Kesenian Lifestyle

25 Kerajinan Rajut yang Berpotensi Cuan

Written by Rifda Arum

Kerajinan Rajut – Kerajinan rajut saat ini telah menjadi bisnis yang populer dan sering dibicarakan. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya minat masyarakat terhadap bisnis yang kreatif, khususnya barang-barang dari kerajinan rajut mengalami peningkatan. Barang kerajinan rajut mempunyai keunikannya tersendiri, hal ini dikarenakan barang kerajinan rajut  memiliki tampilan yang menarik, mengandung unsur desain atau motif etnik, dan memiliki bahan yang tebal serta tahan lama.

https://www.pexels.com/

Apa Itu Kerajinan Rajut?

Berbeda dengan menenun yang menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus, merajut hanya menggunakan sehelai benang saja. Jika dilihat dari perkembangan zaman sekarang, merajut bukan hanya digunakan sebagai metode membuat pakaian saja. Berbagai macam kerajinan tangan seperti tas dan dompet bisa diciptakan dengan cara merajut.

Merajut adalah suatu kegiatan kerajinan dengan mengaitkan benang (wol) dengan jarum khusus (hakpen) yang dibentuk sesuai dengan bentuk yang kita inginkan. Sebagai contoh misalnya syal, sepatu, tas dan lain sebagainya. Orang-orang zaman dulu terutama wanita, hampir sebagian besar bisa merajut.

Hal itu biasa mereka lakukan untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Tetapi, di era modern seperti sekarang ini. Siapa sangka? Merajut sekarang menjadi lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih, ditambah dengan kreativitas para perajut, ini bisa menghasilkan beragam bentuk yang kreatif dan pastinya bernilai seni.

Selain itu, merajut adalah metode membuat kain, pakaian, aksesoris, atau benda-benda lainnya yang berguna untuk aktivitas sehari-hari dari benang rajut. Selain itu, merajut menjadi salah satu kegiatan yang ampuh untuk menghilangkan stress yang juga dapat menghasilkan uang. Menjalankan bisnis berdasarkan hobi tentu akan membuat kita lebih nyaman terasa lebih menyenangkan, bukan?

Namun, perlu diketahui, membuat kerajinan rajut tak semudah seperti membuat kerajinan tangan yang lain. Kerajinan rajut membutuhkan teknik dan kemampuan tersendiri bagi pengrajinnya. Teknik ini digunakan apabila kita ingin membentuk suatu bentuk tertentu dari kerajinan rajut. Selain teknik dan kemampuan, membuat kerajinan rajut juga dibutuhkan ketekunan yang ulet dan konsisten. Tanpa adanya ketekunan, orang sehebat apa pun tak akan bisa membuat kerajinan rajut.

Beli Buku di Gramedia

Apa Saja Manfaat Merajut?

Kegiatan merajut bagi beberapa orang dilakukan sebagai hobi saja. Namun, selain dilakukan sebagai hobi, kegiatan merajut ternyata juga dapat mendatangkan keuntungan bagi yang memiliki bakat bisnis ini. Hasil akhir dari kegiatan merajut bisa dijual dan mendapatkan keuntungan yang lumayan menjanjikan.

Manfaat yang menguntungkan lainnya yaitu dari segi kesehatan tubuh dan pikiran. Berdasarkan studi tentang manfaat kegiatan merajut yang disimpulkan bahwa merajut juga bisa dilakukan sebagai terapi untuk melatih kesabaran, meningkatkan konsentrasi, dan pengendalian diri.

Selain itu, kegiatan merajut bisa dilakukan sebagai kegiatan yang dapat membantu proses pemulihan penyakit kronis, kanker, trauma otak, juga anak penderita Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder atau yang kita kenal sebagai ADHD, yaitu gangguan perilaku dengan gangguan konsentrasi, impulsi (cepat bertindak secara tiba-tiba), dan hiperaktif.

25 Contoh Kerajinan Rajut yang Berpotensi Mendatangkan Cuan

1. Tas Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Tas rajut menjadi peringkat teratas sebagai model rajutan terpopuler di masyarakat.Tas rajut sering kali dipakai untuk segala kebutuhan, bahkan bisa dipakai di segala aktivitas sehari-hari kita, seperti menjadi kantong belanja dan untuk bepergian.

Kita tak akan kesulitan untuk menemukan tas rajut di pasaran dan toko-toko yang ada di e-commerce, karena memang tas rajut ini menjadi salah satu benda rajut paling diminati oleh masyarakat.

2. Dompet Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Selain tas, dompet model rajut juga menjadi model kerajinan rajut yang populer, baik di kalangan anak muda maupun kalangan orang tua. Salah satu kelebihan dari dompet model kerajinan rajut, yaitu bentuknya yang sederhana tetapi tetap fungsional. Selain itu, dompet rajut juga memiliki beberapa jenis seperti dompet koin yang berukuran lebih kecil dan juga dompet uang kertas. Apakah Grameds tertarik untuk membeli atau membuatnya?

3. Sepatu Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Model kerajinan rajut yang populer berikutnya yaitu sepatu rajut. Jika kita perhatikan dengan saksama, jarang sekali ada orang dewasa yang mengenakan sepatu rajut ini, tapi sebenarnya sepatu ini memiliki keunikan tersendiri. Sepatu rajut merupakan sepatu yang secara keseluruhan terbuat dari benang rajut. Pada sepatu orang dewasa biasanya akan dikombinasikan rajutan dengan sol dari plastik atau dengan bahan lainnya.

Nah, berbeda halnya dengan sepatu rajut untuk bayi atau balita, yang mana seluruh komponen untuk sepatu tersebut terbuat dari benang rajut. Meski banyak diminati oleh masyarakat, akan tetapi produk yang satu ini agak sulit ditemukan. Oleh karena itu, kita bisa membuat sepatu rajut ini untuk kemudian dijual dan kemungkinan akan terjual dengan harga mahal karena tidak banyak yang memproduksi.

4. Sweater Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Produk kerajinan rajut berikutnya yaitu sweater, jaket, atau juga cardigan. Meski ketiga barang tersebut memiliki perbedaan tetapi mempunyai fungsi yang sama, yakni sebagai pakaian penunjang. Baik sweater, jaket, atau cardigan akan lebih cocok dikenakan di tempat yang dingin seperti di Puncak ataupun wilayah lain yang bermusim salju.

Walaupun begitu, bukan berarti sweater rajut ini tak diminati oleh warga di wilayah-wilayah yang cenderung panas, seperti Jakarta. Faktanya, warga di Ibu Kota Jakarta juga sering terlihat mengenakan sweater rajut terutama saat musim hujan. Selain dapat memberikan rasa hangat pada tubuh, sweater juga bisa menjadi alternatif penunjang gaya fashion.

5. Syal dan Scarf Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Seperti halnya sweater, syal dan scarf juga menjadi salah satu produk fashion yang cocok dipasarkan di kota atau negara yang cuacanya dingin. Akan tetapi, tidak jarang juga masyarakat yang mencari syal dan scarf rajut untuk dijadikan sebagai fashion. Menarik dan fungsional, bukan?

6. Boneka Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Boneka rajut adalah model kerajinan rajut yang populer yang bisa menjadi alternatif bagi kita untuk berbisnis. Selain unik dan menarik, boneka rajut sudah mulai jarang ditemukan di toko-toko. Tentu saja agak sulit membuatnya, tetapi justru ini bisa kita jadikan ladang uang karena minimnya jumlah pesaing bisnis ini.

7. Gantungan Kunci

https://id.pinterest.com/

Model kerajinan rajut terpopuler selanjutnya ialah gantungan kunci. Gantungan kunci ini juga bisa dikreasikan ke berbagai jenis desain, seperti boneka beruang, bunga matahari, maupun bentuk-bentuk lainnya sesuai dengan selera yang kita inginkan. Untuk membuatnya semakin lebih menarik, kita bisa menggunakan warna yang cerah dan sesuai dengan karakter rajutan yang dibuat.

8. Tempat Pensil Rajut

https://id.pinterest.com/

Selain dompet, tempat pensil dari benang kerajinan rajut juga digemari oleh sebagian besar masyarakat, terutama bagi pelajar. Hampir sama seperti kerajinan rajut dompet, tempat pensil rajutan ini juga mempunyai bentuk yang sederhana tapi tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Hal yang menjadi daya tarik dari kerajinan rajut yang satu ini, yaitu kita bisa mengkreasikan lebih dari satu warna benang rajut dan mengombinasikannya sehingga menghasilkan tempat pensil yang tidak hanya fungsional tapi juga trendy.

Beli Buku di Gramedia

9. Topi Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Mungkin kita sering melihat seseorang menggunakan topi rajutan. Umumnya, topi rajutan ini digunakan di tempat dengan iklim yang dingin, hal ini dikarenakan topi rajutan ini bisa memberikan sensasi hangat saat dipakai. Meski begitu, kita masih bisa mengenakan topi rajutan ini di Indonesia, terutama di tempat-tempat yang tidak begitu terik dan suhu yang dingin seperti di daerah pegunungan

10. Kaos Kaki Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Hampir sama dengan sepatu rajut, kaos kaki rajut ini juga menjadi yang paling banyak digunakan oleh bayi maupun anak-anak. Dengan warna yang cerah dan dikombinasikan dengan hiasan-hiasan yang juga dari kerajinan rajutan, akan membuat kaos kaki ini semakin cantik saat ketika dikenakan. Selain itu, akan membuat bayi atau anak-anak terlihat fashionable juga, kaos kaki rajutan ini juga ampuh dalam untuk menghangatkan kaki.

11. Tempat HP Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Model rajutan terpopuler berikutnya yaitu tempat HP. Di zaman sekarang ini, HP sudah menjelma menjadi sebuah benda yang sangat dibutuhkan kapan pun dan di mana pun. Oleh karena itu, orang-orang seperti tidak mungkin tidak membawa HP, tidak peduli apa pun kegiatan yang akan mereka lakukan.

Ukuran HP zaman sekarang pun sudah jauh lebih besar apabila dibandingkan HP zaman dulu, sehingga rasanya sangat tidak nyaman untuk meletakkan HP di dalam saku baju atau celana. Hal ini menjadi salah satu alasan tempat hp kerajinan rajutan ini dibuat. Umumnya, tempat HP kerajinan rajut ini berbentuk seperti dompet yang dilengkapi dengan tali panjang, sehingga dapat dikalungkan di leher atau pundak pemakainya.

12. Bros Model Rajut

Bros adalah salah satu pelengkap aksesori yang sering digunakan, terutama bagi perempuan muslim yang mengenakan hijab. Selain sebagai aksesori yang menambah kelengkapan fashion, bros juga berguna sebagai penyangga agar hijab tak bergeser ataupun berantakan.

Seperti yang diketahui bersama, para pengrajin rajut membuat terobosan baru dengan membuat bros dari bahan rajutan dengan berbagai macam bentuk dan salah satu bentuk yang paling populer yaitu bross yang berbentuk bunga.

13. Pakaian Untuk Peliharaan Model Rajut

https://id.pinterest.com/

Bukan hanya manusia yang bisa fashionable, hewan peliharaanmu juga perlu dikenakan fashion. Jika selama ini menganggap sweater hanya ditujukan untuk manusia saja, maka anggapan ini adalah salah besar.

Saat ini, para pengrajin rajutan telah berinovasi dengan menciptakan sweater atau pakaian untuk hewan peliharaan kesayangan, baik itu kucing maupun anjing. Selain menjadikan hewan peliharaan semakin keren, ini akan memuat hewan peliharaan menjadi menggemaskan.

14. Sepatu untuk peliharaan model rajut

https://id.pinterest.com/

Bukan hanya pakaian, hewan peliharaan juga sudah bisa mencoba sepatu yang dibuat dengan kerajinan rajut. Wow, menggemaskan, ya? Apakah Grameds mau membeli sepatu rajut ini untuk hewan peliharaanmu?

Beli Buku di Gramedia

15. Taplak meja model rajut

https://id.pinterest.com/

Model rajutan terpopuler berikutnya yaitu taplak Meja. Merajut taplak meja memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Mengapa? Tentu hal ini karena ukuran meja yang cukup besar. Meski begitu, saat ini banyak taplak meja yang dibuat bukan untuk menutupi seluruh permukaan meja saja, melainkan hanya sebagai ornamen pelengkap. Sebagai contoh, taplak yang dibuat memanjang, sehingga memberikan ornamen atau aksen garis pada meja.

16. Tempat tissue model rajut

https://id.pinterest.com/

Kita pasti sudah tak asing lagi dengan model rajutan populer yang satu ini. Salah satu produk rajutan yang paling mudah ditemukan yaitu tempat tissue. Untuk kita yang gampang bosan dengan tempat tisu dari plastik, tempat tisu rajutan merupakan solusi yang tepat. Lagi pula, bisnis tempat tisu rajutan menjadi bisnis modal receh tapi dengan untung menggiurkan.

17. Sarung galon model rajut

https://id.pinterest.com/

Selain tempat tisu, kita juga bisa menutupi galon air dengan kerajinan rajut sarung. Mengapa? Tentu saja untuk mempercantik tampilan di rumah. Belum banyak jumlah pengusaha rajut yang membuat sarung galon ini, padahal jumlah peminatnya sudah cukup banyak, lho.

18. Sarung bantal sofa model rajut

https://id.pinterest.com/

Kita pasti kadang merasa bosan dengan bantal sofa yang hanya itu-itu saja. Biasanya, sarung bantal sofa terbuat dari bahan kain biasa ataupun kain printing. Saat ini, sarung bantal sofa dari rajutan sangat digemari karena bisa memberikan aksen unik di ruang tamu rumah kita.

19. Hiasan dinding model rajut

https://id.pinterest.com/

Pernahkah kita melihat hiasan dinding dari bahan rajutan? Hiasan dinding rajutan umumnya dibuat dengan menjuntai untuk memberikan kesan yang tak kaku. Hiasan dinding rajutan ini akan membuat tampilan rumah menjadi terlihat lebih klasik dan memiliki nilai estetik. Kita bisa menggantungkan hiasan dinding ini di ruang tamu, kamar, atau di mana pun saja sesuai dengan keinginan kita.

20. Hiasan bunga model rajut

https://id.pinterest.com/

Bunga artificial atau dikenal dengan bunga palsu sering sekali menjadi andalan yang berfungsi sebagai ornamen dekorasi di rumah. Pada dasarnya, bunga artificial terbuat dari bahan plastik. Jika kita menginginkan sesuatu yang berbeda, kita bisa membuat bunga artificial dari bahan benang rajutan. Memang agak sedikit sulit, tapi kita bisa melihat tutorial pembuatannya di berbagai macam artikel ataupun video yang beredar di YouTube.

21. Tatakan gelas model rajut

https://id.pinterest.com/

Model rajutan terpopuler selanjutnya yaitu tatakan gelas. Fungsi dari tatakan gelas yaitu sebagai pencegah tanda gelas yang tertinggal di meja akibat panas yang menembus dari gelas. Kita bisa membuat tatakan gelas dari kerajinan rajutan, karena benang rajut cukup tebal dan mampu menahan panas jika dirajut dengan rapat dan sedikit celah.

22. Tempat alat makan model rajut

Tempat alat makan kerajinan rajutan bentuknya hampir sama dengan tempat pensil, hanya saja berukuran lebih kecil. Tempat alat makan kerajinan rajutan umumnya digunakan untuk menyimpan sendok, garpu, maupun sumpit yang ingin dibawa ke suatu tempat seperti kantor, kampus, maupun sekolah. Untuk membuat alat makan kerajinan rajutan yang satu ini, pastikan kita mengukur tinggi dan lebar yang sesuai dengan peralatan makanannya.

23. Alas piring model rajut

https://id.pinterest.com/

Selain tatakan gelas, kita juga bisa membuat alas piring dari kerajinan rajutan. Jika kita berkunjung ke sebuah restoran, biasanya pihak restoran akan meletakkan piring di atas sebuah alas. Bukan hanya berfungsi untuk mempercantik saja, alas piring juga bergurna untuk menjaga piring agar tidak mudah bergerak.

24. Masker model rajutan

https://id.pinterest.com/

Siapa yang bilang kita tidak bisa membuat masker dengan kerajinan rajutan? Tentu saja ini bisa kita ciptakan! Meski masker rajutan mempunyai celah udara yang sangat banyak, kita tetap bisa membuat masker kerajinan rajutan dengan cara memberikan lapisan di bagian dalam masker.

Kita juga bisa melapisi bagian dalam masker dengan bahan kain yang halus dan nyaman saat digunakan di wajah. Jangan lupa untuk memilih kain dengan warna yang cocok dengan benang rajutnya.

25. Keranjang

https://id.pinterest.com/

Model rajutan terpopuler yang terakhir yaitu keranjang. Keranjang biasanya dapat digunakan untuk meletakkan pakaian kotor saat sebelum mencuci. Selain berfungsi sebagai tempat penampungan baju kotor, keranjang kerajinan rajutan dengan celah udara kecil-kecil di seluruh bagian bisa mencegah baju apek karena pakaian yang tertumpuk.

Rekomendasi Buku Tentang Kerajinan Rajut

Berikut ini beberapa buku bacaan yang bisa Grameds baca tentang kerajinan rajut, di antaranya:

1. Rajut 3D (2017) karya Novelia Ummu Nayfah

Beli Buku di Gramedia

Buku ini membahas bagaimana rajutan bisa didesain menjadi karya tiga dimensi. Buku yang membahas aneka teknik dasar rajut guna membentuk tiga dimensi dan trik-trik supaya rajutan bisa kaku.

2. Aneka Kreasi Boneka dari Rajut (2020) karya Marvelly Marta Widada

Beli Buku di Gramedia

Buku ini menyajikan ide baru untuk berkreasi membuat boneka dari kerajinan rajut.

3. Rajutan Cantik Untuk Pemula (2016) karya Thata Pang

Beli Buku di Gramedia

Buku yang menjadi bukti bahwa pembaca dapat menemukan kreasi-kreasi indah dan trendi dari kerajinan rajutan.

Setelah mengetahui ada banyak sekali produk kerajinan rajut yang mendatangkan beragam keuntungan, apakah Grameds akan segera mencoba untuk merajut? Jika tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang kerajinan rajut, kamu bisa membaca buku-buku terkait yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #TemanTanpaBatas, kami akan selalu memberi info terlengkap dan terbaru untuk Grameds.

Penulis: Diki Mardiansyah

Baca Juga!

  1. Apa Itu Pameran dan Bagaimana Perencanaannya
  2. Contoh Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Buatan
  3. Mengenal Apa Itu Industri Kreatif dan Kebijakan Pemerintah
  4. Pengertian dan Jenis-Jenis Kerajinan
  5. Apa Itu Ekonomi Kreatif?
  6. Memahami Seni Rupa Terapan dan Contohnya
  7. Aktivitas Seru Untuk Mengisi Liburan di Rumah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien