Lifestyle

15 Rekomendasi Makanan Alternatif Selain Nasi Putih yang Sehat dan Baik untuk Diet

Written by Umam

Rekomendasi Makanan Selain Nasi Putih – Makanan pokok alternatif selain nasi pada dasarnya sangat banyak. Nasi diketahui sendiri merupakan makanan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti belum merasa kenyang apabila belum makan nasi. Hal ini dikarenakan nasi merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi sumber energi harian untuk tubuh.

Selain kaya akan karbohidrat, sebenarnya nasi adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Beberapa nutrisi yang ada pada nasi yakni seperti serat, protein, magnesium, dan zinc. Namun, nasi menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik tinggi. Maksud dari kandung indeks glikemik yang tinggi yaitu membuat nasi lebih mudah dan lebih cepat untuk terpecah menjadi gula sehingga akan terserap oleh tubuh.

Hal ini yang membuat seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi nasi, akan membuat kadar glukosa dalam darah menjadi lebih meningkat. Tentu saja hal ini cukup berbahaya untuk tubuh, terlebih lagi apabila orang tersebut memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya seperti penyakit diabetes. Tidak hanya itu, orang yang mengonsumsi nasi secara berlebihan bisa menyebabkan naiknya berat badan hingga berujung pada obesitas.

Saat ini, beberapa orang mulai memilih untuk mengonsumsi makanan pokok yang lebih variatif sebagai alternatif selain nasi. Alasan dibalik perubahan tersebut tentu saja beragam. Secara umum, orang yang memilih untuk makanan alternatif selain nasi disebabkan sedang menjalani program diet tertentu. Bagi sebagian orang, memilih makanan alternatif selain nasi tentu saja cukup memberatkan. Pasalnya, orang Indonesia sangat kenal betul dengan nasi sebagai makanan pokok setiap hari.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang berbagai makanan alternatif selain nasi. Bagi Kamu yang ingin memilih makanan alternatif selain nasi tetap disarankan untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Oleh karena itu, Kamu dapat memilih berbagai jenis makanan pengganti yang lain sebagai alternatif makanan selain nasi yang tetap enak, bernutrisi, dan bergizi.

15 Makanan Alternatif Selain Nasi

Berikut ini adalah lima belas makanan alternatif selain nasi yang telah berhasil Gramedio.com rangkum untuk teman-teman semuanya, antara selain yaitu:

1. Shirataki

Makanan alternatif selain nasi yang pertama adalah shirataki. Shirataki sendiri merupakan makanan yang memiliki bentuk seperti mi dengan bahan dasar dari glucomannan atau sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjac atau konnyaku. Mi jenis ini sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang.

Shirataki bisa dikatakan sebagai makanan yang memiliki kandungan kalori cukup tinggi, yakni 3 kkal tiap porsinya atau sekitar 85 gram. Cara menyajikan masakan shirataki juga bisa dikatakan cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus shirataki di dalam air selama dua menit, kemudian, Kamu bisa memanaskan kembali dengan memakai wajan anti lengket.

2. Jagung

Makanan alternatif selain nasi yang kedua adalah jagung. Jagung tentu sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Jagong sendiri ternyata mampu digunakan sebagai sumber karbohidrat yang dapat mengganti fungsi nasi.

Seperti yang dikutip dari Very Well FIt, dalam 100 gram biji jagung terdapat kandungan sekitar 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B. Sebagai makanan alternatif pengganti nasi, jagung menyimpan banyak kandungan serat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Cara mengonsumsi jagung pun bisa disajikan seperti halnya nasi atau tepung.

3. Kentang

Makanan alternatif selain nasi yang ketiga yaitu kentang. Setelah jagung, kentang bisa menjadi makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti dari nasi. Kentang sendiri dikenal sebagai salah satu umbi yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Hal ini dapat menjadikan kentang sangat cocok untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Cara mengonsumsi kentang pun cukup mudah, Kamu tinggal merebus atau mengukus kentang untuk disajikan bersama beragam lauk yang lain. Kamu juga dapat membuat kentang menjadi mashed potato atau sering disebut dengan kentang tumbuk. Kentang tumbuh biasanya dipilih agar memiliki rasa yang lebih gurih.

4. Oatmeal

Makanan alternatif selain nasi yang keempat adalah oatmeal atau sering disebut juga dengan havermut. Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal mampu menjadikan tubuh merasa kenyang lebih lama daripada nasi. Hal ini tentu saja membuat oatmeal menjadi salah satu makanan yang cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badannya.

Menurut situs Healthline, 100 gram oatmeal bisa menyimpan kandungan kalori hingga 68 kkal. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan nutrisi yang lain, mulai dari vitamin A, kalsium, potasium dan tentu saja vitamin B6. Seseorang yang mengonsumsi oatmeal secara rutin setiap hari akan mampu menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah sehingga lebih sehat untuk tubuh.

5. Nasi merah

Makanan alternatif selain nasi yang kelima adalah nasi merah. Meskipun memiliki bentuk yang hampir sama dengan nasi putih, tetapi nasi merah merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik cukup rendah. Tidak hanya memiliki indeks glikemik rendah, nasi merah juga menyimpan kandungan vitamin B6, zinc, hingga zat besi yang cukup tinggi.

Nasi merah bisa menjadi makanan alternatif selain nasi yang bisa dikonsumsi layaknya pada saat mengonsumsi nasi putih. Hanya saja, perbedaan cara memasak nasi merah dengan nasi putih terletak pada takaran airnya. Nasi merah membutuhkan air yang cukup banyak agar bisa memiliki tekstur yang tidak keras layaknya nasi putih biasa.

6. Ubi jalar

Makanan alternatif selain nasi yang keenam adalah ubi jalar. Selain kentang, ubi jalar juga bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Diketahui setiap 100 gram ubi jalar memiliki kandungan kalori sebanyak 86 kkal dan kandungan protein sebanyak 1,6 gram. Cara mengonsumsi ubi jalar sendiri sangat beragam, dari mulai dengan cara merebus, mengukus, bahkan bisa juga dengan menggoreng.

Bagi kamu yang hobi memasak, Kamu dapat menambahkan bahan makan lain ke dalam ubi jalar. Namun, tetap harus memerhatikan tambahan bahan makanan agar kalori dalam ubi jalar tidak meningkat. Beberapa orang sering membuat donat ubi jalar panggang sebagai sajian cemilan yang enak dan mudah dibuat.

7. Quinoa

Makanan alternatif selain nasi yang ketujuh adalah quinoa. Saat ini, quinoa dipilih sebagai salah satu makanan pengganti nasi yang cukup populer untuk banyak orang. Hal ini dikarenakan makanan ini tidak mengandung gluten, tetapi memiliki kandungan protein yang tinggi. Misalnya saja, dalam 92 gram quinoa diketahui memiliki kandungan empat gram protein. Jumlah ini tentu saja lebih banyak dua kali lipat apabila dibandingkan dengan nasi putih biasa.

Selain kandungan protein yang tinggi, quinoa juga menyimpan kandungan asam amino esensial yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Cara memasak quinoa sendiri pun cukup mudah, Kamu tinggal mencampurkannya dengan air dan didihkan. Selanjutnya, Kamu dapat menutupnya dan mengecilkan apinya hingga air mendidih serta semua air merasap ke dalam quinoa. Terakhir, Kamu dapat mengangkat quinoa yang sudah matang untuk didiamkan selama lima menit. Quinoa sudah siap disajikan bersama lauk pendampingnya.

8. Bulgur

Makanan alternatif selain nasi yang kedelapan adalah bulgur. Bulgur sendiri diketahui sebagai salah satu jenis gandum yang sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat pada saat menjalani program diet. Biji bulgur pada dasarnya memiliki tekstur dan rasa yang hampir sama dengan nasi.

Cara memasak bulgur sendiri hampir sama seperti nasi atau mi shirataki. Setiap satu cangkir atau sekitar 100 gram bulgur memiliki kandungan kalori hanya sekitar 76 kkal. Jumlah ini tentu saja sedikit lebih rendah daripada nasi putih yang biasa dikonsumsi setiap hari.

9. Kembang kol

Makanan alternatif selain nasi yang kesembilan adalah kembang kol. Kembang kol dapat disajikan layaknya nasi, yakni dengan cara merebusnya sebagai pengganti dari nasi. Kembang kol sendiri memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang bisa dikatakan cukup rendah apabila dibandingkan dengan nasi putih. Setiap satu cangkir nasi kembang kol atau sekitar 57 gram hanya memiliki kandungan kalori sekitar 13 kkal

Salah satu cara yang sering digunakan untuk menyajikan sayuran ini adalah dengan membuat nasi kembang kol. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memotong bagian bunga dan kemudian memarutnya. Nah, parutan kembang kol kemudian bisa Kamu kukus atau rebus selama lima menit.

10. Kol atau kubis

Makanan alternatif selain nasi yang kesepuluh adalah kol atau kubis. Selain kembang kol, kubis juga dapat dipakai sebagai salah satu makanan makanan pengganti nasi. Setiap satu cangkir kol atau sekitar 70 gram hanya mengandung kalori sebanyak 17 kkal. Ditambah lagi, kubis juga kaya akan kandungan vitamin K sehingga mampu mencukupi 68 persen yang dibutuh oleh tubuh setiap harinya.

Kol atau kubis memang sangat cocok untuk orang yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan kol atau kubis memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup rendah. Tidak hanya itu, rasa yang diberikan ubis sendiri cenderung lebih ringan sehingga akan nikmat apabila dikonsumsi bersama berbagai jenis sayuran atau lauk lainnya.

11. Kuskus

Makanan alternatif selain nasi yang kesebelas yaitu kuskus atau sering disebut dengan couscous. Kukus sendiri dapat diketahui sebagai sejenis biji-bijian yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan seseorang.

Biji-bijian ini bisa dikatakan memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Namun, kuskus menyimpan banyak protein dan serat yang baik untuk tubuh. Kuskus juga memiliki kalori yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan nasi putih dan quinoa. Hanya saja, kuskus tidak bebas dari gluten.

12. Singkong

Makanan alternatif selain nasi yang keduabelas adalah singkong. Pada dasarnya, singkong memiliki kandungan kalori yang tidak terlalu berbeda dengan nasi putih. Namun, singkong bisa menjadi salah satu pilihan sebagai makanan pengganti yang kaya akan karbohidrat.

Untuk daerah Indonesia sendiri, singkong sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis sajian. Mulai dari cemilan, tepung, bahkan juga nasi singkong. Nasi dari singkong ini sering disebut juga dengan istilah tiwul. Konon tiwul menjadi salah satu makanan pokok untuk masyarakat yang memiliki daerah cukup tandus, misalnya seperti Wonogiri dan Gunung Kidul. Di kedua daerah tersebut, tiwul masih menjadi alternatif makanan selain nasi ketika sedang dilanda ekonomi yang sulit.

13. Kacang garbanzo

Makanan alternatif selain nasi yang ketiga belas adalah kacang garbanzo atau biasa dikenal dengan nama kacang arab atau chickpeas. Makanan pengganti nasi ini bisa digunakan sebagai bahan untuk masakan khas Timur Tengah.

Berdasarkan artikel dari situs Healthline, setiap 28 gram kacang garbanzo memiliki kalori sejumlah sebanyak 46 kkal. Selain itu, kacang ini juga dapat menjadi salah satu pilihan sebagai sumber protein, terlebih bagi orang yang sering merasa kelelahan. Cara memasak kacang garbanzo sendiri bisa dikatakan cukup mudah, kacang ini bisa dijadikan bahan campuran untuk sup atau hummus.

14. Brokoli

Makanan alternatif selain nasi yang keempat belas adalah brokoli. Hampir sama dengan kembang kol, brokoli bisa disajikan dengan cara direbus atau digugus sebagai salah satu makanan pengganti nasi putih. Dalam 57 gram brokoli rebus hanya menyimpan kalori sebanyak 15 kkal dan kandungan serat hingga mencapai dua gram.

Tidak hanya kandungan tersebut, brokoli juga merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C. Setiap 57 gram brokoli dapat mencukupi kebutuhan vitamin harian untuk tubuh manusia sebanyak 25 persen.

15. Risoni gandum utuh

Makanan alternatif selain nasi yang terakhir adalah risoni gandum utuh. Makanan ini terkenal dengan nama whole wheat orzo. Risoni atau orzo ini pada dasarnya merupakan makanan sejenis pasta yang memiliki bentuk, ukuran, dan tekstur yang hampir sama dengan nasi.

Makanan ini memiliki bahan dasar dari gandum utuh yang mengandung lebih banyak serat dan protein daripada risoni biasa. Hal ini yang menjadikan risoni sebagai salah satu makanan pengganti nasi karena dapat menjadi sumber serat dan karbohidrat yang bagus untuk diet. Cara memasak risoni juga seperti makanan pasta biasanya. Hanya saja, risoni perlu dimasak dengan memperhatikan suhu dan waktu yang tepat agar tidak menjadi terlalu lembek.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien