in

7 Urutan Film Resident Evil yang Tepat Menurut Tahun Rilisnya

Urutan Film Resident Evil – Apakah Grameds penggemar game Resident Evil yang memiliki genre action, Sci-Fi, dan tentunya yang paling menonjol adalah keberadaan zombie. Yap, Resident Evil awalnya adalah game survival horror yang kemudian berkembang menjadi serial film aksi.

Berhubung game ini diadaptasi dalam bentuk film, maka tentu saja memiliki sekuel yang harus ditonton secara urut supaya tidak bingung dengan jalan ceritanya. Sejak tahun 2000-an, film Resident Evil disebut-sebut sebagai serial film zombie yang paling menantang karena memiliki alur cerita yang keren.

Banyak orang yang bingung dengan urutan film Resident Evil sebab memang judul-judulnya tidak memiliki sistem penomoran. Nah, berikut ini adalah urutan film Resident Evil yang didasarkan pada tanggal rilis serta alur cerita secara kronologi.

Urutan Film Resident Evil
https://www.ign.com/

7 Urutan Film Resident Evil Paling Lengkap

1. Resident Evil (2002)

Urutan Film Resident Evil

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre:  Action, Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: Paul W.S. Anderson
  • Pemeran: Milla Jovovich, Michelle Rodriguez, Ryan McCluskey
  • Perusahaan Produksi: Constantin Film, New Legacy, Davis-Films

Pada Resident Evil keluaran pertama yang rilis tahun 2002 ini memperkenalkan tokoh Alice (diperankan oleh Milla Jovovich), seorang agen keamanan swasta di Umbrella Corporation. Alice diberikan perintah untuk menjaga pintu masuk rahasia menuju laboratorium bawah tanah yang bernama The Hive. Usut punya usut, ternyata The Hive adalah sebuah laboratorium penelitian generatik yang secara tidak sengaja tengah melepaskan T-Virus yang mematikan. Virus tersebut dapat menyebabkan orang yang sudah mati menjadi hidup kembali dan memiliki nafsu besar untuk makan daging manusia. Yap, itulah puncak masalah dari keseluruhan sekuel film ini, yakni dengan munculnya zombie.

Sayangnya, sistem gagal membunuh virus mematikan tersebut sehingga ada sekitar 500 staf yang berubah menjadi zombie. Alice dan timnya pun berjuang untuk bertahan hidup supaya tidak terpapar T-Virus tersebut dengan berusaha mencari antivirus yang diduga masih ada di area The Hive.

2. Resident Evil: Apocalypse (2004)

Urutan Film Resident Evil

  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre:  Action, Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: Alexander Witt
  • Pemeran: Milla Jovovich, Sienna Guillory, Eric Mabius
  • Perusahaan Produksi: Davis Films / Impact Pictures, Constantin Film Ltd.

Meskipun pada film pertama dari Resident Evil dianggap buruk, nyatanya banyak penonton yang takjub dengan kemampuan akting dari Milla Jovovich. Itulah mengapa, Paul W.S. Anderson yang sebelumnya menjadi sutradara pada film pertama, memilih untuk berperan sebagai produser saja. Sementara Alexander Witt mengambil alih sebagai sutradara untuk film Resident Evil: Apocalypse yang rilis tahun 2004 ini.

Alur ceritanya masih sama, yakni dengan melanjutkan peristiwa dari film sebelumnya. Yap, Alice dan kawan-kawan berusaha keras mengevakuasi masyarakat di Raccoon City dari paparan virus zombie. Raccoon City terbakar oleh rudal nuklir yang dikirimkan oleh para penduduk yang tersisa supaya virus tidak menyebar secara luas. Alice bersama Jill dan Peyton berhasil selamat dari rudal nuklir tersebut.

Setelah itu, muncullah seorang peneliti yang menawarkan sebuah ekstraksi virus dengan syarat putrinya yang hilang harus diselamatkan. Sayangnya, eksperimen tersebut malah terungkap saat ada seorang tentara mutan yang tidak memiliki mata, lepas ke jalan. Alice pun juga terinfeksi sebuah virus yang ternyata bukan T-Virus, melainkan virus baru sehingga secara tidak sadar malah memunculkan kekuatan baru pada tubuhnya.

3. Resident Evil: Extinction (2007)

Urutan Film Resident Evil

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: Russell Mulcahy
  • Pemeran: Milla Jovovich, Ali Larter, Oded Fehr
  • Perusahaan Produksi:  Screen Gems, Constantin Film, Davis-Films

Pada film Resident Evil yang ketiga ini, Paul W.S. Anderson masih enggan menyutradarinya, sehingga digantikan oleh Russel Mulcahy. Meskipun lagi-lagi, film ini mendapatkan banyak kritikan, tetapi nyatanya malah menduduki peringkat pertama di box office AS dan keuntungannya pun mencapai $148 juta (sekitar 2 triliun rupiah).

Pada film Resident Evil: Extinction ini menceritakan kelanjutan dari dua film sebelumnya, yakni ketika T-Virus mulai menyebar ke seluruh penjuru bumi, sehingga jumlah zombie yang selalu bernafsu besar untuk makan daging manusia pun juga semakin banyak. Kali ini, ada sekelompok orang yang berhasil selamat dari insiden Raccoon City dan tengah melakukan perjalanan menuju Alaska guna melarikan diri dari kejaran ribuan zombie.

The Umbrella Corporation malah masih meneruskan eksperimen lanjutan dan menyebabkan munculnya mutasi yang lebih mematikan. Yap, muncul virus baru yang lebih berbahaya dari T-Virus ini. Alice menemukan fakta bahwa darah dalam tubuhnya yang mana telah mendapatkan virus mutan terbaru, dapat dijadikan sebagai antivirus. Dirinya pun berniat untuk membalas dendam pada The Umbrella Corporation, terutama Albert Wesker yang menjadi petinggi dalam perusahaan tersebut.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sedikit trivia saja nih, tokoh Albert Wesker menjadi sosok penjahat yang diadaptasi dari game dan diperkenalkan sebagai tokoh baru dalam sekuel film Resident Evil ini.

4. Resident Evil: Afterlife (2010)

Urutan Film Resident Evil

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Action, Adventure, Horror
  • Sutradara: Paul W.S. Anderson
  • Pemeran: Milla Jovovich, Ali Larter, Wentworth Miller
  • Perusahaan Produksi: Screen Gems, Constantin Film, Davis-Films

Pada film Resident Evil ke-4 kali ini, Paul W.S. Anderson pun kembali menjadi penulis sekaligus sutradara.

Setelah The Umbrella Corporation mengetahui bahwa Alice dan kawan-kawan berusaha menyerang mereka, pihak Albert Wesker pun turut ke markas. Usaha Alice untuk melawan petinggi The Umbrella Corporation pun berjalan tidak mudah. Selama serangan berlangsung, Alice disuntikkan sebuah serum khusus untuk menghilangkan kekuatan mutannya. Dirinya bersama rekan yang berhasil selamat lainnya, Claire Redfield pun bekerja sama untuk melawan perusahaan tersebut. Meskipun usaha mereka tentunya tidak akan berjalan mudah karena saat ini, para zombie sudah bermutasi menjadi sosok yang lebih berbahaya dari sebelumnya.

Berkat film Resident Evil: Afterlife ini, Milla Jovovich yang memerankan tokoh Alice, berhasil menyapu bersih Penghargaan Scream untuk nominasi Aktris Fiksi Ilmiah Terbaik. Tidak hanya itu saja, film Resident Evil ke-4 ini juga memperoleh keuntungan lebih dari $300 juta (sekitar 4 triliun rupiah).

5. Resident Evil: Retribution (2012)

Urutan Film Resident Evil

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: Paul W.S. Anderson
  • Pemeran: Milla Jovovich, Sienna Guillory, Michelle Rodriguez
  • Perusahaan Produksi: Constantin Film International, Davis Films/Impact Pictures (RE5), Capcom Company

Pada film Resident Evil: Retribution yang ke-5 ini memunculkan beberapa tokoh baru yakni Leon S. Kennedy dan Jill Valentine yang membantu penyelamatan Alice. Para tokoh dalam film ini memang digambarkan hampir mirip dengan versi game, mulai dari senjata hingga penampilannya.

Kali ini, Alice harus menghadapi musuh baru yang berupa supercomputer bernama Red Queen. Yap, Alice berusaha menyelamatkan umat manusia dari seluruh dunia dari sistem AI yang jahat tersebut. Sistem AI tersebut memiliki tujuan untuk melenyapkan kehidupan di planet bumi.

Film ini akhirnya mendapatkan pujian dari para kritikus terutama pada efek visual dan aksi pertarungannya.

6. Resident Evil: The Final Chapter (2016)

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: Paul W.S. Anderson
  • Pemeran: Milla Jovovich, Iain Glen, Ali Larter
  • Perusahaan Produksi: Screen Gems, Constantin Film, Davis-Films

Film Resident Evil yang ke-6 ini tentunya masih melanjutkan dari alur cerita sebelumnya, yakni kembalinya Alice ke laboratorium The Hive yang terletak di bawah tanah Raccoon City.

Ketika virus zombie ini meluas, para orang kaya dan yang memiliki jabatan tinggi ternyata memiliki tempat persembunyian yang aman, yakni di ruang cryogenic. Alice bersama teman-temannya tetap harus berpacu dengan waktu untuk membuat sebuah antivirus sebelum The Umbrella Corporation melepaskan kembali T-Virus untuk menghapus kehidupan di bumi ini.

Sayangnya, Alice justru dikhianati oleh bagian dari timnya dan pertempuran terakhir ini adalah dengan kematiannya sendiri. Rekan-rekan Alice seperti Jill Valentine, Leon Kennedy, dan Chris Redfield sudah tidak muncul kembali pada film ke-6 ini. Meskipun demikian, film Resident Evil: The Final Chapter ini berhasil meraup keuntungan lebih dari $312 juta (sekitar 4,8 triliun rupiah) dengan anggaran produksi sebanyak $40 juta.

7. Resident Evil: Welcome To Raccoon City (2021)

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Horror, Sci-Fi
  • Sutradara: Johannes Roberts
  • Pemeran: Kaya Scodelario, Robbie Amell, Hannah John-Kamen
  • Perusahaan Produksi: Constantin Films, Davis Films

Pada film ke-7 ini, baik dari segi alur cerita maupun pemeran pun sudah banyak yang berubah dari keenam film sebelumnya. Yap, tokoh utama dari film Resident Evil: Welcome to Raccoon City ini sudah bukan Milla Jovovich, melainkan Kaya Scodelario sebagai Claire Redfield.

Sebenarnya, film ke-7 ini adalah reboot yang dibuat berdasarkan alur cerita dari video game dan berfokus pada tahun 1998, tepatnya ketika munculnya wabah T-Virus di Raccoon City.

Urutan Film Resident Evil

Sumber:

https://sea.ign.com/

https://www.kearipan.com/

https://bacaterus.com/

https://collider.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.