in

Ucapan Ulang Tahun Untuk Kekasih, Sahabat, Ibu, Ayah Suami, Istri

Ucapan Ulang Tahun Untuk  – Ada sejumlah hari penting dalam kehidupan kita. Salah satu hari penting yang terjadi setiap tahun sekali adalah hari ulang tahun, saat kita memperingati hari lahir kita atau orang-orang terdekat.

Tentu saja, kecuali jika Gramedians lahir di tanggal 29 Februari dan hanya ingin dirayakan di tanggal yang sama, karena tanggal istimewa ini hanya hadir setiap 4 tahun sekali.

e perpus

Setiap teman, sahabat, saudara atau keluarga yang ulang tahun biasanya kita akan mencari kata-kata ucapan ulang tahun agar bisa memberi ucapan yang berarti dan menyentuh hati. Sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang ulang tahun.

Apa sih ulang tahun itu? Haruskah dirayakan?

Tentu saja! Itu adalah perayaan hari lahir kita. Di tanggal itu, beberapa tahun sebelumnya atau bahkan beberapa puluh tahun lampau, adalah hari pertama kita berkesempatan untuk menghirup oksigen pertama, setelah sebelumnya kita berada di rahim Ibu kita. Jadi, jika dicari-cari, ada banyak alasan yang masuk akal untuk merayakannya, baik bersama-sama maupun sendirian saja.

Jatah hidup yang berkurang satu tahun mungkin menjadi salah satu alasan mengapa beberapa orang memilih untuk tidak merayakan ulang tahunnya bersama keluarga atau teman terdekatnya. Atau tidak ingin terlihat heboh karena di hari ulang tahunnya itu dia pasti akan menjadi pusat perhatian orang-orang di sekitarnya. Namun, bukan tidak mungkin di hari itu, mereka tetap merayakannya diam-diam.

Saat ulang tahun, adalah saat tepat untuk merenung, melakukan refleksi atas segala pencapaian, membuat rencana atau resolusi untuk tahun berikut. Kesempatan untuk mengevaluasi diri atau memberikan sedikit penghargaan atas kerja keras di tahun lalu. Kesempatan untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada orang-orang tersayang; kepada Sang Pencipta, orang tua yang sudah melahirkan dan membesarkan, kekasih atau pasangan dan anak-anak, dan sahabat-sahabat istimewa.

Saat kita merayakan ulang tahun seseorang atau diri sendiri, kita tidak hanya merayakan bertambahnya usia mereka atau diri kita saja, tetapi juga bagaimana mereka bertumbuh selama tahun sebelumnya.

Begitu istimewanya, beberapa tradisi khusus mengadakan pesta, dan memberikan hidangan-hidangan yang hanya akan ada saat ulang tahun, misalnya kue atau mie ulang tahun.

Sejarah pesta ulang tahun

Mula pertama pesta ulang tahun adalah saat Firaun dinobatkan menjadi raja Mesir yang sekaligus adalah saat ia bertransformasi menjadi dewa. Sehingga hari penobatan itu menjadi lebih penting daripada hari lahirnya sendiri. Beberapa sumber menganggap hari itulah tanggal kelahiran Firaun. Namun seorang ahli menyatakan bahwa itu adalah tanggal penobatannya.

Berikutnya, ada tradisi Yunani yang mungkin juga mengambil tradisi Mesir, yaitu mempersembahkan kue berbentuk bulan untuk Dewi Artemis sebagai bentuk penghargaan kepadanya yang merupakan Dewi Bulan. Kemudian rakyat Yunani juga menyalakan lilin untuk merefleksikan cahaya dan kecantikan Artemis. Baik Firaun ataupun Artemis keduanya dianggap dewa bagi bangsanya.

Kemudian orang Romawi merayakan hari ulang tahun untuk selain Dewa, yaitu manusia biasa, dan hanya khusus pria. Sementara untuk wanita, perayaan ulang tahun ini tidak ada paling tidak sampai kira-kira abad 12.

Beberapa hari ulang tahun tokoh terkenal pria di Romawi dijadikan hari libur nasional oleh pemerintah. Sementara rakyat biasa bisa merayakan ulang tahun untuk teman dan kerabat pria mereka. Bagi yang merayakan usia 50 tahun akan menerima kue yang terbuat dari bahan-bahan spesial, diantaranya buah zaitun yang merupakan buah favorit orang Romawi kuno.

Di akhir abad 18, Jerman merayakan ulang tahun anak-anak dengan kue ulang tahun dan lilin. Anak-anak ini akan mendapatkan satu lilin tiap satu tahun kehidupan mereka dan melambangkan harapan untuk hidup paling tidak setahun lagi. Mereka juga memulai tradisi meniup lilin dan membisikkan harapan.

Sampai beberapa saat, pesta perayaan ulang tahun yang ditandai dengan kue hanya untuk orang-orang cukup berada. Ini dikarenakan bahan baku kue tersebut dianggap cukup mewah. Kemudian revolusi industri memungkinkan industri masal. Sehingga memungkinkan banyak toko kue yang mulai memproduksi dan menawarkan kue dengan harga terjangkau karena adanya produksi massal dari bahan-bahan kue tersebut. Rasanya pun dijamin tetap enak. Hal ini memungkinkan lebih banyak orang bisa merayakan ulang tahunnya dengan kue ulang tahun.

Makanan-makanan tradisional yang biasa dihidangkan untuk memperingati ulang tahun.
Lalu apakah hanya kue ulang tahun saja yang dikenal sebagai makanan yang biasa disuguhkan di hari istimewa ini? Beda belahan bumi ternyata punya kekhasan untuk makanan ulang tahun warganya.

Di Tiongkok, mereka merayakannya dengan mie ulang tahun ataupun bakpao dengan isian kacang-kacangan yang manis. Mie yang panjang melambangkan orang yang berulang tahun panjang umur. Di Korea ada makanan khusus yaitu sup dan rumput laut, yang dipercaya akan bisa membersihkan aliran darah.

Kue ulang tahun dikenal di Eropa dan Amerika. Di Rusia, pesta ulang tahun dirayakan dengan kue pie. Sementara di tempat lain pesta ulang tahun dirayakan dengan permen, roti, puding, dan es krim, misalnya tradisi suguhan ulang tahun di India, Inggris, Australia, Brazil, Ekuador, dan Mexico. Mungkin merayakan dengan makanan manis melambangkan yang berulang tahun menerima hal yang manis-manis selama tahun berikutnya.

Dimulai dengan perayaan untuk dewa dewi, untuk pria dan tokoh terkenal, untuk wanita, untuk anak-anak, bangsawan jika ingin merayakan dengan kue ulang tahun, lalu lebih merakyat lagi. Kemudian ulang tahun ditandai dengan suguhan-suguhan yang lebih mudah dibuat. Sehingga, sekarang ini perayaan ulang tahun bisa dilakukan oleh siapapun bisa setiap tahun, atau kalaupun tidak setiap tahun, kapanpun mereka ingin merayakannya.

Usia berapa saja orang merayakan ulang tahunnya?

Tentu bisa saja mereka merayakan setiap tahun. Namun, beberapa orang, setelah lewat masa kanak-kanak atau remajanya, hanya ingin merayakan dengan sedikit lebih istimewa di tahun-tahun tertentu. Misalnya setelah ulang tahun ke delapan belas, maka ulang tahun hanya akan dirayakan setelah usia mencapai setiap kelipatan 5 tahun, atau bahkan 10 tahun sekali. Ada juga yang bahkan hanya dirayakan di milestone atau angka tahun tertentu, misalnya saat ia mencapai usia yang ke 18, 21, 30, 50, atau 75.

Ulang tahun ke 17 atau ke 50 tidak akan terjadi dua kali. Begitu juga dengan ulang tahun untuk usia yang lain misalnya 18, 30, dan lain-lain. Usia berapapun Gramedians merayakannya, rayakan dengan sepenuh hati dan seperti tidak ada kesempatan lain merayakannya.

Berikan waktu buat orang-orang terdekat memberikan perhatiannya untuk anda di hari itu, meluangkan waktunya, mengirimkan ucapan dan doanya di sosial media atau pesan singkat, bahkan mengirimkan kado ulang tahun untuk anda untuk menunjukkan betapa berartinya kehadiran Gramedians buat mereka.

Nah, ini sama pentingnya jika Gramedians juga meluangkan waktu untuk merayakan atau sekadar mengucapkan selamat ulang tahun untuk orang-orang terdekat.

Beberapa orang akan memilih untuk mengucapkan secara langsung, misalnya saja dengan bertemu atau bertatap muka langsung, atau sekadar menelepon. Alasannya karena lebih terasa sentuhan personalnya. Tapi, mengirimkan ucapan lewat pesan singkat, kartu, atau via medsos, tetap bisa menunjukkan perhatian Gramedians, kok. Ditambah meluangkan waktu bersama mereka, akan menjadi sempurnalah perhatian kita.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Bagaimana kita bisa mengingat ulang tahun teman-teman yang banyak itu?

Tenang, media sosial seperti Facebook bisa membantu Gramedians mengingatkan tanggal ulang tahun teman-teman. Tidak ingin setiap hari memantau Facebook? Ada cara lain yaitu mengunduh aplikasi di smartphone yang bisa membantu untuk mengingatkan ulang tahun teman-teman atau kerabat.

Cara lainnya? Ada yang lebih tradisional lagi. Misalnya: mencatat ulang tahun mereka di notes atau agenda. Bisa juga dengan membuat penanda di kalender dinding atau kalender meja, lengkap dengan nama dan tahun lahirnya. Jadi begitu Gramedians melihat kalender, langsung tahu siapa yang ulang tahun minggu depan. Atau bisa juga dengan membeli kalender khusus untuk pengingat ulang tahun mereka.

Jenis-jenis Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jika pilihan Gramedians adalah mengirimkan ucapan selamat lewat pesan singkat atau kartu, pilihan kata-kata terasa sangat penting. Sebenarnya, mengucapkan: “Selamat ulang tahun, kawan, semoga panjang umur” atau “Happy Birthday!” atau misalnya “Happy Milad!” sudah lebih dari cukup.

Tapi, kadang-kadang, kan, kita ingin ucapan selamat ulang tahun yang agak berbeda.

Ada banyak jenis ucapan selamat ulang tahun yang umum dipakai untuk menyampaikan perhatian kita kepada yang berulang tahun. Ada yang formal, jenaka, ada yang seperti copy-paste saja, ada yang seru aneh dan tidak biasa, tapi tetap saja berkesan untuk yang menerimanya.
Bingung merangkai kata untuk menuliskan ucapan untuk dituliskan di kartu ucapan selamat ulang tahun? Mungkin, deretan ucapan selamat ulang tahun berikut ini bisa memberimu ide saat menuliskan pesan istimewa untuk yang terkasih.

1. Ucapan ulang tahun untuk kekasih

  • Aku akan selalu menantikan setiap kesempatan jalan bareng, setiap kesempatan berdiskusi, setiap pertandingan sepak bola ataupun film yang kita tonton bersama, makan-makan, dan pesta dadakan di tahun mendatang. Selamat ulang tahun!
  • Semoga hari ini adalah hari istimewa buatmu, sama istimewanya kamu untukku.
    Kamu selalu menjadi yang terganteng untukku, berapapun usiamu. Selamat ulang tahun, kekasihku.
  • Terimakasih untuk waktu yang selalu ada buat aku. Aku mencintaimu. Aku selalu bersemangat untuk terus berbagi kebahagiaan dan bersama-sama menghabiskan waktu bersamamu. Selamat ulang tahun sayang.
  • Kau adalah alasanku untuk tersenyum. Tanpamu, aku bukan apa-apa. Tetaplah tersenyum. Selamat ulang tahun, dear!

2. Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat

  • Mengharap senang dalam berjuang
    Bagai merindu rembulan di tengah siang
    Jalannya tak seindah sentuhan mata
    Pangkalnya jauh hujungnya belum tiba
    Selamat ulang tahun sobat#Terinspirasi dari lirik lagu Sekeping Hati – Saujana
  • Ulang tahunmu dirayakan setahun sekali, tetapi berteman denganmu adalah hal harus yang dirayakan sepanjang tahun.
  • Kamu adalah sahabat kecilku. 20 tahun sudah kita menjalin persahabatan. Terimakasih atas pertemanannya, semoga di usiamu yang ke-30 ini menjadi hari yang spesial buatmu. Sehat dan sukses selalu kawan.Aku menunggu hari tua, dimana kita duduk berdampingan di kursi goyang dan menertawakan saat-saat gila kita bersama.
  • Selamat ulang tahun, Sahabat, yang selalu tahu bagaimana membuatku tersenyum.
    Kamu adalah BFF-ku, lama sebelum muncul singkatan itu. Dan kamu akan selalu menjadi BFF-ku.
    Bagaimana kamu bisa tetap kelihatan muda padahal umurmu bertambah tua?
  • Banyak cinta dan kegembiraan di hari ulang tahunmu. Selamat ulang tahun, sahabatku yang cantik. Ucapan ulang tahun untuk diri sendiri
  • Selamat ulang tahun, untuk orang yang kulihat ada di cermin; orang yang mengenal, memahami, dan mendukung saya. Semoga saya menjadi lebih baik daripada yang kemarin.
  • Bertahun-tahun, saya tumbuh dikelilingi cinta dan keluarga. Di usiaku yang baru, saya berharap senantiasa memiliki keluarga bahagia seperti itu seumur hidupku. Selamat ulang tahun untukku.
  • Hari ini adalah hari ulang tahunku, dan aku merasa sangat istimewa. Aku berharap tahun mendatang akan lebih baik dari sebelumnya.
  • Selamat ulang tahun untukku. Hidupku luar biasa, dan aku berharap tahun-tahun berikutnya tetap luar biasa. Aku mencintai diriku sendiri.
  • Aku hanya ingin berbahagia di seluruh sisa hidupku. Semoga Tuhan mendengar doaku. Aku cinta diriku. Selamat ulang tahun untukku sendiri.
  • Tahun depan, kamu akan jadi orang hebat yang pernah ku kenal. Selamat ulang tahun teman.
  • Lupakan masa lalu, sambut masa depan karena hal-hal terbaik akan segera datang. Happy birthday sahabatku.
  • Terimakasih telah menjadi seseorang yang bisa diajak berbagi duka dan tawa. Selamat ulang tahun.

3. Ucapan ulang tahun untuk Ibu atau Ayah

  • Sewaktu aku berpikir akan jadi ibu seperti apa, aku beruntung memilikimu sebagai teladan, Bu. Terimakasih untuk selalu menjadi inspirasiku.
  • Mom, kamu adalah kekuatan yang selalu menguatkanku melawan segala rintangan dalam hidupku. I love you mom and happy birthday.
  • Membesarkan anak adalah pekerjaan paling sulit di dunia! Bagaimana bisa Ibu membuatnya terlihat begitu mudah? Luar biasa.
  • Ibu, selalu menjadi ibu yang terbaik, dan sekarang kau juga menjadi sahabatku.
    Entah bagaimana Ayah selalu bisa membuat semuanya terlihat sederhana. Selamat ulang tahun!
  • Bu, tempatmu sangat istimewa di hatiku, dan tidak ada nada yang menggantikanmu. Tetaplah tersenyum di hari ini dan selamanya. Aku mencintaimu selalu.

4. Ucapan ulang tahun untuk Suami atau istri

  • Bahkan setelah sekian lama, kau tidak pernah berhenti membuatku kagum! Selamat ulang tahun istriku.
  • Aku adalah wanita yang beruntung bisa memilikimu sebagai pasangan. Aku bersyukur bisa berada di sampingmu. Selamat ulang tahun istriku.
  • Kamu hanya menjadi lebih cantik dan menakjubkan seiring berlalunya waktu.
  • Selamat ulang tahun, istriku, terimakasih sudah membuatku hidupku jauh lebih baik.
  • Beruntungnya aku bisa memilikimu. Selamat ulang tahun, suamiku.

5. Ucapan ulang tahun untuk anak

  • Tidak ada hari yang lebih istimewa dari pada saat kelahiranmu – karena di saat itulah seluruh dunia menjadi lebih cerah! Selamat ulang tahun!
  • Selamat ulang tahun untuk gadis kami yang cerdas, menawan, dan menyenangkan! Terimakasih telah memilih kami menjadi orang tuamu.
  • Memilikimu seperti menonton film. Kita tertawa bersama, menangis, atau bahkan menutup mata saat adegan horor karena ketakutan. Namun selalu berakhir dengan luar biasa. Selamat ulang tahun, Nak.
  • Kau membuatku tertawa, bergembira, bangga, dan bahagia. Aku berjanji akan akan melakukan hal yang sama untukmu, selalu.

6. Ucapan selamat ulang tahun lucu

  • Bisa juga kita memberikan ucapan selamat ulang tahun yang sedikit berbau humor. Penerimanya pasti akan tersenyum geli, seperti:
  • Kamu terlihat semakin muda setiap tahun. P.S.: Jangan ragu untuk memberitahu hal yang sama di hari ulang tahunku nanti!
  • Semoga ulang tahunmu lebih seru daripada waktu 10 tahun lalu kita nyasar di Kemang selama 3 jam.
  • Jangan merasa sudah renta. Ini adalah hari saat kamu bisa makan banyak dan tidak ada yang akan mengkritikmu. Jadi, berapa usiamu sekarang? Ah, sepertinya itu hoax.

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Lain

Tidak ada salahnya sekali-kali menggunakan Bahasa selain Bahasa ibu kita untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun. Misalnya dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jawa.

1. Ucapan Ultah Bahasa Jawa

Template umum :

Sugeng tanggap warsa dumateng … Mugi gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, mugi gusti tansah midangetaker pandongan (bapak/ibu), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Artinya : Selamat ulang tahun untuk ….. Semoga Tuhan kasih umur yang berkah, mengabulkan semua doa-doa bapak/ibu, dikasih kesehatan dan ketentraman.

  • Sugeng ambal tanggap warsa kagem Ibu.
    (Selamat ulang tahun untuk Ibu)
  • Mugi ning dino ulang tahun sampeyan bisa dadi tiyang luwih becik.
    (Semoga di hari ulang tahun kamu bisa jadi orang yang lebih baik).
  • Sugeng ambal tanggap warsa kagem bapak, mugi-mugi tansah diparingi rizki ingkang berkah, ditebihno sangking sedanten sambekala.
    (Selamat ulang tahun untuk Bapak, semoga selalu diberikan risky yang barokah dan dijauhkan dari segala mara bahaya)
  • Urip iku gur mampir ngombe, ojo digawe susah lan sepaneng, sugeng ambal warsa bro
    (Hidup itu hanya mampir minum, jangan dibuat susah dan tegang, selamat ulang tahun bro).
  • Senajan awakdewe ra tau ketemu. Nanging aku ora lali bro yen saiki awakmu Milad. Selamat Ulang Tahun Bosque, mugo-mugo kerjane lancar dan dicepetne nikahe.
    (Aku tahu kita jarang bertemu, tapi aku tidak lupa jika hari ini ulang tahunmu. Selamat Ultah bosque, semoga kerjanya lancar dan disegerakan nikahnya)
  • Sugeng tanggap ambal warsa mas Ardi. Mugi-mugi tansah sehat dan saget dadi contoh ingkang sae bagi adi-adine.
    (Selamat ulang tahun mas Ardi. Semoga selalu sehat dan bisa menjadi contoh yang baik bagi adik-adiknya).

2. Ucapan Ultah Bahasa Inggris

  • Wish you all the best, dear.
  • Happy birthday, thank you for always being older than me.
  • Wishing you happy and healthy life a year ahead.
  • May you have more blessings than you ever have wished for.
  • My wish for you on your birthday is that you are, and will always be, happy and healthy! (Harapan saya di ulang tahu Anda adalah selalu bahagia dan sehat).
  • You always bring a sweet smile to my face! Happy birthday! (Kamu selalu membawah semunyan ke wajahku! Selamat Ulang Tahun !)
  • Life is a journey. Enjoy every mile. Happy birthday ! (Hidup adalah perjalanan, nikmati setiap langkahnya).

3. Ucapan Ultah Bahasa Arab

  • Yaumul Milad
  • Barakallahu Fii Umrik!

Gambar ucapan selamat ulang tahun

Ada beberapa aplikasi yang membuat kita untuk mencetak ucapan selamat ulang tahun lengkap dengan gambar-gambarnya. Beberapa situs di internet juga memberikan kemungkinan kita mengirimkan kartu elektronik baik gratis maupun berbayar. Kartu-kartu ucapan selamat ulang tahun pun masih banyak dijual di took buku.

ucapan ulang tahun bahasa inggris
Soruce : https://www.greetingsisland.com/preview/cards/donut-birthday-card/76-24785
gambar ucapan ulang tahun
Source : Canva
ucapan ulang tahun gambar
Source : https://www.greetingsisland.com/preview/cards/scotch-whiskey-birthday/76-24780

Jika ada diantara Gramedians yang merayakan ulang tahunnya hari ini, terimalah ucapan selamat ulang tahun dari kami: Selalu yang terbaik untukmu! Baca juga artikel yang lain :

 

Sumber: Huffposst, American greeting, Motivation and Love, Happy Birthday for, dan Nomis.id

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad