in

6 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat Terbaik

pexels.com

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat – Sunscreen merupakan salah satu step skincare yang wajib dan tidak Anda lewatkan pada rutinitas skincare di pagi hari. Sebab, sunscreen memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit.

Meskipun penting dan tidak boleh dilewatkan, akan tetapi ada banyak orang yang melewatkan step ini, karena merasa kulitnya berminyak dan lengket ketika menggunakan sunscreen atau bahkan membuat kulit berjerawat.

Bagi Grameds yang memiliki tipe kulit berjerawat, Grameds bisa memilih tipe sunscreen yang tidak terlalu berat. Sehingga tidak akan memperparah kondisi kulit berjerawat atau membuat bekas jerawat menghitam.

Berikut adalah beberapa rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat.

Kenali Jenis-Jenis Sunscreen

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat
pexels.com

Sebelum memilih sunscreen seperti apa yang cocok untuk tipe kulit berjerawat, Grameds harus paham bahwa sunscreen memiliki tiga jenis, tiga jenis sunscreen tersebut adalah chemical sunscreen, physical sunscreen dan hybrid sunscreen.

Meskipun ketiganya sebenarnya memiliki fungsi yang sama, akan tetapi ketiga jenis sunscreen memiliki perbedaannya masing-masing, berikut penjelasannya.

1. Chemical sunscreen dengan tekstur yang ringan tanpa meninggalkan white cast

Chemical sunscreen atau organik sunscreen merupakan jenis sunscreen yang memiliki konsistensi produk lebih cair dibandingkan dengan jenis sunscreen lainnya, sehingga chemical sunscreen lebih mudah menyerap pada kulit. Jenis sunscreen yang satu ini, cocok untuk Grameds yang memiliki tipe kulit kombinasi dan cenderung berminyak.

Sunscreen ini akan bekerja setelah 15 hingga 30 menit setelah diaplikasikan. Sifat dari jenis sunscreen satu ini adalah UV absorbing yang artinya dapat menyerap serta menguraikan sinar UV yang kemudian dilepaskan melalui kulit. Sunscreen jenis ini juga dapat berfungsi sebagai penyaring dari sinar UV agar sinar UV tidak mencapai lapisan kulit lebih dalam.

Chemical sunscreen biasanya memiliki tekstur produk yang lebih ringan dari jenis sunscreen lainnya dan tidak akan meninggalkan efek white cast. Karena ringa, sunscreen satu ini lebih mudah menyerap ke kulit dan tidak akan meninggalkan efek lengket atau berat, sehingga tidak akan mengganggu pemakain make up.

Akan tetapi, chemical sunscreen memiliki formula yang cenderung lebih mudah menyumbat pori-pori sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat.

Selain itu, chemical sunscreen tidak dapat melindungi kulit dari sinar UV 100%, sehingga kulit masih dapat terbakar sinar matahari dan dapat terlihat kering atau kusam.

2. Physical sunscreen cocok untuk Grameds yang memiliki tipe kulit sensitif

Jenis sunscreen yang kedua adalah physical sunscreen yang biasa disebut sebagai mineral sunscreen. Sunscreen satu ini memiliki tekstur yang cenderung lebih tebal apabila dibandingkan dengan chemical sunscreen, sehingga bagi Grameds yang memiliki tipe kulit kering, sensitif dan berjerawat lebih cocok dengan jenis sunscreen ini.

Berbeda dengan chemical sunscreen, physical sunscreen akan langsung bekerja setelah diaplikasikan pada kulit. Mineral sunscreen memiliki sifat UV reflector, artinya ia mampu memantulkan sinar matahari dari kulit.

Ketika diaplikasikan maka sunscreen ini akan membentuk suatu lapisan baru di atas permukaan kulit dan lapisan tersebut akan menghalangi sinar UV masuk atau menembus kulit.

Meskipun memiliki tekstur yang berat, physical sunscreen tidak akan menyumbat pori-pori serta memiliki risiko iritasi yang rendah. Sunscreen jenis ini juga memberikan perlindungan yang lebih kuat dibandingkan jenis chemical sunscreen dan aman digunakan untuk ibu hamil, anak-anak maupun ibu menyusui.

Sayangnya, physical sunscreen memiliki tekstur yang lebih pada, kental sehingga akan terasa lengket ketika diaplikasi di kulit serta meninggalkan whitecast yang mungkin dapat mengganggu penggunaan make up.

3. Hybrid sunscreen perpaduan manfaat dari chemical dan physical sunscreen

Jenis sunscreen yang ketiga merupakan sebuah inovasi baru yang tercipta dari penggabungan manfaat chemical dan physical sunscreen. Karena itu, jenis sunscreen satu ini lebih cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk Grameds yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Hybrid sunscreen memiliki kedua sifat dari physical serta chemical sunscreen sekaligus yaitu sebagai UV reflector dan UV absorber, sehingga memiliki perlindungan yang lebih efektif untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat
pexels.com

Sebelum memutuskan untuk membeli brand atau jenis sunscreen tertentu, Grameds perlu mengetahui beberapa tips memilih sunscreen untuk kulit berjerawat agar kulit dapat tetap terlindungi dan tidak membuat jerawat Grameds lebih parah.

1. Memilih sunscreen yang memiliki tekstur ringan serta sedikit resiko iritasi

Dari penjelasan jenis-jenis sunscreen, Grameds tentu mengetahui bahwa sunscreen memiliki berbagai macam tekstur, mulai dari yang berat hingga ringan. Biasanya sunscreen juga memiliki bentuk yang berbeda-beda, seperti gel, lotion dan krim.

Bagi Grameds yang memiliki tipe kulit berjerawat, maka disarankan untuk memilih tekstur sunscreen yang ringan dengan bentuk gel atau lotion yang lebih mudah menyerap ke kulit. Lalu, pilihlah tipe sunscreen yang memiliki sedikit resiko iritasi pada jerawat.

2. Oil free dan dapat mengurangi produksi minyak di wajah

Salah satu penyebab bakteri jerawat dapat tumbuh dengan subur adalah karena kulit memproduksi sebum yang berlebihan, oleh karena itu, Grameds yang memiliki kulit berjerawat sebaiknya memiliki sunscreen yang dapat mengurangi produksi minyak pada wajah sehingga tidak akan memicu munculnya jerawat yang baru. Pilihlah jenis sunscreen oil free yang tidak akan menyumbat pori-pori.

3. Memiliki formula non comedogenic agar pori-pori tidak tersumbat

Penting untuk memilih sunscreen yang memiliki formula non comedogenic, karena formula ini dianggap lebih ringan dan tidak akan membuat pori-pori tersumbat, sehingga tidak akan memicu munculnya jerawat baru tau memunculkan komedo.

4. Sunscreen yang lebih mudah dibersihkan

Penting untuk memilih sunscreen yang lebih mudah dibersihkan, jika ingin kulit tetap terlindungi tetapi tidak menimbulkan jerawat. Sebab jika sunscreen memiliki formula yang sulit dibersihkan, maka dikhawatirkan sunscreen dapat meninggalkan residu yang membuat wajah berjerawat.

Selain itu, sebaiknya hindarilah penggunaan sunscreen yang memiliki klaim water resistant atau waterproof, sebab sunscreen jenis ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, Grameds juga sebaiknya menghapus sunscreen dengan tambahan zat pembersih lainnya seperti cleanser dan tidak hanya menggunakan air saja.

5. Pilihlah sunscreen dengan tingkat SPF yang dibutuhkan

Tips memilih sunscreen selanjutnya adalah memilih sunscreen yang memiliki tingkat SPF yang sesuai dengan kebutuhan Grameds. Biasanya, tingkat SPF sunscreen dimulai dari 15 hingga 50.

Akan tetapi, menurut American Academy of Dermatology Association, sunscreen dengan tingkat SPF 30 adalah tingkat perlindungan yang sangat minimal serta dianjurkan digunakan.

Dengan SPF 30, maka sudah cukup melindungi Grameds yang sering beraktivitas dalam ruangan serta untuk penggunaan sehari-hari. Tingkat SPF 30 juga dapat melindungi kulit hingga 97% dari paparan sinar UVB.

Sedangkan SPF 50 tentu akan memberikan perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan SPF 30 atau 15. Tingkat SPF ini lebih dianjurkan dipakai oleh Grameds yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan, karena mampu melindungi kulit dari 98% paparan sinar UVB.

6. Cek komposisi sunscreen, apakah aman untuk kulit sensitif?

Jika Grameds memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, maka Grameds harus lebih aware dan sering mengecek komposisi sunscreen sebelum menggunakannya. Sunscreen untuk kulit sensitif atau berjerawat lebih baik memiliki komposisi yang natural serta bebas dari segala zat-zat aditif yang dapat memicu iritasi pada kulit.

Sebaiknya Grameds memilih sunscreen tanpa ada kandungan alkohol. Selain itu, berhati-hatilah dengan sunscreen yang memiliki bahan-bahan pengawet, mineral oil, paraben, surfaktan, parfum atau bahan lainnya. Grameds juga perlu memastikan bahwa sunscreen yang Grameds beli telah memiliki label hypoallergenic atau cocok untuk kulit sensitif, pilih pula sunscreen yang mengandung pelembap.

Itulah enam tips dalam memilih jenis sunscreen yang aman digunakan untuk Grameds yang memiliki kulit berjerawat. Agar tidak bingung, Grameds bisa memilih untuk membeli salah satu rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat satu ini.

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat
pexels.com

Jika bingung memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berjerawat, Grameds bisa memilih salah satu dari rekomendasi skincare satu ini.

1. Acnes UV Tint

Salah satu brand yang memiliki klaim untuk menyembuhkan jerawat adalah Acnes, selain sunscreen, brand satu ini juga menyediakan produk lain seperti obat totol jerawat, facial wash bahkan hingga cream.

Seperti halnya produknya yang lain, sunscreen Acnes UV Tint juga cocok dan bagus untuk digunakan oleh Grameds yang memiliki tipe kulit berjerawat. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sunscreen ini adalah teksturnya yang milky sehingga tidak terasa lengket.

Acnes UV Tint juga diformulasikan dengan komposisi yang ringan serta mengandung anti bakteri yang dapat melawan penyebab jerawat. Vitamin E serta Vitamin B6 yang terkandung dalam sunscreen ini juga dapat berfungsi sebagai pelembab. Dibandingkan dengan sunscreen lainnya, Acnes mematok harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 31.700 saja.

2. Axis-Y Complete No Stress Physical Sunscreen

Siapa yang tidak mengenal produk dari brand Axis-Y? Sebelumnya brand satu ini sempat viral karena merilis produk dengan bahan yang jarang ditemui yaitu Mugwort. Dari review pengguna, produk dari brand Axis-Y mendapat banyak ulasan positif.

Setelah sukses dengan produk viralnya, Axis-Y juga mengeluarkan produk skincare lainnya termasuk sunscreen. Axis-Y mengklaim bahwa sunscreen miliknya mengandung formula yang non comedogenic dan oil free, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

Dua klaim ini tentu telah membuat sunscreen dari Axis-Y cocok dicoba untuk Grameds yang memiliki kulit berjerawat.

Akan tetapi tidak hanya memformulasikan sunscreen non comedogenic saja, sunscreen ini juga memiliki enam kandungan bahan aktif yang baik untuk kulit serta mampu melembabkan sekaligus menenangkan kulit iritasi.

Meskipun termasuk dalam jenis physical sunscreen, akan tetapi sunscreen satu ini mengklaim tidak akan menimbulkan efek white cast, memiliki tekstur yang ringan dan mengandung bahan-bahan yang natural.

3. Rohto – Skin Aqua UV Moisture Milk

Cari sunscreen dengan harga yang murah? Jika iya, maka Grameds bisa mencoba membeli sunscreen dari brand Skin Aqua. Tidak hanya murah, sunscreen satu ini juga cocok untuk Grameds yang memiliki tipe kulit berjerawat. Sunscreen satu ini bisa Grameds pakai untuk wajah maupun tubuh.

Skin Aqua UV Moisture Milk juga biasa dipakai sebagai base make up serta memiliki tekstur water based yang memiliki formula ringan. Selain cocok untuk kulit berjerawat, sunscreen dari Skin Aqua juga memiliki kandungan skincare lain seperti collagen, hyaluronic acid, vitamin E, vitamin B5. Kulit Anda akan tetap terlindungi dan tetap ternutrisi, lembap sekaligus elastis ketika menggunakan sunscreen dari Skin Aqua ini.

4. Avoskin – The Great Shield Sunscreen

Avoskin mengeluarkan produk sunscreen yang diklaim mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus aman untuk kulit berjerawat dan sensitif.

Selain sebagai sunscreen, The Great Shield Sunscreen juga dilengkapi dengan bahan-bahan aktif yang dapat menenangkan kulit serta meminimalisir efek buruk dari paparan polusi.

Karena diformulasikan untuk kulit sensitif dan berjerawat, maka Avoskin pun memformulasikan skincare dengan minimal ingredients yang aman untuk tipe kulit sensitif, bahkan aman dipakai untuk Grameds yang masih berusia 15 tahun sekalipun.

Bahan-bahan yang ada dalam sunscreen Avoskin satu ini juga terbukti hypoallergenic, bebas pewangi serta bebas dari paraben.

5. N’Pure – Cica Beat The Sun SPF 50 PA++++

Meskipun sedikit lebih mahal dari sunscreen yang lain, akan tetapi sunscreen dari brand N’Pure memiliki rating dan ulasan yang cukup bagus dari pengguna nya. N’Pure menggunakan bahan-bahan yang natural serta aman digunakan untuk ibu hamil dan sensitif.

N’Pure mengklaim bahwa sunscreen miliknya diproduksi dengan 100^ bahan alami dengan lima varian filter yang dapat melindungi kulit Grameds dari sinar UVA maupun UVB.

Sunscreen satu ini mengandung Centella asiatica yang terbukti ampuh membantu masalah kulit berjerawat. Selain centella ada pula kandungan lain yang terbuat dari bahan-bahan natural yang memiliki fungsi sama, yaitu untuk melindungi, menenangkan kulit hingga melembabkan kulit. Sunscreen dari N’Pure termasuk dalam jenis chemical sunscreen dan bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti alkohol, mineral oil, paraben, SLS ataupun pewangi.

6. Kao – Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++

Jika Grameds adalah seseorang yang aktif berkegiatan di luar ruangan, maka Grameds bisa mencoba menggunakan Biore UV Aqua Rich Watery Gel yang ringan seperti air akan tetapi juga waterproof.

Sunscreen satu ini akan memberikan perlindungan yang maksimal bagi kulit dan dapat digunakan untuk wajah maupun tubuh. Terkstur gel dari sunscreen akan lebih mudah dibaurkan secara merata. Sunscreen dari Biore satu ini juga mengandung royal jelly extract, hyaluronic acid serta pelembab kulit. Sehingga kulit Grameds tidak hanya terlindungi akan tetapi juga ternutrisi dengan baik. Meskipun waterproof, akan tetapi Biore mengklaim bahwa sunscreennya ini mudah dibersihkan serta teruji non comedogenic.

Itulah sedikit tips untuk memilih sunscreen yang baik untuk berjerawat dan enam rekomendasinya. Sunscreen merupakan salah satu step skincare yang penting dan tidak boleh Grameds lewatkan. Jika Grameds memiliki terlalu banyak step skincare, maka Grameds bisa memilih untuk menggunakan sunscreen dengan pelembab sekaligus.

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dengan jumlah yang cukup, yaitu sekitar dua jari telunjuk dan tengah untuk seluruh bagian wajah serta leher. Lalu ulangi pemakaian sunscreen setiap tiga hingga empat jam sekali. Ulangi pemakaian sunscreen lebih sering, jika Grameds beraktivitas di luar ruangan atau sering berkeringat.

Jika Grameds tertarik mengetahui tips lain tentang skincare untuk kulit berjerawat, Grameds bisa mengulik infonya lebih lanjut dengan membaca buku seputar skincare di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik untuk Grameds agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Inilah Manfaat Sunscreen, Tips Memilih & Perbedaan dengan Sunblock
  2. Mengenal AHA BHA dalam Skincare: Mana yang Lebih Baik untuk Wajah?
  3. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit
  4. Apa itu Serum? Manfaat serta Cara Memakainya
  5. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya
  6. Double Cleansing: Manfaat Hingga Produk-Produk yang Bikin Glowing
  7. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda