in ,

Cara Melembapkan Kulit Wajah dan 5 Bahan Alami Untuk Merawatnya

Cara Melembapkan Kulit Wajah – Apakah Grameds menyadari bahwa saat ini cuaca tengah berubah-ubah, terkadang sangat panas tetapi esok harinya terasa sangat dingin? Nah, perubahan cuaca tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kelembaban kulit wajah kita lho… Apalagi ketika cuaca terus-menerus dingin, tentu saja kulit wajah akan menjadi kering dan terasa tidak lembab seperti biasanya. Namun jangan khawatir, sebab ternyata banyak cara yang dapat dilakukan untuk melembabkan kembali kulit wajah kita.

Baik pria maupun wanita, tentu saja sangat perlu melembabkan kulit wajah mereka. Tidak harus menggunakan produk perawatan wajah yang mahal kok, bahkan bisa juga menggunakan berbagai bahan alami yang mudah ditemui di lingkungan sekitarmu. Lalu, apa sih penyebab kulit wajah kita menjadi kering dan tidak lembab? Bagaimana pula cara melembabkan kulit wajah kembali supaya tidak ‘kering-kerontang’? Apa saja bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit wajah? Nah, supaya Grameds memahami hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini!

https://www.pexels.com/id-id/

Apa Penyebab Kulit Wajah Kering dan Tidak Lembap?

Perubahan cuaca memang dapat menjadi penyebab terjadinya kulit wajah kering dan tidak lembab. Namun apakah penyebabnya hanya itu saja? Tentu saja tidak, bahkan secara tidak kita sadari, kebiasaan sehari-hari juga dapat menjadi penyebab mengapa kulit wajah ini menjadi kering dan tidak lembab. Nah, berikut adalah uraian mengenai apa saja penyebab kulit wajah menjadi kering.

1. Salah Menggunakan Produk Pelembap Wajah

Penyebab yang satu ini memang seringnya tidak kita sadari. Padahal produk pelembab itu apabila cocok dengan kebutuhan dan tipe kulit wajah kita, tentu saja dapat bekerja secara maksimal untuk melembabkan wajah. Nah, supaya Grameds tidak salah lagi ketika hendak menggunakan produk pelembab wajah, sebaiknya diteliti terlebih dahulu apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit wajah kita ya… Jangan asal-asalan membeli atau hanya mengikuti tren saja.

2. Terkena Paparan Sinar Matahari Terlalu Sering

Memang benar bahwa sinar matahari itu dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita, tetapi hanya sinar matahari pagi saja ya… Jika sudah siang, sinar matahari akan terasa sangat panas dan terik sehingga menyebabkan kulit wajah kering. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan tabir surya (sunscreen) selama lima belas menit sebelum keluar rumah, terutama di siang hari.

3. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca yang terkadang terasa panas kemudian dingin tentu saja akan mempengaruhi kelembaban kulit wajah kita. Apalagi jika saat itu udara tengah terasa kering. Semakin rendah tingkat kelembaban udara, maka kulit wajah akan semakin kering. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya gunakan produk pelembab yang cocok dengan kebutuhan dan tipe kulit wajah kita ya…

4. Menggunakan Pendingin Udara Terlalu Sering

Apakah Grameds menyadari bahwa pendingin udara alias AC itu sangat berpengaruh pada kelembaban kulit wajah kita? Yap, jika terlalu sering terpapar udara dari AC malah akan membuat kulit kita menjadi kering.

5. Mandi Menggunakan Air Panas Terlalu Lama

Memang benar apabila mandi menggunakan air panas itu akan membuat tubuh terasa lebih rileks, apalagi jika dilakukan setelah lelah beraktivitas seharian. Namun jika terlalu terlalu dilakukan, justru akan membuat kulit menjadi kering, terutama pada kulit wajah. Hal itu juga dapat menghilangkan minyak alami yang mana bertugas untuk melindungi kulit.

Apabila hendak mandi menggunakan air panas, sebaiknya pilih air hangat saja ya. Setelah itu, keringkan kulit tubuh terutama kulit wajah dengan cara menepuknya menggunakan handuk secara pelan-pelan saja, jangan menggosoknya secara berlebihan.

6. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga berpengaruh pada kelembaban kulit lho, terutama kulit wajah. Obat-obatan tersebut misalnya obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid seperti isotretinoin, obat-obatan kemoterapi, obat untuk tekanan darah tinggi, obat penurun kolesterol, antialergi, dan obat jerawat.

7. Kondisi Kesehatan Tertentu

Kondisi kesehatan dengan mengalami penyakit tertentu juga berperan menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan tidak lembab. Misalnya perubahan hormon yang dialami oleh wanita paruh baya ketika tengah menjelang masa menopause. Tidak hanya itu saja, penyakit diabetes, gangguan tiroid, ginjal, hingga kurang gizi juga dapat menyebabkan kulit wajah kering.

The Architecture of Love | Di balik Pena

8. Terjadi Iritasi Kulit

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya iritasi kulit, terutama pada kulit wajah. Mulai dari paparan debu dan polusi, terkena paparan alkohol dari parfum, penggunaan antiseptik pada sabun mandi, dan lainnya. Nah perlu diketahui ya Grameds bahwa keberadaan alkohol dan antiseptik itu apabila terlalu sering terkena kulit wajah akan mengurangi produksi sebum atau minyak alami, yang mana dapat berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

9. Terjadi Penuaan

Saat usia seseorang itu semakin tua, maka kulitnya juga akan menjadi lebih tipis dan mudah kering, terutama pada kulit wajah. Hal tersebut terjadi karena kolagen dan sebum yang ada di kulit semakin berkurang.

10. Kebiasaan Menggosok Kulit Wajah

Jika Grameds masih memiliki kebiasaan menggosok kulit wajah secara kasar terutama ketika tengah menggunakan scrub, lebih baik dihentikan ya. Hal itu juga dapat menjadi penyebab mengapa kulit wajah kita kering dan tidak lembab. Ketika kulit wajah digosok terlalu kasar, kelembaban di permukaan kulit akan berkurang.

Untuk mencegah kulit wajah menjadi kering, ketika tengah menggunakan scrub wajah lebih baik gosok secara perlahan. Kemudian, keringkan dengan handuk atau tisu dengan cara ditepuk pelan-pelan, jangan digosok.

Apa Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi?

Banyak orang yang menganggap bahwa kulit kering dan kulit dehidrasi itu adalah hal yang sama, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Bahkan kondisi dan penanganannya juga berbeda lho… Kulit wajah juga rentan dengan kondisi kering dan dehidrasi ini. Lalu, apa saja sih perbedaan antara kulit kering dan kulit dehidrasi pada wajah? Yuk simak uraian berikut ini!

Kulit Kering di Wajah

Baik pada kulit tubuh maupun kulit wajah, keberadaan kulit kering tidak selalu disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan. Kulit kering ini juga dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari adanya iritasi pada kulit hingga memang tipe kulit itu cenderung kering. Biasanya, kulit kering akan ditandai dengan kulit yang terasa kasar, bersisik, dan hingga gatal. Hal ini juga akan dialami pula pada kulit wajah.

Seseorang yang memiliki tipe kulit wajah kering pasti memiliki jumlah kelenjar minyak di kulit yang cenderung sedikit. Hal tersebut menyebabkan kulit wajah akan kekurangan ‘pelumas’ atau minyak alami kulit, yang mana dapat berfungsi untuk memelihara kelembabannya. Pemilik kulit wajah kering biasanya akan melihat bahwa wajahnya tampak kurang lentur atau elastis, kusam, dan kasar. Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa seseorang itu memiliki kulit wajah kering, di antaranya:

  • Faktor keturunan.
  • Terkena paparan sinar ultraviolet dari matahari dalam waktu yang lama.
  • Kebiasaan mandi menggunakan air panas dalam waktu yang lama.
  • Terkena paparan bahan kimia keras.
  • Alergi terhadap sesuatu.

Nah, jika Grameds ternyata memiliki tipe kulit wajah kering, tenang saja, sebab terdapat beberapa tips untuk merawatnya, yakni:

  • Rutin menggunakan produk pelembab kulit, baik untuk kulit tubuh maupun kulit wajah.
  • Hindari menggunakan sabun wajah yang justru dapat membuat kulit menjadi semakin kering.
  • Gunakan produk pembersih wajah yang memiliki tekstur krim, sementara pada sabun mandi lebih baik yang memiliki tekstur gel.
  • Jangan mandi terlalu lama ketika menggunakan air hangat, usahakan jangan lebih dari 10 menit.

Kulit Dehidrasi

Kulit dehidrasi justru bukan menjadi bagian dari tipe kulit, melainkan kondisi kulit yang terjadi ketika tubuh tengah mengalami kekurangan asupan cairan. Dehidrasi ini bisa juga disebabkan oleh kebiasaan kurang minum air atau tengah mengalami sakit tertentu, misalnya diare, muntah, demam, dan terlalu sering buang air kecil. Grameds perlu hati-hati jika kulit tengah mengalami dehidrasi seperti ini. Jika tidak segera ditangani, maka tubuh akan mengalami gangguan fungsi organ.

Ketika dehidrasi terjadi pada kulit wajah, maka akan membuat kulit terasa kering, gatal, dan terlihat kusam. Gejala tersebut tidak hanya terjadi pada pemilik tipe kulit wajah kering saja, tetapi juga semua tipe kulit wajah.

Untuk mengatasi kulit wajah yang dalam kondisi dehidrasi ini, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut:

  • Selalu minum air putih setidaknya 8 gelar per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Gunakan produk pelembab yang memang dapat menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit kering.
  • Kurangi minuman beralkohol atau kafein, contohnya seperti kopi dan teh.

Cara Melembapkan Kulit Wajah

Kita semua pasti selalu ingin memiliki kulit wajah yang lembab dong! Apalagi semakin bertambahnya usia, justru risiko mengalami kulit kering juga akan semakin besar. Nah, berikut ada beberapa cara mempertahankan kelembaban kulit wajah.

1. Basuh Wajah Menggunakan Air Biasa

Hindari menggunakan air panas ketika hendak membasuh wajah, sebab malah dapat memperburuk kondisi kulit wajah kita. Nah ketika hendak mandi, sebaiknya batasi waktunya hanya sekitar 5-10 menit saja.

2. Cermat Memilih Produk Pembersih Wajah

Sebaiknya, gunakan produk pembersih wajah (facial wash) yang bertekstur lembut dan tanpa tambahan pengharum. Hal tersebut supaya kulit wajahmu terhindar dari iritasi kulit yang mana dapat menyebabkan pula kulit menjadi semakin kering. Maka dari itu, sebelum menggunakan produk pembersih wajah, gunakan dahulu micellar water.

3. Segera Gunakan Pelembap Setelah Mencuci Wajah

Setelah mencuci wajah dengan facial wash yang telah disesuaikan dengan tipe kulit wajah, maka saatnya menggunakan toner dan pelembab. Rangkaian skincare ini memang harus dijalankan secara rutin supaya kulit wajah tetap lembab.

Ketika tengah memilih pelembab, perhatikan bagaimana teksturnya ya. Jika kamu memang memiliki tipe kulit wajah kering, maka sebaiknya memilih produk pelembab dalam tekstur krim atau salep, dibandingkan bentuk lotion. Sementara untuk tonernya, dapat menggunakan hydrating toner.

Produk pelembab wajah yang bagus adalah yang mengandung minyak zaitun atau minyak jojoba. Sementara untuk lebih melembabkan wajah, pilih kandungan lactic acid, hyaluronic acid, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum.

4. Hindari Penggunaan Produk yang Membuat Kulit Semakin Kering

Perlu diketahui ya Grameds bahwa terdapat produk yang sebaiknya tidak digunakan untuk tipe kulit wajah kering, sebab justru akan membuat kulit menjadi semakin kering. Produk-produk tersebut adalah yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid, dan alpha-hydroxy acid (AHA).

5 Bahan Alami Untuk Melembapkan Kulit Wajah

Untuk melembabkan kembali kulit wajah itu tidak harus selalu menggunakan produk skincare dengan harga mahal kok. Dapat juga menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui di sekitar kita dan tentu saja memiliki harga yang lebih terjangkau. Lalu, apa saja ya bahan-bahan alami yang dapat membantu melembabkan kembali kulit wajah kita? Yuk simak uraian berikut!

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa cukup mudah lho ditemui di minimarket. Dilansir dari halodoc.com, ternyata ada sebuah studi pada tahun 2014 yang menyatakan bahwa minyak kelapa itu sama efektifnya dengan petroleum jelly untuk merawat kulit wajah yang kering. Bahkan, minyak kelapa juga mampu menghidrasi kulit wajah sekaligus meningkatkan jumlah lemak pada permukaan kulitnya.

2. Madu

Madu alami juga menjadi bahan alami kedua untuk melembabkan kulit wajah kita. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012, menunjukkan bahwa madu memiliki beragam manfaat untuk berbagai penyakit kulit, salah satunya adalah mengatasi kulit wajah yang kering. Selain itu, madu juga bersifat anti inflamasi yang berkhasiat untuk menyembuhkan kulit iritasi.

3. Lidah Buaya

Pasti Grameds sering menemui berbagai produk perawatan wajah yang mengandung lidah buaya kan? Nah, hal itu karena memang gel pada lidah buaya terbukti mampu membantu meredakan kulit kering, terutama pada kulit wajah. Gel pada lidah buaya itu dapat dioleskan dan dibiarkan meresap dalam beberapa menit.

4. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly ini adalah minyak mineral yang hingga saat ini sering digunakan sebagai pelembab kulit, tak terkecuali pada kulit wajah. Petroleum jelly mampu bertindak sebagai penghalang oklusif sehingga membantu mengurangi jumlah air yang telah hilang dari kulit. Jika digunakan secara rutin, petroleum jelly juga dapat mengembalikan kelembaban kulit yang telah kering.

5. Pepaya

Buah pepaya juga memiliki manfaat yang mampu melembabkan sekaligus mencerahkan kulit wajah. Apabila rutin mengkonsumsinya, maka kulit wajah akan tetap sehat dan lembab. Tidak hanya itu saja, pepaya juga mampu membantu menenangkan kulit yang telah terbakar akibat terkena paparan sinar matahari terlalu lama.

Selain mengkonsumsinya secara langsung, pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai masker. Caranya simple, yakni dengan mengerok daging buah pepaya dan jangan lupa buang bijinya ya. Masukkan ke blender dengan satu cangkir air saja. Kemudian jika sudah halus, segera aplikasikan pepaya tersebut ke kulit wajah yang kering.

Nah, itulah ulasan mengenai cara melembabkan kulit wajah dan penyebab mengapa kulit wajah kita sering terasa kering dan tidak lembab. Apakah Grameds sudah mencoba salah satu bahan alami tersebut untuk menjaga kelembaban kulit wajah?

Sumber Referensi: 

https://www.halodoc.com/

https://www.alodokter.com/

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.