in

24 Film India Terbaik Sepanjang Masa dari Berbagai Macam Genre

popmama.com

Film India Terbaik – Bukan hanya terkenal akan adegan tarian dan musiknya, tetapi film India terbaik ini cocok untuk ditonton. Mulai dari genre komedi hingga aksi, film India memiliki keunikan yang memikat. Film India atau lebih dikenal dengan istilah Bollywood terkenal akan adegan tarian dan lagu yang ditampilkan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang rekomendasi film India terbaik, maka bisa simak artikel ini. Meski begitu, sebelum membahas rekomendasi film India, sebaiknya kita membahas apa itu film India.

Film India

Berbasis di Mumbai, ibu kota hiburan India, industri film India memproduksi rata-rata 1.500-2.000 film setiap tahun, menurut laporan Deloitte. Fitur standar film India mencakup alur cerita yang memikat, adegan pertarungan yang dikoreografikan dengan ahli, adegan lagu dan tarian yang spektakuler, nuansa melodrama yang penuh emosi, dan protagonis yang seringkali menjadi pahlawan.

India dikenal sebagai negara produsen film yang sangat produktif. Tidak heran, Bollywood menjadi industri film terbesar di dunia, dengan lebih dari 1.000 film dirilis setiap tahunnya. Tidak hanya besar dari sisi jumlah film yang dirilis, tetapi kualitas film India naik dari segi alur cerita, sinematografi, dan aspek lainnya patut diacungi jempol dan menjadikan kualitas film-film tersebut melampaui standar Bollywood dan setara dengan film barat.

Rekomendasi Film India Terbaik

Setelah mengetahui pembahasan singkat tentang film India, maka di bawah ini akan diberikan rekomendasi film India terbaik yang perlu kamu tonton.

1. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Drama, Musical, Romance
  • Durasi: 3 jam 30 menit

Film India terbaik yang satu ini sangat melekat di hati pecinta Bollywood tanah air karena sempat tayang di layar kaca. Kabhi Khushi Kabhie Gham dibintangi oleh aktor papan atas seperti Shahrukh Khan dan Kajol sebagai pemeran utamanya.

Kabhi Khushi Kabhie Gham menceritakan keluarga konglomerat yang tinggal di Delhi, mereka memiliki kedua anak laki-laki yang bernama Rahul dan Rohan. Rohan merupakan anak pertama yang diadopsi, hal ini diketahui oleh seluruh keluarga besarnya kecuali Rohan.

Suatu hari, Rahul (Shahrukh Khan) yang tumbuh dewasa bertemu dengan wanita cantik bernama Anjali Sharma (Kajol). Keduanya saling jatuh cinta, namun mereka tidak direstui karena Anjali dari keluarga yang tidak berada dan berbeda status sosial dengan keluarga Rahul.

2. Mohabbatein (2000)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Musical, Drama, Romance
  • Durasi: 3 jam 36 menit

Film ini dibintangi oleh aktor legendaris India yaitu Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, dan Aishwarya Rai. Mohabbatein menceritakan kisah percintaan yang rumit dan penuh perjuangan pada setiap karakternya.

Cerita ini diawali dengan ketiga murid baru yang masuk ke sekolah Gurukul dan mencintai seseorang di sekolah tersebut. Namun, Narayan (Amitabh Bachchan) pemilik Gurukul melarang siswanya untuk terlibat kisah cinta dengan perempuan manapun.

Lalu, Raj Aryan (Shahrukh Khan) hadir membuat ketiga pemuda tersebut berhasil memperjuangkan cintanya. Pada sisi lain, Raj Aryan berpacaran dengan putri cantik pemilik Gurukul bernama Megha (Aishwarya Rai). Tentunya, hubungan mereka ditentang oleh Narayan, sang putri yang mematuhi segala peraturan ayahnya pun memilih untuk mengakhiri hidupnya.

3. Madam Chief Minister (2021)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Drama
  • Durasi: 2 jam 10 menit

Madam Chief Minister (2021) merupakan sebuah film yang memperlihatkan perjuangan seorang wanita melawan politik yang bringas. Film besutan sutradara Subhash Kapoor ini, dibintangi oleh Richa Chadha, Akshay Oberoi, Saurabh Shukla, Manav Kaul, Subhrajyoti dan mendapatkan rating 4.7/5 di IMDb.

Film ini menceritakan Tara Roopram seorang anak yang terlahir ketika ayahnya mati terbunuh dan hampir diracun neneknya karena ia wanita. Perjuangan Tara untuk menjadi seorang menteri tidaklah mudah, tapi Tara berani melawan semua tradisi dan aturan demi rakyat yang makmur.

4. Mumbai Saga (2021)

Film India Terbaik
Digit
  • Genre: Action, Crime
  • Durasi: 2 jam 15 menit

Film ‘Mumbai Saga’ merupakan film yang terinspirasi dari kejadian nyata. Adapun Mumbai Saga dibintangi oleh John Abraham, Emraan Hashmi, Suniel Shetty, Gulshan Grover, Rohit Roy, Amole Gupre, Samir Soni, dan Kajal Aggarwal. Film ini bercerita tentang orang biasa yang berubah menjadi gangster dan pada akhirnya berhasil menjadi penguasa secara de facto yang menguasai seluruh bagian kota Mumbai.

5. A Wednesday (2008)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Thriller, Crime
  • Durasi: 1 jam 44 menit

A Wednesday adalah film thriller yang berlatar antara pukul 14.00 dan 18.00 pada hari Rabu. Film ini menggambarkan seorang komisaris polisi yang akan pensiun (Anupam Kher) yang menceritakan serangkaian peristiwa yang terjadi pada hari Rabu.

Tidak ada catatan tertulis dan bukti apapun terkait kejadian itu. Kesadaran akan kejadian tersebut hanya ada dalam pikirannya dan dalam pikiran beberapa individu yang terlibat.

6. 3 Idiots (2009)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Comedy, Romance
  • Durasi: 2 jam 51 menit

Film 3 Idiots merupakan salah satu film pertama yang dibintangi oleh Aamir Khan yang juga memerankan film PK (2014). Film India terbaik ini bercerita tentang dua orang sahabat, Farhan Qureshi (diperankan oleh R. Madhavan) dan Raju Rastogi (Sharman Joshi) yang mencari kerabat lama mereka, yaitu Rancho (Aamir Khan) yang sangat menginspirasi dan tidak pernah melihat mereka secara rendah.

Film yang memiliki alur maju-mundur ini mengikuti perjalanan Farhan Qureshi dan Raju Rastogi untuk menemukan teman lama mereka yang hilang, Racho, sambil mengingat kembali peristiwa di tahun-tahun sekolah mereka dimana mereka sering terlibat dalam kejahatan lucu yang melibatkan rektor kampus mereka yang terkenal kejam

Dalam film ini, penonton akan disuguhkan banyak pelajaran mengenai nilai-nilai dalam hidup, bagaimana perbuatan baik dapat membekas di hidup orang dan membuat perubahan yang berarti.

7. Bodyguard (2011)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Romance, Action
  • Durasi: 2 jam 10 menit

Film ini bercerita tentang seorang bodyguard, Lovely Singh, yang jatuh cinta saat sedang bekerja. Lovely Singh di sini ditugaskan untuk menjadi bodyguard dari anak seorang politisi yang memiliki banyak musuh. Bodyguard merupakan film karya sutradara Siddique yang tayang pertama kali pada tahun 2011.

8. Barfi! (2012)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Romance/Drama
  • Durasi: 2 jam 30 menit

Barfi! adalah film drama komedi India berlatar tahun 1970-an. Film ini menggambarkan kisah Murphy “Barfi” Johnson, seorang bocah tuna rungu dari Darjeeling dan hubungannya dengan dua wanita, Shruti dan Jhilmil yang autis. Film ini bercerita tentang kisah mereka bertiga yang belajar bahwa cinta tidak dapat didefinisikan atau dibatasi oleh norma-norma masyarakat yang normal dan tidak normal.

9. Kahaani (2012)

Film India Terbaik
Wikipedia
  • Genre: Thriller
  • Durasi: 2 jam 2 menit

Film bergenre thriller ini menceritakan tentang seorang perempuan yang sedang hamil terbang dari London ke Kolkata (India) untuk mencari suaminya yang menghilang tanpa kabar setelah ditugaskan dua bulan yang lalu ke kota tersebut.

Perempuan tersebut terjerumus semakin dalam ke sebuah konspirasi yang melibatkan pemerintah dan kepolisian. Lambat laun, ia menyadari bahwa ia harus menyelidiki sebuah kejadian dua tahun lalu demi menemukan suaminya.

10. The Lunch Box (2013)

Film India Terbaik
Omndut
  • Genre: Romance
  • Durasi: 1 jam 44 menit

Ila, seorang ibu rumah tangga yang kesepian, memutuskan untuk mencoba menambahkan bumbu dalam pernikahannya yang mulai renggang dengan menyiapkan makan siang spesial untuk suaminya yang bekerja.

Sayangnya, pengiriman tersesat dan berakhir di tangan seorang duda bernama Saajan. Penasaran dengan kurangnya tanggapan suaminya, Ila menambahkan catatan ke kotak makan siang hari berikutnya, dan dengan demikian memulai persahabatan yang tidak biasa dimana Saajan dan Ila dapat berbicara tentang suka dan duka mereka tanpa pernah bertemu langsung.

11. Dhoom 3 (2013)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Action, Thriller
  • Durasi: 2 jam 52 menit

Film India yang tayang pada 2013 ini menceritakan kisah Jai dan Ali yang kembali untuk menangkap penjahat bernama Sahir. Dhoom menjadi film India terpopuler ketujuh di dunia karena berhasil meraup penghasilan sebesar 35,6 juta US dollar.

12. Queen (2014)

Film India Terbaik
Wikipedia
  • Genre: Comedy, Drama
  • Durasi: 2 jam 26 menit

Queen berkisah tentang seorang gadis Delhi dari keluarga konservatif yang ditinggalkan oleh tunangannya sehari sebelum pernikahannya. Terkejut dengan hal ini, ia memutuskan untuk pergi bulan madu sendirian ke Paris dan Amsterdam. Saat dia berkeliling dunia dan bertemu orang baru, dia mendapatkan pengalaman baru dan menemukan identitas dirinya sendiri.

13. PK (2014)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Romance, Drama
  • Durasi: 2 jam 23 menit

Penggemar film India pasti sudah tidak asing lagi dengan film PK yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani ini. Film ini bercerita tentang kisah alien dengan tubuh manusia bernama PK (diperankan oleh Aamir Khan) yang datang ke bumi untuk melakukan penelitian. Sesampainya di bumi, ia kehilangan alat untuk berkomunikasi dengan pesawat luar angkasa yang mengantarnya.

Dalam proses pencarian alat tersebut dan pertemuannya dengan banyak orang, membuat film ini mampu mengangkat topik mengenai dogma keagamaan secara satiris dan tetap menghibur penontonnya.

14. Tanu Weds Manu Returns (2015)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Romance, Comedy
  • Durasi: 2 jam 8 menit

Tanu Weds Manu Returns adalah film komedi romantis India yang merupakan sekuel dari film tahun 2011, Tanu Weds Manu. Empat tahun setelah pernikahan mereka, sepasang suami istri mengalami tantangan yang menyebabkan keruntuhan pernikahan mereka. Suaminya kemudian mengembangkan perasaan terhadap seorang siswa muda yang terlihat seperti istrinya.

15. Bajrangi Bhaijaan (2015)

Film India Terbaik
IMDb
  • Genre: Action, Drama
  • Durasi: 2 jam 39 menit

Film India terpopuler berikutnya adalah Bajrangi Bhaijaan, dibintangi oleh Salman Khan dan Harshaali Malhotra. Film India ini tayang pada tahun 2015 ini berhasil menjadi film terpopuler kelima sepanjang sejarah dengan perolehan 46,43 Juta US Dollar.

16. Dangal (2016)

IMDb
  • Genre: Sport, Drama
  • Durasi: 2 jam 41 menit

Film India terpopuler saat ini adalah Dangal dirilis pada tahun 2016. Dangal menceritakan tentang kisah seorang mantan pegulat Dangal yang melatih kedua anaknya untuk menjadi atlet Dangal profesional. Film ini mampu meraih penghasilan sebesar 250 Juta US Dollar.

17. Pink (2016)

IMDb
  • Genre: Drama, Thriller
  • Durasi: 2 jam 16 menit

Minal, Falak, dan Andrea bertemu Rajveer dan teman-temannya di konser rock. Mereka lalu memutuskan untuk makan malam bersama-sama setelah konser. Rajveer salah mengartikan hal ini dan mencoba melakukan sesuatu kepada Minal. Minal dalam tindakan membela diri akhirnya memukul Rajveer. Rajveer dan teman-temannya melaporkan Minal atas laporan percobaan pembunuhan.

Film ini menunjukkan pertarungan hukum antara Minat dan teman-temannya untuk membuktikan bahwa mereka tidak bersalah. Film ini juga menggambarkan persepsi masyarakat India terhadap wanita yang tidak mengikuti standar budaya dan moralitas masyarakat.

18. Secret Superstar (2017)

IMDb
  • Genre: Musical Drama
  • Durasi: 2 jam 30 menit

Secret Superstar adalah film India yang dirilis pada tahun 2017 silam dan berhasil memperoleh penghasilan sebesar 140 Juta US Dollar sekaligus menjadi salah satu film paling populer dengan profit terbesar sepanjang sejarah. Film ini disutradarai oleh Aamir Khan dan menceritakan tentang perjuangan seorang anak menjadi penyanyi profesional.

19. Vikram Vedha (2017)

IMDb
  • Genre: Action, Crime
  • Durasi: 2 jam 27 menit

Film yang disutradarai oleh Gayatri dan Pushkar ini bercerita tentang kisah perwira polisi bernama Vikram (diperankan oleh Madhavan) dan rekannya, Simon (Prem) yang berusaha menangkap Vedha (Vijay Sethupathi)-seorang penyelundup dan pembunuh.

Terdapat banyak konflik dalam film action ini dan penulisan alur ceritanya juga sangat baik. Penonton akan disuguhkan penampilan yang sangat apik dari semua aktor yang ikut berperan dan juga seakan ikut ke dalam konflik yang terjadi.

20. Baahubali 2: The Conclusion (2017)

IMDb
  • Genre: Action, Adventure
  • Durasi: 2 jam 47 menit

Film India Baahubali menceritakan tentang kejadian masa lalu dalam kerajaan Mahishmati dimana Shiva, putra dari Baahubali mempelajari tentang warisannya. Film India ini berhasil menempati posisi keenam film India terpopuler sepanjang sejarah Bollywood dengan penghasilan sebesar 43,74 juta US dollar.

21. Tum Bad (2018)

IMDb
  • Genre: Horor, Fantasi
  • Durasi: 1 jam 44 menit

Tum Bad adalah film horor psikologis yang menceritakan tentang kisah mistis seorang dewa yang menciptakan alam semesta. Visual dalam film yang diputar perdana di festival film Venice ini dieksekusi dengan sangat apik dan alur ceritanya juga menegangkan sekaligus mengagumkan.

Film Tum Bad disutradarai oleh Rahi Anil Brave dan Anand Gandhi, serta dibintangi oleh Sohum Shah, Jyoti Maishe, dan Anita Date. Nilai yang tersimpan dalam cerita film ini sangat bagus, yaitu bagaimana manusia bisa menjadi “monster” karena nafsu dan keserakahan.

22. Pariyem Perumal (2018)

IMDb
  • Genre: Drama
  • Durasi: 2 jam 34 menit

Film India yang satu ini bercerita tentang kisah seorang mahasiswa hukum bernama Pariyem Perumal (diperankan oleh Kathir) yang berteman dengan Jothi Mahalakshmi (Anandhi) yang berasal dari kasta lebih tinggi. Konflik dalam film ini terjadi saat keluarga Jothi mempermasalahkan perbedaan kasta Pariyem.

Disutradarai oleh Mari Selvaraj dan Prabunath, Parireyum Perumal berhasil menggambarkan kesenjangan sosial di India yang hanya berdasarkan kasta seseorang.

23. Ratsasan (2018)

IMDb
  • Genre: Drama, Crime, Mystery
  • Durasi: 2 jam 50 menit

Ratsasan adalah film India yang berkisah tentang Arun (diperankan oleh Radha Ravi) yang memiliki mimpi sebagai pembuat film, tetapi dihadapkan dengan banyak penolakan dan larangan dari keluarganya. Karena pergulatan yang dihadapi, akhirnya ia melepaskan mimpinya dan bekerja sebagai polisi.

Film asal India ini disutradarai oleh Raum Kumar dan berdurasi sepanjang 169 menit. Selain itu, film dengan genre psycho-thriller ini memiliki alur cerita yang tetap engaging bagi penontonnya dan tidak membosankan sama sekali.

24. Mahanati (2018)

Manahati (2018)
  • Genre: Drama, Biography
  • Durasi: 2 jam 57 menit

Mahanati merupakan film biografi yang menceritakan tentang kehidupan Savitri, aktris India yang berjaya di perfilman Telugu dan Tamil selama dua dekade: tahun 1950 sampai 1960-an. Film yang disutradarai oleh Naq Ashwin dan diperankan oleh Keerthi Suresh ini mampu menggambarkan kehidupan Savitri di masa keemasannya secara indah.

Grameds, itulah beberapa rekomendasi film India terbaik. Jadi, dari beberapa rekomendasi film India terbaik di atas, film mana yang paling kamu suka atau ingin ditonton?

Untuk mendapatkan informasi lebih Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Drama China Tentang Cinta, Kehidupan, dan Komedi 
  2. Daftar Rekomendasi Drama China Tentang CEO
  3. 15 Drama dan Film Korea Sedih Terpopuler 
  4. Drama Korea Terbaik Berbagai Genre yang Wajib Ditonton
  5. 20 Rekomendasi Drama Thailand Romantis yang Wajib Kamu Tonton 
  6. 10 Rekomendasi Film Thailand: Mulai dari Horor Hingga Romantis

Written by Ananda