IPA

Pengertian Sumber Daya Alam Hayati: Jenis & Contohnya

Sumber Daya Alam Hayati
Written by Laila

Pengertian Sumber Daya Alam Hayati & Contoh Sumber daya alam hayati – Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Beragam sumber daya alam dapat ditemukan di Indonesia. Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang dihasilkan oleh alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati. Berikut akan dibahas mengenai pengertian, jenis, contoh, dan manfaat dari sumber daya alam hayati.

Pengertian Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati adalah segala kekayaan alam yang dihasilkan oleh makhluk hidup dan dapat dimanfaatkan untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia. Sumber daya alam hayati menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan perlu untuk terus dilestarikan sehingga tidak akan habis jika dimanfaatkan.

Contoh Sumber Daya Alam Hayati

Berikut adalah c0ntohnya:

  • ayam,
  • kambing,
  • sapi,
  • hewan mikroba,
  • padi,
  • ubi,
  • jagung,
  • kapas,
  • teh,
  • kopi,
  • kayu,
  • ikan,

Untuk lebih jelasnya silahkan baca jenis sumber daya alami dibawah karena disertai dengan contoh sumber daya alam hayati sesuai jenis.

Jenis Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati terbagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan dan sumber daya alam yang berasal dari hewan.

1. Sumber Daya Alam Tumbuhan

Sumber Daya Alam Tumbuhan

Sumber daya alam tumbuhan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh tumbuhan dan dapat bermanfaat bagi manusia. Sumber daya alam tumbuhan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sumber daya alam yang berasal dari hasil hutan, sumber daya alam yang berasal dari hasil pertanian, dan sumber daya alam yang berasal dari hasil perkebunan.

1)      Sumber Daya Tumbuhan Hasil Hutan

Hutan menjadi penghasil sumber alam yang menyimpan berbagai kekayaan alam hayati. Berbagai jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia bisa ditemukan di hutan. Hutan juga menjadi tempat tinggal dan menjaga keberlangsungan hidup berbagai satwa liar. Selain itu, keberadaan hutan juga menjaga keseimbangan alam dengan menghasilkan oksigen yang akan membuat kondisi udara menjadi tetap bersih dan segar. Hutan di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah hutan sabana, hutan hujan tropis, hutan homogen, hutan heterogen, dan hutan mangrove. Beberapa contoh tanaman yang tumbuh di hutan, yaitu pohon meranti, pohon pinus, pohon jati, pohon cendana, pohon mahoni, dan pohon damar.

Berikut adalah buku mengenai hukum sumber daya alam kehutanan.

Hukum Sumber Daya Alam Dalam Sektor Kehutanan beli sekarang

2)      Sumber Daya Tumbuhan Hasil Pertanian

Lahan yang luas dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan pertanian. Berbagai macam tumbuhan yang memiliki nilai ekonomis dan umumnya dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber pangan ditanam di lahan pertanian. Lahan pertanian biasanya ditemukan di dataran rendah. Namun, penduduk di dataran tinggi juga dapat melakukan kegiatan pertanian dengan menggunakan teknik tertentu, seperti terasering. Dalam melakukan kegiatan pertanian, diperlukan sistem irigasi atau pengairan yang baik agar hasil pertanian dapat berkembang dengan baik. Selain itu, berbagai teknik pertanian lainnya, seperti pemilihan bibit unggul dan pemupukan juga sangat perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil pertanian yang berkualitas. Beberapa contoh tanaman hasil pertanian, yaitu padi, kedelai, jagung, kacang hijau, palawija, gandum, ketela pohon, kacang tanah, kangkung, sawi, dan tomat.

3)      Sumber Daya Tumbuhan Hasil Perkebunan

Lahan yang luas, selain dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian, juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan. Dalam kegiatan perkebunan, dilakukan berbagai budidaya tanaman tertentu yang dibutuhkan oleh manusia serta memiliki nilai ekonomis. Tumbuhan yang akan dibudidayakan harus disesuaikan dengan kondisi lahan perkebunan karena beberapa tumbuhan hanya akan tumbuh pada kondisi tertentu, seperti tanaman teh yang harus ditanam di lahan perkebunan yang berada di dataran tinggi. Beberapa contoh tanaman hasil perkebunan, yaitu kopi, tebu, teh, karet, kelapa sawit, lada, dan kakao.

2. Sumber Daya Alam Hewan

Sumber Daya Alam Hewan

Sumber daya alam hewan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh hewan dan dapat bermanfaat bagi manusia. Sumber daya alam hewan dapat diperbaharui melalui kegiatan peternakan, pelestarian, perikanan, dan sebagainya. Sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis berdasarkan cara hidupnya, yaitu sumber daya alam yang berasal dari hewan liar dan sumber daya alam yang berasal dari hewan peliharaan.

banner-promo-gramedia

1)      Hewan Liar

Hewan liar merupakan hewan yang hidup dan berkembang di alam bebas. Hewan liar masih dikonsumsi sebagai sumber makanan oleh beberapa masyarakat yang hidup di pedalaman. Selain itu, hewan liar juga sering kali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat tas, sepatu, kerajinan, dan lainnya. Namun, pemanfaatan hewan liar tersebut sebenarnya tidak baik dilakukan karena dapat merusak keseimbangan lingkungan. Selain itu, beberapa hewan liar juga dilindungi oleh pemerintah karena terancam punah. Penyebab dari terancam punahnya hewan liar adalah luas hutan yang semakin berkurang. Banyak hutan yang dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit, kegiatan industri, dan pertambangan. Hal tersebut tentu saja menjadi ancaman bagi keberlangsungan hidup hewan liar yang pada dasarnya menjadikan hutan sebagai habitat utama mereka. Penyebab lain yang membuat hewan liar menjadi terancam punah adalah perburuan liar. Beberapa contoh hewan liar, yaitu singa, ular, komodo, buaya, orang utan, dan harimau.

2)      Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan merupakan hewan yang dirawat dan dijinakkan oleh manusia. Di zaman dahulu, hewan peliharaan sebagai alat transportasi, seperti kuda dan unta. Kini hewan peliharaan lebih dijadikan teman bermain oleh manusia. Selain itu, hewan peliharaan juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga keamanan dan dan mencari jejak. Beberapa contoh hewan peliharaan, yaitu kucing, anjing, ikan hias, burung, dan kelinci. Hewan peliharaan yang dapat menjadi penghasil sumber daya alam adalah hewan ternak. Hewan ternak termasuk hewan yang dipelihara, tetapi dengan tujuan pemeliharaan yang berbeda. Jika hewan peliharaan biasa dirawat dan dijaga dengan tujuan sebagai teman bermain, hewan ternak dirawat dan dijaga untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan, sumber untuk menghasilkan rupiah, ataupun sumber tenaga yang membantu para petani membajak sawah. Beberapa contoh hewan ternak, yaitu sapi, kerbau, kambing, ayam, itik, dan ikan.

Berikut adalah buku mengenai sumber daya ikan ekonomis dalam habitat mangrove.

Sumber Daya Ikan Ekonomis Penting Dalam Habitat Mangrovebeli sekarang

Manfaat Sumber Daya Hayati

Sumber daya alam hayati menjadi sangat bermanfaat untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dari sumber daya alam hayati.

1. Manfaat Sumber Daya Alam Tumbuhan

Tumbuhan memiliki banyak sekali manfaat bagi lingkungan dan manusia. Berikut beberapa manfaat dari sumber daya alam tumbuhan.

1)      Sumber Daya Alam Tumbuhan sebagai Bahan Makanan dan Minuman

Tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan minuman. Berbagai jenis tumbuhan dapat dapat dimakan secara langsung atau diolah untuk untuk dijadikan berbagai macam makanan dan minuman. Jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah tumbuhan biji-bijian, sayur-sayuran, bumbu-bumbuan, buah-buahan, serta umbi-umbian. Sementara itu, beberapa tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan minuman adalah kopi, teh, tebu, dan buah-buahan yang diolah menjadi jus. Tumbuhan yang dijadikan manusia sebagai bahan makanan atau minuman mengandung serat, vitamin, dan gizi yang akan bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut adalah buku mengenai ragam olahan dari biji, kulit, daun, kayu, dan akar alpukat.

Ragam Olahan Biji, Kulit, Daun, Kayu, dan Akar Alpukat beli sekarang

2)      Sumber Daya Alam Tumbuhan sebagai Material Bangunan

Beberapa bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai bahan material bangunan. Jenis tumbuhan yang dapat dijadikan bahan material bangunan adalah tumbuhan berkayu, seperti pohon jati, pohon kelapa, pohon akasia, pohon meranti, pohon bambu, pohon mahoni, dan pohon cendana. Kayu dari berbagai tumbuhan tersebut dapat dipotong dan diolah menjadi berbagai bahan material bangunan, seperti pintu, jendela, atap rumah, dinding rumah, dan tiang penyangga. Selain itu, kayu dari tumbuhan juga dapat dijadikan berbagai peralatan, seperti meja, kursi, dan lemari.

3)      Sumber Daya Alam Tumbuhan sebagai Bahan Bakar Alternatif

Tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasil bahan bakar alternatif. Pemanfaatan berbagai tanaman sebagai bahan bakar alternatif akan sangat berguna untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Beberapa tumbuhan yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar, yaitu kelapa sawit, jarak, dan kemiri. Tanaman kelapa sawit dan kemiri dapat diolah menjadi bahan bakar biodiesel. Kemudian tanaman jarak dapat sumber energi alternatif berupa biofuel. Selain itu, sisa-sisa tanaman yang mengendap di rawa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan biogas.

4)      Sumber Daya Alam Tumbuhan sebagai Bahan Baku Obat Tradisional

Di Indonesia terdapat berbagai macam tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Pemanfaatan tumbuhan sebagai obat tradisional telah dilakukan dari zaman dahulu. Beberapa tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional, yaitu jahe, kunyit, kencur, binahong, sambiloto, mahkota dewa, dan temulawak. Tumbuhan tersebut memiliki berbagai khasiat yang akan menyehatkan tubuh.

5)      Sumber Daya Alam Tumbuhan sebagai Bahan Baku Industri

Tumbuhan juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri, seperti pohon karet dan pohon kapas. Getah pohon karet dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan ban kendaraan dan berbagai peralatan lain yang bersifat elastis. Sedangkan serat pohon kapas dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri tekstil. Proses pembuatan serat kapas menjadi kain dilakukan dengan memintal serat kapas menjadi benang, kemudian benang tersebut akan diolah menjadi kain.

2. Manfaat Sumber Daya Alam Hewan

Hewan memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan manusia. Berikut beberapa manfaat dari sumber daya alam hewan.

1)      Sumber Daya Alam Hewan sebagai Bahan Pangan

Hewan banyak dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Makanan yang bersumber dari hewan menjadi salah satu makanan yang digemari masyarakat. Daging, telur, dan susu yang berasal dari beberapa hewan dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Selain daging, bagian tubuh lain, seperti usus, ampela, kulit, dan hati, juga dapat diolah menjadi makanan. Beberapa hewan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan, yaitu ikan, ayam, sapi, kerbau, kambing, domba, dan bebek.

2)      Sumber Daya Alam Hewan sebagai Bahan Sandang

Beberapa hewan dapat dimanfaatkan sebagai bahan sandang yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Hewan yang akan dimanfaatkan sebagai bahan sandang haruslah yang dibudidaya untuk menghindari kepunahan. Beberapa bentuk pengolahan hewan menjadi bahan sandang, yaitu bulu domba sebagai bahan pembuatan wol, kepompong ulat sutra sebagai bahan pembuatan kain sutra, serta kulit sapi, ular, kerbau, dan buaya sebagai bahan pembuatan tas, sepatu, jaket, dan pelapis sofa.

3)      Sumber Daya Alam Hewan sebagai Produk Kesehatan

Hewan juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk kesehatan. Beberapa bentuk produk kesehatan yang dihasilkan hewan, yaitu madu yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, susu yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, serta air liur burung walet dapat meningkatkan energi tubuh dan kesehatan kulit.

4)      Sumber Daya Alam Hewan sebagai Penyubur Tanaman

Kotoran hewan ternak dapat diolah sebagai pupuk organik atau pupuk kompos yang akan menyuburkan tanaman. Beberapa hewan, seperti kupu-kupu, lebah, dan burung, juga dapat membantu proses penyerbukan tanaman sehingga tanaman tersebut dapat berkembang biak dengan lebih baik.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

banner-promo-gramedia

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien