in

Simak 10 List Channel Youtube yang Edukatif untuk Anak-anak

Simak 10 List Channel Youtube yang Edukatif untuk Anak-anak – Anak-anak zaman sekarang sangat dekat dengan gadgetnya. Asal tidak berlebihan, gadget tidak masalah digunakan untuk anak-anak karena bisa menjadi wahana edukasi.

Banyak orang tua yang menggunakan gadget untuk menonton youtube sebagai sarana edukasi untuk si buah hati. Orang tua juga punya kewajiban mengawasi ketika si buah hati sedang menonton suatu tayangan di youtube. Pastikan yang ditonton buah hati Bunda adalah tayangan yang menghibur tetapi memiliki nilai edukasi untuk perkembangan anak.

Bunda harus pandai memilih channel Youtube untuk si buah hati agar tayangan yang ditonton aman untuk anak, karena kita tidak bisa dipungkiri banyak tayangan yang belum sesuai dengan usia anak.

Untuk menyiasatinya, Bunda bisa memasang filter atau mendownload youtube kids agar pencarian dan iklan yang muncul sesuai dengan usia anak. Selain itu, Bunda juga perlu subscribe dan like beberapa channel yang kontennya berisi nyanyian, belajar membaca, mengaji, dan menghitung supaya anak tidak bosan dalam belajar.

10 List Channel Youtube yang Edukatif untuk Anak-anak

Nah, jika Bunda sudah siap untuk memberikan tontonan yang berkualitas melalui youtube bersama si buah hati, simak yuk beberapa rekomendasi dari Gramedia tentang channel youtube untuk anak-anak yang memuat tayangan edukasi berikut ini.

1. Nussa Official

nusaofficial

Nussa Official adalah sebuah channel youtube yang berisi kartun animasi educational entertainment (edutainment). Channel youtube ini menampilkan dua karakter tokoh animasi adik kakak yaitu Nussa dan Rara.

Sosok Nussa digambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang berpakaian gamis lengkap dengan peci putih. Sedangkan Rara digambarkan sebagai adik kandung Nussa yang berusia lima tahun menggunakan gamis dan jilbab.

Karakter Nussa diciptakan sebagai tokoh penyandang disabilitas seperti tampak pada kaki kirinya yang menggunakan kaki palsu. Hal ini ingin menunjukkan bahwa kekurangan bukanlah sebagai penghalang untuk mencapai impian.

Karakter Rara diciptakan sebagai tokoh yang ceria dan menggemaskan. Ditambahkan sosok Ibunda yang sering dipanggil dengan sebutan Umma selalu hadir dengan kehangatannya.

Kehadiran channel ini menghadirkan warna baru bagi hiburan anak Indonesia. Tidak hanya menghibur, channel ini juga menyampaikan pesan-pesan positif, pesan moral, sekaligus pesan keagamaan yang mengandung nilai kehidupan untuk tumbuh kembang anak setiap episodenya. Channel animasi islami Indonesia ini telah eksis di youtube sejak 2018 dan telah memiliki lebih dari tujuh juta subscribers dengan 151 video.

2. National Geographic Kids

national geographics

Channel National Geographic Kids sangat direkomendasikan untuk buah hati Bunda terutama yang sudah masuk usia Sekolah Dasar (SD). Channel ini berisi konten-konten terkait pengetahuan alam semesta, flora dan fauna.

Channel youtube khusus anak-anak dari National Geographic ini menyajikan penyampaian ilmu pengetahuan kepada anak-anak dengan kemasan yang menyenangkan dan video perjalanan yang penuh warna. Pengambilan gambar yang sinematik juga semakin menarik untuk ditonton.



Channel ini menggunakan bahasa Inggris sehingga anak-anak membutuhkan orang tua untuk mendampingi menontonnya. Anak-anak pasti akan membutuhkan bantuan Bunda atau ayahnya untuk mengartikan beberapa istilah asing yang ia tidak pahami.

Banyak program pada channel National Geographic Kids yang mengeksplorasi keajaiban alam dan mengulas tentang lingkungan sekitar. Channel ini juga memiliki playlist yang mengedukasi anak-anak seperti playlist tentang kucing, harimau, panda, dan lain-lain.

Konten tersebut ditujukan agar anak-anak memiliki ketertarikan terhadap hewan-hewan dan mengetahui ilmunya. Channel ini sudah memiliki lebih dari 400 ribu pengikut dan lebih dari 900 video telah diunggah.

Oh iya, channel Youtube National Geographic tidak hanya untuk kids lho, ada juga National Geographic Music, National Geographic Channel HD, National Geographic Adventure, dan National Geographic Wild. Semakin banyak yang anak-anak mempelajari, semakin berwawasan juga buah hati kesayangan Bunda.

3. Kok Bisa?

kok bisa - channel youtube anak anak

Channel Kok Bisa sangat cocok ditonton untuk anak-anak karena kontennya terkait dengan ilmu pengetahuan alam juga pengetahuan sosial. Channel yang bergerak pada bidang edukasi ini pada awalnya dibentuk oleh tiga mahasiswa semester akhir dari jurusan komunikasi yang berinisiatif membentuk sebuah kanal edukasi yang ditargetkan menyasar remaja di Youtube.

Penyajian konten berupa motion grafis lebih mudah dipahami anak-anak dan tentu sangat menarik karena mudah dipahami. Anak-anak menjadi tidak mudah bosan dan terus ingin tahu kelanjutan tayangan tersebut. Kok Bisa Channel ini memiliki dua kunci dari visinya yaitu curiosity dan simplicity dengan maksud mampu menjawab rasa penasaran orang-orang dengan penjelasan sederhana.

Contoh konten-konten yang diproduksi dan sangat bermanfaat untuk mengedukasi anak di antaranya, “Kenapa Kucing Bisa Selamat Jatuh dari Ketinggian”, “Kenapa Panjang Umur Hewan Berbeda-beda”, “Kenapa Suara Bisa Habis”, dan masih banyak konten lainnya.

Konten-konten ini tentu membuat buah hati Bunda penasaran dan tertarik untuk menontonnya karena anak-anak ini rasa ingin tahunya tinggi. Jadi, Bunda perlu mendampingi buah hati kesayangan ketika anak-anak menonton tayangan ini.

Channel ini sangat cocok untuk anak-anak usia sekolah. Channel Kok Bisa saat ini sudah memiliki lebih dari dua juta pengikut dan lebih dari 400 video telah diunggah.

4. Cocomelon

cocomelon

Channel Cocomelon merupakan salah satu channel youtube anak yang berisi video edukasi animasi untuk anak-anak. Channel yang dibuat sejak September 2006 ini memiliki karakter utama yaitu bayi laki-laki yang menggemaskan.

Channel ini direkomendasikan untuk anak-anak usia prasekolah. Salah satu yang tidak asing anak-anak Bunda sering dengar adalah lagunya yang paling terkenal “ABC Song”.

Manfaat yang bisa didapatkan anak-anak dengan menonton video ini adalah anak-anak lebih mudah mengingat huruf, nama anggota tubuh, dan juga mengenai hewan. Bunda bisa mengajarkan pembelajaran kepada si buah hati dengan menonton video-video pada channel Cocomelon ini bersama-sama.

Lagu-lagu anak klasik, lagu original Cocomelon, dan kompilasi lagu dengan tema hewan laut disajikan dalam animasi 3D. Ada pula lagu anak-anak yang mengenalkan alfabet dan huruf kecil dengan animasi 2D yang tentunya membuat buah hati Bunda semakin semangat untuk belajar.

Edutivity: Jelajah Kota

Edutivity: Jelajah Kota

Ensiklopedia Cilik : Laut

Ensiklopedia Cilik : Laut

Science Quiz - Detective Science

Science Quiz - Detective Science

Seri Pengetahuan Anak Sehat : Yuk, Main di Luar dengan Aman

Seri Pengetahuan Anak Sehat : Yuk, Main di Luar dengan Aman

5. Pinkfong

pinkfong - channel youtube anak anak



Siapa yang tidak kenal dengan lagu yang berjudul “Baby Shark”? Yups, channel yang terkenal karena lagu itu adalah channel Youtube Pinkfong. Lagu “Baby Shark” yang viral itu tidak hanya disukai anak-anak, bahkan orang dewasa juga ikut menyanyikannya karena lagunya yang asyik untuk menari dan bergerak-gerak.

Channel youtube dengan lebih dari 44 juta subscribers ini menampilkan karakter yang menggemaskan dan mengajak anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak bisa belajar tentang alam, hewan, transportasi dan sebagainya pada channel ini.

Selain rutin mengunggah konten anak-anak pada channel youtubenya. Pinkfong juga mempunyai aplikasi khusus untuk anak, mainan, dan juga buku edukasi untuk anak. Yuk Bunda, temani tumbuh kembang buah hati dengan menonton tayangan yang memiliki nilai edukasi !

6. 5-Minute Crafts PLAY

minute craft

Bunda ingin mengajarkan buah hati berpikir kreatif ? Yups, channel 5-Minute Crafts PLAY sangat tepat untuk ditonton bersama si buah hati. Channel yang dibuat pada November 2016 ini, saat ini sudah memiliki lebih dari 70 juta subscribers. Eksperimen sederhana membuat karya-karya yang menarik melalui video menjadikan channel ini sering masuk deretan trending Youtube.

5-Minute Crafts menyajikan tips dan trik yang unik serta kreasi do it yourself yang mudah dilakukan di rumah dengan waktu yang singkat. Manfaat lain yang bisa Bunda dan anak-anak dapatkan adalah channel ini menyajikan berbagai bahasa selain bahasa Inggris, antara lain ada bahasa Arab, Jerman, Perancis, Spanyol dan juga bahasa Indonesia lho. Jadi anak-anak bisa belajar bahasa lain.

Channel ini memberikan ide yang terkadang tidak terduga, seperti memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah untuk dibuat sesuatu yang memiliki nilai jual, lho. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja Bunda praktikkan bersama si buah hati, ya.

7. Diva The Series

diva the series

Penanaman nilai sosial sangat penting untuk anak sejak usia dini. Contoh yang bisa diterapkan agar anak mudah memahami adalah pada channel Diva The Series. Bercerita mengenai gadis cilik bernama Diva yang selalu bersama kucing kesayangannya bernama Pupus, banyak hal yang bisa dipelajari untuk anak-anak mengenai bersosialisasi dan pesan moral yang terkandung dalam setiap episodenya.

Bersama teman-temannya yang berbeda latar belakang suku dan agama, Febi, Mona, Tomi, Putu. Bunda bisa mengajarkan pesan-pesan positif kepada buah hati bagaimana cara menyelesaikan masalah antar teman. Nilai-nilai akhlak pada tayangan ini bisa dijadikan pembelajaran untuk anak-anak Bunda di rumah.

Anak-anak sifatnya cenderung melihat dan meniru, maka perlu pendampingan Bunda dalam menonton tayangan ini sehingga pesan yang disampaikan dalam tayangan ini dapat dipahami baik dan tepat oleh anak-anak ketika mereka berhubungan sosial. Channel ini sudah memiliki lebih dari tiga juta subscribers dan 500 video lebih telah diunggah.

8. Make Me Genius

make me genius

Bunda pasti menginginkan anak-anaknya memiliki kemampuan luar biasa dalam berpikir dan mencipta. Nah, tidak ada salahnya Bunda memberikan tontonan pada channel youtube Make Me Genius ini ke anak-anak. Channel yang dikemas dengan bahasa Inggris ini dapat menjadi sarana untuk buah hati Bunda belajar bahasa asing, lho.

Channel youtube Make Me Genius berisi penjelasan mengenai sains yang dikemas dengan animasi yang menarik dan tentu menyenangkan untuk anak-anak. Melalui channel youtube ini anak-anak dapat belajar memahami kejadian sehari-hari di sekitar mereka seperti, bagaimana lampu bisa menyala, bagaimana tubuh bisa mencerna makanan, musim-musim di dunia, dan lain-lain. Channel yang edukatif ya, bun.



Channel ini sudah memiliki lebih dari 30 ribu pengikut dengan unggahan lebih dari 300 video. Yuk bun ajari anak-anak Bunda belajar sains dengan menyenangkan !

9. Blippi

blippi

Untuk Bunda yang rajin mencari referensi video edukasi untuk si buah hati, tidak ada salahnya memilih channel Blippi sebagai rujukan. Karakter yang diperankan Stevin John yang energik, baik hati, dan lucu dengan ciri khas topi dan kacamata dapat membuat anak tertarik untuk menontonnya. Sosoknya tidak pernah bosan berbagi hal baru yang menarik.

Tayangan yang dibuat pada tahun 2014 ini mampu membuat anak-anak menyukai kepribadian Blippi. Ia yang bisa berkunjung ke berbagai tempat seperti toko roti, museum, dan tempat bermain membuat anak-anak tertarik untuk seperti dirinya.

Blippi merupakan sosok yang baik untuk anak-anak dan orang tua. Stevin John mengolah karakter ini dengan kemampuan yang bagus sehingga tayangan di channelnya mudah dimengerti. Bahasa yang digunakan juga sopan dan tidak kasar sehingga ramah untuk ditonton anak-anak.

Dalam beberapa tayangan di channel Youtube, Blippi juga mempromosikan pola hidup sehat, kegiatan di luar rumah yang bermanfaat, serta kreativitas. Dengan menonton tayangan ini, Bunda bisa mengajarkan buah hati agar selalu memiliki sifat yang ceria, suka belajar dan berbagi, dan tentunya bersemangat. Anak-anak didorong rasa ingin tahu dan selalu belajar mengenai benda-benda yang ada di sekitarnya dan selalu belajar hal baru.

10. Lagu Anak Indonesia Balita

lagu anak indonesia

Satu lagi channel youtube yang disukai anak-anak Bunda adalah channel youtube Lagu Anak Indonesia Balita. Channel ini berisi konten lagu-lagu anak Indonesia.

Channel ini dapat ditonton anak-anak dan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Buah hati Bunda sekaligus bisa belajar menambah kosakata baru dari lagu-lagu yang didengarkan. Sesuai dengan namanya, channel ini mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan mengenal lagu-lagu anak Indonesia, contohnya lagu “Pok Ame-ame”, “Tek Kotek” dan lain-lain.

Selain untuk mengenal lagu dan menambah kosakata, melalui tayangan pada channel youtube ini buah hati Bunda dapat mengenal jenis buah-buahan, hewan, alat-alat makan, dan lain sebagainya. Dengan tampilannya yang menarik dan menggemaskan, sudah pasti buah hati Bunda terhibur. Yuk temani buah hati Bunda belajar sambil bermain !

Kesimpulan

Nah, Bunda sekarang sudah tahu kan channel mana saja yang recommended untuk ditonton. Cara belajar yang menyenangkan, bukan? Channel-channel di atas mengajarkan pengetahuan serta hiburan untuk anak-anak. Anak-anak yang dalam masa tumbuh kembangnya bisa semakin aktif, kreatif, mampu bersosialisasi, komunikasi, berwawasan, serta belajar menyelesaikan masalahnya.

Selain sepuluh yang sudah direkomendasikan di atas, sebenarnya masih banyak channel youtube yang edukatif untuk buah hati Bunda. Tentunya channel yang aman dan nyaman untuk ditonton. Sebut saja Sesame street, Animal Tricksters, Babybus, dan masih banyak lagi.

Bunda bisa mencarinya di gadget masing-masing. Agar anak-anak Bunda tidak kecanduan gadget yang juga dapat membahayakan untuk tumbuh kembangnya, Bunda juga perlu membatasi penggunaan gadget untuk si buah hati.

Untuk penggunaan anak-anak di bawah umur terutama balita, perlu dibatasi penggunaannya dalam menggunakan gadget dan durasi berapa lama menatap layar. Karena hal ini dapat mengganggu kesehatan mata. Kecanduan gadget ini juga memberikan dampak yang serius untuk pertumbuhan anak-anak. Keseringan bermain gadget dapat membuat anak kurang tidur, obesitas karena kurang bergerak, dan masalah mental seperti meningkatnya risiko depresi, gangguan kecemasan, sulit fokus, serta perilaku bermasalah yang lain.

Oleh sebab itu, Ayah dan Bunda perlu menerapkan batasan waktu ya untuk si buah hati demi meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Hal yang bisa dilakukan Ayah atau Bunda ialah memberikan pengertian kepada si buah hati terkait penggunaan gadget ketika digunakan untuk menonton Youtube. Kapan boleh menggunakannya, apa saja yang boleh ditonton, serta waktu penggunaan gadget tersebut.

Jika si buah hati ayah atau Bunda ada tanda-tanda yang menunjukkan kalau ia kecanduan gadget dan gejalanya semakin parah, coba Bunda atau Ayah segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak. Sampaikan kondisi yang dialami buah hati kesayangan ayah atau Bunda dengan Dokter yang terpercaya. Selamat menikmati tayangan yang berkualitas bersama buah hati, ya !

Baca juga artikel yang lain yuk bunda :

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad