in

Memahami Penggunaan Tea Tree Oil Sesuai Kebutuhan Kulit & Efek Sampingnya

unsplash.com

Tea tree oil Grameds bagi kamu yang sering mencoba-coba produk skincare, kamu pasti tau dengan produk yang berbahan dasar tea tree oil. Terkenal dengan kandungannya yang dapat membantu merawat berbagai masalah kulit, banyak produk kecantikan yang sudah menggunakan bahan tea tree oil ini seperti sabun cuci muka, serum, toner atau masker wajah. Tentu kandungan nya berbeda dengan tanaman teh yang biasa digunakan untuk membuat minuman teh ya Grameds.

Mengenal Tea Tree Oil

Tea Tree Oil adalah minyak yang berasal dari daun pohon Melaleuca Alternifolia, yang berasal dari New South Wales dan Queensland, Australia. Beberapa spesies pohon ini juga tumbuh di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, dan Filipina.

Minyak ini sudah digunakan sekitar 100 tahun terakhir sebagai minyak antiseptic dan anti inflamasi serbaguna yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia terutama dalam dunia kecantikan dan perawatan kulit seperti untuk kulit wajah, aroma tubuh, hingga rambut. Bahkan warga asli Australia dulunya cukup menghancurkan daun pohon Melaleuca Alternifolia ini untuk mendapatkan ekstrak minyak nya yang bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit dan dioleskan langsung untuk mengatasi penyakit kulit.

Kandungan dan Manfaat yang Dimiliki

Di dalam minyak Tea Tree terdapat kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole dan viridiflorol. Kandungan terpinen-4-ol diketahui terbukti dapat membunuh bakteri, virus atau jamur tertentu, karena terpinen-4-ol diketahui dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih di dalam tubuh yang dapat membantu melawan kuman atau mikroba asing.

Sudah tidak diragukan lagi memang kandungan tea tree memiliki manfaat besar untuk kulit. Sebenarnya banyak lho manfaat yang bisa kamu rasakan apabila menggunakan produk yang mengandung minyak tea tree . Berikut adalah manfaat dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu ketahui.

[algolia_carousel]
Tea Tree Oil
unsplash.com

1. Berguna mengobati jerawat

Dengan adanya kandungan yang dapat melawan bakteri dan virus serta memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, tea tree oil ini menjadi pilihan popular untuk mengobati jerawat karena dapat menenangkan kemerahan, pembengkakan, peradangan akibat jerawat dan dapat mengurangi bekas jerawat.

Kandungan yang ada di dalamnya sama efektif dengan zat benzoil peroksida yang biasanya ditemukan pada produk obat jerawat namun bedanya kandungan minyak tea tree ini tidak menimbulkan efek samping setelah digunakan.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif jangan lupa untuk melakukan tes pada kulit agar mengetahui reaksi alergi yang ditimbulkan dari penggunaan tea tree. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul kamu bisa menggunakan tea tree ini pada pagi dan malam hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam penggunaannya kamu bisa menggunakan tea tree yang alami yang bisa dicampurkan dengan bahan alami lain seperti madu atau menggunakan produk kecantikan seperti pembersih wajah, toner, pelembap, atau serum yang memiliki kandungan tea tree oil.

Untuk mengatasi jerawat, Grameds juga perlu mempraktikkan cara-cara jitu lainnya yang bisa kamu ketahui dengan membaca buku berikut ini.

Tea Tree Oil

2. Mengatasi gatal pada kulit dan psoriasis

Selain untuk wajah, tea tree oil ini bisa kamu gunakan untuk bagian tubuh kamu. Adanya kandungan antiradang dapat membuat kulit yang gatal lebih tenang sehingga peradangan dapat dikurangi sekaligus meringankan infeksi yang disebabkan gatal pada kulit.

Gatal pada kulit juga bisa terjadi akibat adanya kutu air di sekitar sela-sela jari kaki, ciri-cirinya adalah pengelupasan, kulit pecah-pecah, melepuh, dan kemerahan jika tidak ditangani secara langsung jamur ini bisa menyebar ke area lain seperti tangan.

Sementara itu, psoriasis adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan kulit yang memerah, gatal dan bersisik. Dengan adanya kandungan anti inflamasinya bisa berguna untuk mengurangi gejala psoriasis.

Kamu bisa mencampurkan 1 sendok minyak kelapa dengan 5 tetes tea tree oil dan 2 ekstrak lavender campur hingga teksturnya seperti cairan lotion kulit dan masukan ke wadah botol. Kamu bisa menggunakan krim ini ke bagian yang terasa gatal dan bisa kamu bawa bepergian.

3. Merawat Kesehatan Rambut

Tidak hanya berguna bagi kesehatan kulit, namun tea tree oil ini sangat berguna juga bagi kesehatan rambut dan juga kulit kepala mu loh Grameds. Masalah rambut yang biasa kita jumpai adalah munculnya ketombe dan juga kutu rambut.

Kandungan yang ada di dalam tea tree oil dapat menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, menghilangkan ketombe, bahkan merawat rambut mu agar terhindar dari kutu rambut bahkan menghancurkan telurnya.

Grameds bisa membuat shampo dari ekstrak tea tree oil sendiri. Caranya dengan mencampurkan sekitar 10 tetes cairan tea tree oil, tambahkan gel lidah buaya, 3 sendok teh santan dan bisa kamu tambahkan minyak lavender untuk memberikan kesan wangi. Lalu bisa kamu gunakan saat kamu keramas rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu juga bisa mencampurkan minyak tea tree oil alami ke shampoo yang biasa kamu gunakan atau ke minyak esensial yang biasa kamu gunakan dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

4. Sebagai deodoran alami

Siapa yang suka dengan bau badan setelah berkeringat? Pasti tidak ada yang suka ya, Grameds. Memiliki bau badan tentunya membuat kita menjadi tidak percaya diri. Keringat sendiri sebenarnya tidak memiliki bau, namun jika keringat tersebut bergabung dengan bakteri yang menempel di kulit makan bau yang tidak sedap itu akan muncul.

Untuk kamu yang memiliki masalah bau badan kamu bisa mempertimbangkan tea tree untuk membantu masalah bau badan kamu. Kandungan anti mikroba yang ada di dalam tea tree dapat membunuh bakteri yang ada di kulit kamu yang membuat aroma tidak sedap pada badan.

Kamu bisa membuat deodorant ini dengan mudah yaitu hanya membutuhkan tea tree, minyak kelapa, baking soda.

Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut dan gunakan sebelum kamu tidur dengan mengoleskan pada bagian tubuh yang biasanya mengeluarkan bau tidak sedap. Keesokan pagi harinya kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih. Gunakan ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal dan bau badan mu benar-benar bisa hilang.

5. Hand sanitizer alami

Siapa sangka tea tree oil bisa kamu gunakan untuk menjadi hand sanitizer alami. Biasanya hand sanitizer memiliki kandungan alkohol yang tinggi hal itu agar bisa membunuh kuman atau bakteri secara cepat. Namun menggunakan alkohol yang terlalu banyak untuk kulitmu juga tidak baik karena menyebabkan kulit kering bahkan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Kini, kamu sudah bisa menggunakan hand sanitizer alami dengan kandungan tea tree ini. Kandungan yang ada di dalam tea tree seperti antiseptik, antimikroba, dan antiradang bisa membunuh kuman atau bakteri dengan cepat bahkan bisa membunuh bakteri seperti E.Coli, S.pneumoniae, dan Influenza. Kamu juga bisa mencampurkan tea tree oil ini ke sabun cuci tangan untuk kamu gunakan setiap hari di rumah.

6. Menyembuhkan luka

Apakah bisa tea tree oil menyembuhkan luka? Tentu bisa dong, kandungan yang ada di dalam tea tree oil bisa mengurangi peradangan dan memicu aktivitas sel darah putih yang sangat berperan membantu penyembuhan luka. Jika kita terluka hal ini dapat menyebabkan bakteri atau kotoran mudah menempel pada luka dan bisa menyebabkan iritasi.

Kamu bisa melakukannya dengan meneteskan tea tree kepada pembalut luka yang akan kamu gunakan tapi jangan lupa untuk bersihkan luka mu dulu ya dengan air yang mengalir.

Pembersih peralatan rumah tangga dan disinfektan alami

[algolia_carousel page=2]

Jangan kaget ya Grameds, setelah kita melihat banyak manfaat tea tree untuk kesehatan rambut dan kulit kali ini manfaat lain adalah untuk membersihkan peralatan rumah tangga sekaligus desinfektan alami. Seperti yang kita ketahui desinfektan pasti mengandung bahan kimia yang yang tidak baik untuk kesehatan jika terlalu lama di hirup bahkan masuk ke tubuh. Namun dengan tea tree oil ini kamu bisa membuat desinfektan alami tanpa bahan kimia sedikitpun.

Caranya adalah dengan mencampurkan tea tree oil sebanyak 20 tetes ke dalam 180 ml air dan 120 ml cuka apel dan kamu bisa tuangkan ke botol semprot dan bisa kamu semprotkan ke perabotan rumahmu atau ke daerah dapur, wastafel dan juga toilet sebelum di lap bersih.

7. Menjaga kesehatan mulut

Tidak hanya masalah kulit, rambut, atau perabot rumah tangga, kandungan tea tree oil ini bisa bermanfaat untuk membantu kamu menjaga kesehatan mulut. Apakah kamu bermasalah dengan kuman dan bau mulut? Bau mulut disebabkan oleh kuman yang menempel pada rongga mulut hal ini biasanya disebabkan oleh sisa makanan yang masih menempel atau gigi yang berlubang.

Kandungan di dalamnya sangat baik dalam melawan kuman yang bisa menyebabkan bau mulut, radang gusi, plak bahkan kerusakan gigi. Kamu bisa mencari pasta gigi atau obat kumur mulut yang memiliki kandungan tea tree oil di dalamnya. Kamu bisa menggunakannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Meredakan gatal akibat gigitan serangga

Selain minyak kayu putih yang sudah terkenal jika ada gigitan serangga, ternyata tea tree ini juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi reaksi gigitan serangga yang menyebabkan bentol dan kemerahan. Kamu bisa membuatnya dengan mencampurkan 10 tetes tea tree dengan 1 sendok makan extra virgin olive oil dan 1 sendok makan minyak kelapa murni. Lalu oleskan pada kulit yang bentol akibat gigitan serangga.

9. Mencegah pembusukan buah dan sayur

Buah dan sayur yang segar sangat rawan mengalami pembusukan, terutama di cuaca yang hangat karena jamur Botrytis cinerea mudah berkembangbiak. Kandungan erpinen-4-ol dan 1,8-cineole pada tea tree juga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada buah dan sayuran.

Kamu cukup menambahkan 5 hingga 10 tetes tea tree oil pada air yang akan kamu gunakan untuk mencuci buah dan sayur.

Efek Samping Tea Tree Oil

Banyak sekali manfaat untuk kesehatan dari tea tree oil yang bisa kita rasakan mulai dari masalah kulit, rambut, mulut, bau badan hingga untuk membersihkan perabotan rumah, juga untuk mencegah pembusukan buah dan sayur. Namun, perlu Grameds ingat, segala sesuatu juga tidak baik ya jika digunakan secara berlebihan.

Grameds tetap harus memperhatikan kadar dan frekuensi memakai tea tree oil dalam kehidupan sehari-hari. Sebab tea tree oil juga memiliki efek samping yang perlu kamu ketahui, agar tidak malah menimbulkan efek buruk bagi kehidupanmu.

Tea Tree Oil
unsplash.com

1. Efek Samping bagi Kulit Sensitif

Minyak ini dapat dikatakan memiliki efek yang kuat, jika kamu memiliki kulit sensitif dan setelah menggunakan produk yang mengandung minyak tea tree ini merasakan rasa gatal, kering, menyengat, dan panas pada pemakaian pertama, maka kamu disarankan untuk berhenti dan dapat mencoba beberapa hari kemudian.

2. Mengganggu hormon pria

Pada sebuah penelitian, pria sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan produk yang memiliki kandungan minyak tea tree dan minyak lavender karena kedua kandungan minyak ini memiliki efek samping yang dapat mengganggu hormon pria, seperti tumbuhnya payudara abnormal atau yang biasa dikenal sebagai ginekomastia.

3. Tidak untuk dikonsumsi

Seperti penjelasan di atas, bahwa minyak tea tree bukan berasal dari tanaman teh yang biasanya kita konsumsi. Mengkonsumsinya secara sengaja atau tidak sengaja akan menimbulkan dampak yang cukup serius untuk tubuh seperti pusing, lemas ruam merah pada tubuh, bahkan dapat menyebabkan koma. Jadi jangan sampai kamu meminum tea tree oil ya, Grameds!

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Menggunakan Tea Tree Oil

Walaupun sangat bermanfaat dan dapat digunakan bagi siapa saja, namun kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut agar kamu tidak salah dalam pemakaian, sehingga khasiat dari  ini juga akan lebih maksimal.

Tea Tree Oil

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menggunakan tea tree oil.

  1. Merupakan obat luar dan tidak disarankan untuk meminumnya baik sengaja maupun tidak sengaja, terutama minyak yang masih murni dan belum dilarutkan dalam air.
  2. Sebelum menggunakannya pada kulit, kamu dianjurkan melakukan tes alergi pada kulit agar tidak menimbulkan masalah kulit yang serius. Kamu dapat mengoleskan  pada bagian belakang telinga dan tunggu selama beberapa jam untuk melihat apakah ada reaksi yang terjadi pada kulit mu. Karena beberapa orang yang memiliki kulit sensitif akan langsung menunjukkan gejala setelah menggunakannya.
  3. Dalam menggunakan minyak tea tree kamu bisa mencampurkannya dengan minyak carrier seperti minyak zaitun, minyak kelapa murni, dan minyak almond.
  4. Jangan berikan kepada hewan peliharaan kamu. Riset menunjukkan setelah hewan diberikan 0,1-85 ml secara topikal dan oral, mereka mengalami tremor dan terjadi gangguan pada sistem sarafnya.
  5. Hati – hati dalam mengoleskan campuran tea tree oil pada area kulit dekat mata. Hal ini karena uap dari tea tree juga bisa membuat mata kamu menjadi kemerahan dan pedih.

Tea Tree Oil

Demikian ulasan mengenai oil yang wajib Grameds ketahui sebelum menggunakan produk yang mengandung tea tree oil. Grameds bisa menyesuaikan pemakaian sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu. Grameds bisa mengunjungi gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait perawatan kulit. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia akan memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Apa Itu Serum? Manfaat serta Cara Memakainya
  2. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit Wajah
  3. Mengintip Manfaat Cuka Apel untuk Wajah: Perhatikan Hal Ini
  4. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  5. 10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah
  6. 10 Manfaat Lemon untuk Wajah, Dapat Mencegah Penuaan Dini
  7. 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan
  8. 15 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah dan Rambut
  9. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda