in

Cara Menghilangkan Komedo: Merawat Kulit Wajah agar Sehat dan Bersih

Pixabay.com

Cara Menghilangkan Komedo – Komedo atau hidung landak yang ada di wajah tentu mengganggu kepercayaan diri kamu kan, Grameds. Selain kurang sedap dipandang, komedo juga dapat menyebabkan jerawat apabila dibiarkan terus. Tentunya tidak ada orang yang ingin terdapat komedo di wajahnya.

Grameds, buat kamu yang sudah terlanjur ada komedo, jangan khawatir, dalam kesempatan kali ini kita akan mengulas cara menghilangkan komedo yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Bebas dari komedo tentunya menjadi salah satu hasil yang akan diperoleh jika kita secara rutin melakukan perawatan kulit.

Grameds juga bisa membaca buku berjudul The Little Book of Skin Care : Rahasia Kecantikan Korea untuk Kulit Sehat dan Bercahaya, agar bisa mendukung beberapa cara menghilangkan komedo yang akan diulas di artikel ini. Yuk, kita baca sampai habis ya, Grameds!

Cara Menghilangkan Komedo

Pengertian Komedo

Bila kamu melihat bintik-bintik kecil pada wajah, mungkin saja itu komedo. Tidak jarang komedo juga muncul pada bagian tubuh lainnya seperti punggung, komedo, pundak, lengan, dan leher. Komedo juga bisa disebut sebagai blackheads karena permukaannya rata-rata berwarna hitam.

Komedo muncul karena folikel rambut dan pori-pori kulit tersumbat baik oleh minyak berlebih, kotoran, ataupun sel kulit mati. Komedo merupakan bakal jerawat yang jika dibiarkan bisa menjadi jerawat. Meskipun pada umumnya berwarna hitam, komedo sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis, kasus banyak yaitu komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads).

Kasus komedo lainnya yang jarang dialami adalah microcomedone (komedo ukuran kecil yang tidak terlihat dengan mata telanjang), macrocomedone (komedo dengan ukuran diameter lebih 2 – 3 mm), kista komedo (jenis kista dengan bukaan berwarna bening seperti komedo di kulit), dan solar comedone (komedo akibat paparan sinar matahari yang biasa ditemui di pipi dan dagu lansia).

Penyebab Komedo

Penyebab komedo secara ringkas sempat kita ulas, yaitu folikel rambut dan pori-pori kulit tertutup oleh minyak, kotoran, debu, make up, dan lain sebagainya. Namun tidak salahnya kita ulas sekali lagi dengan ulasan yang lebih mendalam.

Tertutupnya folikel rambut dan pori-pori kulit bisa disebabkan oleh banyak sebab. Di bawah ini, kita akan mengulas penyebab sekaligus saran yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya komedo. Grameds juga bisa membaca buku Perawatan Kecantikan Kulit, untuk mendapatkan informasi lebih dalam terkait penyebab munculnya komedo dan bagaimana mengatasi komedo di wajah.

Cara Menghilangkan Komedo

1. Kurang Membersihkan Muka

Idealnya wajah dibersihkan minimal sebanyak dua kali dalam sehari. Penggunaan sabun wajah dapat melarutkan minyak berlebih yang menutupi pori-pori kulit wajah. Jika kamu setelah bepergian atau memakai riasan, jangan lupa untuk mencuci muka dengan sabun agar kotoran-kotoran yang menempel di permukaan wajah terangkat.

Keringat yang keluar dari dalam tubuhmu juga perlu dibasuh secepat mungkin. Keringat yang dibiarkan dapat menghalangi folikel rambut. Hal ini perlu diperhatikan oleh kamu yang suka berolahraga karena keringat yang kamu hasilkan cenderung lebih banyak dibandingkan lainnya.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang pertama disebabkan oleh usia. Para remaja yang sedang berada dalam masa pubertas tengah mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Ia mengalami penyesuaian hormon sehingga berakibat pada beberapa organ tubuh lainnya.

Salah satu akibat dari perubahan hormon adalah munculnya komedo. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika komedo pada umumnya mulai terjadi pada anak-anak menginjak usia remaja.

Orang-orang yang sedang mengalami perubahan hormon lainnya seperti menstruasi, menjalankan program keluarga berencana (KB), dan hamil juga rentan terkena komedo. Perubahan hormone juga bisa disebabkan adanya stress yang kamu alami. Banyak penelitian telah menyatakan bahwa stress sangat mempengaruhi hormone yang diproduksi oleh tubuhmu.

3. Obat atau Bahan Kimia

Jika kulitmu terpapar oleh bahan kimia tertentu seperti propilen glikol atau pomade berminyak, kamu perlu membersihkan kulitmu segera. Pastikan kamu telah membersihkannya secara sempurna. Jika dibiarkan, komedo akan muncul pada permukaan kulitmu.

Konsumsi obat-obat tertentu seperti kortikosteroid dan lithium dipercaya dapat menyebabkan munculnya komedo. Selama mengkonsumsi obat-obatan tersebut, kamu perlu merawat kulit lebih ekstra agar tidak muncul komedo.

4. Folikel Rusak

Folikel yang rusak, pecah, atau terlalu terbuka dapat menyebabkan terjadinya komedo. Hal-hal yang dapat menyebabkan folikel rusak, pecah, atau terbuka seperti bercukur sampai rambut habis atau memencet jerawat terlalu kuat.

5. Makanan

Faktor makanan juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Selain dapat mempengaruhi kondisi hormon di dalam tubuh, konsumsi makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebih juga dapat menstimulasi terjadinya komedo dan jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo

Sama halnya dengan jerawat, komedo juga dapat dihilangkan dengan cara menggunakan bahan alami dan bahan kimia. Meskipun bahan kimia, tetap saja berbagai macam skin care yang beredar telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jadi kamu nggak perlu khawatir ya, Grameds.

Kabar baiknya, kita akan mengulas beberapa cara menghilang komedo yang bisa kamu praktikkan di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan di pasaran.

1. Lidah Buaya

Tanaman satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat menghilangkan jerawat dan komedo, khasiatnya dipercaya dapat mengatasi kulit kering, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi psoriasis, dan bersifat antiinflamasi.

Antiinflamasi pada lidah buaya dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyumbat pori-pori di kulit. Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab komedo.

Kamu dapat menggunakan krim berbahan baku lidah buaya dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang berkomedo. Jika kamu ingin membuat gel lidah buaya sendiri, kamu dapat memotongnya terlebih dahulu pada bagian ujung dan rendam dengan air untuk menghilangkan getahnya.

Setelah dua jam direndam, periksa secara berkala apakah getah tersebut sudah larut semua di dalam air atau belum. Pastikan semua getah sudah larut karena getah dapat menyebabkan kulitmu menjadi gatal. Sebelum mengoleskan lidah buaya, bersihkan wajah terlebih dahulu agar kotoran dapat dibersihkan dengan mudah. Kemudian ambil gelnya dan oleskan ke bagian kulit yang berkomedo.

Biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin hingga komedo hilang.

2. Putih Telur

Tingginya kandungan protein dan mikroprotein yang terkandung di dalam putih telur diyakini dapat mengatasi komedo di wajah. Ada dua cara untuk menggunakan putih telur sebagai penghilang komedo.

[algolia_carousel page=2]

Pertama dengan menjadikannya masker yang dikelupas. Cara ini dapat kamu lakukan dengan mengoleskan putih telur ke bagian kulit berkomedo. Setelah itu, tempelkan tisu yang sangat tipis di atasnya.

Ratakan tisu ke bagian kulit tersebut sehingga putih telur meresap ke dalam tisu. Kemudian oleskan putih telur lagi di atas tisu tersebut. Diamkan sekitar 30 menit hingga kering. Indikasi putih telur mongering adalah kulit wajah terasa tertarik kuat.

Setelah mongering, kamu dapat mengangkat tisu tersebut secara perlahan. Dan dapat kamu perhatikan di tisu tersebut akan tampak banyak komedo yang terangkat. Yang perlu diingat adalah bersihkan dulu wajah sebelum diolesi putih telur agar kotoran dapat terangkat lebih dulu.

Cara kedua adalah dengan mencampurkan 3 butir yang diambil putih telur saja dan 2 sendok makan air lemon. Aduk hingga rata. Bersihkan wajah dengan air sabun. Lalu oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama dua puluh menit. Setelah itu, kamu dapat membilas wajah dengan air hangat.

3. Masker Arang

Arang memiliki sifat absorb (menyerap) yang sangat baik. SIfat tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyerap kotoran-kotoran seperti racun ketika sakit perut, filter air, dan sebagainya. Belakangan ini, khasiat arang mulai dimanfaatkan untuk kesehatan dan perawatan kulit. Tentu kamu bisa memperhatikan adanya varian arang pada beberaapa sabun dan skin care yang diyakini dapat menyerap kotoran-kotoran pada kulit.

Arang hitam yang berasal dari batok kelapa atau kayu sudah cukup baik untuk dimanfaatkan sebagai penghilang komedo. Jika kamu ingin hasill yang lebih maka kamu juga bisa menggunakan arang aktif. Atau jika ingin yang lebih bagus lagi, binchotan yang merupakan arang spesial dapat menjadi pilihanmu. Kemampuan binchotan dalam absorbsi komedo diyakini lebih baik dibandingkan arang bias atau arang aktif umumnya.

Cara menggunakan arang sebagai penghilang komedo adalah sebagai berikut:

  1. Cuci wajah terlebih dahulu agar kotoran-kotoran terangkat.
  2. Haluskan arang sampai benar-benar lembut.
  3. Campurkan dengan madu agar arang mempunyai media pengikat.
  4. Aduk secara merata hingga mengental seperti pasta.
  5. Oleskan di bagian wajah yang berkomedo.
  6. Tempelkan tissue di atas olesan arang tersebut.
  7. Pastikan tissue menempel dengan rata pada wajah.
  8. Oleskan lagi arang tersebut di atas tissue.
  9. Diamkan selama 30 menit atau kulit terasa tertarik.
  10. Lepaskan masker arang tersebut secara perlahan agar kulit tidak terkelupas.
  11. Bilas wajah dengan air hangat yang bersih.

4. Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasanya kita buang setelah buahnya habis dimakan, ternyata mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Sebut saja vitamin C, antioksidan, polifenol, antimikroba, asam sitrat, antibakteri dan folat.

Bubuk kulit jeruk yang dipadukan dengan yoghurt dapat memberikan efek yang luar biasa, yakni membuka pori-pori kulit dan mengangkat kotoran. Belum lagi asam sitrat yang dikandung oleh kulit jeruk dapat mencerahkan kulit secara alami, kulitmu bakal lebih glowing lho, Grameds.

Khasiat-khasiat dari kulit jeruk di atas bisa kamu dapatkan dengan cara sebagai berikut:

  • Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering dan tidak ada kadar
  • Haluskan kulit jeruk tersebut hingga menjadi bubuk halus.
  • Campurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk dengan 2 sendok air mawar lalu aduk hingga rata.
  • Oleskan masker kulit jeruk tersebut pada area kulit yang berkomedo lalu diamkan hingga mongering.
  • Bersihkan wajah dengan lembut sehingga tidak terluka.
  • Bilas wajah dengan air bersih yang dingin.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis biji-bijian yang terbuat dari oat (avena sativa) yang direbus bersamaan dengan air dan susu. Oat diklaim sebagai salah satu makanan dari biji-bijian yang bebas gluten. Tidak hanya itu, kandungan mineral, vitamin, antioksidan, dan serat yang tinggi menjadikan oat merupakan makanan yang dicari oleh pecinta kesehatan.

Untuk wajah pun, oatmeal memiliki khasiat yang begitu banyak. Di dalam Journal of Drugs in Dermatology, disebutkan bahwa oatmeal sudah berabad-abad dipercaya sebagai pereda rasa gatal dan iritasi yang berhubungan dengan dermatosis xerotik.

Oatmeal selama ini diyakini dapat mencerahkan wajah, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV), mengatasi jerawat, menghilangkan komedo, mengangkat sekaligus membersihkan sel kulit mati, dan melawan radikal bebas. Oleh karena itu, menggunakan oatmeal sebagai cara untuk menghilangkan komedo tidak salah.

Untuk menggunakan oatmeal menghilang komedo kamu perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Haluskan oatmeal sampai benar-benar lembut.
  • Campurkan dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yoghurt alami,dan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk ketiganya sampai rata.
  • Setelah tercampur, oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang berkomedo.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih.

6. Air Lemon

Selain dapat mengatasi jerawat, air lemon juga dapat mengatasi komedo. Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu cukup memeras air lemon lalu mengoleskannya ke wajah yang berkomedo. Biarkan air lemon mengering di wajah. Setelah mongering, bilas wajah dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah di atas 2-3 kali dalam satu pekan secara rutin.

7. Strawberry

Siapa yang menyangka kalau buah yang cantik dan imut satu ini dapat menghilangkan komedo? Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang terkandung di dalam buah strawberry dapat mengangkat sel kulit mati dan mampu mengontrol produksi minyak yang berlebih. Sedangkan kita ketahui bahwa keduanya merupakan penyebab utama munculnya komedo.

Kandungan asam salisilat di dalam buah berwarna merah ini diyakini dapat membersihkan pori-pori dan mengangkat komedo secara efektif. Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang banyak kamu temukan masker strawberry untuk wajah. Harganya juga cukup terjangkau dibanding manfaat yang kamu dapatkan.

Cara menggunakan strawberry sebagai penghilang komedo adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu butir strawberry, setengah sendok teh madu, dan setengah sendok teh air lemon.
  • Haluskan strawberry hingga benar-benar lembut.
  • Setelah dipastikan strawberry lembut, tuangkan madu dan air lemon ke dalam wadah yang berisi strawberry.
  • Aduk rata ketiganya hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta tersebut ke wajah yang berkomedo lalu diamkan selama 20 menit.
  • Bilas wajah dengan air dingin yang bersih.

8. Mentimun

Selain dapat menghilangkan jerawat, buah mentimun diyakini dapat menghilangkan komedo yang membandel. Dalam buku Pintar Merawat Kecantikan di Rumah karya Windya Novita, disebutkan bahwa mentimun cukup efektif untuk menghilangkan komedo.

Mentimun juga dapat memutihkan kulit, mengurangi mata panda atau lingaran hitam di sekitar mata, mengencangkan pori-pori, mengurangi garis-garis halus pada kulit, dan lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak sekali masker wajah yang terbuat dari buah mentimun.

Ada dua cara dalam menggunakan timun untuk menghilangkan komedo. Pertama, mencuci timun, mengiris timun, lalu meletakkan irisan tersebut di atas kulit yang berkomedo. Diamkan menempel di wajah selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

Sementara itu, cara kedua dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Cuci buah mentimun hingga bersih. Di sisi lain, siapkan air perasan lemon dan air perasan daun mint.
  • Ambil setengah buah mentimun, satu sendok the air perasan lemon, dan satu sendok teh air perasan daun mint.
  • Lumatkan semua bahan tersebut hingga benar-benar lembut dengan menggunakan blender.
  • Masukkan mentimun halus tersebut ke dalam botol kecil dan dinginkan di dalam kulkas selama sepuluh menit.
  • Keluarkan dari kulkas dan oleskan ke bagian wajah yang berkomedo.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat dan air dingin secara berurutan.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap satu pekan sekali secara teratur.

Beragam informasi cara menghilangkan komedo juga merawat kulit wajah bisa Grameds dapatkan juga dalam buku berjudul Rahasia Perawatan Kulit Wajah.

Cara Menghilangkan Komedo

Grameds, itulah ulasan mengenai cara menghilangkan komedo yang bisa kamu praktikkan di rumah. Berbagai buku terkait perawatan dan kesehatan kulit juga bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki infromasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mutiani Eka Astutik

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit
  2. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya
  3. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  4. 10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah
  5. Apa Itu Serum? Manfaat Serta Cara Memakainya
  6. 11 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya
  7. 5 Cara Menghilangkan Jerawat dan Faktor Penyebab Jerawat
  8. 7 Penyebab Jerawat Batu: Gejala, Perawatan, Penanganan, dan Pencegahannya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda