in

Daftar Nomor Plat Kendaraan Bermotor di Seluruh Indonesia

Daftar Nomor Plat Kendaraan Bermotor – Plat nomor kendaraan atau lempengan pipih yang berbentuk seperti pelat dengan bahan dasar aluminium, biasa diletakkan didepan dan dibelakang kendaraan bermotor dengan jenis kendaraan apapun. Plat nomor kendaraan memiliki fungsi utama sebagai identitas dari kendaraan bermotor yang dimiliki oleh Grameds.

Plat nomor kendaraan memiliki nama resmi yang disebut dengan TNKB atau kependekan dari Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Secara singkat dan umum, plat nomor kendaraan sendiri memuat dua informasi didalamnya.

Apa saja dua informasi itu? Untuk baris pertama atau baris atas pada plat nomor memuat informasi mengenai kode wilayah dari pemilik yang wujudnya berupa satu huruf, dilanjut dengan kode angka dari kepolisian atau yang disebut dengan nomor polisi yang berbentuk susunan angka seperti angka acak, lalu diakhiri dengan kode seri wilayah yang berupa huruf.

Selanjutnya untuk baris kedua atau baris yang ada di bawah baris pertama plat motor memuat informasi mengenai hari, bulan, serta tahun dari masa berlaku plat nomor kendaraan tersebut. Informasi baris kedua memiliki wujud angka .

Nah semua informasi mengenai plat nomor kendaraan tersebut pastilah sudah terdaftar dan terekam dalam Kantor Samsat. Mengapa demikian? Karena data yang bersangkutan dengan data plat nomor kendaraan memiliki hubungan yang sangat erat dengan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau yang disingkat dengan BPKB serta Surat Tanda Nomor Kendaraan atau yang disingkat dengan STNK.

Nah, ternyata nih ternyata plat nomor kendaraan yang ada di tiap wilayah Indonesia memiliki kode plat nomor kendaraan yang berbeda. Tahukah Grameds kalua di tiap wilayah yang ada di Indonesia itu memiliki kode plat nomor yang berbeda-beda? Tak hanya kode wilayahnya saja, namun juga angka-angka serta huruf di belakangnya juga loh!

Nah, di artikel ini kami akan mengajak Grameds untuk mengenali satu-satu kode plat nomor kendaraan dari masing-masing wilayah dan daerah yang ada di Indonesia. Tak hanya itu saja, kami juga akan menyajikan kepada Grameds informasi yang lebih lengkap mengenai pengertian dari plat nomor serta fakta bahwa plat nomor kendaraan juga diklasifikasikan berdasarkan jenis kendaraannya menggunakan warna-warna yang berbeda dan juga kilas informasi mengenai nomor urut plat kendaraan berdasarkan jenis kendaraan bermotor yang digunakan. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai habis, ya! Cekidot!

Apa Itu Plat Nomor Kendaraan?

plat nomor atau plat nomor kendaraan merupakan salah satu jenis dari identitas kendaraan terutama kendaraan bermotor. plat nomor kendaraan sendiri biasanya juga disebut dengan plat registrasi kendaraan.

Di Amerika Serikat sendiri, plat nomor kendaraan lebih dikenal dengan sebutan plat izin atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan license plate. Seperti yang sudah kami sebutkan diawal bahwa, plat nomor kendaraan memiliki bentuk berupa sebuah potongan dari logam alumunium atau juga bisa plastic yang diletakkan atau dipasang pada bagian depan dan belakang kendaraan bermotor.

Fungsi utamanya adalah sebagai identitas asli dari kendaraan bermotor milik Grameds tersebut. Plat motor sendiri umumnya berjumlah sepasang, namun tidak semua kendaraan memakai sepasang plat nomor. Ada juga kendaraan motor tertentu yang memasang hanya satu plat nomor. Itu semua tergantung pada jenis kendaraan bermotor apa yang digunakan oleh Grameds.

Dalam plat nomor terkandung nomor seri ata yang juga bisa disebut dengan nomor seri yang terdiri dari susunan angka serta huruf tertentu dan kelihatannya acak khusus bagi kendaraan yang Grameds miliki.

Nah, nomor yang menjadi nomor di plat nomor kendaraan ini juga disebut sebagai nomor polisi, selain itu dalam nomor ini juga dimuat beberapa informasi mengenai bentuk fisik dari kendaraan yang bersangkutan. Informasi lain tersebut terkandung dalam STNK yang kependekan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan yang uga terdapat plat nomor kendaraan.

Informasi tersebut meliputi, warna, model, tahun pembuatan kendaraan, nama dan alamat pemiliknya, merk kendaraan tersebut, nomor identifikasi dari kendaraan tersebut. Semua informasi tersebut juga sudah direkap menjadi satu dalam data milik samsat bersama. STNK juga menjadi bukti bahwa polisi sudah menetapkan dan melegalkan kendaraan bermotor tersebut.

Macam Klasifikasi Warna plat Motor

Jika Grameds perhatikan lebih mendalam, ternyata fakta bahwa warna plat nomor kendaraan bermotor itu tidak selalu berlatar belakang warna hitam. Memang kebanyakan yang Grameds lihat bahwa plat nomor kendaraan bermotor memiliki latar belakang warna hitam, dikarenakan kendaraan bermotor yang Grameds lihat sebagian besar milik warga sipil, termasuk Grameds sendiri.

Nah, jika Grameds pernah melihat warna plat nomor kendaraan bermotor berwarna selain hitam, tenag itu bukan karena dimodifikasi atau salah warna kok, tapi memang ada kenyataan dan aturan bahwa warna plat nomor ini dibagi menjadi tujuh warna. Lumayan banyak, ya? Berikut ini akan kami sajikan penjelasan mengenai masing-masing warna, mulai dari fungs dan pembagian kendaraan bermotor apa yang menggunakan plat nomor dengan warna tersebut.

banner-promo-gramedia
  1. Plat nomor kendaraan dengan warna latar belakang hitam dan tulisan berwarna putih biasanya diperuntukkan untuk kendaraan pribadi atau milik sendiri.
  2. Plat nomor kendaraan dengan warna latar belakang kuning dan tulisan berwarna hitam biasanya diperuntukkan untuk kendaraan umum atau angkutan umum.
  3. Plat nomor kendaraan dengan warna latar belakang putih dan tulisan berwarna hitam biasanya diperuntukkan untuk kendaraan milik negara yang khusus beroperasi di negara Indonesia.
  4. Plat nomor kendaraan dengan warna latar belakang merah dan tulisan berwarna putih biasanya diperuntukkan untuk kendaraan khusus untuk para pejabat pemerintahan di negara Indonesia.
  5. Plat nomor kendaraan dengan warna latar belakang hitam dan tulisan berwarna putih dengan ciri khusus nomor seri yang terdiri dari lima angka dan lima kode yang dicetak berukuran lebih kecil disertai format khusus biasanya diperuntukkan untuk kendaraan khusus staff operasional diplomatic dari negara asing.
  6. Plat nomor kendaraan dengan warna latar belakang putih dan tulisan berwarna merah biasanya diperuntukkan untuk kendaraan distribusi dari pabrik ke dealer atau dari dealer menuju tempat dimana pembeli berada.
  7. Plat nomor kendaraan dengan warna latar belakang hijau dan tulisan berwarna hitam biasanya diperuntukkan untuk kendaraan yang ditempatkan khusus di tempat Free Trade Zone atau dalam Bahasa Indonesianya disebut dengan perdagangan bebas, dengan keuntungan khusus bebas biaya bea.

Urutan Nomor Plat Kendaraan Bermotor

Sebelum mengetahui kode plat kendaraan bermotor, ada baiknya jika Grameds mengetahui lebih dahulu mengenai urutan nomor plat kendaraan beserta dengan jenis kendaraan bermotor yang menempati nomor urut tersebut. Berikut ini urutan nomor plat kendaraan bermotor yang akan kami sajikan untuk Grameds.

1. Nomor urut kendaraan dimulai dari nomor 1 sampai dengan 1999 digunakan oleh jenis kendaraan bermotor untuk kendaraan yang berpenumpang.
2. Nomor urut kendaraan dimulai dari nomor 2000 sampai dengan 6999 digunakan oleh jenis kendaraan bermotor untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor.
3. Nomor urut kendaraan dimulai dari nomor 7000 sampai dengan 7999 digunakan oleh jenis kendaraan bermotor untuk kendaraan bus.
4. Nomor urut kendaraan dimulai dari nomor 8000 sampai dengan 9999 digunakan oleh jenis kendaraan bermotor untuk kendaraan yang difungsikan untuk mengangkut beban berat seperti truk dan lain sebagainya.

Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan Di Indonesia

Seperti yang kami sudah katakan kepada Grameds di awal bahwa, kode plat nomor kendaraan bermotor atau kode wilayah yang berupa huruf yang berada di awal plat nomor kendaraan tiap wilayah memiliki huruf yang berbeda satu sama lain. Berikut ini akan kami sajikan daftar kode plat nomor kendaraan di Indonesia tiap wilayahnya secara rinci.

1. Kode Plat Nomor Pulau Sumatera

Pulau Sumatera membagi kode plat nomor kendaraan mereka menjadi Sembilan buah kode plat nomor, berikut ini kodenya BL, BB, BK, BA, BM, BH, BD, BP, BG, BN, BE. Tiap kode plat nomor kendaraan tersebut memiliki jangkauan wilayahnya masing-masing. Berikut ini pembagian kode plat nomor di Pulau Sumatera

  1. BL: Kode plat nomor BL berlaku untuk wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie Jayal, Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Jaya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Lhokseumawe, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Kota Subulussalam, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Simeulue.
  2. BB: Kode plat nomor BB berlaku untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara terutama bagian barat (pesisir barat).
  3. BK: Kode plat nomor BK berlaku untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara terutama bagian timur (pesisir timur).
  4. BA: Kode plat nomor BA berlaku untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Solok Selatan.
  5. BM: Kode plat nomor BM berlaku untuk wilayah Provinsi Riau, yaitu Kota Dumai serta Kota Pekanbaru.
  6. BP: Kode plat nomor BP berlaku untuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Natuna.
  7. BG: Kode plat nomor BG berlaku untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan, yaitu Kota Palembang, Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim.
  8. BN: Kode plat nomor BN berlaku untuk wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  9. BE: Kode plat nomor BE berlaku untuk wilayah Provinsi Lampung, yaitu Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Mesuji,
  10. BD: Kode plat nomor BD berlaku untuk wilayah Provinsi Bengkulu, yaitu Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Muko Muko, Kabupaten Lebong, Kabupaten Seluma, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Tengah.

2. Kode Plat Nomor Pulau Jawa

Pulau Jawa membagi kode plat nomor kendaraan mereka menjadi dua puluh dua buah kode plat nomor, berikut ini kodenya B, G, H, K, R, AA, AD, AB D, E, F, T, Z, A L, M, N, P, S, W, AE, AG. Tiap kode plat nomor kendaraan tersebut memiliki jangkauan wilayahnya masing-masing. Dikarenakan pulau Jawa memiliki kode plat nomor paling banyak dibandingkan dengan pulau lainnya, kami akan membagi kode plat nomor dari Pulau Jawa berdasarkan provinsinya. Berikut ini pembagian kode plat nomor di Pulau Jawa.

A) Kode Plat Nomor Provinsi DKI Jakarta

– Kode plat nomor B berlaku untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya terutama Ibukota Jakarta.

B) Kode Plat Nomor Provinsi Banten

– Kode plat nomor A berlaku untuk wilayah Provinsi Banten, yaitu Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Cilegon, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Tangerang.

C) Kode Plat Nomor Provinsi Jawa Barat

– Kode plat nomor D berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat
– Kode plat nomor E berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.
– Kode plat nomor F berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, yaitu, Kota Bogor, kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi.
– Kode plat nomor T berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang.
– Kode plat nomor Z berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, yaitu Kota Banjar, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Ciamis.

D) Kode Plat Nomor Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta

– Kode plat nomor G berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Pemalang.
– Kode plat nomor H berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kota Salatiga, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, dan sekitarnya.
– Kode plat nomor K berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Cepu.
– Kode plat nomor R berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah , yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara.
– Kode plat nomor AA berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Kedu, Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.
– Kode plat nomor AD berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Klaten.
– Kode plat nomor AB berlaku untuk wilayah Provinsi Yogyakarta, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Kulon Progo.

E) Kode Plat Nomor Provinsi Jawa Timur

– Kode plat nomor L berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya.
– Kode plat nomor M berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, yaitu Kota Madura, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Bangkalan.
– Kode plat nomor khusus mobil N berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Kota Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kota Batu.
– Kode plat nomor P berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Besuki, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.
– Kode plat nomor S berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, yaitu Kota Bojonegoro, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kota Lamongan, dan Kota Jombang.
– Kode plat nomor W berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Sidoarjo dan Kota Gresik.
– Kode plat nomor AE berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, yaitu Kota Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Pacitan.
– Kode plat nomor AG berlaku untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Trenggalek.

3. Kode Plat Nomor Provinsi Nusa tenggara dan Bali

Pulau Nusa Tenggara dan Bali membagi kode plat nomor kendaraan mereka menjadi enam buah kode plat nomor, berikut ini kodenya DK, DR, EA, DH, EB, ED. Tiap kode plat nomor kendaraan tersebut memiliki jangkauan wilayahnya masing-masing. Berikut ini pembagian kode plat nomor di Pulau Nusa Tenggara dan Bali.

– Kode plat nomor DK berlaku untuk wilayah Provinsi Bali.
– Kode plat nomor DR berlaku untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu Kabupaten Lombok, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah.
– Kode plat nomor EA berlaku untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu Kota Bima, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Dompu.
– Kode plat nomor DH berlaku untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu Kota Kupang, Kabupaten Timor, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Kabupaten Rote Ndao.
– Kode plat nomor EB berlaku untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur Kota Ende, Kabupaten Flores, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Alor
– Kode plat nomor ED berlaku untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur.

4. Kode Plat Nomor Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan membagi kode plat nomor kendaraan mereka menjadi lima buah kode plat nomor, berikut ini kodenya KB, DA, KH, KT, KU. Tiap kode plat nomor kendaraan tersebut memiliki jangkauan wilayahnya masing-masing. Berikut ini pembagian kode plat nomor di Pulau Kalimantan.

– Kode plat nomor KB berlaku untuk wilayah Provinsi Kalimantan Barat.
– Kode plat nomor DA berlaku untuk wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.
– Kode plat nomor KH berlaku untuk wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.
– Kode plat nomor KT berlaku untuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur.
– Kode plat nomor KU berlaku untuk wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

5. Kode Plat Nomor Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi membagi kode plat nomor kendaraan mereka menjadi tujuh buah kode plat nomor, berikut ini kodenya DB, DL, DM, DN, DT, DD, DC. Tiap kode plat nomor kendaraan tersebut memiliki jangkauan wilayahnya masing-masing. Berikut ini pembagian kode plat nomor di Pulau Sulawesi.

– Kode plat nomor DB berlaku untuk wilayah Provinsi Sulawesi Utara, yaitu Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow.
– Kode plat nomor DL berlaku untuk wilayah Provinsi Sulawesi Utara, yaitu Kabupaten Sangihe, Kabupaten Talaud, dan Kabupaten Sitaro.
– Kode plat nomor DM berlaku untuk wilayah Provinsi Gorontalo.
– Kode plat nomor DN berlaku untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.
– Kode plat nomor DT berlaku untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.
– Kode plat nomor DD berlaku untuk wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.
– Kode plat nomor DC berlaku untuk wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

6. Kode Plat Nomor Pulau Maluku

Pulau Sulawesi membagi kode plat nomor kendaraan mereka menjadi dua buah kode plat nomor, berikut ini kodenya DE dan DG. Tiap kode plat nomor kendaraan tersebut memiliki jangkauan wilayahnya masing-masing. Berikut ini pembagian kode plat nomor di Pulau Maluku.
– Kode plat nomor DE berlaku untuk wilayah Provinsi Maluku.
– Kode plat nomor DG berlaku untuk wilayah Provinsi Maluku Utara.

7. Kode Plat Nomor Pulau Papua

Pulau Sulawesi membagi kode plat nomor kendaraan mereka menjadi dua buah kode plat nomor, berikut ini kodenya PA dan PB. Tiap kode plat nomor kendaraan tersebut memiliki jangkauan wilayahnya masing-masing. Berikut ini pembagian kode plat nomor di Pulau Papua.

– Kode plat nomor PA berlaku untuk wilayah Provinsi Papua.
– Kode plat nomor PB berlaku untuk wilayah Provinsi Papua Barat.

Baca Juga:

banner-promo-gramedia

Nah, itulah daftar plat nomor kendaraan bermotor yang ada di seluruh Indonesia. Banyak sekali bukan? Nah, kode plat nomor mana yang menjadi kode plat nomor milik Grameds? Ada kan?

tombol beli buku

tombol beli buku

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah