 365 dan 2019

tombol beli buku

Buku ini berbeda karena buku ini hanya mengupas kemampuan Word yang mempermudah kalian membuat tulisan ilmiah, seperti skripsi, tesis, disertasi, atau lainnya dengan efisien. Misalnya, saat kalian membuat daftar pustaka, kutipan, atau rumus matematis secara otomatis. Jadi, kalian selaku penulis bisa fokus pada isi naskah, bukan pada pemformatannya.

Buku ini juga merupakan buku update dari buku berjudul “Word 2013: Panduan Karya Tulis Ilmiah” ditambah dengan penjelasan versi mutakhir atas program-program di atas yang mencakup Word 365 dan 2019, EndNote X9, MathType 7, dan Zotero 5.

Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui apa itu kata pengantar, fungsi, dan kerangkanya, maka saatnya Grameds bisa membuat kata pengantar tersebut sesuai dengan kebutuhan karya tulis yang dibuat. Cara membuat kata pengantar yang baik dan benar, Grameds perlu memperhatikan point-point yang penting yang harus ditulis dan menghindari kesalahan yang sering terjadi saat menulis kata pengantar.

Berikut ini point-point penting yang harus ada pada kata pengantar:

  1. Ucapan rasa syukur yang ditujukan kepada Tuhan Yang maha Esa
  2. Menjelaskan adanya tugas karya tulis tertentu, misalnya skripsi, karya ilmiah, proposal, dan lain sebagainya
  3. Menjelaskan pelaksanaan penulisan karya tulis tersebut
  4. Menjelaskan adanya bantuan atau arahan yang diperoleh dari pihak tertentu
  5. mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu yang telah membantu atau berperan dalam karya tulis tersebut
  6. Menyebutkan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap beserta tanda tangan penulis di akhir kata pengantar
  7. Memberikan harapan untuk keberlanjutan karya tulis
  8. Menampilkan manfaat dari karya tulis tersebut dan memberikan ruang bagi pembaca untuk memberikan kritik dan saran

Berikut ini kesalahan yang sering terjadi pada penulisan kata pengantar yang bisa Grameds hindari:

  1. Mengungkapkan perasaan terima kasih dan rasa syukur yang terlalu berlebihan
  2. Isi kata pengantar yang terlalu bertele-tele
  3. Isi  kata pengantar yang tidak meyakinkan
  4. Isi kata pengantar yang terlalu panjang
  5. Terlalu menguraikan isi dari karya tulis tersebut
Menulis Karya Tulis Ilmiah dengan Komputer
Menulis Karya Tulis Ilmiah dengan Komputer

tombol beli buku

Buku ini ditujukan kepada siapapun yang ingin menulis karya tulis dengan cara yang cerdik, tangkas, dan gegas. Selain menggunakan Ms. Word, kalian juga akan diajak untuk menggunakan berbagai aplikasi yang berbasis Windows, berbasis ponsel, maupun berbasis web. Selamat membaca dan mencoba.

Contoh-Contoh Kata Pengantar

Setelah mengetahui cara membuat kata pengantar yang baik dan benar, Grameds bisa melihat contoh kata pengantar berikut ini sebagai referensi saat penulisnya di karya tulis tertentu:

1. Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur tim penulis panjatkan kehadirat Allah Ta’ala.  atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul, “PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM CEK TOKO SEBELAH: KAJIAN PRAGMATIK” dapat kami selesaikan dengan baik. Tim penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca tentang pelanggaran atau kesalahan apa saja yang biasa terjadi dalam bahasa keseharian yang bisa kita pelajari salah satunya dari karya film. Begitu pula atas limpahan kesehatan dan kesempatan yang Allah SWT karuniai kepada kami sehingga makalah ini dapat kami susun melalui beberapa sumber yakni melalui kajian pustaka maupun melalui media internet.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kami semangat dan motivasi dalam pembuatan tugas makalah ini. Kepada kedua orang tua kami yang telah memberikan banyak kontribusi bagi kami, dosen pembimbing kami, Bapak Rustono, M.Hum., dan Ibu Nike Widya Kusumastuti, S.S., M.A., dan juga kepada teman-teman seperjuangan yang membantu kami dalam berbagai hal. Harapan kami, informasi dan materi yang terdapat dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Tiada yang sempurna di dunia, melainkan Allah SWT. Tuhan Yang Maha Sempurna, karena itu kami memohon kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan makalah kami selanjutnya.

Demikian makalah ini kami buat, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, atau pun adanya ketidaksesuaian materi yang kami angkat pada makalah ini, kami mohon maaf. Tim penulis menerima kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca agar bisa membuat karya makalah yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

Semarang, 01 Juni 2018

Penulis

 

2. Contoh Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR 

         Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Ta’ala karena karunianya penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini sebagai pertanggungjawaban dari praktek kerja lapangan yang dilakukan selama 30 hari di media daring Inibaru.Id. Laporan yang berjudul “Laporan Praktek Kerja Lapangan Media Daring Inibaru.Id, Karakteristik Tulisan Berita Media Daring Inibaru.Id Dalam Penerapan Bahasa Jurnalistik” ini diajukan sebagai bukti telah menjalankan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Pemilihan tema ini didasari atas karakteristik media Inibaru.id yang dirasa penulis sangat unik dalam penerapan bahasa jurnalistik. Data penerapan bahasa jurnalistik tersebut dapat direpresentasikan dalam tulisan berupa artikel hasil liputan yang ditulis oleh penulis.   Semoga dengan adanya laporan PKL ini dapat mengetahui aktivitas kewartawanan di media daring Inibaru.id serta mengetahui karakteristik media dalam penerapan bahasa jurnalistik.

gramedia obf

Laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, yakni Bapak Surahmat, S.Pd., M. Hum., selaku dosen pembimbing, Bapak Galih Puji Laksana selaku pembimbing lapangan, dan teman-teman PKL di Inibaru.Id. Untuk itu penulis ucapkan terima kasih atas kontribusi bantuan dalam berbagai bentuk.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan  laporan ini, baik dari segi EBI, kosakata, tata bahasa, etika maupun isi. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca yang kemudian akan penulis jadikan sebagai evaluasi.

Demikian semoga laporan PKL ini bisa diterima sebagai ide atau gagasan yang menambah kekayaan intelektual dalam bidang kajian media. Semoga laporan PKL saya ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan juga untuk penulis sendiri.

Semarang, 3 Desember 2019

Penulis

 

3. Contoh Kata Pengantar Proposal

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Ta’ala atas segala nikmatNya sehingga proposal Seminar Linguistik yang berjudul Analisis Wacana Kritis pada Rubrik (Kuasa) Bahasa Di Majalah Tempo ini dapat diselesaikan dengan maksimal, tanpa ada halangan yang berarti. Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Seminar Linguistik yang diampu oleh Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum.

Pemilihan tema ini didasari atas keresahan penulis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap pemertahanan dan perkembangan bahasa Indonesia yang tidak mengacu pada data atau permasalahan yang benar-benar terjadi dalam masyarakat pengguna bahasa Indonesia. Data permasalahan bahasa tersebut dapat direpresentasikan dalam tulisan berupa artikel, esai, atau opini terkait bahasa yang terbit di salah satu media massa. Semoga dengan adanya proposal analisis wacana kritis ini dapat membuka pola pikir penulis khususnya  dan pembaca pada umumnya terkait pengaruh-pengaruh kritik dan masukan terhadap kebijakan bahasa Indonesia.

Proposal ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, yakni Bapak Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum., selaku dosen pengampu, dan teman-teman Linguistik 2016. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas segala bantuannya dalam berbagai bentuk hingga proposal ini dapat terselesaikan dan sampai ke tangan pembaca.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan proposal ini, baik dari segi EBI, kosakata, tata bahasa, etika maupun isi. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca yang kemudian akan penulis jadikan sebagai evaluasi.

Demikian, semoga proposal bahasa ini dapat diterima sebagai ide/gagasan yang menambah kekayaan intelektual bangsa.

Semarang, 30 Juni 2019

Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Skripsi



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Ta’ala. yang telah memberikan banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga proses pembuatan skripsi tentang kajian media ini dapat penulis laksanakan dengan baik. Begitupun atas rahmat Allah Swt skripsi dengan judul Pembangunan Kota Semarang dalam Wacana Berita Media Daring Suaramerdeka.com dan TribunJateng.com: Kajian Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough  dapat penulis selesaikan dengan baik pula.

Penulis menyadari banyak pihak yang membantu dan berkontribusi dalam terselesaikannya skripsi ini. Segala bentuk bantuan, baik berupa dukungan moril dan materil sangat membantu penulis dalam mengumpulkan semangat dan keinginan untuk menyelesaikan studi. Dengan demikian penulis ucapkan terima kasih dengan ketulusan hati kepada pihak-pihak yang telah membantu dan membimbing penulis selama menyusun skripsi ini, yakni kepada:

  1. Prof.  Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., selaku Rektor Universitas Negeri Semarang,
  2. Dr. Sri Rejeki Urip, M.Hum., selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Seni,
  3. Dr. Rahayu Pristiwati, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia,
  4. Sumartini, S.S., M.A., selaku Ketua Program Studi Sastra Indonesia,
  5. Dr. Hari Bakti Mardikantoro M.Hum., selaku pembimbing skripsi penulis,
  6. Bapak Subiyantoro dan Ibu Siti Muslimah yang tidak pernah lelah mendoakan dan memberi dukungan.
  7. Teman-teman penulis di organisasi Pers UNNES yang selalu memberi dukungan,
  8. Narasumber dari Suaramerdeka.com dan TribunJateng.com yang berkenan membantu,
  9. Pihak Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang selalu memberi semangat.
  10. Tidak lupa teman-teman angkatan Linguistik 2016 yang saling mendukung dan membantu.

Semoga Allah Ta’ala memberikan pahala yang berlimpah atas segala bentuk bantuan yang telah diberikan kepada penulis. Selain itu penulis juga berharap agar skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dari berbagai kalangan. Penulis kemudian mengucapkan permohonan maaf jika selama proses penyusunan skripsi banyak melakukan kesalahan, baik berbentuk lisan maupun tulisan, yang dilakukan secara disengaja maupun tidak disengaja. Salam.

Semarang, 30  November 2020

Penulis

Nah, itulah penjelasan tentang contoh kata pengantar yang bisa Grameds pelajari sebagai referensi untuk menulis karya tulis. Teman-teman Grameds bisa menyesuaikan dengan apa-apa saja yang perlu disampaikan dalam kata pengantar sesuai dengan topik dan jenis karya tulis yang dibuat.

Selain itu, Grameds bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di Gramedia.com untuk mencari referensi tentang bagaimana menulis karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca untuk memahami lebih mudah panduan menulis karya tulis ilmiah yang benar sesuai standar yang berlaku: Selamat Belajar. #SahabatTanpabatas

Teori & Praktik Menulis Karya Tulis Ilmiah
Teori & Praktik Menulis Karya Tulis Ilmiah

tombol beli buku
Buku Teori & Praktik Menulis Karya Tulis Ilmiah dapat membantu para guru atau siapapun untuk memahami karya tulis ilmiah secara teoretis. Penyajian contoh-contoh karya tulis ilmiah yang terdapat dalam buku ini dapat menjadi referensi bagi kalian untuk berpraktik langsung dalam membuat karya tulis ilmiah.

Dengan demikian, karya tulis ilmiah yang ditulis sesuai dengan pedoman-pedoman ilmiah yang dikehendaki.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha