in

13 Peluang Bisnis Modal Kecil Yang Mudah Dijalankan

Peluang Bisnis Modal Kecil – Berbicara soal bisnis tentu tidak hanya pemilik modal besar saja yang dapat membangun bisnis. Pada dasarnya bisnis dapat dijalankan oleh siapa saja yang ingin menjalankannya.

Di samping itu, melihat keadaan saat ini dengan adanya COVID-19 yang memukul keras perekonomian masyarakat, orang-orang secara sadar terdorong untuk memenuhi kebutuhannya dengan salah satunya menciptakan usaha kecil rumahan.

Dari yang semula menjadi pekerja kantor, COVID-19 mengubah keadaan untuk bekerja dari rumah atau work from home. Aktivitas bekerja dari rumah membuat orang-orang semakin mencari kegiatan untuk mencukupi kondisi keuangannya.

Usaha kecil rumahan sudah ada sejak zaman dahulu akan tetapi kini perkembangannya semakin bervariasi. Bisnis rumahan tergolong ke dalam usaha yang membutuhkan modal kecil dengan lokasi bisnisnya dilakukan di rumah pelaku bisnis.

Pelaku bisnis tidak perlu membayar sewa tempat untuk lokasi bisnisnya. Lokasi yang strategis dan promosi yang luas tak menutup kemungkinan dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan untuk bisnis rumahan.

Meskipun terlihat pelaku bisnis rumahan hanya bisa mengerjakan bisnisnya di rumah saja, pelaku bisnis juga dapat mengerjakannya di luar rumah dan masih dapat dikategorikan sebagai bisnis rumahan seperti halnya pendekor.

Waktu luang yang cukup, membuat sebagian orang berpikir untuk menghasilkan pendapatan. Selain itu keadaan di tengah pandemi ini menuntun sebagian orang untuk mencukupi kondisi keuangan tersebut.

Sebagian orang berpikir untuk menciptakan bisnis kecil rumahan dengan berbagai keunikan dan kemampuan yang dimilikinya. Dengan modal yang cukup, usaha rumahan dapat menjanjikan jika dilakukan dengan strategi dan pengaturan yang baik.

Selain itu, menjalankan bisnis kecil secara individu dapat dilakukan sewaktu-waktu tanpa terikat aturan. Dengan demikian, berikut 13 jenis bisnis kecil rumahan yang menjanjikan.

Peluang Bisnis Kecil

1. Bisnis Hampers

peluang usaha modal kecil hampers

Meskipun bisnis hampers merupakan bisnis musiman yang hanya dibutuhkan pada momen tertentu, bisnis hampers dapat menjadi salah satu bisnis kecil rumahan yang menghasilkan keuntungan menjanjikan untuk Anda yang tertarik ingin menjalankannya.

Bisnis hampers tidak membutuhkan modal besar dalam produksinya karena Anda dapat menerapkan sistem PO atau pre-order yaitu dengan membuatnya setelah mendapat pesanan.

Setelah menerapkan sistem PO, Anda dapat menjualnya dengan mudah mulai dari orang-orang terdekat atau dapat dipromosikan melalui sosial media.

Jenis usaha hampers pun dapat bermacam-macam seperti makanan, kue kering, kopi literan, peralatan makan, pakaian, atau kebutuhan lainnya. Berjualan hampers dapat dilakukan di rumah dengan tahapan yaitu penyetokan bahan, penataan hampers, menghias hampers, dan promosi hampers melalui sosial media dengan menampilkan foto-foto produk hampers di media seperti Instagram, juga tak lupa melakukan promosi melalui saudara atau teman terdekat.

banner-promo-gramedia

Anda tak perlu risau apabila tidak memiliki kemampuan menghias hampers, untuk dapat menghias hampers dapat mencari referensi melalui media sosial yang menawarkan berbagai cara untuk menghias hampers.

2. Bisnis Produk Kerajinan Tangan

kerajinan tangan peluang usaha modal kecil

Produk yang dihasilkan dari keterampilan kerajinan tangan dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Modal yang dibutuhkan pun untuk memulai bisnis ini tidak tergolong besar. Dengan modal yang relatif kecil, bisnis ini dapat dijalankan dan tentunya dengan disertai ketekunan dan kedisiplinan dalam berusaha.

Produk kerajinan tangan dapat berupa peralatan makan dari kayu, aksesoris (gelang, anting, kalung, cincin), hasil sulaman yang disematkan pada pakaian, tas, taplak meja, atau berbagai kain lainnya, lilin aromaterapi, pot atau wadah alat tulis lukis, atau membuat peralatan dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai seperti kerajinan dari kain perca dan kerajinan dari barang bekas lainnya. Selain mudah dan dapat dilakukan di rumah, usaha ini dapat menambah kreativitas.

3. Bisnis Barbershop

peluang bisnis barbershop

Tidak khawatir akan pengolahan seperti bisnis makanan, bisnis barbershop dikenal sebagai bisnis yang mudah dalam pelaksanaannya. Peralatan yang digunakan pun dapat digunakan dalam jangka panjang. Jenis bisnis ini dapat juga dikembangkan kapanpun.

Bisnis barbershop hanya memerlukan modal yang relatif kecil yaitu untuk peralatan-peralatan salon yang umumnya mengutip dari (HighlightMedia) yaitu hair dryer, hair straightener, hair curler, hair clipper, hair trimmer, hair brushes, backwash unit, hair steamer, hood dryer, salon trolley, dan handuk.

Selain itu, rambut merupakan kebutuhan setiap orang yang mana setiap orang membutuhkan pangkas rambut sehingga bisnis barbershop ini masuk ke dalam kriteria bisnis kecil yang menjanjikan.

4. Bisnis Katering

peluang bisnis katering

Memasak merupakan skill yang dapat dilakukan oleh setiap orang dan merupakan hal dapat dipelajari. Ditambah dengan kemudahan akses adanya layanan pesan antar seperti go food bisnis ini tergolong bisnis yang mudah dijalankan. Tidak perlu risau apabila tidak memiliki referensi memasak, banyak resep masakan dan bervariasi di sosial media.

Modal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis ini pun relatif kecil dan peralatan yang dibutuhkan pun setiap orang memilikinya di rumah. Mengutip dari (NiagahosterBlog) usaha katering juga dapat dikembangkan melalui variasi seperti usaha katering yang ditekuni Gorry Gourmet dan My Meal.

Selain itu, mengutip dari (finance.detik.com) penuturan dari seorang pelaku usaha katering mengungkapkan bahwa untuk memulai bisnis katering hanya memerlukan modal berkisar 3 juta dengan menghasilkan omset setiap bulannya yaitu Rp 100 juta sampai Rp 120 juta. Pelaku bisnis ini mengungkapkan bahwa modal hanya dipakainya untuk promosi awal saja dan tidak menyangka akan menghasilkan omzet di luar dugaan.

5. Bisnis Tata Rias

bisnis tata rias

Jika memiliki kemampuan di bidang tata rias atau make up, usaha ini tergolong usaha dengan modal kecil yang menjanjikan. Dari bermula modal kecil yang disiapkan untuk peralatan make up, busana, dan peralatan lainnya, bisnis ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan jika dijalankan dengan tekun.

Mengutip dari (NiagahosterBlog) salah satu pelaku bisnis perias tari dapat menghasilkan omset yang menjanjikan yaitu hingga lima belas juta setiap bulannya. Tentunya dalam memperoleh omzet yang menjanjikan tersebut, strategi bisnis dan perencanaan yang matang mempengaruhi omzet yang dihasilkannya. Peluang bisnis MUA ini tergolong cukup besar karena banyak pelaku bisnis ini dapat mengembalikan modalnya hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

6. Bisnis Laundry

bisnis laundry

Setiap orang memiliki pakaian untuk kebutuhannya sehari-hari dalam beraktivitas. Laundry menjadi pilihan bagi orang-orang yang dalam kesehariannya memiliki kesibukan terutama di kota-kota besar. Usaha laundry pakaian menjadi pilihan untuk memberikan pelayanan mencuci dan menyetrika agar pakaian tetap bersih setiap hari.

Tentunya usaha laundry akan menawarkan peluang yang menguntungkan jika pelaku bisnis mempertimbangkan lokasi bisnis dan sasaran bisnisnya. Lokasi strategis dan ramai khalayak seperti daerah kampus dapat menjadi potensi besar bisnis ini. Modal yang dibutuhkan untuk usaha laundry ini tergantung besar kecilnya usaha yang akan dijalankan.

Sebagai pemula, modal digunakan untuk membeli peralatan laundry seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika, meja setrika, timbangan, detergen, pewangi, hanger, tempat jemuran, plastik kemasan. Mengutip dari (Finance.detik.com) dari salah satu pelaku bisnis laundry yang menuturkan bahwa untuk memulai bisnis laundry dengan modal kecil pun bisa dijalankan karena bisnis laundry pada umumnya hanya memerlukan mesin cuci dan setrika saja.

Harga mesin cuci dapat memilih dengan harga yang berkisar sekitar 500 ribu rupiah atau dengan memilih mesin cuci second dengan harga yang relatif lebih murah. Sedangkan untuk setrika dapat memilih dengan harga yang berkisar sekitar 200 ribu rupiah atau dapat juga membelinya secara second dengan harga Rp25.000,-. Untuk harga laundry, kebanyakan pelaku bisnis mematoknya dalam kiloan dengan kisaran harga Rp6.000,- sampai Rp7.000,- per kilogramnya.

banner-promo-gramedia

7. Bisnis Dekorasi

peluang bisnis dekorasi rumah

Momen ulang tahun, pernikahan, dan tunangan merupakan momen yang selalu ada dalam fase hidup seseorang, sehingga tak jarang seseorang untuk menjadikan momen berharga tersebut sebagai momen yang tak terlupakan dalam hidupnya. Penawaran dekorasi untuk acara tersebut tentunya sangat dibutuhkan mengingat momen tersebut perlu dirayakan.

Tergantung pada besar kecilnya modal, bisnis jasa dekor ini memiliki peluang yang menjanjikan. Langkah awal untuk pemula, bisnis ini dapat dilakukan di rumah dengan menyediakan alat-alat seperti karpet, lampu hias, bunga hias, backdrop. Sedangkan macam-macam hiasannya biasanya mengarah pada hiasan pelaminan, hiasan untuk panggung musik, hiasan di bagian katering, dan hiasan pada booth photo.

8. Bisnis Shoes and Care

shoes and care peluang bisnis

Mirip dengan bisnis laundry akan tetapi berbeda cara perawatan, untuk memulai bisnis ini terdapat strategi sederhana dengan melakukan riset apakah bisnis ini cocok di lingkungan Anda. Bisnis ini biasanya digandrungi oleh siswa, mahasiswa, dan pekerja kantoran yang menggunakan sepatu untuk aktivitas mereka.

Dengan memastikan daerah Anda adalah daerah yang ramai keberadaan siswa, mahasiswa, dan pekerja kantoran, bisnis ini akan menjadi lebih berpotensi untuk menghasilkan omzet yang menjanjikan. Selain itu, modal yang dibutuhkan pun akan tetap sesuai dengan besar kecilnya usaha yang akan dijalankan. Kelengkapan usaha untuk menjalankan bisnis ini pun tergolong mudah yaitu mesin cuci khusus untuk mencuci sepatu atau shoes laundry machine, kelengkapan detergen dan pewangi, tempat pengeringan, dan rak atau lemari untuk menyimpan sepatu.

9. Bisnis Jajan Pagi dan Aneka Jus

peluang bisnis jus modal kecil

Makanan ringan dalam hal ini tak hanya sejenis snack, jajan pasar pun tergolong ke dalam makanan ringan seperti martabak mini, nasi uduk, nasi kuning, arem-arem, lemper, aneka gorengan, dan aneka jus. Bisnis ini digandrungi oleh mereka yang memiliki aktivitas padat seperti siswa, mahasiswa, pekerja kantoran, dan terutama orang-orang di kota besar yang tak sempat membuat sarapan.

Tentunya dalam memulai bisnis ini harus mempersiapkan potensi daerah Anda apakah daerah ramai pelajar atau pekerja. Tak hanya itu, bisnis ini tergolong mudah dikerjakan di rumah. Jika rumah Anda strategis, Anda tinggal menggunakan halaman rumah Anda sebagai lahan bisnis ini. Kemudian untuk modal seperti halnya sesuai dengan besar kecilnya usaha yang ingin dijalankan.

10. Bisnis Angkringan

Tak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha ini jika lahan rumah Anda luas dan daerah rumah Anda strategis seperti di pinggir jalan raya, bisnis ini dapat dijalankan di rumah. Dengan waktu berjualan mulai sore hingga petang, umumnya orang-orang akan mencari tempat untuk makan atau sekadar nongkrong membeli kopi, teh, atau mie rebus.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini relatif kecil dan bergantung pada besar kecilnya bisnis yang akan dijalankan. Untuk menjalankan bisnis ini dapat dimulai dari menyediakan fasilitas seperti meja dagang, kursi atau jika angkringan berkonsep lesehan dapat menyediakan tikar. Variasi menu makanan dan juga Wi-Fi gratis akan lebih menarik anak-anak muda jaman sekarang, dengan demikian orang-orang akan lebih berlama-lama.

11. Bisnis Menjahit Pakaian

peluang bisnis jahit menjahit

Setiap orang memiliki pakaian sebagai kebutuhan hidup sehari-hari. Selain sebagai kebutuhan, pakaian merupakan kunci utama seseorang dalam berpenampilan. Model pakaian juga bervariasi sehingga dalam hal ini dapat menjadi peluang utama dalam berbisnis menjahit. Pada dasarnya semua orang membutuhkan pakaian untuk menunjang penampilan dalam kesehariannya.
Tak salah jika jasa menjahit selalu dibutuhkan.

Juga tak semua orang akan selalu membeli pakaian yang sudah jadi. Bisnis menjahit ini tentunya bermodalkan mesin jahit, jarum, benang, meteran, dan peralatan pendukung untuk menjahit lainnya. Di sisi lain apabila tidak memiliki kemampuan menjahit, setidaknya dapat memiliki kemampuan dasar menjahit seperti halnya menggambar pola, mengukur, dan memotong.



Kemudahan yang didapat dari bisnis ini selain dapat dikerjakan di rumah, keuntungan yang didapat juga relatif menjanjikan. Mengutip dari (Bukukas.co.id) perumpamaan keuntungan bersih yang didapat Rp150.000,- dalam sebulan dengan 20 orderan dapat menghasilkan keuntungan sebesar 3 juta setiap bulannya. Keuntungan tersebut diumpamakan bagi mereka yang masih membuka bisnisnya dalam skala kecil. Tentunya akan jauh lebih besar keuntungan yang diperoleh jika bisnis ini berkelanjutan dengan skala besar.

12. Bisnis Toko Kelontong

bisnis toko kelontong

Bisnis ini mungkin tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena keberadaannya tak pernah mati dan sudah ada sejak zaman dahulu, bisnis ini selalu cocok untuk mereka yang ingin memiliki bisnis rumahan. Tak heran jika ibu rumah tangga banyak memilih bisnis ini untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Dalam menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari tentunya modal yang digunakan dalam bisnis ini pun relatif kecil.

Mengutip dari (Iqbalazhari.com) modal yang dibutuhkan hanya sekitar Rp500.000,- yang digunakan untuk membeli bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, gandum, minyak, mie instan, telur, bumbu-bumbu masak, makanan ringan, minuman, dan perlengkapan kebutuhan rumahan lainnya. Dari modal yang dikeluarkan tersebut dimungkinkan akan cepat kembali.

13. Bisnis Bengkel dan Tambal Ban

peluang usaha bengkel motor

Di tengah zaman di mana volume kendaraan begitu padat, tentunya hampir seluruh penduduk Indonesia menggunakan motor untuk aktivitas kesehariannya. Dapat terlihat bahwa dari keadaan tersebut, peluang untuk membuka bisnis bengkel dan tambal ban tentunya sangat menjanjikan.

Tak perlu repot untuk memikirkan lahan untuk menjalankan bisnis ini, jika rumah Anda memiliki lahan yang luas di depannya, Anda dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk menjalankan bisnis ini dengan tentunya terdapat kelemahan dan kelebihan pada bisnis ini.

Kelemahan yang terdapat bisnis ini adalah bisnis ini hanya dapat dikerjakan oleh laki-laki dengan keahlian montir dan penguasaan teknik mekanik, akan tetapi tak dapat dipungkiri jika dapat menyewa orang lain yang memiliki keahlian montir untuk menjalankan bisnis ini.

Modal yang dibutuhkan pun relatif menengah ke atas tentu saja karena peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini cukup banyak. Mengutip dari (Oto.detik.com) penuturan dari seorang pemula yang mendirikan usaha bengkel bahwa untuk mendirikan bisnis ini, modal yang disiapkan sebesar 50 juta rupiah. Dengan pembelian bertahap yang dimulai dari peralatan dasar untuk bengkel dan peralatan fast moving seperti kampas rem.

Untuk menambah informasi tentang peluang bisnis, kamu bisa menambah referensi mengenai bisnis yang akan kamu jalankan dengan membeli buku-buku koleksi Gramedia.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang “Peluang Bisnis Modal Kecil“, selanjutnya baca juga artikel yang lain berikut ini :

Buku Best Seller :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad