in

Begini Cara Mengurus STNK Hilang, Mulai Dari Syarat Dan Biayanya

Cara Mengurus STNK Hilang –  Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang rusak atau hilang bisa menjadi masalah  serius jika tidak segera diurus. Dalam praktiknya, STNK salah satu adalah bukti kepemilikan kendaraan yang penting. STNK juga merupakan salah satu bukti bahwa kendaraan yang digunakan telah terdaftar secara resmi.

Jika Grameds tidak membawa STNK saat mengendarai kendaraan di jalan, maka polisi akan mengeluarkan surat tilang atau menduga bahwa kendaraan yang kamu pakai tersebut adalah hasil kendaraan curian. Selain itu, kelengkapan dokumen kendaraan khususnya STNK membuat penjualan kendaraan menjadi sulit.

Itulah sebabnya Grameds perlu tahu bagaimana cara mengurus STNK yang hilang. Tidak perlu panik jika STNK milikmu hilang karena tentu saja bisa mengurusnya kembali di SAMSAT. Namun, tahukah Grameds mengapa kita harus segera mengurus STNK yang hilang?

Nah, untuk mencari jawabannya, Grameds bisa menyimak artikel berikut ini:

https://bapenda.bantenprov.go.id/

Mengenal Apa itu STNK

Tahukah kamu jika cara mengurus STNK hilang itu bisa disebut rumit. Itu artinya kamu perlu memastikan untuk menyimpan dokumen penting tersebut dengan baik dan benar. Kecuali jika kamu ingin memperbarui STNK, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan  biaya perpanjangan STNK agar bisa berlaku kembali. Dalam praktiknya kita tidak bisa menjamin STNK tidak hilang, entah karena kita lupa meletakkannya, terjatuh, atau dicuri orang.

Kemungkinan itu bisa terjadi, maka sang pemilik harus mengurus STNK yang hilang tersebut. Kehadiran STNK merupakan suatu keharusan bagi setiap kendaraan. Tanpa  STNK,  kendaraan  bisa jadi “palsu” dan tidak bisa digunakan  sampai  bukti tersebut diperoleh. Itulah sebabnya setiap orang harus memiliki STNK saat menaiki kendaraannya sebagai bukti bahwa kendaraan yang digunakan adalah legal atau bukan barang curian. Ini jadi cara pengamanan yang dilakukan pihak berwajib.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan cara menangani STNK yang hilang, terlebih dahulu kamu harus memahami apa itu STNK, apa saja manfaatnya, dan pentingnya penanganan segera saat hilang. Seperti yang telah dijelaskan diatas, STNK merupakan singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Di Indonesia, STNK diterbitkan oleh Sistem Administrasi  Manunggal Satu Atap (SAMSAT).

SAMSAT ini merupakan tempat pelayanan penerbitan atau pengesahan STNK oleh tiga instansi, yaitu Polri, Ditjen Pajak, dan PT Jasa Raharja. STNK adalah titik awal untuk memiliki kendara secara legal. Di dalam STNK  berisi KTP pemilik nomor polisi (nama pemilik, alamat pemilik) dan KTP kendaraan (produsen/tipe, tipe/model, tahun pembuatan, tahun pembuatan, kapasitas silinder), Warna, nomor rangka/NIK, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, dan sebagainya.

Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera pada STNK akan tercetak pada plat nomor yang dilampirkan pada kendaraan yang bersangkutan. STNK berlaku selama 5 tahun dan setiap kali STNK diperpanjang, kendaraan harus menjalani pemeriksaan fisik yaitu nomor rangka kendaraan dan nomor mesin  yang dikeluarkan oleh satuan lalu lintas kepolisian.

Oleh karena itu, STNK  harus selalu kamu bawa dalam setiap perjalanan. Jangan lupa untuk membawa surat ini bersamamu. Jika terjadi kesalahan dalam prosesnya, STNK dapat meminta pertanggungjawabanmu.

Perlu kamu tahu bahwa perkembangan teknologi ikut andil dalam membantu pihak kepolisian untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya Tombol panik yang diciptakan untuk mempercepat penanganan administrasi, persoalan kriminal maupun persoalan sosial perkotaan, contohnya kecelakaan lalu lintas. Buku ini akan banyak memberikan informasi kepada pembaca tentang perkembangan teknologi yang digunakan oleh kepolisian.

Plat nomor polisi  STNK harus sesuai dengan plat nomor polisi kendaraan. Hal itu akhirnya tercetak dari nomor polisi yang tertera di STNK  dan ditempel di kendaraan yang bersangkutan. Selain itu STNK juga memiliki BBNKB, yang juga dikenal sebagai biaya pengiriman kendaraan. Ini adalah biaya yang dikenakan ketika kepemilikan kendaraan berpindah dari satu pemilik ke pemilik lainnya.

Jika kamu membeli kendaraan, seperti mobil dari pemilik sebelumnya, maka dokumen ini harus ada di STNK sebagai bukti kepemilikan  baru. Jadi kamu harus membayar biaya transfer dengan nama lain, seperti Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan  Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) atau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Semua ini harus dibayar agar masalah rename atau balik nama STNK semakin mudah.

Perlu kamu ketahui bahwa STNK berlaku selama 5 tahun. Jadi berlakunya STNk terhitung setiap satu tahun dan berlaku selama lima tahun sekali kamu harus melakukan penggantian plat kendaraan secara rutin.

Proses perpanjangan STNK dimulai dari pengecekan fisik kendaraan yang dilakukan di kantor SAMSAT terdekat dari wilayah domisili. Setelah itu kamu baru bisa melakukan pembayaran biaya administrasi sesuai aturan yang berlaku. Jika kamu hanya memperpanjang STNK tahunan, maka tidak perlu mencetak plat baru dan biasanya prosesnya lebih cepat.

Lalu bagaimana cara mengurus STNK yang hilang? Jangan khawatir, kamu tidak perlu gugup. Cukup dengan menyiapkan beberapa dokumen terkait dan mengikuti prosedur penukaran STNK, maka kamu sudah bisa mendapatkan STNK-mu kembali.

Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan lengkap tentang cara mengurus STNK yang hilang, mulai dari syarat yang perlu disiapkan, biaya, sampai tahapan cara mengurus STNK hilang tersebut.

 

tombol beli buku

Syarat Mengurus STNK Hilang

Sebelum melakukan tahapan mengurus STNK yang hilang, kamu perlu memperhatikan syarat dokumen apa saja yang harus kamu bawa ke Samsat. Dalam kasus ini kamu tidak hanya pergi ke kantor SAMSAT juga, melainkan juga ke kantor Kepolisian Sektor. Berikut ini syarat yang perlu kamu bawa saat mengurus SKCK hilang di SAMSAT:

  • Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian Sektor (Polsek) tempat kamu berdomisili
  • KTP pemilik (nama KTP yang tertulis dalam STNK) kendaraan asli dan fotokopinya
  • Fotokopi STNK
  • BPKB asli dan fotokopinya
  • Jika kendaraan belum lunas dan BPKBnya masih di tempat leasing, maka pemilik kendaraan dapat meminta fotokopi BPKB yang dilegalisir dari leasing tersebut

Biaya Mengurus STNK Hilang

Selain syarat dokumen di atas, kamu juga perlu menyiapkan sejumlah dana untuk membayar biaya mengurus STNK hilang, seperti berikut ini:

  • Untuk kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum adalah Rp100.000
  • Untuk kendaraan bermotor roda 4 atau lebih adalah Rp200.000
  • Untuk pengesahan STNK adalah  Rp0

Sebagaimana dijelaskan dalam buku ini, layanan publik merupakan pusat dari  proses pemerintahan secara keseluruhan. Bahkan menjadi tanda keberadaan suatu bangsa (actual nation) dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Penulis buku ini memahami intinya dengan lurus. Pelayanan publik seringkali menjadi produk yang mendapat perhatian publik. Seperti judul bukunya, fokus reformasi dapur birokrasi terbatas pada elemen infrastruktur kerja untuk mendukung platform digital sebagai alat untuk membangun e-government.

Opsi ini sangat relevan dalam mengatasi hambatan fisik (seperti halnya pelayanan tradisional) di masa pandemi Covid 19 ini. Namun, keberadaan eservices untuk pengawasan digital dalam kerangka e-government merupakan situasi fundamental dalam hal pembangunan lokal, nasional, dan global yang dihadapi pemerintah masa depan.

Banyak buku dalam buku ini disajikan dalam semangat dorongan untuk menghapus perubahan. Selain mendorong efisiensi layanan, tata kelola digital juga diyakini dapat meningkatkan akuntabilitas birokrasi. Makalah ini dapat menunjukkan kepada Anda tantangan ke depan. Wilayah internal (ekosistem digital) masih membutuhkan kehadiran model-model baru talenta perangkat.

Literasi dan pembelajaran manusia. Ini adalah budaya terbuka dan bersedia terbuka untuk umum dan dikelola. Silo mental  dan ego sektoral digantikan oleh kesediaan berbagi data/informasi (persiapan budaya bersama). Bersedia membangun jaringan antar level pemerintahan (multi level networking) dan berkolaborasi dengan masyarakat (cooperative governance).

Ekosistem internal juga mempengaruhi politik dan budaya birokrasi itu sendiri. Kehadiran pemimpin perubahan dan kemampuan untuk mengelola perubahan sangat penting.

Cara Mengurus STNK Hilang

Setelah mengetahui syarat dan biaya yang harus disiapkan, maka kamu sudah bisa mengurus STNK hilang di SAMSAT. Berikut ini cara mengurus STNK hilang:

1. Segera Laporkan Hilangnya STNK Ke Polsek Terdekat

Jika kamu mengalami STNK hilang, segera laporkan ke kantor polisi terdekat  (Polres atau Polsek). Mintalah surat keterangan kehilangan dari pihak Polres atau Polsek terdekat. Surat ini menjadi bukti bahwa kamu kehilangan STNK dan perlu mengganti STNK yang hilang tersebut.  Di sana, sertifikat yang hilang akan dikeluarkan.

2. Melengkapi Dokumen Sebagai Persyaratan Administrasi

Untuk mengajukan penggantian STNK yang hilang, berdasarkan informasi yang dilaporkan oleh Humas Mabes Polri dalam akun Facebook resminya, dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • KTM Asli dan copy Pemilik kendaraan yang tertera dalam STNK
  • Fotocopy STNK yang hilang
  • Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau kepolisian setempat)
  • BPKB (Asli dan fotocopy)

3. Datang ke Kantor SAMSAT

Setelah kamu memiliki dokumen untuk memenuhi persyaratan administrasinya, bawa semua dokumen tersebut ke kantor SAMSAT yang merupakan tempat penerbitan atau pengesahan STNK oleh kepolisian, Ditjen Pajak, dan PT Jasa Raharja.

4. Pemeriksaan Fisik Kendaraan

Ini merupakan langkah awal yang dilakukan di kantor SAMSAT. untuk cara mengurus STNK hilang Periksa secara fisik kendaraan untuk melihat rangka dan nomor mesin. Pemeriksaan fisik kendaran ini akan dilakukan oleh petugas SAMSAT. Biasanya kamu harus antri untuk melakukannya.

5. Mengisi Formulir Pendaftaran

Isi formulir dengan lengkap dan benar dan serahkan ke loket STNK Hilang. Jangan lupa lampirkan dokumen syarat administrasi tadi di dalam mapnya.

tombol beli buku

6. Pemrosesan Cek Blokir (Surat Kehilangan dari SAMSAT)

Manajemen cek blokir adalah surat keterangan STNK yang hilang dari SAMSAT yang berisi informasi tentang keabsahan peningkatan STNK terkait tidak diblokir atau mencari. Itulah sebabnya kamu perlu melampirkan hasil pemeriksaan fisik kendaraan.

7. Pengurusan Pembuatan STNK Baru Di Loket BBN II

Untuk pengurusan penerbitan STNK baru menggantikan STNK lama yang hilang, harap menyertakan semua dokumen dan surat keterangan hilang dari SAMSAT, yakni diserahkan ke Loket BBN (Bname Transfer) II.

8. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Tahap ini perlu kamu lakukan jika belum membayar pajak tahunan kendaraan. Jika kamu sudah membayar pajak ini, maka akan dibebaskan dari pembayaran pajak.

9. Membayar Biaya Pembuatan STNK Baru

Jenis penerimaan negara bebas pajak kepolisian berdasarkan PP Nomor 50 Tahun 2010 dan pembayaran biaya pembuatan STNK baru biaya penerbitan STNK yang tercantum di Kepabeanan adalah sebagai berikut:

  • Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum adalah Rp100.000
  • Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih adalah Rp200.000
  • Pengesahan STNK adalah  Rp 0

10. Pengambilan STNK dan SKPD

Setelah semua tahapan selesai, kamu tinggal menyerahkan bukti pembayaran dari kasir ke tempat pengambilan STNK baru dan menunggu panggilan untuk pengambilan STNK dan SKPD (ketetapan pajak daerah) yang sudah selesai.

tombol beli buku

Buku ini menginformasikan kepada pembaca tentang proses reformasi perpajakan, perubahan undang-undang perpajakan, dan modernisasi administrasi perpajakan  di Indonesia saat ini. Banyak hal yang  belum diumumkan ke publik terkait reformasi perpajakan dan modernisasi administrasi perpajakan.

Buku ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi para sarjana, sebagai bantuan administrasi perpajakan bagi para pengusaha, dan sebagai acuan dalam penyusunan laporan pajak bagi pemeriksa pajak. Demikian pula para pengambil kebijakan dan otoritas pajak dapat menggunakannya sebagai referensi atau bahan bacaan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang urusan perpajakan.

Dengan modernisasi administrasi perpajakan, pelayanan prima di semua unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan selaras dengan pengawasan yang efektif. Hal ini didukung oleh organisasi yang berorientasi pada fungsi dan staf profesional.

Modernisasi administrasi perpajakan menjadi masalah tidak hanya bagi Direktorat Jenderal Pajak, tetapi juga bagi masyarakat yaitu wajib pajak. Ini membutuhkan pemahaman yang sama tentang modernisasi pajak. Untuk mendukungnya, tentu perlu ada bahan bacaan yang terkait dengan modernisasi perpajakan.

Buku ini tentu dapat digunakan sebagai pedoman wajib pajak dan pengelola pajak. Isi buku  juga dapat digunakan sebagai pedoman bagi wajib pajak dan pegawai dalam memenuhi ketentuan undang-undang perpajakan terbaru. Selain itu ada pula isi undang-undang perpajakan telah selesai. Daftar nama ditampilkan. , Website, Alamat Persatuan Biro Pajak seluruh Indonesia untuk mempermudah akses wajib pajak, halaman, tentunya fiskus dan wajib pajak  sangat membantu.

Nah, itulah penjelasan tentang cara mengurus STNK hilang, mulai dari syarat, biaya dan tahapannya. Apakah Grameds sudah bisa mulai mengurusnya di SAMSAT. Kamu tidak perlu khawatir karena saat ini pelayan publik di SAMSAT sudah menggunakan online sistem yang lebih mudah dan cepat. Dalam praktiknya sebuah pelayanan publik memang harusberkembang agar semakin mudah dalam melayani publik.

Jika Grameds tertarik dengan materi pelayanan publik, pelayanan perpajakan, dan kepolisian, maka bisa baca koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com atau www.ebooksgramedia.com.

Penulis: Lala Nilawanti



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum