IPA

Daur Hidup Nyamuk: Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Daur Hidup Nyamuk: Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya 1
Written by Tasya Talitha

Grameds, saat musim penghujan kamu mungkin sering menemukan kubangan air yang terdapat di mana-mana dan dapat memicu lahirnya jentik nyamuk. Pada umumnya anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang cukup besar.

Hewan nyamuk mempunyai beraneka macamnya, tetapi saat ini salah satu macam nyamuk yang paling banyak ditakuti oleh banyak masyarakat, yaitu Aedes Aegypti. Nyamuk juga mempunyai 4 tahapan untuk daur kehidupannya, yakni berawal dari menjadi telur, kemudian larva, lalu pupa, dan menjadi dewasa.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention pada sebuah situsnya bahwa semua tahapan hidup dari telur sampai menjadi dewasa, tentunya memerlukan waktu sekitar 8 hingga 10 hari.

Seperti yang telah anda ketahui, bahwa hewan nyamuk tersebut sangat menyukai untuk menghisap darah dari manusia, jenis nyamuk tersebut adalah hewan betina. Berdasarkan dari kutipan yang dilansir Widya Wiyata Pertama Dunia Serangga, bahwa darah yang sudah diisapnya dipergunakan sebagai proses nyamuk untuk bertelur.

Nyamuk mengisap darah manusia dengan memakai mulutnya yang serupa jarum, kemudian ditancapkannya ke dalam tubuh dari manusia ataupun hewan.

Nyamuk betina, sekalinya menghisap darah sangatlah banyak, yakni sekitar dua kali besar dari berat tubuhnya. Darah tersebut diperlukannya guna menyimpan sebuah protein bagi telurnya. Setelah mengisap sebuah darah sebanyak satu hingga lima kali, hewan ini biasanya langsung bertelur hingga mati.

Nyamuk Aedes Aegypti, hanya terbang di sejumlah blok dalam kehidupannya. Tak serupa dengan hewan nyamuk lainnya, nyamuk ini lebih menyukai menghisap darah dari manusia. Serta hewan ini sangat nyaman tinggal bersama di dekat manusia.

Oleh karena itu, hewan tersebut bisa ditemukannya di sejumlah rumah maupun gedung. Tempat ini tidak menggunakannya sebuah kasa pada jendela atau tak mempunyai pintu ataupun pintu tersebut dibiarkannya terbuka. Tak serupa dengan nyamuk betina, jenis nyamuk jantan ini ternyata lebih menyukai menghisap sebuah air ataupun sari tumbuhan.

Nyamuk adalah serangga kecil yang kehadirannya cukup mengganggu bagi manusia. Tak hanya sebagai sumber penyakit, gigitan dari nyamuk juga mengakibatkan reaksi alergi contohnya yaitu gatal-gatal ataupun bentol-bentol.

Akan tetapi, tahukah anda sebenarnya makanan utama dari nyamuk itu ialah sari bunga sehingga bukanlah darah dari manusia. Berikut terdapat enam fakta menarik sekilas nyamuk yang belum anda ketahuinya.

  1. Nyamuk tidaklah mempunyai gigi, hewan ini mengisap sumber makanannya dengan mempergunakan belalai yang dimilikinya.
  2. Hewan nyamuk ini mempunyai makanan utama berupa sari buah dan bunga ataupun nektar.
  3. Jenis hewan nyamuk jantan biasanya tidak mengisap sebuah darah, jadi hanya jenis betina yang memerlukan protein dalam darah guna membuat telur
  4. Terdapat sekitar 3000 jenis spesies nyamuk yang berada di dunia
  5. Nyamuk ternyata telah ada  pada zaman dinosaurus.
  6. Hewan ini tidak bisa hidup dalam waktu lama, masa hidup untuk nyamuk Culex tersebut hanya berkisaran selama 7 hari saja.

Daur Hidup Nyamuk

daur hidup nyamuk

daur hidup nyamuk sumber: CDC

Nyamuk mempunyai sebuah proses daur hidup yang cukup sempurna, terbagi dalam 4 bagian tahapan seperti bertelur, menjadi larva, hingga pupa, dan nyamuk dewasa. Setelah hewan nyamuk jantan ini mengawini hewan betina, lalu ia akan mencari sebuah darah yang dipakainya guna menutrisi telur-telurnya tersebut.

Biasanya dibutuhkannya waktu sekitar 3 hingga 4 hari setelah hewani menghisap darah hingga telur itu terbentuknya. Berikut adalah fase lengkap dari daur hidup nyamuk mulai dari menjadi telur sampai menjadi dewasa.

1. Telur

Daur Hidup Nyamuk: Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya 2
Bertelur adalah fase pertama hewan nyamuk ini berdaur hidup. Seekor jenis nyamuk betina tersebut bisa bertelur sekitar 100 sampai 399 butir dalam satu kali proses pembuahannya bergantung dengan spesiesnya.

banner-promo-gramedia

Biasanya para induk akan menemukan lingkungan yang lembab contohnya kobangan air. hewan ini memakai sensor yang dimilikinya berada di bawah perutnya guna mengukur suhu serta kelembabannya yang sesuai. Setelah nyamuk mengerami telurnya sampai menetas.

Sejumlah nyamuk mempunyai bentuk telurnya yang kecil serupa dengan debu dan bertebaran pada kolam. Tetapi terdapat pula nyamuk yang merakit telurnya berdekatan. Dalam fase bertelur ini memerlukannya waktu selama 2 hari hingga akhirnya menetas sebagai larva.

2. Larva

Daur Hidup Nyamuk: Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya 3
Larva atau yang biasa disebut juga sebagai jentik nyamuk, adalah fase selanjutnya setelah bertelur. Di fase ini nyamuk bisa mengganti kulitnya sebanyak 4 kali yang disebut dengan sebutan intar satu, dua, hingga tiga. Pergantian kulit tersebut diikutinya sesuai oleh perubahan pada ukuran nyamuk sebelum melakukan fase transisi pupa.

Fase inkubasi itu umumnya dapat berjalan sekitar 5 sampai 10 hari, bergantung dengan suhu lingkungan, makanan, serta keberadaan predator lainnya. Larva mempunyai bentuk serta ciri yang berbeda sesuai oleh spesies masing-masing.

Contohnya adalah larva nyamuk Culex mempunyai bentuk serupa pipa atau siphon langsing, ada bulu-bulu halu yang berada di sekitar larva tidak beraturan dan menggantung pada tanaman air. Sementara nyamuk Anopheles tidak mempunyai siphon.

3. Pupa

Daur Hidup Nyamuk: Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya 4
Pada fase ini adalah fase untuk jeda atau waktu beristirahat nyamuk sebelum dirinya berubah menjadi sebuah nyamuk dewasa. Serupa dengan kepompong pada kupu-kupu, pada pupa nyamuk ia tidak memerlukan minum atau makan.
Lalu, untuk bertahan hidup akan memunculkan dua buah antena ke permukaan yang bertujuan sebagai pernapasan. Di fase tersebut pupa sangat rentan untuk mengalami kebocoran.

4. Nyamuk Dewasa

Daur Hidup Nyamuk: Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya 5
Setelah terbentuknya organ tubuh dari nyamuk yakni sayap, kaki, dada, perut, mata, antena, dan belalai yang terbuat sempurna jika hewan telah siap untuk terbang.

Biasanya nyamuk dewasa akan berada di permukaan air guna mengeringkan tubuhnya tersebut agar dapat terbang. Pada umumnya nyamuk jenis jantan akan keluar dulu dari kepompong, lalu disusul oleh betina. Hal itu adalah fase terakhir nyamuk sebelum nyamuk dewasa tersebut kembali bereproduksi dan mengulang proses daur hidupnya.

Nyamuk dianggap sebagai hewan serangga yang cukup mematikan. Hal tersebut diakibatkan sebab gigitan nyamuk adalah sebab wabah dari demam berdarah. Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang dikarenakan oleh Dengue Virus (DENV).

Demam Berdarah Dengue (DBD): Ekstrak Daun Jambu Biji Bisa untuk Mengatasi DBD

Demam Berdarah Dengue (DBD): Ekstrak Daun Jambu Biji Bisa untuk Mengatasi DBD

Beli Buku di Gramedia
Gejala yang timbul seperti trombosit menjadi rendah, terjadi demam, munculnya ruam, beserta nyeri pada otot. Pada persoalan cukup berat ini demam berdarah bisa mengakibatkan sebuah kematian.

Guna mencegah nyamuk demam berdarah sebaiknya diperlukannya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dengan cara menutup penampungan air dan melakukan penyemprotan yang berfungsi membunuh jentik dan nyamuk yang berada di sekitar lingkungan anda.

Siklus dan Masa Hidup Nyamuk

Berapa hari siklus hidup nyamuk berlangsung?
Siklus hidup nyamuk berawal dari telur sampai menjadi dewasa biasanya memerlukan waktu selama 8 hingga 14 hari. Namun, waktu siklus daur hidup nyamuk bisa bervariasi dan bergantung dengan sejumlah faktor yakni suhu dan juga kualitas sumber makanan yang dibutuhkan pada tahap larva.

Berapa lama masa hidup nyamuk?
Apabila anda berulang kali bertanya nyamuk hidup dengan berapa lama, maka berikut tanggapannya.
Pada biasanya berapa lama masa hidup hewan ini tergantung dengan beberapa faktor, seperti :

  • Kelembaban
  • Spesies nyamuk
  • Suhu
  • Keberadaan predator alami
  • Jenis kelamin

Akan tetapi, rata-rata lama usia untuk nyamuk jantan diketahui mempunyai usia cukup pendek daripada usia untuk nyamuk betina. Nyamuk jenis jantan ini Cuma bisa bertahan hidup selama 10 hari ataupun seminggu. Sementara lama untuk usia nyamuk betina bisa berkisaran 3 hingga 4 minggu dan bahkan dapat lebih lama bergantung pada spesies.

 

Penyakit yang Disebabkan oleh Nyamuk

Daur Hidup Nyamuk: Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya 5

Nyamuk adalah salah satu hewan yang sangatlah mematikan di dunia. Karena keahliannya dalam menyebarkan sebuah penyakit, bisa mengakibatkan jutaan kematian pada tiap tahunnya.

Berdasarkan data dari WHO tahun 2015, penyakit malaria mengakibatkan 438 ribu kematian di semua dunia. Tak hanya malaria, penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk lainnya yakni demam berdarah dengue, yang juga dapat menimbulkan sejumlah korban jiwa.

Dengan memutus siklus daur hidup nyamuk dapat membantu anda agar tetap terhindar dari beraneka macam penyakit, antara lain :

banner-promo-gramedia

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Kasus pada demam berdarah dengue tersebut sudah naik sekitar 30 kali lipat pada 30 tahun terakhir. Sehingga anda butuh mengantisipasi penyakit itu. Apabila tidak maka anda perlu segera mencegahnya dan menanganinya, sebab Demam Berdarah Dengue dapat mengakibatkan kematian.

Kiat Mengalahkan Demam Berdarah dan Virus Zika

Kiat Mengalahkan Demam Berdarah dan Virus Zika

Beli Buku di Gramedia2. Malaria

Indonesia masih mempunyai sejumlah arus yang menjadi endemis malaria. Bagi penderita, penyakit tersebut bisa menciptakan sebuah gejala seperti sakit kepala, muntah-muntah, demam, hingga menggigil.

3. Zika

Zika adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang tersebar oleh nyamuk. Virus tersebut cukup berbahaya, jika dihadapi oleh seorang ibu hamil. Karena virus zika dapat memicu gangguan pada fisik Janin yakni mikrosefali atau yang ditandai dengan ukuran kepala bayi yang begitu kecil.

4. Chikungunya

Chikungunya bisa ditandai dengan munculnya sebuah benjolan ataupun pembekakan yang serupa pada gejala gangguan sendi. Penderita tersebut dapat mengalami rasa sakit seperti mual, sakit kepala, serta bercak-bercak merah. Belum adanya obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Tetapi, penyakit ini dapat sembuh secara sendirinya.

5. Yellow Fever atau Demam Kuning

Sesuai dengan namanya penderita penyakit yellow fever akan mempunyai ciri berwarna kulit dan mata berubah menjadi warna kuning. Apabila sedang ringan, penyakit tersebut hanya dapat mengakibatkan sakit punggung, kepala, muntah hingga menggigil.

6. Kaki Gajah

Kaki gajah atau istilahnya yaitu filariasis limfatik merupakan penyakit yang diakibatkan oleh parasit yang telah bersarang pada sistem limfatik tubuh. Sistem limfatik tubuh mempunyai tujuan yakni mengatur keseimbangan cairan tubuh dan melawan infeksi.  Gangguan pada kseimbangan cairan tubuh, menjadikan kakinya bisa terlihat bengkak lalu muncul sebuah istilah bernama kaki gajah.

Cara Memutus Daur Hidup Nyamuk

Mengantisipasi penyebaran penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, efektifnya dilaksanakannya ketika nyamuk berada di tahap awal daur hidupnya. Maka, tak ada salahnya anda dapat memahami secara detail tentang daur hidup nyamuk.

Cara efektif guna terhindar dari sebuah penyakit yang ditularkan lewat nyamuk, yakni memutus daur hidup.
Terdapat beraneka cara yang dapat anda melakukannya. Akan tetapi secara umum, langkah untuk 3M plus digagas Kementerian Kesehatan RI yang dinilai sebagai langkah efektif.

Berikut adalah cara untuk memutus daur hidup nyamuk memakai langkah 3M:

Menguras

Secara rutin menguras sebuah tempat penampungan air yang kerap kali anda gunakan, contohnya ember ataupun bak mandi. Serta butuhnya menguras dan membersihkan tempat air minum pada dispenser maupun lemari es.

Menutup

Tutuplah rapat tempat penampungan air contohnya drum air, kendi hingga pot tanaman.

Memanfaatkan Barang Bekas Kembali

Memanfaatkan atau menggunakan barang bekas lagi atau biasa kita sebut mendaur ulang tempat bekas yang dapat menampung air. Hal tersebut dapat kita gunakan sebagai langkah untuk memutus daur hidup nyamuk secara tepat.

Sedangkan langkah yang membutuhkan pelaksanaan selain tiga langkah di atas yakni:

  • Memberikan bubuk larvasida di tempat penampungan air yang sulit untuk dibersihkan
  • Memakai obat anti nyamuk
  • Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah
  • Memakai kelambu ketika tidur
  • Mengatur ventilasi dan cahaya rumah
  • Memelihara ikan yang dapat memangsa jentik nyamuk
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk
banner-promo-gramedia

Daur hidup nyamuk mempunyai empat tahapan yakni bertelur, menjadi jentik, lalu pupa, dan berubah menjadi nyamuk dewasa. Daur hidup terjadi selama 8 hingga 10 hari.

Daur hidup nyamuk dapat diputus agar penyebaran penyakit lewat nyamuk dapat dicegah. Tentunya hal itu bisa menyelamatkan sejumlah nyawa. Dengan kenyataan bahwa nyamuk merupakan hewan yang mematikan di dunia dengan beberapa penyakit yang dibawanya.

Penyakit berupa Malaria, Chikungunya, DBD, kaki gajah, hingga demam kuning menjadi penyakit yang bisa dihindari dengan memutus rantai kehidupan.

Sehingga perlu diingat untuk tetap melakukan aktivitas menguras, dan menutup semua tempat genangan air, serta mendaur ulang barang bekas yang berada di sekitar rumah agar tak tertimbun dan menjadikannya sebagai sarang nyamuk.

Fakta Unik tentang Nyamuk

Grameds, ternyata ada beberapa fakta unik mengenai nyamuk yang jarang orang ketahui. Berikut ini, penulis sudah mengumpulkan beberapa fakta unik yang wajib Grameds ketahui.

1. Nyamuk Tergolong Hewan yang Mematikan

Hewan ini sudah dikenal sebagai hewan yang mematikan di dunia. Dimana nyamuk sudah banyak menyebabkan kematian manusia daripada hewan buas seperti hiu ataupun ular. Meski memiliki ukuran yang sangat kecil, namun nyamuk diketahui sudah membunuh lebih dari 700.000 orang setiap tahunnya. Nyamuk juga menjadi hewan yang menyebabkan penyakit menular seperti Malaria, Zika, dan Dengue.

2. Hanya Nyamuk Betina yang Menggigit Manusia

Apakah Grameds tahu bahwa nyamuk betina merupakan jenis nyamuk yang suka menghisap darah manusia. Sedangkan nyamuk jantan tidak.

Sebenarnya, makanan utama dari nyamuk jantan maupun betina adalah nektar yaitu zat manis yang ada di sebuah tanaman. Namun, nyamuk jantan hanya memakan nektar saja dan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Sedangkan nyamuk betina membutuhkan energi tambahan berupa zat protein untuk bertelur. Oleh karena itu, nyamuk betina masih harus menghisap darah manusia. Sebab, darah manusia mengandung protein dan asam amino yang penting bagi tubuh nyamuk untuk menghasilkan telur dan mengembangkannya.

3. Nyamuk Sudah Ada Sejak Zaman Dinosaurus

Apakah Grameds sudah tahu bahwa hewan nyamuk sudah ada sejak zaman dinosaurus. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan fosil serangga yang menggigit. Fosil ini diidentifikasi berasal dari Zaman Trias. Dimana zaman tersebut terjadi pada 199-251 juta tahun lalu.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai daur hidup nyamuk dan fakta-fakta uniknya. Ingat ya Grameds, untuk menghindari beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, kita harus rajin dan rutin menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, kita juga perlu menerapkan beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas.

Untuk Grameds yang ingin mempelajari atau mengetahui daur hidup nyamuk serta fakta unik lainnya lebih detail. Penulis akan merekomendasikan buku berikut yang membahas mengenai hewan nyamuk dan hewan lainnya.

Seri Metamorphosis: Ngiing...Ngiing...Nyamuk Terbang

Seri Metamorphosis: Ngiing…Ngiing…Nyamuk Terbang

Beli Buku di Gramedia
Penulis
: Laeli Nur Azizah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien