in

10+ Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Cepat

Pixabay.com

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah – Hallo Grameds, pernah tidak kamu melihat kulit yang disertai bercak hitam? Atau mungkin kamu pernah mengalaminya sendiri? Bercak hitam tersebut biasa juga disebut dengan flek hitam. Keberadaannya bisa saja mengurangi kepercayaan diri kamu.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah. Yuk Grameds, baca artikelnya sampai habis!

Sekilas Mengenai Flek Hitam di Wajah

Flek hitam berbentuk bintik hitam yang terdapat di kulit manusia. Bagian yang paling rawan terkena flek hitam adalah wajah. Bintik hitam tersebut tak jarang juga melebar sehingga seperti membentuk bercak hitam pada wajah.

Flek hitam pada dasarnya disebabkan adanya pigmentasi kulit secara berlebihan atau dikenal dengan istilah hyperpigmentasi. Tidak sedikit orang yang merasa terganggu karena flek hitam. Sebagian di antara mereka bahkan sampai merasa frustasi karena susahnya menghilangkan flek hitam tersebut.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kulit wajah dengan flek maupun pigmentasi yang berlebihan dan tidak merata, Grameds bisa membaca buku berjudul Perawatan Kulit Wajah Berpigmentasi Dengan Teknologi ini.

Perawatan Kulit Wajah Berpigmentasi Dengan Teknologi
Perawatan Kulit Wajah Berpigmentasi Dengan Teknologi

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Ada banyak faktor yang menyebabkan flek hitam di wajah. Di bawah ini kita akan membahas apa saja yang menyebabkan flek hitam bisa muncul di wajah.

1. Paparan Radiasi Sinar UV Matahari

Sinar matahari merupakan sumber cahaya yang utama untuk bumi yang kita tinggali ini. Sinar yang dipancarkan matahari juga memberikan efek kehidupan bagi makhluk di muka bumi. Namun demikian, sinar matahari juga membawa sinar UV yang berupa radiasi gelombang elektromagnetik.

Radiasi UV diketahui tidak baik untuk kesehatan kulit, terlebih sinar UVA dan UVB yang selama ini menjadi penyebab utama terjadinya penuaan dini dan kanker kulit. Paparan sinar UVA dan UVB yang berlebihan pada kulit dapat merangsang terjadinya produksi melanin yang merupakan pigmen pemberi warna pada kulit.

Produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan hyperpigmentasi. Akibatnya, melanin yang diproduksi berlebihan dan menumpuk sehingga warna kulit pada area tersebut akan berubah menjadi lebih gelap dibandingkan area kulit lainnya. Hal tersebut dapat memicu munculnya flek hitam pada kulit.

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang memiliki intensitas sinar mataharinya cukup tinggi. Dengan demikian, potensi munculnya flek hitam pada kulit juga tinggi.

2. Perubahan Hormon

Hormon di dalam tubuh memberikan pengaruh yang besar terhadap segalanya dalam tubuh manusia. Dalam menjalani aktivitasnya, bisa saja manusia mengalami perubahan hormon. Perubahan hormone terkadang menyebabkan beberapa bagian tubuh beradaptasi dan terkadang terjadi perubahan.

Salah satu contoh akibat dari perubahan hormone adalah munculnya flek hitam pada kulit. Pada wanita, perubahan hormon seringkali terjadi saat menstruasi atau hamil. Pada masa tersebut, terjadi peningkatan estrogen yang dapat mempengaruhi produksi melanin pada kulit sehingga muncul flek hitam pada kulit.

3. Genetika

Bintik hitam pada wajah bisa saja terjadi karena adanya faktor genetika atau keturunan. Beberapa penelitian menyebutkan, faktor ini memiliki peranan sekitar 20-70% dari munculnya flek hitam di kulit. Apabila kamu memiliki flek hitam pada kulit, coba kamu perhatikan dulu keluargamu baik-baik, barangkali orang tua atau kakek dan nenekmu memiliki flek hitam pada kulit.

4. Usia

Usia dapat menyebabkan keelastisitasan kulit berkurang. Hal ini karena berkurangnya protein kolagen yang diproduksi oleh kulit. Akibatnya, kulit menjadi kendur. Disebutkan bahwa berkurangnya elastisitas kulit juga menyebabkan terjadinya flek hitam pada kulit.

5. Efek Samping Obat tau Kosmetik

Konsumsi obat-obatan dan penggunaan kosmetik memang tidak boleh sembarangan. Kamu perlu memastikan lebih dulu apakah obat dan kosmetik yang akan kamu gunakan tersebut sudah mendapatkan pengakuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau belum.

Beberapa obat yang bisa saja, meski tidak selalu, memicu munculnya flek hitam seperti pil keluarga berencana (KB), obat penyakit fungsi tiroid, dan beberapa jenis obat lainnya. Beberapa kosmetik juga dapat memicu terjadinya produksi melanin yang berlebihan sehingga menyebabkan muncul flek hitam di wajah.

6. Pemulihan Luka

Kulit yang terluka seperti jerawat, tergores, atau luka-luka lain akan menstimulasi jaringan kulit untuk mengalami serangkaian proses pemulihan agar kondisi kulit dapat kembali seperti semula. Pada proses pemulihan tersebut, secara alami kulit akan memproduksi melanin secara berlebih. Hal ini tentu dapat menyebabkan terjadinya flek hitam.

7. Penyakit Tertentu

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam di wajah. Sebut saja penyakit diabetes, addison, hati, tumor hipofisis, dan beberapa penyakit lainnya. Penyebabnya tentu saja berbeda antara satu penyakit dengan penyakit lainnya.

Pada penderita diabetes, fungsi insulin yang terganggu dapat menyebabkan munculnya flek hitam di wajah. Sementara pada penderita addison, terjadi perubahan hormonal pada tubuh penderita.

8. Peradangan

Sama halnya seperti jerawat, flek hitam pada wajah juga bisa disebabkan oleh terjadinya inflamasi atau peradangan. Kondisi kulit seperti ekstri dan psoriasis dapat menyebabkan peradangan yang memicu terjadinya produksi melanin berlebih.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Beberapa orang berusaha untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara mandiri. Mereka melakukan perawatan untuk diri mereka sendiri dengan menggunakan skincare buatan pabrik atau membuat sendiri dari bahan alami. Di sisi lain, ada flek hitam yang hanya bisa dihilangkan dengan bantuan dokter.

Dalam poin kali ini kita akan membagi dua acara menghilangkan flek hitam di wajah. Penjelasan lebih detail akan kita bahas di bawah ini.

1. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami

a. Lidah Buaya

Selain untuk menyembuhkan jerawat dan komedo, khasiat dari lidah buaya dipercaya ampuh untuk mengatasi flek hitam yang membandel di wajah. Tanaman satu ini memang memiliki banyak khasiat terhadap kesehatan, terlebih untuk kesehatan kulit.

Sebuah penelitian pernah menjadikan hewan sebagai objek penelitiannya. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa pengobatan dengan lidah buaya secara konsisten terbukti dapat menstabilkan tingkat melanin di dalam sel. Namun demikian, tetap saja diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menjadikan hal tersebut sebagai teori.

Kandungan senyawa aloin dan asam salisilat pada lidah buaya dapat menghilangkan flek hitam secara alami. Cara penggunaannya cukup sederhana. Kamu cukup mengoleskan gel lidah buaya ke permukaan kulit yang terdapat flek hitam. Cara ini perlu kamu lakukan secara rutin dan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

b. Kunyit

Kandungan curcumin yang ditemukan pada kunyit diketahui dapat membantu proses penyembuhan luka pada kulit. Tidak hanya itu, kunyit juga memiliki zat antiperadangan yang fungsinya menangkal radang pada tubuh. Salah satu masalah kulit yang dapat diatasi dengan menggunakan kunyit adalah flek hitam.

Cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan flek hitam di wajah tidak susah-susah amat. Kamu perlu mencapurkan bubuk kunyit dengan air atau air lemon. Aduk rata hingga menjadi pasta. Setelah menjdi pasta, oleskan pasta tersebut ke bagian kulit yang mengalami flek hitam.

Biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengoleskan pelembap yang sesuai dengan kulitmu. Langkah ini perlu dilakukan secara rutin agar flek hitam dapat hilang total. Kamu bisa melakukan cara tersebut dua kali dalam satu hari.

c. Susu atau Yoghurt

Kandungan asam laktat di dalam susu atau yoghurt memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan kulit. Asam laktat dipercaya dapat memberikan perubahan warna bahkan menghilangkan flek hitam yang ada di wajah.

Cara pengobatannya juga cukup mudah. Pertama, celupkan kapas ke dalam susu atau oleskan yoghurt ke dalam kapas. Kemudian oleskan kapas yang sudah dicelupkan susu atau diolesi yoghurt tersebut ke kulit yang mengalami flek hitam. Diamkan selama 10 menit.

Setelah itu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan langkah ini sebanyak dua kali dalam satu hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

d. Air Seduhan Teh Hitam

The hitam dipercaya memiliki manfaat kesehatan untuk kulit dan wajah. Mengoleskan air teh hitam pada bagian flek hitam tersebut dapat membantu proses pemulihannya. Memang teh hitam dipercaya memiliki efek mencerahkan kulit.

Cara mengobati flek hitam dengan teh hitam adalah dengan merebus air terlebih dahulu. Setelah air mendidih, masukkan daun teh hitam ke dalamnya. Matikan kompor dan biarkan selama dua jam.

Saring air rebusan the hitam tersebut hingga dapat dipastikan air yang digunakan untuk pengobatan merupakan air yang benar-benar bersih. Setelah itu celupkan kapas ke dalam air teh hitam tersebut.

Oleskan kapas yang basah oleh air teh hitam tersebut ke bagian wajah yang mengalami flek hitam. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengulanginya beberapa kali hingga flek hitam menghilang atau memudar.

e. Jus Buah

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah sangat baik kesehatan, tidak terkecuali untuk kesehatan kulit. Jus buah seperti jus tomat, mentimun, wortel, dan stroberi memiliki khasiat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Selain dapat digunakan secara oles, buah-buah tersebut dapat juga dikonsumsi secara oles.

Dan tentunya, cara alami lainnya yang juga bisa Grameds praktikkan untuk merawat kecantikan kulit bisa kamu temukan di dalam buku Beauty With Tahajjud : Terapi Asyik Agar Kamu Tampil Lebih Cantik berikut ini.

Beauty With Tahajjud
Beauty With Tahajjud

2. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Bantuan Dokter atau Bahan Non Alami

Pada umumnya, flek hitam tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan pengobatan secara khusus. Sebagian flek hitam akan menghilang dengan sendiri seiring dengan perjalanan waktu dan pertambahan usia. Namun jika kamu ingin memerlukan tindakan cepat untuk menghilangkan flek hitam tersebut, kamu dapat melakukan beberapa hal ini.

a. Sunscreen

Manfaat penggunaan tabir surya atau sunscreen telah dirasakan oleh banyak orang. Selain untuk melindungi kulit dari terbakar oleh paparan sinar UV matahari, sunscreen juga dapat membantu untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Kamu dapat menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 agar aktivitasmu di luar ruangan tidak menstimulasi terjadinya produksi melanin lagi.

b. Krim Retinoid

Krim ini memiliki kandungan tretinoid topical, merupakan senyawa vitamin A, dipercaya dapat mengatasi mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan flek hitam di wajah. Efek dari pengobatan bisa kamu rasakan setelah pemakaian yang rutin selama beberapa bulan. Untuk mendapatkannya, kamu dapat meminta resep pada dokter.

c. Krim Pemutih

Produksi melanin yang berlebih dapat ditekan dengan adanya kandungan hydroquinone di dalam krim pemutih. Selain itu, krim pemutih dapat membantu untuk pencerahan wajah.

d. Terapi Laser

Terapi laser dapat menjadi pilihan buat kamu yang ingin menghilangkan flek hitam di wajah. Terapi laser bekerja dengan menjadikan bintik-bintik gelap sebagai target dari energi cahaya yang terkonsentrasi. Bila disederhanakan, terapi laser ini membakar lapisan kulit yang gelap.

Terapi laser dapat diaplikasikan pada jenis kulit yang ringan. Energi laser hanya dapat membedakan kulit berwarna pada umumnya dengan bintik hitam. Sementara untuk kulit yang sensitif dan cenderung berwarna gelap, terapi laser tidak mudah untuk diterapkan. Disarankan untuk melakukan pengobatan dengan metode lain.

Menghilangkan flek hitam dengan metode terapi laser memiliki efek samping. Sebut saja wajah menjadi kemerahan dan mengalami pembengkakan. Kamu tidak perlu khawatir, karena efek samping tersebut termasuk normal. Selang beberapa hari, bintik hitam akan mengelupas seperti bubuk kopi.

e. Chemical Peeling

Chemical Peeling atau proses pengelupasan secara kimia dapat diaplikasikan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit pada area wajah, tangan, dan leher. Metode ini dilakukan dengan cara mengoleskan larutan kimia pada area kulit yang diinginkan. Tak lama kemudian, kulit akan terkelupas. Kulit mati dan kotoran akan terangkat dengan sendirinya.

Larutan yang digunakan dalam metode ini adalah asam salisilat, asam trikloroasetat, atau asam glikolat. Larutan-larutan tersebut juga dapat membantu regenerasi kulit agar lebih sehat dan lebih merata.

Pasien dengan kulit yang sehat dan tidak sensitif diperbolehkan memakai metode ini. Sementara pasien dengan kulit yang kendur dan disertai kerutan yang cukup parah, disarankan menggunakan metode lain. Pasalnya, jika dipaksakan, chemical peeling kurang merespon dengan baik. Metode seperti brow lift, facelift, soft tissue filler, atau eyelid lift mungkin lebih cocok untuk pasien dengan kondisi kulit yang kedua.

f. Cryosurgery

Cyrosurgery merupakan proses pembekuan dan penghancuran sel kulit yang bermasalah dengan menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah. Pada umumnya, metode ini digunakan untuk mengatasi tumor atau kanker kulit. Cara ini diklaim cukup aman untuk mengatasi masalah kulit seperti flek hitam.

Cara kerja metode ini mirip dengan teknik yang diterapkan untuk membekukan kutil menggunakan spray nitrogen cair. Sebelum dilakukan proses cryosurgery, pasien biasanya diberi perlakuan anestesi untuk menghindari rasa tidak nyaman.

Cara Mencegah Flek Hitam pada Wajah

Sebelum mengalami flek hitam pada wajah, ada baiknya kamu melakukan tindakan-tindakan pencegahan. Sebagaimana pepatah yang diajarkan pada kita, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu, langkah-langkah di bawah ini juga sangat baik untuk kamu terapkan dalam rangka menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Rutin Menggunakan Sunscreen

Sunscreen terbukti ampuh untuk melindungi kulitmu dari sinar UV. Sebaiknya kamu menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar rumah, baik itu aktivitas indoor ataupun outdoor. Paparan sinar matahari yang menstimulasi terjadinya hyperpigmentation dapat diminimalisir dengan penggunaan sunscreen pada kulit. Alhasil resiko terbentuknya flek hitam pada wajah juga berkurang.

2. Kenakan Pakaian dan Aksesori yang Aman

Pakaian dan aksesori yang dominan menutupi kulit dapat menghalangi paparan radiasi UV dari sinar matahari. Terlebih jika kamu beraktivitas outdoor, kamu sangat disarankan untuk menggunakan pakaian dan aksesori yang dapat mengamankan kulit. Maka dari itu tidak heran jika pengendara motor banyak yang mengenakan jaket atau pakaian lengan panjang dan sarung tangan.

3. Konsisten Menggunakan Skincare yang Mencerahkan Wajah

Skincare yang berfungsi untuk mencerahkan wajah dapat menstabilkan produksi melanin sehingga kulit tidak berubah menjadi gelap. Skincare yang dapat membersihkan wajah dengan double cleansing sekaligus memberikan nutrisi pada kulit sangat kamu perlukan, Grameds. Agar kulitmu tetap cerah dan sehat.

Pramitha's Make Up
Pramitha’s Make Up

Grameds, demikian ulasan mengenai cara menghilangkan flek hitam pada wajah. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia memberikan produk-produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Grameds juga bisa mendapatkan buku-buku terkait perawatan kulit dan wajah di gramedia.com.

Penulis: Mutiani Eka Astutik

Apa flek hitam di wajah bisa hilang?

Flek hitam umumnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Bahkan, sebagian besar flek hitam menghilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia.

Apa penyebab munculnya flek hitam di wajah?

Flek hitam merupakan noda atau bercak berwarna kehitaman yang terdapat di wajah akibat pigmentasi kulit secara berlebihan. Kondisi ini umum dan biasanya tidak membahayakan diri bagi penderitanya. Paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah.

Berapa lama menghilangkan flek hitam pada wajah dengan lidah buaya?

Oleskan pada daerah yang bermasalah, diamkan 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Itulah tadi beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami yang mudah didapatkan. Semoga tips di atas bermanfaat.

Bagaimana cara menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan flek hitam?

Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dan beberapa tetes minyak almond. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata. Oleskan bahan tersebut hanya ke area flek hitam secukupnya.

Rekomendasi Buku & Atikel Terkait Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

  1. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit
  2. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya
  3. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  4. 10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah
  5. Apa Itu Serum? Manfaat Serta Cara Memakainya
  6. 11 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya
  7. 5 Cara Menghilangkan Jerawat dan Faktor Penyebab Jerawat
  8. 7 Penyebab Jerawat Batu: Gejala, Perawatan, Penanganan, dan Pencegahannya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda