in , ,

Tips Baca Buku Bahasa Inggris dan 6 Rekomendasi Bukunya

Tips Baca Buku Bahasa Inggris – Apakah Grameds menyadari jika membaca buku itu merupakan aktivitas yang menyenangkan bahkan dapat menjadi sebuah kebiasaan? Yap, membaca buku, apapun genre dari buku tersebut ternyata selain memberikan kesenangan tersendiri bagi pembacanya juga dapat menyuguhkan beragam manfaat. Hal tersebut karena buku itu memang sebuah jendela ilmu sehingga tanpa kita sadari, setelah membaca buku kita akan merasa otak telah terisi oleh hal-hal bersifat baik yang bersumber dari buku tersebut.

Tidak hanya itu saja, apalagi jika kita membaca buku dalam bahasa asing, tentu secara tidak langsung kita juga akan belajar mengenai beragam kosakata berbahasa asing tersebut. Terutama buku yang berbahasa Inggris, melalui membaca buku tersebut nantinya kita juga dapat mengasah sekaligus meningkat keterampilan bahasa Inggris.

Meskipun buku berbahasa Inggris itu tergolong sulit untuk dipahami, ternyata ada banyak tips yang dapat dilakukan supaya Grameds memahami apa isi dari buku tersebut lho… Apa saja ya tips tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini!

https://www.pexels.com/

Tips Membaca Buku Berbahasa Inggris

1. Pilih Buku Berbahasa Inggris yang Memiliki Diksi Sederhana

Ketika pertama kali belajar sesuatu, lebih baik memulainya dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Tak terkecuali ketika hendak belajar membaca buku berbahasa Inggris. Pilihlah buku yang sekiranya memiliki diksi atau kosakata sederhana. Diksi sederhana yang dimaksud adalah gaya penulisannya sederhana, berupa kalimat dan paragraf yang tidak terlalu panjang.

Mengapa tips ini harus dilakukan? Sebab supaya kamu selaku pemula juga harus meningkatkan keterampilan akan penguasaan Bahasa Inggris secara pelan-pelan, tidak usah grusa-grusu dengan memilih buku yang sulit. Pilihlah buku yang berdiksi sederhana terlebih dahulu.

Nah, apabila kamu sudah terbiasa dengan membaca sampai akhir buku-buku berdiksi sederhana tersebut, nanti tingkatkan kembali dengan membaca buku yang memiliki alur cerita lebih kompleks dengan kalimat dan paragraf yang lebih panjang.

2. Menyiapkan Kamus

Tips yang kedua adalah menyiapkan kamus di sebelah kita ketika hendak membaca buku berbahasa Inggris. Kamus yang kamu pilih itu terserah, dapat yang berupa kamus elektronik, kamus berbentuk buku, atau aplikasi kamus yang ada di smartphone kamu.

Saat kamu tengah membaca buku, lalu tiba-tiba menemukan kosakata yang tidak kamu ketahui terjemahannya, segera buka kamus dan cari arti dari kata tersebut. Apabila kamu menggunakan kamus yang berbentuk buku, kamu juga bisa menandai kosakata asing tersebut dengan spidol atau highlighter supaya kamu lebih memahami akan terjemahannya.

3. Pilih Genre Buku Favoritmu

Tips yang ketiga ini juga penting lho… Sebab ketika kamu membaca buku dengan genre favorit, nantinya akan membuatmu merasa bersemangat tanpa kamu sadari. Hal tersebut karena itu berhubungan dengan sesuatu yang kamu sukai, meskipun di sisi lain kamu juga belum dapat memahami keseluruhan isi dari buku tersebut.

Genre buku itu ada banyak, ada fiksi, misteri, romansa, thriller, sejarah, action, hingga Sci-Fi. Setiap orang tentu saja memiliki genre buku favorit mereka sehingga untuk tips ini, bergantung pada dirimu sendiri ya… Usahakan jangan ikut-ikutan teman, sebab belum tentu kamu dan temanmu memiliki genre favorit yang sama.

4. Pilih Buku dengan Jumlah Halaman Standar

Berhubung kamu ini sedang belajar membaca buku berbahasa Inggris, maka tips yang keempat ini hampir sama dengan tips yang pertama, yakni pilihlah buku dengan jumlah halaman standar. Kata “standar” yang dimaksud adalah halaman buku yang hendak dibaca itu usahakan memiliki ketebalan halaman sekitar 50 sampai 100 saja.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Nah, apabila kamu berhasil menyelesaikan buku dengan jumlah halaman standar tersebut, nantinya dapat kamu update lagi keterampilan membaca tersebut dengan meningkatkan jumlah halamannya, misalnya dengan memilih buku dengan jumlah halaman 100 sampai 200.

5. Membaca Ulasan atau Sinopsis Buku

Ulasan atau sinopsis buku itu dapat kamu peroleh di berbagai situs di internet. Mengapa perlu membaca ulasan atau sinopsis buku terlebih dahulu? Sebab supaya dalam diri kita dapat muncul motivasi diri untuk membentuk kebiasaan membaca buku. Selain itu, supaya kamu mengetahui bagaimana isi buku tersebut.

tombol beli buku

6. Biasakan Diri Untuk Membaca Setiap Harinya

Tips ini menjadi kiat paling utama dari keseluruhannya, sebab apabila diri kita tidak membiasakan diri untuk membaca setiap harinya, nantinya buku yang hendak kita baca juga mustahil dapat selesai.

Setidaknya, luangkan waktumu setiap harinya untuk membaca buku dan menganalisis satu per satu kosakata yang tidak kamu ketahui terjemahannya. Apabila kamu rutin untuk membiasakan diri membaca buku, semakin lama maka kosakata-kosakata sulit akan dapat kamu hafal diluar kepala. Tidak hanya itu saja, nantinya kamu juga dapat lebih cepat dalam menyelesaikan buku bacaan berbahasa Inggris selanjutnya.

7. Jangan Lupa Beristirahat Apabila Lelah Membaca

Ketika kamu bersemangat mengikuti alur cerita dalam buku pilihanmu, lalu tiba-tiba merasa lelah, segeralah beristirahat. Jangan memforsir tenagamu untuk membaca tanpa berhenti, sebab hal itu juga dapat berdampak buruk pada kesehatan, terutama pada organ mata. Perlu diketahui bahwa membaca buku berbahasa Inggris dan menerjemahkan sejumlah kosakata itu juga dapat menguras cukup banyak energi, sehingga wajar saja apabila kamu merasa lelah ketika melakukannya.

Jika merasa lelah, kamu dapat beristirahat sejenak, misalnya dengan berbaring, minum air putih, tidur, dan lain-lain. Nah, setelah rasa lelah itu sudah hilang, kamu dapat melanjutkan kembali aktivitas membacanya.

8. Pilih Waktu Membaca yang Tepat

Dalam tips kedelapan ini, bergantung pada aktivitas sehari-harimu ya… Apabila kamu memang tengah sibuk bekerja, sekolah, ataupun berkuliah, lebih baik gunakan waktu senggangmu untuk membaca buku. Usahakan jangan sampai aktivitas membaca buku berbahasa Inggris ini mengganggu kegiatan sehari-harimu.

Idealnya, waktu untuk membaca buku adalah ketika malam hari tepat setelah aktivitas sehari-harimu selesai. Selain itu, membaca buku juga dapat merangsang rasa kantukmu daripada bermain smartphone.

9. Menandai Kosakata yang Sulit dengan Pena

Hampir sama dengan tips nomor dua, dalam hal ini kamu dapat menandai kosakata yang sulit dengan highlighter dan menuliskan terjemahannya di bukumu tersebut. Bagi sebagian orang, mungkin kegiatan ini akan membuat tampilan buku menjadi jelek karena penuh dengan coret-coretan.

Namun, sebagian orang lainnya, justru menyukai apabila di bawah kosakata sulit tersebut terdapat terjemahan yang mana dapat memudahkannya untuk memahami isi cerita ketika membaca ulang buku tersebut.

10. Gunakan Jari atau Pena sebagai Pemandu Bacaan

Supaya lebih fokus membaca, ada baiknya kamu menggunakan jari telunjuk atau pena sebagai pemandu bacaan. Gerakannya jari telunjuk atau pena tersebut seolah mengikuti arah mata dalam membaca tulisan.

Tips ini ternyata dinilai sangat efektif lho untuk mengembalikan konsentrasi, terutama ketika membaca buku berbahasa asing yang memiliki halaman tebal.

11. Pilih Tempat Membaca yang Tepat

Semakin nyaman posisi dan suasana tempatmu membaca, akan semakin fokus pula konsentrasimu dalam aktivitas membaca buku tersebut. Tempat terbaik untuk membaca buku adalah yang memiliki suasana tenang, sejuk, dan tentu saja adanya pencahayaan yang baik.

Apabila kamu membaca buku di tempat yang pencahayaannya kurang, dapat membuat matamu sakit sehingga konsentrasi kamu cenderung menurun.

tombol beli buku

Nah, itulah ulasan mengenai tips membaca buku berbahasa Inggris yang dapat kamu lakukan. Selanjutnya adalah rekomendasi buku berbahasa Inggris yang siapa tahu kamu tertarik untuk membacanya!

 

6 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris yang Cocok Untuk Pemula

  1. English Classics: The Happy Prince and Other Tales

tombol beli buku

Judul Buku: English Classics: The Happy Prince and Other Tales

Oleh: Oscar Wilde

Keseluruhan isi dari buku ini menggunakan bahasa Inggris. Buku berjudul English Classics: The Happy Prince and Other Tales ini merupakan kumpulan cerita pendek yang diperuntukkan untuk anak-anak dan terbit pada tahun 1888. Meskipun buku ini diperuntukkan untuk anak-anak, tetapi orang dewasa juga boleh kok membacanya.

Berhubung buku ini adalah kumpulan cerita pendek, sehingga terdapat lima cerita pendek, diantaranya:

  • Pangeran Yang Bahagia (The Happy Prince)
  • Sang Burung Bulbul dan Bunga Mawar (The Nightingale and the Rose)
  • Raksasa yang Egois (The Selfish Giant)
  • Teman yang Setia (The Devoted Friend)
  • Sang Roket yang Hebat (The Remarkable Rocket)

Salah satu cerita pendek yang menjadi judul dari buku ini adalah The Happy Prince, yang menceritakan mengenai ketidakbahagiaan The Happy Prince (Pangeran Bahagia) setelah dirinya menjadi patung di tengah kota. Hal tersebut karena dirinya mengetahui kenyataan bahwa banyak rakyatnya yang menangis kelaparan. Kemudian, dirinya memberikan harta dan emasnya kepada para rakyat melalui seekor burung layang-layang.

Buku yang dibandrol dengan harga Rp37.400 ini memiliki jumlah halaman sekitar 140 halaman, sehingga cocok untuk kamu sebagai pemula dalam belajar membaca buku berbahasa Inggris.

 

  1. English Classics: The Jungle Book

tombol beli buku

Judul Buku: English Classics: The Jungle Book

Oleh: Rudyard Kipling

Kamu pasti sudah tidak asing bukan dengan judul buku ini? Yap, The Jungle Book adalah judul buku sekaligus judul film dengan alur cerita yang sama.  The Jungle Book adalah kisah klasik abadi yang menggabungkan mitos, petualangan, dan moral dalam cerita persahabatan antara anak manusia dengan hewan.

Kawanan serigala menyelamatkan Mowgli kecil dari harimau pemangsa, Shere Khan. Ia kemudian diangkat anak oleh kawanan serigala dan diajari hukum rimba. Selanjutnya bersama sahabat-sahabatnya, Baloo, si beruang dan Bagheera, si macan kumbang, Mowgli berpetualang di hutan dan melawan musuh terbesarnya, Shere Khan. Tidak hanya cerita Mowgli, kita juga akan membaca fabel tentang Kotick si singa laut putih, Rikki-Tikki-Tavi, si garangan pemberani, dan Toomai kecil, si pawang gajah.

Buku yang dibandrol dengan harga Rp37.600 ini memiliki jumlah halaman sekitar 216 halaman.

 

  1. English Classics: The Wind In The Willows

tombol beli buku

Judul Buku: English Classics: The Wind In The Willows

Oleh: Kenneth Grahame

Buku ini dikarang oleh seorang novelis Inggris bernama Kenneth Grahame dan pertama kali terbit sekitar tahun 1908. Secara keseluruhan, buku berjudul The Wind In The Willows ini menceritakan tentang empat hewan antropomorfis, yakni hewan yang mempunyai sifat dan kemampuan layaknya manusia.

Empat hewan itu ada Rat, si tikus air; Mr. Toad, si kodok; Mole, si tikus tanah; dan Badger, si luwak. Bahkan, cerita dalam buku ini juga pernah diadaptasi menjadi film yang diproduksi oleh Walt Disney pada tahun 1949 dengan judul The Adventures of Ichabod and Mr. Toad.

Buku ini dibandrol dengan harga Rp40.000 dengan jumlah halaman sekitar 240 halaman.

 

  1. English Classics: The Wonderful Wizard of Oz

 

tombol beli buku

Judul Buku: English Classics: The Wonderful Wizard of Oz

Oleh: L. Frank Baum

Untuk buku yang satu ini kamu pasti sudah tidak asing lagi ketika membaca judulnya. Yap, ini adalah buku anak-anak legendaris yang sudah terbit sejak tahun 1900 oleh Lyman Frank Baum.

Keseluruhan buku ini menceritakan tentang petualangan seorang gadis bernama Dorothy Gale bersama teman-temannya. Yakni ada Scarecrow, si bijak yang selalu ingin menjadi manusia; Tinman, si penebang kayu yang berkeinginan untuk memiliki sebuah hati; dan Lion, singa pengecut yang mendambakan keberanian.

Bersama-sama mereka berpetualang di Negeri Oz untuk menemui Penyihir Agung Oz supaya Dorothy dapat pulang ke rumah asalnya. Buku ini dibandrol dengan harga Rp32.000 dengan jumlah halaman sekitar 184 halaman.

 

  1. English Classics: Treasure Island

tombol beli buku

Judul Buku: English Classics: Treasure Island

Oleh: Robert Louis Stevenson

Buku ini bergenre adventure atau petulangan yang ditulis oleh Robert Louis Stevenson pada tahun 1883. Mengisahkan tentang para perompak dan harta karun yang terpendam di suatu pulau.

Semula, pekerjaan Jim Hawkins hanyalah mengurus Admiral Benbow, penginapan milik ayahnya. Kehidupannya berubah total saat seorang bajak laut tua datang ke penginapan dan meninggalkan sebuah peta harta karun. Bersama teman sekapalnya yang berasal dari berbagai latar belakang; dokter, hakim, dan mantan kapten kapal, Jim berlayar mengarungi lautan menuju pulau harta karun. Petualangannya tidak saja penuh rintangan, tetapi juga kental akan  pengkhianatan dari beberapa awak kapal. Meskipun Jim beberapa kali nyaris kehilangan nyawa, keberanian dan kerja kerasnya sungguh tidak sia-sia.

Buku ini dibandrol dengan harga Rp46.400 dengan jumlah halaman sekitar 320 halaman.

 

  1. English Classics: Through The Looking Glass

 

tombol beli buku

Judul Buku: English Classics: Through The Looking Glass

Oleh: Lewis Carrolls

Buku ini sebenarnya adalah sekuel dari cerita Alice’s Adventures in Wonderland. Kamu pasti tidak asing bukan dengan film berjudul tersebut?

Berhubung buku ini adalah sekuel dari cerita Alice yang terjebak di dunia fantastis, maka tentu saja alur ceritanya akan berhubungan. Melanjutkan petualangannya di Negeri Ajaib, sekarang Alice masuk ke dunia di balik cermin, dan pengalamannya jadi semakin aneh. Alice bertemu Humpty Dumpty, Tweedle-Dum and Tweedle-Dee, monster Jabberwocky, dan si Ratu Merah yang menjanjikan Alice bisa menjadi ratu seperti dirinya. Syarat tersebut dapat dipenuhi setelah dirinya sampai di seberang padang yang mirip papan catur. Dalam perjalanan ke sana, lagi-lagi Alice mengalami berbagai petualangan seru bersama makhluk-makhluk di Negeri Cermin.

Buku ini dibandrol dengan harga Rp32.000 dengan jumlah halaman sekitar 144 halaman.

Nah, itulah ulasan mengenai tips membaca buku bahasa Inggris beserta rekomendasi buku-bukunya. Sebenarnya, masih banyak lagi buku-buku berbahasa Inggris yang dapat kamu temukan di Gramedia yang mana dapat mengasah keterampilan berbahasa Inggris-mu. Maka dari itu, jangan patah semangat ya…

Baca Juga!

Written by Teresa Iswara

Menceritakan dongeng sebelum anak tidur merupakan salah satu hobi saya. Selain itu, saya juga memiliki hobi menulis dan tema yang saya suka pun adalah dongeng anak.

Kontak media sosial Linkedin saya Teresa Iswara