in

Manfaat Membaca Buku sebagai Jendela Ilmu dalam Kehidupan

Pixabay.com

Manfaat Membaca Buku – Apa artinya buku dalam hidup kita? Buku memainkan peran penting dalam kehidupan setiap orang. Mari mulai dari anak-anak atau siswa sekolah dasar, buku memperkenalkan mereka dengan dunia imajinasi, memberikan pengetahuan tentang dunia luar, meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara mereka.

Peran buku dalam hidup kita tidak dapat diremehkan karena ia tidak hanya membantu memperluas wawasan kita, tetapi juga bertindak sebagai pintu penghubung dengan dunia di sekitar kita. Pengantar persepsi kita. Bahkan, tak salah jika buku disebut-sebut berfungsi sebagai perlengkapan bertahan hidup karena memengaruhi dan meninggalkan dampak pada kita.

Pentingnya Buku dalam Kehidupan

Pada dasarnya, buku-buku dikemas dengan pengetahuan. Mereka memberi kita pelajaran hidup, mengajari tentang kesulitan, cinta, ketakutan, dan setiap hal kecil yang merupakan bagian dari kehidupan. Buku pun telah ada selama berabad-abad dan menceritakan pengetahuan tentang masa lalu, peradaban, dan budaya kita.

Manfaat Membaca Buku

Bicara tentang pentingnya buku, maka tak bisa dilepas dari kebiasaan membaca yang memegang peran sangat penting. Buku yang ada tak akan bisa menyalurkan ilmu jika kita sendiri tak berniat membuka dan membacanya, bukan? Kebiasaan ini penting ditanamkan sejak masa kecil.

Jika anak-anak dibiasakan membaca buku sejak usia dini, mereka tidak akan pernah merasa bosan atau lesu. Yang lebih penting, mereka tidak akan pernah punya waktu untuk emosi negatif apa pun.

Banyak bukti bahwa anak-anak yang paham akan pentingnya membaca berperilaku dan berpikir lebih baik pada berbagai kegiatan sekolah mereka. Tak cuma itu, komunikasi mereka juga lancar karena kosakata yang luas.

Saat seorang anak tumbuh dewasa, peran membaca pun terus ada. Buku akan membantu kita menjadi pembicara yang lebih baik dan kemampuan menulis pun meningkat. Misalnya, kita jadi bisa menulis esai, artikel, bahkan buku itu sendiri. Di samping segala hal itu, buku melatih otak kita dan mencegah kelesuan. Mengapa? Sebab, seseorang yang gemar membaca akan merasa terhibur dan jarang bosan.

Dalam hidup, tentunya kita sangat membutuhkan teman yang baik. Jika tidak? Tak terbayangkan, bukan, betapa sepinya? Dalam hal ini, buku bisa menjadi sahabat yang terus menginspirasi kita untuk menjadi versi terbaik diri. Buku akan memperkaya pikiran kita dengan pengetahuan dan kita pun akan belajar menghargai dan menjaga buku itu.

Dalam keseharian, sering kali kita merasa lelah dan kalah dan ingin menghabiskan waktu dengan diri sendiri saja. Tahukah Grameds, apa yang paling tepat untuk situasi itu? Tentunya menyendiri dengan secangkir kopi atau teh, sembari duduk dan membaca satu buku yang bagus!

Jenis-Jenis Literatur

Ternyata, buku memiliki peran yang sangat penting dalam hidup kita, Grameds. Kini, saatnya mencari tahu jenis-jenisnya agar kita bisa lebih mudah memilih bacaan. Bahkan, jenis-jenis ini juga bisa membantu jika Grameds ingin menjadi penulis.

Bayangkan, bagaimana jadinya jika kita tidak memahami jenis-jenis buku? Tentunya kita akan kesulitan menemukan buku yang cocok dengan selera kita. Sebagai contoh, kita sedang ingin membaca buku fiksi, namun justru tak sengaja membeli buku nonfiksi. Meski bisa membacanya di lain waktu, tentu saja hal ini cukup membingungkan.

Berikut jenis-jenis buku yang perlu diketahui:

1. Buku Fiksi

Jenis buku yang satu ini pastinya sudah tidak asing. Buku fiksi merupakan karangan yang dibuat berdasarkan imajinasi penulisnya. Setiap komponen cerita dalam jenis ini adalah berdasarkan khayalan dan tidak terikat pada sejarah atau fakta apa pun.

Dalam keseharian, buku fiksi merupakan salah satu jenis buku paling populer di masyarakat.

Fiksi sering kali dipecah menjadi berbagai genre. Untuk itu, ada beberapa genre yang paling dasar, yaitu fantasi, fiksi sejarah, fiksi kontemporer atau modern, misteri, serta fiksi ilmiah. Meski begitu, kenyataannya terdapat lebih dari lima genre fiksi, contohnya romantis sampai novel grafis.

Dalam genre fantasi, karakter atau setting tidak mungkin ada di dunia seperti yang kita kenal. Sebab, mereka membutuhkan semacam elemen “magis”. Contoh populer genre fantasi adalah Seri Harry Potter dan Twilight.

Sedangkan fiksi sejarah, bagaimana pun, akan menampilkan cerita buatan yang secara akurat menggambarkan kehidupan selama periode tertentu dalam sejarah. Misalnya, buku Bumi Manusia hingga Laut Bercerita.

Manfaat Membaca Buku

Selanjutnya, ada genre fiksi yang mirip dengan fiksi sejarah, namun latar waktunya terjadi pada dunia masa sekarang. Tokohnya pun mengalami kesulitan dan masalah modern. Inilah fiksi kontemporer atau modern.

Beberapa contohnya adalah The Love Hypothesis karya Ali Hazelwood.

Genre fiksi lainnya adalah misteri. Dalam cerita yang penuh ketegangan ini, karakter menggunakan berbagai petunjuk untuk memecahkan kejahatan atau mengungkap pelakunya.

Novel Different Seasons dan Sherlock Holmes adalah contoh utama dari genre misteri.

Kemudian, ada pula genre fiksi ilmiah yang menarik. Dalam jenis cerita ini, penulis dan pembaca mengeksplorasi realitas yang baru dan menarik yang mungkin ditemukan oleh teknologi yang dibayangkan atau perubahan sosial.

Star Wars adalah salah satu contoh paling terkenal.

2. Buku Nonfiksi

Menurut KBBI, jenis buku nonfiksi adalah buku yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya).

Secara umum, buku nonfiksi mengandung cerita informatif yang disusun atas fakta yang benar terjadi di dunia nyata. Dengan begitu, penulisnya pun harus bertanggung jawab dan memiliki sumber atas tulisannya dalam buku.

Oleh karena sumber yang berbeda, menulis buku nonfiksi akan sangat berbeda dengan buku fiksi. Perbedaan ini akan terlihat dari segi unsur, struktur, gaya bahasa, ciri, dan berbagai hal lainnya.

Adapun buku nonfiksi ini pun harus menceritakan tokoh yang merupakan orang di peristiwa nyata. Misalnya, buku biografi, otobiografi, atau memoar.

3. Buku Puisi

Menurut para ahli bahasa, buku atau antologi puisi diartikan sebagai buku yang berisi kumpulan puisi karya seniman tertentu. Buku ini bisa ditulis oleh satu atau banyak seniman sekaligus.

Kata-kata dalam puisi disusun dalam pola metrik dan meski tak selalu, sering bersajak irama.

Penyair terkenal di Indonesia, termasuk Chairil Anwar, W.S. Rendra, dan Sapardi Djoko Damono.

4. Buku Cerita Rakyat

Jenis buku selanjutnya adalah cerita rakyat yang juga kerap disebut mitologi. Cerita ini mengisahkan kisah-kisah sastra lisan asli dan dimaksudkan untuk menyampaikan pelajaran moral tertentu.

Kisah-kisah ini sering kali memiliki kualitas yang tidak lekang oleh waktu serta berurusan dengan masalah umum yang relevan terlepas dari periode waktu.

Manfaat Membaca Buku

Kita sudah mengetahui pentingnya buku dan berbagai pilihan jenis buku yang bisa dibaca. Lantas, mengapa kita sebaiknya mengisi waktu dengan membaca buku? Apa saja manfaat membaca buku bagi anak-anak, para pemuda, hingga orang dewasa?

Mari simak ulasan di bawah ini!

1. Mencerahkan Imajinasi Kita

Aspek penting lainnya untuk memahami pentingnya buku dalam kehidupan kita adalah bahwa buku adalah salah satu bentuk seni yang paling kreatif. Setiap buku yang kita baca memiliki kekuatan untuk mengubah kita ke dunia berbeda yang penuh dengan beberapa karakter luar biasa.

Buku juga dapat meningkatkan daya imajinasi kita dan dapat bertindak sebagai gerbang yang membuka pintu ke dunia mimpi, jauh dari kenyataan pahit kehidupan nyata. Imajinasi dan kreativitas kita akan disimulasikan saat membaca buku fiksi yang bagus.

2. Memberikan Perspektif pada Dunia di Sekitar

Buku yang bagus memiliki kekuatan untuk mengubah cara kita berpikir, berbicara, dan menganalisis sesuatu. Ada banyak buku yang ditulis dalam beberapa genre seperti fiksi, non-fiksi, novel, drama, thriller, suspense, fiksi ilmiah, dan lainnya. Setiap buku hadir dengan perspektif uniknya masing-masing.

Jika Grameds menjadi seorang pembaca yang rajin, maka akan dapat menciptakan perspektif sendiri yang akan membantu agar lebih menonjol dari orang lain.

Membaca memberi kita keuntungan menganalisis lingkungan yang berbeda yang mendorong pikiran kita untuk jeli. Sebab, buku-lah membantu dalam mengembangkan pikiran dan keterampilan mengamati.

Manfaat Membaca Buku

3. Membangun Kepercayaan Diri

Manfaat lain adanya buku dalam keseharian kita, yaitu bahwa buku membantu membangun kepercayaan diri. Ketika kita membaca buku, kita bisa belajar tentang perjuangan dan kesulitan berbagai karakter. Kadang-kadang, kita bahkan menghubungkan situasi itu dengan kehidupan pribadi kita.

Memahami situasi karakter sebuah buku dan bagaimana mereka mengatasi masa-masa sulit dan tantangan, bisa memberi kita keberanian dan kepercayaan diri untuk menghadapi masalah. Terlebih, orang yang membaca dengan baik akan selalu memiliki lebih banyak pengetahuan tentang berbagai topik yang akan membekalinya untuk situasi sosial dan percakapan dengan sekelompok orang.

4. Membantu Kita Tumbuh Secara Mental dan Emosional

Membaca buku memiliki berbagai manfaat mental dan fisik. Kebiasaan ini dapat memperluas kosakata dan keterampilan komunikasi yang dapat membantu kita berinteraksi lebih baik dengan orang lain. Tak cuma itu, membaca adalah cara yang efektif untuk meningkatkan memori dan meningkatkan fokus kita.

Membaca buku membuat kita bisa lebih berempati. Bagaimana bisa? Sebab, terlibat dengan karakter fiksi dan memahami situasi mereka, itu meninggalkan dampak yang kuat pada kapasitas kita untuk berempati dengan orang lain. Tentunya, memiliki sikap empati seperti ini sangat membantu kita tumbuh menjadi orang yang lebih baik.

5. Membantu Meningkatkan Kemampuan Menulis

Seperti yang sempat disinggung dalam jenis-jenis buku, membaca adalah kewajiban utama kita sebelum beranjak menjadi penulis. Bagaimana bisa menjadi penulis jika kita tidak memperkaya wawasan dan kosakata dengan membaca?

Oleh sebab itu, pastilah membaca bisa meningkatkan kemampuan menulis seseorang. Manfaat ini bisa dirasakan seiring meningkatnya jumlah bacaan kita. Sebab, wawasan akan bertambah saat kita membaca, mulai dari satu hingga berbagai buku.

Lebih rinci, saat kita ingin menulis suatu topik. Pastinya, kita harus menguasai dulu tentang apa yang akan ditulis. Hal ini bisa didapatkan dengan membaca buku. Terlebih, kita akan mengetahui pemilihan diksi yang tepat dan membuat kalimat menjadi nyaman dibaca.

Sebagai contoh, kita ingin menulis bacaan tentang trauma. Apakah ini mungkin jika kita belum mempelajari trauma lewat tulisan? Tentu tidak. Oleh sebab itu, kita harus lebih dulu mempelajari trauma melalui buku atau narasumber lain.

Membaca Buku Secara Digital

Di zaman serba digital ini, tak sedikit orang yang menganggap bahwa membawa buku ke berbagai tempat di luar rumah adalah kebiasaan yang merepotkan. Hal ini karena buku cenderung memakan tempat dan berat. Namun, hal ini tentunya tak bisa dijadikan alasan untuk berhenti membaca!

Sekarang, sudah hadir berbagai sarana untuk menikmati kata demi kata dalam buku, hanya dengan ponsel genggam atau tablet tertentu. Istilahnya, buku digital bisa menjadi solusi untuk kita yang tidak terbiasa terus membawa buku dan masih kurang gemar membaca.

Pada dasarnya, buku digital ini merupakan metode membaca yang hadir dalam bentuk elektronik atau softcopy. Berupa file, berkas buku digital ini bisa dibawa hanya bermodal satu perangkat. Kita pun bisa mengaksesnya melalui aplikasi atau situs web.

Membaca buku secara digital kini banyak menjadi pilihan untuk terus belajar dan menambah wawasan dengan praktis. Berikut beberapa platform yang bisa digunakan untuk membaca buku digital di Indonesia!

1. iPusnas

iPusnas adalah platform baca buku digital yang sangat bermanfaat. Aplikasi besutan pemerintah Indonesia ini memiliki konsep perpustakaan digital di mana buku-buku yang tersedia memiliki jumlah copy tertentu, sehingga pengguna harus meminjamnya saat tersedia.

Konsep perpustakaan ini juga tentunya gratis, bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Kita bisa membagikan informasi dengan teman setelah membaca suatu buku, seperti halnya berdiskusi di perpustakaan!

2. Play Books

Seperti halnya, Google Play Game, PlayStore, Play Books akan sangat membantu kita untuk membeli dan membaca buku digital. Di dalamnya, terdapat fitur buku audio yang bisa didengarkan jika kita tak sedang memungkinkan untuk membaca.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa diakses melalui Android, iOS, maupun browser bawaan perangkat. Tampilannya pun sangat simpel dan membuatnya mudah digunakan.

3. Gramedia Digital

Tentunya, kita tak bisa melewatkan salah satu fasilitas terbaik untuk membeli dan membaca buku digital ini. Melalui situs Gramedia Digital, kita bisa mengakses versi digital lebih dari 100.000 koleksi dari berbagai penerbit. Tak hanya buku, platform ini juga menyediakan majalah hingga koran.

Selain itu, Gramedia Digital juga menyediakan akses untuk melihat koran dan majalah edisi lama yang edisi cetaknya tak tersedia lagi. Dengan berbagai fitur seperti ukuran tulisan, bookmark, zoom, mode sunset, dan parental control, kita bisa membaca dengan nyaman dengan pengaturan sendiri.

Kesimpulan

Sudah tahu, bukan, betapa pentingnya membaca buku dalam kehidupan kita? Tak perlu langsung membaca buku berat, Grameds, kita bisa mulai dengan membaca buku yang paling sesuai dengan minat kita, seperti fiksi sejarah, misalnya.

Jangan lupa bahwa kita hanya perlu menemukan satu buku pertama yang cocok untuk terus menyukai membaca buku! Untuk merasakan berbagai manfaatnya, jangan menganggap membaca buku sebagai perlombaan di mana kita harus membaca sebanyak mungkin buku dalam waktu singkat. Bacalah buku perlahan-lahan dan nikmati alur dan ilmunya, barulah kita bisa merasakan empati terhadap apa yang dituliskan di dalamnya.

Kita bisa menjadi #SahabatTanpaBatas dengan buku-buku favorit. Untuk memulainya, Grameds bisa mencari buku-buku berkualitas sesuai kategori pilihan di Gramedia! Kami selalu berusaha menyediakan buku-buku terbaru, terpopuler, dan terbaik dari setiap genre-nya.

Wujudkan Indonesia yang gemar membaca dan berwawasan luas, mulai dari membaca satu atau dua buku pertama. Sebab, berbagai manfaat membaca buku menanti untuk segera kita dapatkan. Dampaknya tak hanya pada diri kita sendiri, melainkan untuk orang sekitar yang bergaul dengan kita bahkan kemajuan bangsa.

Mari menjadi generasi milenial dengan hobi membaca!

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. Rahasia Super Hemat Baca Buku, Majalah, dan Koran Digital Sepuasnya 
  2. Cara Mudah Bayar Berlangganan Gramedia Digital dengan Go-Pay 
  3. Langkah Mudah Berlangganan Gramedia Digital secara Auto Renewal Lewat Aplikasi 
  4. Langkah Mudah Berlangganan Paket Bundling Gramedia Digital x Kompas.id 
  5. Cara Mudah Berlangganan Paket Premium Gramedia Digital 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda