in

Profil Yuna ITZY serta Karirnya sebagai Maknae dan Visual Grup!

Yuna ITZY – Salah satu member girl group besutan JYP Entertainment yang debut pada 2019 ini, dikenal memiliki paras ayu dan tubuh yang amat ramping. Siapa dia? Tentu saja Yuna ITZY alias Shin Yuna.

Mengingat pada 4 Februari 2023 lalu, girl group ITZY memang baru saja melangsungkan konser mereka yang bertajuk The 1st World Tour CHECKMATE, tentu saja member ITZY paling muda ini tak akan lepas dari sorotan penonton.

Di usianya yang baru menginjak 19 tahun ini, Yuna ITZY sudah menunjukkan segala bakatnya di berbagai acara. Tidak hanya itu saja, hal yang juga dipuji dari Yuna ITZY adalah tubuhnya yang tetap ramping layaknya impian para gadis-gadis di seluruh dunia ini. Meskipun memang dalam kenyataannya, para trainee sekaligus idol K-Pop itu diharuskan untuk berdiet oleh agensi masing-masing, tetapi Yuna ITZY tentunya memiliki rahasia dietnya sendiri.

Nama Yuna ITZY juga makin dikenal setelah menjadi cameo dalam MV milik BTS berjudul LOVE YOURSELF Highlight Reel dan berpasangan dengan Jungkook. Lantas, siapa saja sih Yuna ITZY itu? Bagaimana pula perjalanan karirnya hingga dapat debut bersama keempat member ITZY lainnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Yuna ITZY
https://itzy.fandom.com/

Biodata dan Profil Yuna

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Shin Yu Na
  • Nama Panggung: Yuna
  • Nama Inggris: Hussey Shin
  • Tanggal Lahir: 9 Desember 2003
  • Zodiak: Sagitarius
  • Zodiak China: Kambing (Goat)
  • Tinggi Badan: 172 cm (5’7”)
  • Golongan Darah: A
  • MBTI: ENFP (sebelumnya adalah ENFJ)
  • Pendidikan: Hanlim Arts School
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Lead Rapper, Lead Dancer, Sub Vocalist
  • Masa Trainee: 3 Tahun

Perjalanan Karir Yuna ITZY

Yuna ITZY
https://channel-korea.com/

Sebelum menjadi member ITZY sekaligus “The Beauty Icon” dari idol K-Pop generasi ke-4, Yuna adalah seorang gadis biasa yang menjalani kehidupan seperti remaja pada umumnya. Yuna lahir di wilayah Suwon, Gyeonggi, pada 9 Desember 2003. Dirinya menjadi anak bungsu di keluarganya.

Yap, di rumahnya yang terletak di Suwon, Yuna yang lahir dengan nama Shin Yuna ini tinggal bersama kedua orang tuanya dan seorang kakak perempuannya. Sayangnya, tak banyak sumber yang menjelaskan bagaimana kisah predebut seorang Yuna ITZY hingga sampai di titik sekarang. Hanya saja, ada penggemar yang menyebarkan sebuah foto bahwa Yuna adalah seorang pemain bola lantai di sekolahnya.

Sejak remaja, memang tinggi badan Yuna sudah begitu proporsional yakni sekitar 170 cm sehingga wajar saja dirinya ditarik sebagai bagian dari atlet olahraga. Bersama rekan setimnya, Yuna berpartisipasi pada pertandingan bola lantai (floorball). Selain memiliki keterampilan idol dan wajah yang cantik, ternyata Yuna juga berbakat di dunia olahraga, ya!

Pada akhir tahun 2015, ketika Yuna dan kakaknya tengah menonton sebuah festival musik, salah satu staf JYP Entertainment menghampiri untuk merekrutnya menjadi bagian dari agensi. Singkatnya, Yuna ini menjadi salah satu idol yang mengalami street casting alias ‘tidak sengaja ditemukan’ di jalanan. Yuna pun akhirnya menjalani masa trainee di JYP Entertainment selama 3 tahun.

Yuna ITZY
https://channel-korea.com/

Bagi Grameds yang menyukai grup BTS, pasti tahu dong dengan MV berjudul LOVE YOURSELF Highlight Reel yang rilis pada Agustus 2017. Pada MV tersebut, Yuna tampil sebagai cameo pada part milik Jungkook menjadi salah satu pasien di rumah sakit. LOVE YOURSELF Highlight Reel ini memang menjadi video pembuka pada album Love Yourself. Sedikit penjelasan nih tentang project LOVE YOURSELF Highlight Reel ini, nantinya akan berdurasi sekitar 4 menit dan terdapat 7 cerita yang berbeda sesuai dengan jumlah member BTS sebagai pemeran utama.

Nah, Yuna menjadi cameo yakni sebagai gadis yang sakit di rumah sakit dan berkenalan dengan Jungkook. Memang penampilan Yuna hanya sebentar di MV tersebut, tetapi berhasil membuat para netizen bertanya-tanya dan penasaran siapa sosok pemeran gadis itu. Setelah dua tahun berlalu, barulah diketahui bahwa sosok pemeran gadis ‘pasangan’ Jungkook itu adalah Yuna ITZY. Selain Yuna ITZY, ada juga Ryujin ITZY yang sama-sama menjadi cameo untuk project milik BTS tersebut.

Atas penampilan singkatnya itu, banyak netizen yang percaya akan kemampuan akting Yuna ITZY di masa depan kelak. Wah, benar-benar maknae on top, ya!

2019: Debut Bersama ITZY

https://itzy.fandom.com/

Sebenarnya, bukan rahasia umum jika para penggemar sudah mengetahui siapa saja trainee yang berpotensi besar untuk debut di girl group JYP Entertainment selanjutnya. Bahkan sejak 2018, netizen sudah berspekulasi akan line-up member girl group baru adik dari TWICE ini. Diantaranya adalah Jeon Somi, Hwang Yeji, Choi Jisu alias Lia, Lee Chaeryeong, Shin Ryujin, Park Sieun, Mako, Shin Eunsoo, dan Lily.

Yap, pada spekulasi tersebut memang tidak terlihat adanya Yuna sama sekali. Bahkan sosok yang dielu-elukan untuk debut bersama ITZY adalah Jeon Somi yang mana memang telah memiliki pamornya sendiri.

Sedikit trivia saja nih, Jeon Somi pernah berpartisipasi pada survival show Produce 101 pada tahun 2016 dan berhasil masuk ke line-up grup I.O.I. Sayangnya, setelah I.O.I bubar karena aturan kontrak selama setahun, Jeon Somi memutuskan untuk meninggalkan JYP Entertainment karena alasan yang tidak disebutkan.

Setahun setelah Jeon Somi keluar dari agensi, JYP Entertainment pun merilis teaser girl group baru yang bernama ITZY dengan 5 member. Setelah satu persatu teaser para member ITZY ini dirilis, diketahui bahwa Yuna masuk dalam line-up debut bersama Ryujin, Yeji, Jisu (Lia), dan Chaeryeong.

Sementara beberapa trainee yang dispekulasikan tadi hanya beberapa saja yang berhasil debut tetapi di grup yang berbeda. Diantaranya adalah Park Sieun yang saat ini menjadi member STAYC (dibawah naungan High Up Entertainment) sekaligus aktris dan Lily menjadi member NMIXX. Lalu, ada juga Shin Eunsoo yang sekarang beralih menjadi aktris yang memulai debut aktingnya pada tahun 2016. Selanjutnya adalah Mako, telah debut bersama girl grup NiziU yang beroperasi di Jepang.

Yuna ITZY

Cerita Kehidupan Yuna ITZY

https://itzy.fandom.com/

Trik Diet dan Olahraga Oleh Yuna ITZY

Grameds pasti sudah paham jika menjadi idol K-Pop itu harus menaati berbagai aturan yang ketat, tak terkecuali dalam hal menjaga berat badan dengan diet. Yap, begitu pula yang harus dilakukan oleh Yuna ITZY walaupun tubuhnya sudah ramping bahkan sebelum debut sekalipun.

Dilansir dari channel-korea.com, kelima member ITZY melakukan sebuah wawancara di Harper’s Bazaar tentang bagaimana trik diet mereka dalam menjaga bentuk tubuh supaya tetap proporsional. Yuna sebagai member termuda, turut menjelaskan bahwa menu dietnya adalah tetap melangsungkan makan siang berupa daging sapi, pasta, maupun pizza. Dirinya juga mengaku bahwa camilan favoritnya adalah kentang goreng.

Pada malam hari, Yuna akan makan salad dan dada ayam tanpa saus. Supaya pola makannya semakin sehat, dirinya pun mengatur batas waktu makan malam adalah jam 8 malam.

Sementara itu olahraga juga tetap menjadi kewajiban supaya badan mereka tetap ramping. Olahraga ini dilakukan sebelum dan sesudah berlatih koreografi. Untuk pemanasan, biasanya para member ITZY akan menghabiskan waktu selama 15 menit.

Sedikit trivia saja nih, para idol K-Pop tak terkecuali ITZY akan berinteraksi dengan penggemarnya melalui aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Weverse. Nah, melalui postingan di Weverse itu, Yuna ITZY mengungkapkan bahwa berat badannya saat ini adalah 46,8 kg dengan tinggi badan 170 cm. Meskipun terlihat baik-baik saja, tetapi para penggemar terus meminta Yuna untuk makan lebih banyak supaya tidak terlalu kurus.

Sarang, Kucing Peliharaan Yuna ITZY

Yuna ITZY
https://itzy.fandom.com/

Para member ITZY kebanyakan memang memiliki hewan peliharaan yang berupa kucing dan anjing. Yuna pun tentu saja memiliki hewan peliharaan yakni seekor kucing cantik bernama ‘Sarang’ yang dalam bahasa Korea berarti ‘Cinta’.

Pernah suatu waktu ketika Yuna berinteraksi dengan penggemar melalui V-Live, Yuna membawa Sarang dan bermain-main dengan kucingnya tersebut. Tak jarang, Yuna juga menyuapi kucing betina berwarna abu-abu itu dengan makanan favoritnya. Jika Grameds ingin menonton interaksi Yuna dengan kucingnya, dapat menontonnya disini.

Arti Nama Inggris Yuna ITZY: Hussey Shin

Para idol K-Pop memang kebanyakan memiliki nama Inggris, tak terkecuali Yuna ITZY. Nama Inggris milik Yuna ITZY adalah Hussey Shin atau dapat juga disebut sebagai Hussey. Ketika ditanya mengapa dirinya memilih nama tersebut, jawaban Yuna adalah karena dirinya menyukai aktris Olivia Hussey. Aktris Olivia Hussey adalah pemeran karakter Juliet pada film Juliet and Romeo pada tahun 1968.

25 Fakta Yuna ITZY

Yuna ITZY
https://itzy.fandom.com/
  1. Yuna adalah maknae alias member yang muda di grup ITZY.
  2. Lahir di Wonju, tetapi dibesarkan di wilayah Suwon. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan yang lahir pada 1999.
  3. Yuna ITZY memelihara seekor kucing betina berwarna abu-abu bernama Sarang.
  4. Pada tahun 2022 lalu, Yuna telah lulus dari Hanlim Arts School dengan jurusan Tari Kontemporer.
  5. Kakak perempuannya adalah penggemar dari grup BTOB dan mengajak Yuna untuk menonton penampilan mereka di KBS Gayo Daechukje 2015. Lalu, ada salah satu staf JYP Entertainment yang melihat Yuna dan mengundangnya untuk audisi di agensi.
  6. Ketika datang untuk audisi, Yuna datang bersama ibunya dan diterima setelah lolos audisi pada putaran kedua.
  7. Saat sudah menjadi trainee, Yuna sering berpikir dan membandingkan diri dengan trainee lain karena merasa kemampuannya masih kurang.
  8. Dari kelas 5 SD hingga 2 SMP, dirinya aktif sebagai atlet bola lantai.
  9. Yuna mengaku bukanlah orang yang pemilih dalam hal makanan, tetapi dirinya tidak menyukai madu.
  10. Makanan favoritnya adalah pizza.
  11. Yuna sangat suka berolahraga, terutama pilates.
  12. Di grup, Yuna dianggap sebagai visual bersama Ryujin.
  13. Yuna ITZY seringkali dikatakan mirip dengan beberapa aktrist seniornya. Mulai dari Jo Bo Ah, Nayeon dan Jihyo TWICE, Kwon Na Ra, Kyulkyung (Pinky I.O.I), Lee Da Hae, Bae Suzy, Park Shin Hye, dan lainnya.
  14. Meskipun dirinya adalah maknae di grup, tetapi dirinya adalah member tertinggi di ITZY.
  15. Yuna memiliki bekas luka kecil di sekitar dahinya karena kecelakaan di masa kecil.
  16. Yuna mengaku tidak bisa berenang dengan baik.
  17. Berhubung dirinya dan Ryujin sama-sama memiliki marga Shin, maka mereka berdua kerap dipanggil Shin Sisters.
  18. Di dorm, Yuna berbagi kamar dengan Lia. Menurut Lia, Yuna sering berbicara saat tidur.
  19. Pada debutnya di lagu Dalla Dalla, Yuna mewarnai rambutnya dengan warna merah dan menjadikannya mendapatkan julukan ‘Ariel’.
  20. Di masa kecil, Yuna ITZY selalu bermimpi ingin menjadi seorang penyiar.
  21. Role model Yuna di dunia K-Pop adalah Yubin Wonder Girls.
  22. Yuna cukup jago dalam bermain game PUBG Mobile.
  23. Jika dilahirkan kembali sebagai binatang, Yuna memilih menjadi seekor kucing.
  24. Berteman dekat dengan Ahn Yujin IVE.
  25. Ukuran sepatunya adalah 240 mm.

Sumber:

https://channel-korea.com/

https://en.kepoper.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.