in

Cara Memperkuat dan Menstabilkan Jaringan WiFi

Cara Memperkuat dan Menstabilkan Jaringan Wifi – Dengan semakin bekembangnya teknologi saat ini dan juga keadaan dimana kita membutuhkan jaringan untuk beraktivitas sehari-hari, internet seringkali menjadi kebutuhan dasar masyarakat di perkotaan saat ini, dimana segala kegiatan seperti berkuliah, bersekolah, dan bekerja membutuhkan internet.

Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan satu media dengan media elektronik lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan internet tersebut diperlukannya sebuah peralatan elektronik yang memiliki kemampuan untuk menukar data secara nirkabel atau gelombang radio, dan banyak orang memilih menggunakan WiFi karena sifatnya yang praktis.

Berbagai gadget atau peralatan teknologi dapat menggunakan WiFi sebagai sumber jaringannya, seperti laptop, smartphone, komputer, tablet, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan WiFi kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota, namun seringkali jika dipakai terlalu banyak orang maka kecepatan jaringan atau koneksi internet WiFi akan menurun. Selain itu, berbagai gangguan seperti gangguan nirkabel, konfigurasi router, dan segala masalah teknis juga dapat menyebabkan gangguan terhadap WiFi.

Berbagai Faktor yang Menyebabkan WiFi Lambat

Dalam memperbaiki sinyal WiFi yang melemah, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya sehingga dapat ditemukan solusi yang pas untuk permasalahan tersebut. Berikut ini adalah berbagai faktor yang dapat menyebabkan WiFi kamu memiliki koneksi yang lambat.

1. Posisi router WiFi yang kurang baik

Faktor penyebab pertama yang dapat menyebabkan koneksi sinyal pada WiFi bermasalah adalah posisi router yang kurang sesuai, dimana jika router ditempatkan di ruangan tertutup, atau diletakkan di lantai, dan juga ruangan yang bermasalah dengan sinyal internet dapat menyebabkan jaringan WiFi kamu menjadi lambat.

2. Kabel LAN pada WiFi terputus

Faktor penyebab kedua yang dapat menyebabkan koneksi sinyal pada WiFi bermasalah adalah kabel LAN atau Local Area Network yang digunakan untuk menghubungkan perangkat router terputus.

Ada baiknya, ketika ingin menggunakan router WiFi selalu periksa terlebih dahulu apakah kabel LAN atau Local Area Network ini sudah terpasang dengan baik atau belum, dan pastikan kabel LAN tersebut dapat berfungsi dengan baik agar tidak adanya gangguan pada jaringan WiFi kamu.

3. Kapasitas yang berlebih

Faktor penyebab ketiga yang dapat menyebabkan koneksi sinyal pada WiFi bermasalah adalah terlalu banyak yang menggunakan WiFi tersebut dalam waktu yang waktu bersamaan.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya pengguna dapat mempengaruhi kecepatan internet, dan faktor penyebab ini sering terjadi pada tempat umum yang menyediakan fasilitas WiFi gratis.

Trik Membuat Jaringan Komputer dan Wifi
Trik Membuat Jaringan Komputer dan Wifi

tombol beli buku

Cara untuk Memperkuat Jaringan WiFi 

1. Menggunakan aplikasi penguat sinyal

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah, mengunduh aplikasi yang dapat menguatkan sinyal.

Beberapa aplikasi penguat sinyal yang dapat kamu coba adalah WiFi Signal Booster, WiFi Master, WiFi Manager, dan WiFi Doctor yang dapat kamu unduh bagi pengguna gadget di Android melalui Google Play Store dan bagi pengguna gadget di iOS melalui App Store.

Terdapat berbagai macam fitur di dalam aplikasi tersebut yang dapat kamu coba untuk memperbaiki jaringan WiFi di gadget kamu, seperti fitur Boost yang berguna untuk memperkuat dan meningkatkan sinyal WiFi pada gadget kamu.

2. Melakukan pengecekan pada case gadget kamu

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah, memeriksa apakah case gadget yang kamu gunakan beresiko memperburuk sinyal WiFi. Terkadang case terbuat dari logam yang dapat mengganggu penerimaan sinyal pada gadget.

Lakukan speed test pada gadget kamu, yang pertama lakukan speed test dengan menggunakan case gadget kamu, dan yang kedua jalankan speed test sekali lagi untuk membandingkan kecepatan antara ketika kamu menggunakan case dan tidak menggunakan case.

gramedia back to kampus

3. Melakukan pembaharuan terhadap Firmware

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah, memeriksa apakah firmware pada gadget kamu sudah diperbaharui atau belum. Karena firmware yang belum diperbaharui dapat menjadi salah satu alasan mengapa koneksi atau sinyal WiFi di gadget kamu bermasalah.

Caranya memperbarui firmware atau perangkat tegar tersebut adalah dengan pergi ke pengaturan yang ada di gadget kamu, buka opsi tentang gadget, kemudian pergi ke bagian system atau software update.

4. Melakukan pengecekan terhadap pengaturan WiFi di gadget kamu

Cara keempat yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah, mengecek layanan pengaturan WiFi pada gadget kamu.

Caranya dengan pergi ke opsi pengaturan pada gadget kamu, kemudian membuka opsi WiFi dan advanced settings, dengan begitu kamu bisa memilah WiFi yang ada di lokasi sekitar kamu dan gadget akan menampilkan WiFi yang memiliki kualitas koneksi yang baik saja dan menghindari WiFi dengan kondisi koneksi yang buruk.

5. Mengubah frekuensi WiFi pada gadget kamu

Cara kelima yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah, mengganti frekuensi WiFi yang ada pada gadget kamu.

Pada umumnya, frekuensi yang digunakan oleh gadget adalah 2.4 GHz yang merupakan frekuensi yang memiliki cakupan yang luas dan juga sinyal yang kuat.

Namun, karena banyak pengguna gadget lain yang menggunakan frekuensi tersebut seringkali adanya gangguan karena alasan tersebut. Disarankan, kamu dapat mengganti frekuensi gadget kamu menjadi frekuensi 5 GHz yang memiliki ruang kosong lebih banyak karena tidak terlalu ramai seperti frekuensi 2.4 GHz.

Cara untuk mengganti frekuensi WiFi pada gadget kamu adalah dengan membuka opsi pengaturan pada gadget, pergi ke opsi WiFi, selanjutnya pilih opsi Advanced Settings, dan yang terakhir pilih opsi WiFi Frequency Band untuk mengganti frekuensinya.

6. Memindahkan router ke tempat yang lebih strategis

Cara keenam yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah, menempatkan router WiFi pada lokasi yang strategis. Hal ini dikarenakan jangkauan router yang terbatas akan wilayah tertentu.

Router yang terhalang tembok dapat menghambat sinyal dan koneksi internet ke gadget kamu, oleh sebab itu temukan lokasi yang dekat dengan kamu sehingga koneksi router WiFi tidak mengalami gangguan.

novel romantis

7. Mencegah WiFi kamu digunakan orang lain

Cara ketujuh yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah dengan mencegah orang lain untuk menggunakan WiFi kamu. Seringkali WiFi di rumah kamu digunakan oleh tetangga karena password nya yang sederhana.

Salah satu langkah untuk mencegah hal tersebut adalah menggunakan password yang rumit seperti menggunakan angka dan juga simbol. Selain itu, kamu juga bisa mengganti password WiFi di rumah kamu secara rutin, dengan begitu mengecilkan kemungkinan untuk kebocoran password WiFi.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan Broadcast SSIB yang ada pada pengaturan WiFi di rumah kamu, dengan begitu orang lain akan sulit menemukan WiFi di rumah kamu.

8. Memeriksa Antena Router WiFi

Cara kedelapan yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah dengan memeriksa antena router dimana pada umumnya, setiap router memiliki dua antena yang digunakan untuk menangkap sinyal di bagian belakang.

Antena router bisa dimanfaatkan guna mempercepat jaringan WiFi kamu dengan mengubah arah pancaran antena. Kamu bisa mencoba untuk mengubahnya ke arah berlawanan dari awal arah antena router tersebut.

Router WiFi kamu juga harus dihindarkan dari tanah atau lantai rumah, karena material yang ada pada lantai maupun tanah kurang dapat menyebarkan sinyal WiFi dengan baik. Dengan memindahkan lokasinya kamu memiliki kemungkinan untuk mempercepat jaringan WiFi di rumah kamu.

9. Mengganti Router WiFi

Cara kesembilan yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah mengganti router WiFi di rumah kamu. Biasanya salah satu yang menyebabkan koneksi internet memburuk dikarenakan router yang ada sudah tidak lagi mendukung.

Router yang sudah lama digunakan juga seringkali membuat jaringan internet di rumah kamu semakin memburuk, akan lebih baik mengganti router dengan spesifikasi yang lebih berkualitas atau meminta teknisi WiFi langganan kamu untuk mengganti router yang ada dengan yang baru.

10. Menambahkan WiFi Repeater

Cara kesepuluh yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget kamu adalah dengan penambahan perangkat WiFi repeater yang berfungsi untuk meneruskan jaringan internet dari router asal menjadi jaringan baru agar jangkauan yang dicapai lebih luas dengan kualitas internet yang lebih baik.

Perangkat WiFi Repeater yang baik sendiri dapat kamu temukan antena dengan dB (Decibel) yang tinggi, karena semakin tinggi dB (Decibel) dari perangkat WiFi Reapeater maka jangkauan sinyal dan koneksinya akan semakin baik dan juga luas.



Harganya yang terjangkau dengan kisaran dari seratus ribu hingga tiga ratus ribu kamu sudah dapat membeli perangkat WiFi Repeater. Pada umumnya, penggunaan WiFi Repeater tergolong mudah, dengan menekan tombol WPS pada router WiFi, koneksi internet sudah terhubung ke perangkat.

100 TIP & TRIK WIFI
100 TIP & TRIK WIFI

tombol beli buku

Cara untuk Menstabilkan Jaringan Internet 

Bagi kalian yang sudah melakukan berbagai cara yang ada diatas, dan jaringan internet kalian masih bermasalah, bisa jadi masalah jaringan disebabkan oleh hal lain. Simak beberapa cara menstabilkan koneksi dari jaringan internet kamu sebagai berikut.

1. Memeriksa situs halaman yang kamu kunjungi

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk menstabilkan jaringan internet adalah dengan memeriksa situs halaman yang kamu kunjungi, seringkali situs yang kalian kunjungi akan menyimpan cookies, cache dan juga history yang berisikan segala informasi mengenai halaman situs yang kamu kunjungi.

Dengan membersihkan aplikasi browser yang kamu gunakan secara rutin, karena seringkali koneksi internet menjadi tidak stabil karena aplikasi browser tersebut menyimpan terlalu banyak data baik cookies, cache, maupun history.

2. Menghindari membuka banyak tabs pada browser sekaligus

Langkah kedua yang dapat kamu lakukan untuk menstabilkan jaringan internet adalah dengan tidak membuka tabs pada aplikasi browser terlalu banyak, dan seringkali kita lupa untuk menutup tabs yang sudah tidak kita gunakan dan hal tersebut dapat berpengaruh kepada koneksi dari jaringan internet di gadget kamu.

Dengan banyaknya tabs yang dibuka sekaligus, akan berpengaruh terhadap kinerja perangkat gadget kamu. Akan lebih baik untuk membuka tabs yang diperlukan saja dan menutupnya jika sudah tidak digunakan.

3. Memperbaharui program anti virus yang ada pada gadget kamu 

Langkah ketiga yang dapat kamu lakukan untuk menstabilkan jaringan internet adalah dengan memeriksa program anti virus yang ada pada gadget kamu apakah sudah di update menjadi versi terbaru. Karena, seringkali browser yang kamu gunakan ketika membuka situs terkena virus yang dapat mempengaruhi koneksi jaringan pada gadget kamu.

Jadi, jika kamu mengalami permasalahan dalam koneksi internet, pastikan memeriksa program anti virus yang ada pada gadget kamu, karena jika belum diperbaharui dapat menjadi pengaruh mengapa internet kamu tidak stabil.

4. Menghubungi call center dari layanan internet 

Langkah keempat yang dapat kamu lakukan untuk menstabilkan jaringan internet adalah dengan mengecek keadaan kondisi internet kamu dengan menghubungi teknisi dari layanan internet yang kamu gunakan.

Jika kalian sudah melakukan berbagai cara untuk memperbaiki jaringan internet yang tidak stabil, kalian dapat menghubungi call center untuk menanyakan permasalahan jaringan tersebut. Seringkali terdapat masalah jaringan pada layanan internet yang kamu gunakan.

Most Wanted Tips of Wifi Anti Hacking
Most Wanted Tips of Wifi Anti Hacking

tombol beli buku

Baca juga artikel terkait “Cara Memperkuat Jaringan Wifi” :

Kesimpulan

Seperti itulah cara bagaimana kamu dapat memperkuat sinyal WiFi yang ada di rumah kamu. Pertama-tama kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan koneksi internet atau WiFi di rumah kamu bermasalah, dengan begitu kamu dapat menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan yang ada.



Selain berbagai cara untuk memperkuat sinyal jaringan dari WiFi, terdapat juga informasi mengenai bagaimana cara untuk menstabilkan jaringan yang dapat kamu jadikan solusi jika koneksi internet masih bermasalah.

Berbagai cara untuk memperbaiki WiFi yang ada diatas, diharapkan dapat membantu kamu yang sedang mengalami permasalahan dengan router maupun jaringan dan koneksi WiFi yang kurang baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Grameds, karena Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu berusaha untuk memberikan ilmu dan solusi terbaik untuk kalian semua.

Mengenal Wifi, Hotspot, LAN & Sharing Internet
Mengenal Wifi, Hotspot, LAN & Sharing Internet

tombol beli buku

Sekarang ini penggunaan Wifi, Hotspot, LAN, dan Sharing internet sudah memasyarakat dan sangat akrab dengan keseharian kita. Banyak orang yang sehari-hari sudah memakainya, tetapi belum banyak yang memahami betul konsepnya, cara membangunnya, cara menggunakannya, dan seluk-beluk lainnya yang bermanfaat.

Why? Internet of Things - Internet Untuk Segala
Why? Internet of Things – Internet Untuk Segala

tombol beli buku

Saat ini internet sudah merajai di setiap lini kehidupan, baik di lingkungan rumah hingga lingkungan yang lebih luas. Namun apakah penggunaan internet kamu sudah tepat? Apakah kamu sudah mengetahui seluk beluk internet?. Buku ini mengupas tuntas semua pertanyaan tentang internet.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih