in

10 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris dengan Cepat

Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris – Menghafal kosakata atau vocabulary menjadi salah satu tantangan terbesar dalam belajar bahasa Inggris. Jika harus menghafal begitu banyak kosakata, mungkin kamu termasuk salah satu orang yang merasa kesulitan melakukannya.

Kosakata bahasa Inggris atau yang kerap disebut vocabulary merupakan elemen dasar yang sangat krusial untuk dipelajari. Kamu akan mengalami kesulitan untuk bisa fasih atau fluent saat menggunakan bahasa tersebut jika memiliki pengetahuan yang minim tentang kosakata bahasa Inggris.

Bahkan minimnya pengetahuan kosakata bisa saja terjadi pada seorang ahli tata bahasa atau grammar sekalipun. Untuk menghindari hal tersebut, penting dan wajib untuk memperkaya perbendaharaan kosakata bagi kamu yang akan atau sedang belajar bahasa Inggris.

Untuk memperluas pengetahuan Grameds dalam mempelajari bahasa Inggris, kosakata bisa dibilang sebagai sebuah jendela baru. Grameds perlu menghafal banyak kosakata bahasa Inggris yang akan membantu mengimplementasikan kemampuan dalam percakapan sehari-hari atau daily coversation.

Speaking dan listening menjadi dua hal penting dalam membantu proses percakapan yang disebut daily conversation. Selain itu, Grameds perlu memperkaya kosakata bahasa Inggris untuk memudahkan kamu dalam menulis konten, menonton film bahasa Inggris, atau membaca novel bahasa Inggris.

Ketika kamu akan atau sedang belajar bahasa Inggris, menghafal kosakata atau vocabulary menjadi santapan wajib setiap hari yang perlu dilakukan. Bahkan ada beberapa murid yang diwajibkan menghafal kosakata bahasa Inggris di akhir sesi kursus.

Kemudian para murid akan melakukan tes dengan mentornya untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan mereka tentang kosakata bahasa Inggris di minggu berikutnya. Kesulitan menghafal kosakata setelah mencoba untuk mengingatnya berkali-kali menjadi momen yang kerap terjadi saat mempelajari kosakata bahasa Inggris.

Mengapa menghafal kosakata bahasa Inggris masih menjadi kesulitan yang menghampiri? Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut terjadi, misalnya metode menghafal yang kurang tepat atau tidak cocok untuk kamu.

Sebenarnya, kamu hanya perlu mengetahui cara yang tepat untuk menghafalnya karena setiap orang memiliki metode yang berbeda. Oleh sebab itu, Grameds perlu menelusuri beragam cara yang paling cocok untuk menghafal kosakata bahasa Inggris.

Tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan untuk menghafal kosa kata atau vocabulary dalam bahasa Inggris. Bagi Grameds yang belum menemukan cara terbaik untuk menghafal kosakata bahasa Inggris, baca artikel ini sampai tuntas. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tips-tips berikut ini.

10 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

1. Menggunakan Aplikasi atau Games

Ilustrasi Permainan Scrabble (sumber: shop.pem.org)

Saat ini, untuk menghafal berbagai kosakata bahasa Inggris dapat menggunakan berbagai macam jenis aplikasi atau games di handphone. Fluent U, Vocabulary Builder, Vocabulary English Cards merupakan contoh dari aplikasi yang dapat membantu kamu menghafal kosakata bahasa Inggris.

Tentukan aplikasi yang dirasa paling cocok, lalu unduh, dan gunakan aplikasi tersebut di smartphone kesayangan kamu. Agar kosakata kamu semakin bertambah, jangan lupa untuk selalu rutin membuka aplikasinya dan rajin mempelajarinya.

banner-promo-gramedia

Menggunakan aplikasi atau games sangat cocok bagi kamu yang bisa berjam-jam menatap layar handphone. Tips yang satu ini sangatlah menarik dan menyenangkan karena berbagai aplikasi yang ditawarkan telah dilengkapi dengan games.

Aplikasi atau games kosakata bahasa Inggris juga bermanfaat dalam mempersiapkan berbagai tes standar untuk bisa masuk ke sekolah di Amerika, seperti tes TOEFL, IELTS, dan GRE. Grameds juga tidak perlu khawatir karena games tersebut telah dirancang sedemikian rupa untuk membuat penggunanya bermain sekaligus belajar di waktu yang sama.

Scrabble menjadi salah satu permainan kosakata bahasa Inggris yang paling populer untuk dimainkan. Dalam permainan scrabble, pengguna akan ditantang untuk menyusun sebuah kata dari huruf acak.

Permainan tersebut cocok untuk kamu yang sedang berproses. Scrabbe dapat membantu Grameds mengingat dan mempraktikkan berbagai kosakata yang telah dipelajari.

Tak hanya scrabble, ada beragam permainan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melatih kosakata bahasa Inggris. Cukup mudah, bukan?

2. Menggunakan Metode Mnemonic

Sebuah teknik atau metode belajar yang digunakan untuk mengingat sebuah kosakata dengan membuat asosiasi atau akronim dari kata-kata disebut sebagai metode mnemonic. Dengan cara yang sederhana atau mudah, kamu bisa menggunakan metode ini untuk mengingat sebuah konsep yang rumit.

Dengan cara menghubungkan kata-kata yang saling berhubungan, kamu akan menjadi jauh lebih pintar dan dapat menciptakan hal-hal kreatif. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu perlu melakukan banyak latihan.

Selain itu, dengan asosiasi atau akronim tersebut kamu akan mendapatkan kemudahan dalam mengingat kata-kata yang muncul. Bagaimana contohnya? Contoh paling dasar dalam penggunaan metode mnemonic ialah mengingat warna dasar, seperti pembuatan akronim RGB untuk kepanjangan Red, Green, dan Blue.

Kemudian kamu bisa membuat akronim lain seperti STORE untuk mewakili kata-kata Strawberry, Tomatoes, Olives, Rice, dan Eggs. Untuk mengingat suatu vocabulary dengan mudah, selalu ingat bahwa kamu dapat menciptakan mnemonics versi kamu sendiri.

3. Membuat Gambar atau Visual

Jika Grameds adalah tipe orang yang lebih mudah belajar secara visual, teknik atau metode yang satu ini akan sangat membantu. Kamu bisa memulainya dengan mencatat berbagai kosakata baru beserta pengertian atau definisinya dalam sebuah buku catatan.

Setelah itu, kamu bisa membuat gambar yang dapat menyimbolkan arti dari kosakata baru yang kamu pelajari. Bagi kamu yang senang mengekspresikan diri secara artistik, membuat storyboard visual dapat menjadi solusinya.

Dari catatan yang telah dibuat, kamu akan lebih mudah mempelajarinya sehingga itu semua tertanam di dalam memori otak. Kamu bisa membuat sebuah kisah atau cerita yang berbentuk narasi sebagai hasil mempelajari kosakata baru.

tombol beli buku

4. Membuat Flash Cards

Dalam menghafal kosakata bahasa Inggris, flash cards menjadi salah satu cara paling populer untuk dipraktikkan. Grameds bisa mengambil secarik kertas seukuran kartu nama untuk membuat flash card sendiri.

Kemudian Grameds bisa menuliskan arti dari masing-masing kosakata dibalik kartu tersebut. Atau cara mudahnya, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di berbagai website atau membelinya di toko online.

Kamu bisa berlatih secara rutin dengan membaca atau menebak arti dalam flash cards sebelum melihat arti sebenarnya dibalik kartu. Kemungkinan besar kamu akan segera bisa mengingat kosakata tersebut jika dilakukan secara rutin.

Flash cards juga dapat digunakan sebagai media permainan saat berkumpul bersama orang-terdekat, baik teman ataupun keluarga. Jika menurutmu gaya belajar yang terbaik adalah dalam bentuk visual, kamu bisa menambahkan sedikit gambar sebagai definisi tambahan dari kosakata tersebut.

5. Membaca Buku

Ilustrasi Membaca Buku (sumber: weheartit.com)

banner-promo-gramedia

Membaca buku menjadi cara berikutnya untuk menghafal kosakata bahasa Inggris. Untuk mengenalkan diri kamu pada kosakata baru yang belum pernah didengar sebelumnya, membaca buku menjadi salah satu aktivitas otak yang sangat baik.

Dalam mempelajari sebuah kata berdasarkan konteks atau inti masalahnya, membaca dapat melatih dan memperkaya perbendaharaan kata yang kamu miliki. Kamu bisa memulainya dengan membaca buku apa pun yang kamu sukai, baik komik, koran, novel, majalah, dan lain sebagainya.

Agar aktivitas membaca menjadi lebih menyenangkan, pilihlah bahan bacaan yang paling kamu sukai. Kemudian Grameds juga perlu menyesuaikan bahan bacaan dengan level kemampuan bahasa Inggris yang sesuai agar kamu tidak merasa bosan atau kesulitas saat membacanya.

Koran berbahasa Inggris atau artikel-artikel ilmiah berbahasa Inggris dapat kamu gunakan sebagai bahan bacaan saat sudah berada di level yang cukup tinggi. Bagaimana, siap mempraktikkannya?

6. Membuat Sebuah Kalimat

Kamu bisa membuat kalimat dengan menggunakan kosakata bahasa Inggris jika merasa menuliskan kosakata dan definisi saja tidak cukup untuk dapat menghafalkannya. Memasukkan kosakata ke dalam kalimat bertujuan untuk membantu kamu melihat bagaimana kosakata dan konteks tersebut terpakai.

Kamu juga bisa membuat sebuah kalimat dengan pemakaian tenses berbeda agar pemahaman kamu mengenai perubahan kosakata lebih mendalam. Untuk dapat mengingat sebuah kosakata dengan lebih cepat, kamu bisa membuat sebuah rangkaian kalimat.

Grameds bisa membuat sebuah kalimat sederhana yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari atau membuat kalimat lucu yang mendatangkan gelak tawa. Siapa tahu cara ini cocok untuk kamu yang sedang kesulitan menghafal kosakata bahasa Inggris.

tombol beli buku

7. Membuat Catatan Kecil atau Notes

Membuat catatan kecil menjadi sebuah cara tradisional yang tergolong sederhada, tetapi efektif bagi sebagian orang yang ingin menghafal kosakata bahasa Inggris. Cobalah untuk mencatat kosakata yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya saat menonton film atau membaca buku.

Carilah definisi dari kosakata tersebut dan buatlah sebuah daftar atau list setelah selesai menonton film atau membaca buku. Perlu diingat, Grameds juga harus rajin membaca kosakata tersebut setiap hari untuk menyimpannya di dalam memori otak. Dengan begitu kosakata bahasa Inggris kamu akan bertambah dan berkembang pesat dalam waktu yang singkat.

8. Melatih Percakapan

Dalam percakapan sehari-hari kamu bisa mencoba untuk memasukkan kosakata yang sedang kamu pelajari. Ketika mempraktikkannya, kamu bisa mengingat kosakata tersebut dengan cepat.

Grameds bisa berbicara kepada diri sendiri di depan cermin saat tidak memiliki atau menemukan orang yang bisa kamu ajak untuk berbicara bahasa Inggris. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan aplikasi perekam suara di smartphone kesayangan kamu untuk merekam percakapan tersebut.

Perlu diperhatikan, cara yang satu ini dapat kamu praktikkan dengan melafalkannya secara lantang dan jelas. Jika kamu merasa kesulitan dalam cara pelafalannya, carilah kata tersebut di internet atau kamus untuk mengetahui kebenarannya.

banner-promo-gramedia

Saat menggunakan audio book, film, atau video, kamu bisa berhenti pada bagian tertentu untuk menemukan kosakata yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Setelah itu, carilah arti serta cara pengucapan kosakata tersebut dan lafalkannya berulang-ulang. Dengan cara seperti itu, kemampuan pelafalan dan kosakata kamu dapat meningkat.

9. Memahami Kosakata Tersebut

Cepat lupa akan sesuatu hal menjadi kelemahan umum yang dimiliki oleh manusia. Terlebih saat kamu menghafalnya secara sesaat tanpa memahami betul bagaimana artinya.

Alih-alih hanya menghafalkannya saja, Grameds juga perlu memahaminya untuk meningkatkan perkembangan kosakata bahasa Inggris. Maksudnya adalah kamu harus paham dalam konteks apa kosakata tersebut digunakan, termasuk dalam kelas kata apa, bagaimana cara menggunakan kosakata tersebut, dan lain sebagainya.

Kamu akan cepat mengingat kosakata tersebut dan tidak akan mudah melupakannya jika sudah memahaminya dengan baik. Membuat sebuah kalimat menggunakan kosakata menjadi salah satu cara paling mudah untuk memahaminya.

tombol beli buku

10. Menciptakan Suasana Belajar yang Menarik

Mendengar atau membaca berbagai macam bahasa dan kosakata ketika sedang pergi ke luar negeri, baik untuk liburan, belajar, atau bekerja menjadi cara cepat menghafal dan memahami bahasa tersebut. Grameds akan belajar lebih cepat melalui yang namanya immersion.

Apa yang dimaksud dengan immersion? Sebuah proses belajar bahasa dengan menggunakan bahasa itu sendiri disebut immersion. Proses belajar yang satu ini dapat menjadi sebuah kebiasaan yang dibangun dalam kehidupan sehari-hari.

Tak harus pergi ke luar negeri, Grameds bisa meningkatkan jumlah kosakata dengan menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang ramah. Menonton film berbahasa Inggris, membeli majalah atau buku bahasa Inggris, dan lain sebagainya dapat membantu kamu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menarik.

Baca juga;

Demikianlah uraian 10 tips untuk menghafal kosakata bahasa Inggris. Kamu tidak akan pernah merasa kesulitan saat mempelajari bahasa Inggris, jika semuanya bisa kamu lakukan dengan niat yang besar. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Grameds. Selamat mencoba!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila