in

Contoh Cover Makalah: Pengertian, Ciri, Format dan Templatenya

Contoh cover makalah menjadi salah satu hal yang penting bagi setiap siswa maupun mahasiswa, apalagi ketika oleh guru atau dosen diminta buat membuat makalah.

Pasti butuh template dan contohnya bukan?

Nah kali ini Gramedia akan berbagi insight sedikit seputar cover makalah mulai dari pengertian, ciri, format sekaligus contohnya.

Tidak lupa, kita juga kasih template format word atau .doc yang siap download agar Gramedians bisa langsung edit dan menggunakannya untuk kepentingan tugas sekolah / kuliah kalian semua.

Semoga bermanfaat.

A. Pengertian Cover Makalah

contoh cover makalah tugas kuliah

[Download File]

Cover makalah merupakan tampilan pertama yang akan dilihat sebelum beranjak ke isi dan yang lainnya. Untuk itu cover makalah merupakan informasi utama yang berkaitan dengan penulisan, baik judul, nama penulis. Identitas, dan hal lain yang diperlukan.

Fungsi cover (halaman sampul) agar memungkinkan pembaca lain untuk mengidentifikasi pekerjaan y secara sekilas, tetapi juga dapat membantu tugas Anda terlihat lebih rapi dan lebih profesional.

Secara umum cover makalah menjadi salah satu etika yang tidak boleh dilewatkan dalam penulisan, baik makalah maupun karya ilmiah yang lainnya. Makalah akan dinilai kurang etis ketika tidak memiliki cover, meski isi makalah tersebut sangat baik. Dalam fungsi ini cover makalah adalah untuk kerapihan dari sebuah pekerjaan yang telah dilakukan.

B. Ciri Cover Makalah Yang Baik

Sebuah makalah yang baik dapat dilihat dari isinya dan perlu membacanya dengan seksama, namun cover makalah yang baik akan mudah dilihat dan langsung dapat dinilai. Meski terdapat istilah “jangan menilai buku dari covernya” pernyataan itu ada benarnya.

Hanya saja kita tidak bisa mengabaikan cover, untuk itu terdapat beberapa syarat agar Cover makalah dikatakan baik.

Pertama berisi informasi penting seperti judul, nama penulis, identitas lembaga, dan tahun pembuatan. Kedua layout yang digunakan biasanya 4x3x3x3 cm.

Ketiga, untuk makalah yang bersifat akademik dan tugas perkuliahan biasanya memiliki orientasi portrait, sangat jarang menemukan cover makalah dari sebuah tugas berbentuk landscape. Agar lebih jelas pada pembahasan berikutnya akan dijabarkan fungsi dari tiap-tiap bagian cover makalah.



C. Format Bagian Cover Makalah

format cover makalah
Souce : https://www.ui.ac.id/download/files/Pedoman-TA-UI-2008.pdf

1. Judul Makalah

Judul makalah harus disajikan dalam sebuah cover. Bagian ini harus ditulis secara lengkap agar informasi tersampaikan kepada pembaca. Judul juga sebisa mungkin dibuat eye catching sehingga menarik perhatian pembaca dan dapat menggambarkan isi makalah.

Bagian paling utama dan teratas adalah judul makalah. Judul bisa diletakkan pada bagian tengah cover dan dituliskan secara lengkap. Biasanya Standar penggunaan huruf pada penulisan judul makalah adalah Arial, Calibri atau New Roman dan tentunya harus menggunakan huruf kapital dan bold.

2. Tujuan Makalah

Tujuan makalah ditulis secara singkat agar pembaca mengetahui informasi mengenai maksud dari pembuatan makalah tersebut. Tujuan makalah ditulis Setelah judul. Pada beberapa makalah bagian Tujuan makalah ini juga bisa diletakkan pada bagian sub judul. Format penulisannya lebih kecil dari judul utama.

Contoh Tujuan Makalah: “Makalah ini disusun untuk Memenuhi Syarat Ujian Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

3. Logo Makalah

Logo yang di insert pada cover makalah biasanya yang berkaitan dengan instansi dimana penulis menimba ilmu, seperti sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan lainnya.

Posisi logo pada contoh cover makalah dibuat secara center (tengah) dengan Ukuran panjang maupun lebarnya pun harus presisi sehingga terlihat proporsional. hindari membuat logo atau gambar dengan ukuran yang terlalu kecil ataupun besar, umumnya logo dibuat dalam ukuran 5×5 cm.

4. Data penyusun

Selanjutnya adalah data atau identitas penyusun makalah arus dicantumkan. Identitas tersebut biasanya berupa nama atau nomor pokok dari pemilik identitas, selain itu siapanya bisa individu atau kelompok.

Untuk data penulis kelompok seluruhnya ditulis dengan urutan abjad. Penyusunan in bertujuan untuk membedakan dengan pemilik makalah lain.

5. Identitas Lembaga (Sekolah, universitas, fakultas, maupun jurusan)

Selain nama pembuatan makalah, perlu juga menuliskan nama universitas/sekolah, fakultas, jurusan sebagai lembaga yang dijadikan tempat menempuh pendidikan. Pada bagian ini ditulis di bagian bawah cover makalah.

Setelah itu diakhiri dengan tahun Pembuatan makalah. Semua bagian ini dibuat secara center (tengah) dan presisi.

D. Contoh Cover Makalah

1. Contoh Cover Skripsi / Tesis / Disertasi

Contoh 1 :

contoh cover makalah kuliah
Source : https://www.ui.ac.id/download/files/Pedoman-TA-UI-2008.pdf

Contoh 2 :

contoh cover makalah skripsi 2
Source : http://digilib.fib.ugm.ac.id/mobile/read/a266a12db941bd0ac56573965c64e11b

2. Contoh Cover Makalah SD / SMP / SMA

Lihatlah contoh cover makalah untuk tugas Sekolah Menengah Atas (SMA)

contoh cover makalah sma

Sumber: penulis

Berikut contoh Isi yang harus tercantum dalam cover makalah
Judul:
Nilai-nilai karakter berdasarkan Pancasila

Maksud dan tujuan:
Makalah ini sebagai salah satu tugas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Logo sekolah:
Memasukkan logo sekolah

Identitas Penulis:
Hamdi Maulana
No Absen. 2
Kelas X C

Identitas Lembaga dan Tahun Pembuatan:
SMA NEGERI 3 PANDEGLANG
2020



3. Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah

contoh cover makalah 2
Source : https://www.slideshare.net/HerlambankBagoez/sei-tugas-1

Lihatlah contoh cover makalah untuk tugas Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Berikut contoh Isi yang harus tercantum dalam cover makalah

  • Judul: : Sistem Ekonomi Indonesia
  • Sub Judul : Perbedaan Sistem Ekonomi 10 Negara di Asean
  • Maksud dan tujuan: (Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Ekonomi Indonesia)
  • Logo Sekolah:
  • Identitas Penulis ada 10 penulis.
  • Identitas Lembaga dan Tahun Pembuatan:

 

 

Download Template Cover Makalah SD, SMP, SMA dan Kuliah

Umumnya di Indonesia menggunakan style APA atau chicago, yang disertai dengan identitas logo institusi dimana pelajar menimba ilmu. Berikut beberapa contohnya mulai dari SMP, SMA dan Perkuliahan.

Sekian contoh cover makalah yang bisa jadi referensi kamu dalam pembuatan sebuah karya ilmiah. Dengan panduan diatas semoga bisa menjadikan karya tulis kamu jadi semakin menarik. Selamat menulis!

Kamu dapat download templatenya di bawah ini yang kemudian bisa kamu edit dan sesuaikan dengan judul makalahmu.

File di bawah ini berformat .DOC, sehingga bisa langsung kamu sesuaikan dan edit dengan Microsoft Word atau Google Doc. Semoga membantun!

  1. Template 1 [Download]
  2. Template 2 [Download]

Contoh Cover Makalah Jenis APA, MLA, Chicago/Turabian, dan IEEE

Penulisan makalah dan karya tulis ilmiah di perguruan tinggi (Universitas, Politeknik, dan Sekolah Tinggi) biasanya sudah menggunakan style penulisan yang baku berdasarkan karakteristik keilmuannya.

Beberapa jenis style dalam penulisan seperti APA (american Psychological association, MLA, Chicago/Turabian, dan IEE) mengatur tata cara penulisan dari cover sampai daftar pustaka. Untuk itu sebelum membuat cover makalah untuk tugas di Perguruan Tinggi sebaiknya kamu cek terlebih dahulu pedoman penulisan yang digunakan mengacu pada style yang mana.

1. Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format APA

APA (American Psychology Association) adalah salah salah satu style format penulisan makalah dan karya ilmiah yang sudah diakui di seluruh dunia, lebis spesifik sering digunakan untuk makalah psikologi, sosial atau pendidikan.

Tujuan dari APA Style adalah memberikan landasan untuk komunikasi ilmiah yang efektif karena membantu penulis menyajikan ide dengan cara yang jelas, tepat, dan inklusif. Selain itu tujuan dari kehadiran APA style adalah untuk keseragaman dan konsistensi sehingga memungkinkan pembaca untuk fokus pada gagasan yang disajikan daripada pemformatan.

APA menyediakan pedoman yang berbeda untuk makalah mahasiswa dan profesional. Versi siswa dari halaman judul APA harus mencakup informasi yang jelas mengenai judul, nama, nomor siswa, dan institusi. Secara keseluruhan format APA menggunakan (spasi ganda dan di tengah): Semua teks pada halaman judul harus diberi spasi ganda dan diketik dengan font Times New Roman 12-point.

Meskipun dalam edisi APA ke-7 lebih mengedepankan fleksibilitas terkait opsi font: seperti Calibri 11, Arial 11, Lucida Sans Unicode 10, Times New Roman 12, atau Georgia 11. Berikut bagian-bagian yang perlu diperhatikan saat akan membuat cover makalah dengan style APA (American Psychological Association):

Judul Makalah



Posisikan judul makalah di bagian atas halaman. Judul harus diposisikan center (tengah) serta ditulis dengan cetak huruf tebal (Bold), selain itu judul utama serta kata-kata penting menggunakan huruf kapital. Dalam style APA judul yang direkomendasikan terdiri dari maksimal 12 kata dan tidak boleh berisi singkatan atau kata yang tidak memiliki tujuan.

Nama penulis

Makalah dalam style APA juga harus menyertakan nama lengkap dari semua penulis. Letakkan nama penulis di bawah judul makalah, di tengah dan spasi ganda. Tidak diperkenankan menggunakan gelar (Dr.) atau gelar (Ph.D.).

Ketikan makalah memiliki dua penulis atau lebih dipisahkan dengan kata “dan,” di antara nama. Jika ada tiga atau lebih penulis, pisahkan nama penulis dengan koma lalu gunakan “dan” sebelum nama penulis terakhir.

Nama jurusan dan universitas

Tuliskan nama sekolah, jurusan dan universitas dengan memposisikan nama sekolah, jurusan atau universitas di bawah nama penulis, di tengah (center).

Nama instruktur

Kemudian tuliskan nama instruktur, guru, atau dosen yang mengampu pelajaran atau tugas yang dimaksud pada makalah.

Tanggal penugasan

Pada format makalah APA, tidak hanya menuliskan tahun tetapi secara lengkap menuliskan Tanggal, bulan dan Tahun penugasan.
Lihatlah contoh cover makalah dengan style APA (American Psychological Association)

Sumber: Penulis

2. Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format MLA

Gaya MLA mengacu pada gaya yang direkomendasikan oleh Modern Language Association (MLA) untuk mempersiapkan manuskrip ilmiah dan makalah penelitian siswa dan mahasiswa. Dimana didalamnya menyangkut dengan mekanisme penulisan, seperti tanda baca, kutipan, dan, terutama, dokumentasi sumber.

MLA (Modern Language Association) yakni sebuah asosiasi yang mengeluarkan aturan tentang standar format untuk artikel. Pada umumnya Format MLA ini digunakan untuk makalah dengan kajian kebahasaan dan literature. MLA Didirikan pada tahun 1883 di Amerika Serikat, MLA dengan keunggulan profesional akademik juga mempromosikan beasiswa bahasa dan sastra.

Jika dibandingkan format APA, format MLA dapat lebih fleksibel. Penggunaan cover sampul juga opsional, jadi ada yang menggunakan cover da nada yang tidak. Namun demikian MLA merekomendasikan format pembuatan cover makalah dan tugas para siswa/mahasiswa.

Berikut adalah cara memformat halaman sampul MLA Anda:

Semua bagian pada cover ini memiliki spasi ganda dan huruf-hurufnya berada di tengah. Huruf pertama dari setiap kata harus menggunakan huruf besar dengan pengecualian untuk kata-kata yang sangat pendek atau kata sambung seperti: itu, dan, atau, yang di, adalah, sebagai, untuk. Catatan: huruf pertama dari kata pertama harus menggunakan huruf besar, apa pun jenis katanya.

  • Nama institusi
    Masukan nama institusi seperti universitas, perguruan tinggi, atau sekolah.
  • Judul Makalah
    Sepertiga halaman ke bawah: ketikkan judul makalah penelitian atau tugas kamu (sertakan subjudul jika ada)
  • Identitas
    Lewat sekitari 8 baris (enter) dan ketik nama kamu, nama mata kuliah/pelajaran, nama instruktur serta tanggal penugasan
    Lihatlah contoh cover makalah dengan style MLA

Sumber: Penulis

3. Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format Chicago/Turabian

Berdasarkan sumber yang dikutip pada chicagomanualofstyle.org bahwa Sejarah The Chicago Manual of Style berlangsung lebih dari seratus tahun, dimulai pada tahun 1891 ketika University of Chicago Press pertama kali membuka pintunya.
Pada saat itu, Pers memiliki ruang penulisan sendiri dengan juru ketik berpengalaman yang diminta untuk mengatur materi ilmiah yang rumit serta bekerja dalam jenis huruf yang eksotis seperti Ibrani dan Ethiopia.

Profesor membawa manuskrip tulisan tangan mereka langsung ke penggubah, yang melakukan yang terbaik untuk menguraikannya. Para penyusun kemudian menyerahkan kemudian mengoreksi kesalahan ketik dan mengedit ketidakkonsistenan gaya. Kemudian staf ruang penyusun membuat lembar gaya, yang pada akhirnya diteruskan ke berbagai universitas lainnya.

Nama resmi dari format ini adalah The Chicago Manual of Style yang diterbitkan langsung oleh University of Chicago Press. Walaupun dengan tata bahasa yang berbeda, akan tetapi format ini banyak digunakan oleh Negara lain termasuk Indonesia.

Secara umum, cover makalah dengan format Chicago tidak memiliki aturan baku, namun tetap memiliki beberapa unsur yang harus ada, yakni cover, isi makalah, lampiran (jika diperlukan), catatan dan bibliografi. Sementara pada contoh cover makalahnya, berikut format yang digunak

Judul

Sebetulnya dalam penulisan style chicago tidak memerlukan gaya khusus, seringkali cukup dengan hanya menyertakan judul di bagian atas halaman pertama. Semua teks pada halaman judul termasuk seluruh isi cover makalah harus rata tengah dan spasi ganda, dan ditulis dengan font yang sama seperti teks lainnya.

Judul harus muncul sekitar ? di bagian bawah halaman, dalam huruf besar judul dan dicetak tebal. Meskipun lebih fleksibel dalam format penulisannya, kamu tidak diperkenankan untuk membuat tulisan dengan bermacam-macam gaya (dekoratif) atau menggabungkan beberapa jenis huruf atau mewarnainya.

Subtitle

Jika Anda memiliki sub judul, judul utama diakhiri dengan titik dua dan subjudul muncul di baris berikutnya, juga dicetak tebal dan berukuran sama dengan judul utama. Halaman sub judul ditulis lebih kecil dari judul utama, bagian ini berisi informasi tentang kelanjutan dari judul serta informasi tentang tujuan dibuatnya makalah.
Informasi lainnya (Other Informations)

Pada bagian terakhir yaitu tentang informasi yang berkaitan dengan pendukung makalah kamu seperti nama, kelas, nama guru, tanggal penugasan.

Untuk penulisan nama guru atau dosen anda tidak boleh dibiarkan dengan huruf biasa (kurus) harus dengan format cetak tebal (bold)

Sebagai catatan: Pembuatan cover berdasarkan Chicago Style tidak boleh mencantumkan nomor halaman, tetapi harus disertakan dalam jumlah halaman – dengan kata lain, penomoran halaman dimulai pada halaman 2.

Baca juga artikel yang lain :

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad