Biologi

Jenis Sumber Daya Alam: Contoh dan Cara Melestarikannya

Jenis Sumber Daya Alam: Contoh dan Cara Melestarikannya 1
Written by Umam

Pengertian SDA – Semua orang tahu, bahwa semua yang berasal dari Bumi, biosfer, dan atmosfer disebut sumber daya alam. Sumber daya alam sendiri mempunyai peran yang amat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup seluruh umat manusia. Ditambah lagi, sumber daya alam juga penting sebagai tempat tinggal manusia.

[algolia_carousel]

Sumber daya alam di bumi memiliki jenis yang sangat beragam. Sumber daya alam dapat diklasifikasikan berdasarkan sifat, potensi, dan macam-macamnya.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Pertama, jenis sumber daya alam berdasarkan sifatnya, sumber daya alam terbagi menjadi:

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui (Renewable Resources).

Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan jenis sumber daya yang bergantung pada pengelolaannya, dalam artian bergantung pemanfaatan dari manusia. Persediaannya dapat meningkat dan bisa juga menurun.

Apabila dapat dikelola dengan pemanfaatan yang baik, maka sumber daya alam ini ini bisa meningkat dan pulih untuk kemudian beregenerasi kembali. Tetapi, sumber daya alam jenis ini bisa mengalami penurunan jika penggunaannya menggunakan cara eksploitasi yang berlebihan.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui yakni air, tanah, udara, tumbuhan, dan matahari.

a. Air

Air menjadi senyawa terpenting bagi kehidupan manusia di Bumi. Sebagai sumber daya alam yang tersimpan di dalam bumi, air dapat ditemukan dengan mudah dari sumur, sungai, danau, hingga laut. Selanjutnya, air digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dari minum, mandi, mencuci, pengairan lahan pertanian dan perkebunan, pembangkit listrik, dan saran transportasi.

b. Tanah

Tanah merupakan bagian kerak bumi yang mengandung mineral dan bahan organik yang alami. Tanah terbentuk dari hasil pelapukan atau erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan bahan organik. Tanah memiliki peran yang sangat vital bagi kehidupan umat manusia dikarenakan berfungsi sebagai penyokong
tumbuhan. Tubuh tanah terdiri atas udara (20-30%), air (20-30%), bahan mineral (45%), dan bahan organik (5%).

Manfaat sumber daya tanah bagi kehidupan manusia yakni:

  • Menyediakan unsur hara untuk tumbuhan.
  • Menyediakan makanan untuk biota tanam.
  • Menjadi habitat hidup dan melakukan kegiatan.
  • Menjadi sumber bahan baku barang kerajinan dan produk rumah tangga.

c. Udara

Selain air dan tanah, udara merupakan salah satu senyawa terpenting dalam keberlangsungan kehidupan manusia. Udara memiliki peran penting karena kandungannya adalah campuran dari berbagai macam gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasanya. Kehadiran udara hanya tampak dari benda yang digerakan oleh udara. Udara memiliki sifat yang tidak terbatas, di mana udara selalu mencari dan memenuhi ruang.

Manfaat udara sebagai sumber daya alam adalah:

  • Mendukung penyerbukan bunga.
  • Menjadi sumber untuk bernafas.
  • Menjadi jalur penerbangan pesawat terbang.
  • Saluran komunikasi melalui antena hingga satelit.
  • Saluran tenaga gerak.

d. Tumbuhan

Tumbuhan merupakan organisme eukariota multiseluler yang hidup dan tergolong dalam kerajaan tumbuhan (kingdom plantae). Tumbuhan sebagai organisme yang memiliki klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai media penciptaan makanan atau biasa dikenal dengan proses fotosintesis. perlu diketahui bahwa spesies tumbuhan dapat hidup dan melakukan fotosintesis memerlukan bantuan cahaya matahari.

Nah, manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia adalah sebagai bahan makanan, obat-obatan, bahan penyedap makanan, pewarna alami, dan sebagainya.

e. Matahari

Dikutip dari California Institute of Technology, Matahari atau beberapa orang menyebutnya sebagai surya merupakan bintang yang terdiri dari gas panas dengan massa besar, berputar, dan bersinar. Matahari sama seperti bintang-bintang yang terlihat di langit baik siang maupun malam.

Matahari memiliki peran dalam kehidupan sebagai sumber kehidupan semua makhluk. Sebagai pusat tata surya, kehidupan di planet bumi sangat dipengaruhi oleh matahari. Matahari bukan massa yang padat dan tidak memiliki batas yang mudah diidentifikasi. Hal itu dikarenakan hampir seluruh lapisan matahari terdiri dari hidrogen dan helium.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) sebagai badan independen yang bertanggung jawab atas program luar angkasa berpendapat, bahwa tanpa panas dan cahaya matahari, planet Bumi akan menjadi bola batu berlapis es yang tidak memiliki kehidupan. Keberadaan Matahari yakni untuk menghangatkan laut, menggerakkan atmosfer, menghasilkan pola cuaca, dan memberi energi kepada tumbuh-tumbuhan hijau sebagai penyedia makanan dan oksigen bagi kehidupan di Bumi.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui (non-renewable atau deposit resources)

Sumber daya alam ini merupakan sumber daya alam yang secara fisik akan habis dan tidak bisa digunakan kembali. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

Dr. Sarintan Efratani Damanik, M.Si. berpendapat dalam karyanya bahwa sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas. Hal itu dikarenakan sumber daya alam tersebut penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukannya. Jika dikonsumsi secara terus menerus, maka dapat dipastikan sumber daya tersebut akan habis dan punah.

Contoh Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu:

a. Minyak Bumi

Dikutip dari buku “Minyak Bumi Membuat Dunia Terkesima” oleh Yulianus Haryata, minyak bumi adalah cairan pekat yang berasal dari lapisan atas kerak Bumi. Dalam proses pengelolaan menggunakan hasil dari berbagai studi geologi. Di mana studi tersebut fokus pada lokasi sumber minyak bumi atau biasa disebut sumur minyak bumi.

Minyak bumi memberikan manfaat yang amat besar bagi umat manusia di seluruh dunia. Merujuk pada pendapat Puja Laksana, minyak bumi berasal dari makhluk hidup yang mati kemudian tertutup lapisan tanah dan batuan. Makhluk hidup yang mati jutaan tahun itu biasa dikenal dengan istilah fosil, yang mana fosil itu menghasil petroleum atau bahan bakar fosil.

Minyak bumi sendiri terdiri dari campuran hidrogen dan molekul karbon yang terbentuk dari sedimen atau pengendapan sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang terperangkap selama jutaan tahun. Proses tersebut terjadi dikarenakan adanya tekanan dan temperatur di dalam kerak Bumi, sehingga menghasilkan tempat cadangan (reservoir) minyak yang terletak jauh di bawah permukaan tanah.

Proses pembentukan reservoir karena lapisan batuan yang keras yang disebut batuan sarang (cap rock). Minyak bumi terbentuk merupakan hasil dari proses hidrokarbon di dalam tanah yang dimulai sekitar tiga juta tahun yang lalu. Proses pembentukan itu sendiri terjadi pada suhu 65-195 derajat celcius pada kedalaman 5.000-12.000 kaki.

Dapat dibayangkan jika persediaan minyak Bumi di dunia menipis atau habis. Hal yang akan terjadi adalah minyak Bumi tidak dapat diperbarui lagi karena proses pembentukannya menunggu hingga berjuta-juta tahun. Maka dari itu, minyak Bumi tergolong dalam jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Selanjutnya, untuk dapat digunakan manusia, minyak bumi mentah akan melalui proses pemisahan dan cracking. Proses pemisahan ini memiliki prinsip bahwa minyak mentah yang merupakan campuran semua komponen akan dipisahkan. Masing-masing komponen minyak Bumi yang masih berupa hidrokarbon dipisah berdasarkan perbedaan titik didih.

Berikut adalah manfaat minyak bumi yang selama ini dirasakan manusia:

  • Menjadi bahan bakar untuk memasak.
  • Menjadi sumber bahan bakar alat transportasi.
  • Bahan dasar pembuatan atau sintesis senyawa dalam produk cat, kosmetik, plastik, karet, deterjen, dan lain sebagainya.
  • Menjadi pelumas atau oli dalam berbagai mesin kendaraan.
  • Bahan membuat lilin untuk memproduksi batik, pelapis kertas untuk makanan, dan lain sebagainya.
  • Bahan bakar pengapian dalam industri besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).
  • Bahan dasar untuk aspal yang digunakan dalam pembuatan jalan raya, selain itu juga dapat digunakan sebagai isolator.

b. Batu Bara

Selain minyak Bumi, batu bara juga merupakan bahan bakar fosil. Di mana hal itu menjadikan batu bara sebagai salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Batu bara merupakan sedimen organik bahan bakar hidrokarbon padat yang terbentuk dari proses pembusukan tumbuh-tumbuhan secara biokimia, kimia dan fisika dalam kondisi bebas oksigen. Proses pembusukan tumbuh-tumbuhan itu berlangsung pada tekanan serta temperatur tertentu dalam kurun waktu yang sangat lama. Hal itulah yang membuat batu bara memiliki sifat campuran kompleks dikarenakan mengandung zat kimia organik dari karbon, oksigen, dan hidrogen dalam satu rantai karbon.

Pengertian batu bara sebenarnya sudah tercantum dalam UU No. 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Batu bara adalah endapan senyawa organik karbonan yang terbentuk secara alamiah dari sisa tumbuh-tumbuhan. Dikutip dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam siaran pers nomor 246.Pers/04/SJI/2021, cadangan batu bara Indonesia tahun 2021 mencapai 38,84 miliar ton.

Dengan rerata produksi batu bara mencapai 600 juta ton per tahun. Persediaan cadangan batu bara di Indonesia cukup untuk digunakan hingga 65 tahun. Selain cadangan batu bara, Indonesia tercatat masih memiliki sumber daya batu bara yang besar yakni 143,7 miliar ton.

Dalam buku “Batubara dan Pemanfaatannya” yang diterbitkan Gadjah Mada University Press, penggunaan batu bara di Indonesia diutamakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik dan pabrik semen. Berawal dari tahun 1993, Indonesia mengambil langkah untuk memberikan sosialisasi terkait penggunaan batu bara dalam masyarakat sebagai bahan rumah tangga dan industri kecil.

Manfaat batu bara meliputi:

  • Menjadi bahan bakar pembangkit listrik.
  • Bahan bakar dasar dan utama bagi produksi baja, semen, pusat pengolahan alumina, pabrik kertas, industri kimia, serta farmasi.
  • Produk-produk hasil sampingan batubara, antara lain sabun, aspirin, zat pelarut, pewarna, plastik, dan fiber.

c. Emas

Emas memiliki sejarah yang sangat panjang dalam sejarah umat manusia. Emas menjadi benda berharga karena dapat digunakan sebagai alat tukar maupun aset investasi. Emas sendiri sebenarnya adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (aurum) dan nomor atom 79. Secara kimia, emas tidak hanya sebagai konduktor panas dan listrik yang baik. Emas juga kebal terhadap karat dan korosi dikarenakan tidak teroksidasi dengan oksigen.

Logam ini bersifat lunak dan mudah ditempa sehingga gampang dibentuk.. Kekerasannya yang hanya berkisar antara 2,5-3 skala Mohs membuat emas dapat dijadikan perhiasan dengan beragam bentuk. Menurut publikasi dari American Museum of Natural History, emas terbentuk sebagai hasil endapan yang pada batuan retak yang biasa disebut lodes, atau urat.

Sama seperti minyak Bumi dan batu bara, emas juga berasal dari dalam kerak Bumi. Sebagian besar endapan lapisan terbentuk pada saat cairan yang dipanaskan bersirkulasi melalui batuan yang mengandung emas, mengambil emas dan memusatkannya di lokasi baru pada kerak.

banner-promo-gramedia

Selama jutaan tahun, serpihan emas tersapu bersama air. Emas berat mengendap di dasar sungai, danau, dan laut dengan membentuk endapan plaser. Pada sebagian besar kerak Bumi konsentrasi emas terbilang sangat rendah. Rerata, satu ton batu dari kerak mengandung 0,005 gram emas, jika dibandingkan dengan dengan besi yakni 58.000 gram besi.

Dalam kehidupan manusia sehari-hari, emas memberikan manfaat sebagai bahan perhiasan dan komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Sifat emas yang langka dan terbatas menjadikan emas mempunyai harga yang mahal. Selain itu, harga mahal emas dikarenakan biaya produksinya membutuhkan biaya yang tinggi. Alhasil, hingga saat ini harga emas selalu naik karena permintaannya juga naik.

Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Potensi Penggunaannya

Setelah memahami pengertian dan jenis sumber daya alam berdasarkan jenisnya. Selanjutnya, kita akan membahas sumber daya alam berdasarkan potensi penggunaannya. Ada tiga jenis sumber daya alam berdasarkan potensi penggunaannya yakni:

1. Sumber daya alam materi. Jenis sumber daya alam ini hanya digunakan bentuk fisiknya saja.
Contoh sumber daya alam materi: besi, kayu, serat kapas, dan emas.
2. Sumber daya alam energi. Jenis sumber daya alam ini digunakan dengan memanfaatkan nilai kegunaanya sebagai energi.
Contoh sumber daya alam energi: minyak bumi, gas bumi, air terjun, dan sinar matahari.
3. Sumber daya alam ruang. Jenis sumber daya alam ini dimanfaatkan untuk ruang tempat hidup atau tempat tinggal.

Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Macamnya

Berikutnya adalah jenis sumber daya alam berdasarkan macamnya, sumber daya alam jenis terbagi menjadi dua:

1. Sumber daya alam nonhayati (abiotik).

Sumber daya alam ini merupakan sumber daya benda mati. Contohnya dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari kita, seperti tanah, batu, air, dan angin.

2. Sumber daya alam hayati (biotik).

Sumber daya alam ini merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Contoh sumber daya alam hayati yakni manusia, hewan, dan tumbuhan.

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Dibalik pemanfaatan dan penggunaan yang sangat besar, manusia juga mendapat tuntutan dan kewajiban untuk turut melestarikan sumber daya alam yang ada di Bumi. Tujuan pelestarian sumber daya alam sebenarnya adalah agar generasi manusia selanjutnya tetap bisa merasakan manfaat yang sama dari sumber daya alam sebagai kekayaan Bumi di masa mendatang.

Pelestarian alam merupakan prinsip dalam mengelola sumber daya alam. Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) merupakan salah satunya bentuk pelestarian alam sedang digaungkan. Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang dilakukan dengan tetap memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengurangi kemampuan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan generasi mendatang.

Berikut adalah prinsip-prinsip dari pembangunan berkelanjutan:

1. Pemerataan

Pemerataan sumber daya alam dinilai menjadi salah cara yang mampu mencegah kesenjangan dalam masyarakat dan memungkinkan setiap manusia untuk mendapat akses yang sama terhadap hasil sumber daya alam. Pemerataan ini bertujuan agar masing-masing daerah dapat memperoleh pembangunan yang seimbang.

2. Energi

Energi sebagai kunci cepat perkembangan peradaban manusia perlu mendapatkan perhatian. Hal itu dikarenakan energi yang digunakan dalam skala yang besar dan masif dapat membuat energi dari sumber daya alam menjadi menipis dan perlahan-lahan habis. Penghematan energi menjadi salah satu kunci dalam melestarikan sumber daya alam. Perlahan, manusia harus segera melepaskan ketergantungan terhadap energi yang tidak dapat diperbarui.

Manusia harus segera beralih untuk menggunakan sumber energi terbarukan yang dihasilkan dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. Penghematan energi dapat diadaptasikan untuk segala jenis sumber daya alam dengan tidak menggunakannya secara sia-sia atau mencari alternatif lain sebagai penggantinya. Salah satu langkah pasti penghematan energi yang sedang ramai dilakukan adalah pemanfaatan sinar matahari sebagai pencahayaan alami dan listrik ramah lingkungan.

3. Ekonomi

Prinsip ekonomi yang dapat mendukung pelestarian sumber daya alam adalah aktivitas ekonomi yang mampu meningkatkan kapasitas daya saing serta pembangunan terhadap infrastruktur dasarnya, seperti perumahan, jalur, hingga infrastruktur informasi.

4. Peran Serta

banner-promo-gramedia

Tanpa adanya langkah bersama, pelestarian sumber daya alam tidak terlalu memberikan dampak yang signifikan. Oleh karena itu, prinsip peran serta merupakan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang secara aktif melibatkan masyarakat.

5. Ekologi

Pemanfaatan lahan campuran semaksimal mungkin merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan, dalam aspek ekologi. Seperti yang sekarang sering dilakukan yakni pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), membatasi pemekaran kota yang berlebihan, dan sebagainya.

Masalah lingkungan bisa disebabkan oleh dua faktor, yakni manusia dan alam. Faktor manusia menjadi penyebab utama dari sekian banyak masalah lingkungan yang terjadi.

Saat ini, permasalahan lingkungan sudah semakin banyak dibicarakan, termasuk upaya mencari solusi atau pemecahan dari masalah tersebut.

Jenis Sumber Daya Alam: Contoh dan Cara Melestarikannya 2

Beli Buku di Gramedia

Jenis Sumber Daya Alam: Contoh dan Cara Melestarikannya 3

Beli Buku di Gramedia

Jenis Sumber Daya Alam: Contoh dan Cara Melestarikannya 4

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien