in

Profil Monday WEEEKLY, Sang Penari dan Penyanyi Andalan Grup!

https://weeekly.fandom.com/

Monday WEEEKLY – Dari sekian banyaknya grup K-Pop yang debut dalam jangka waktu empat tahun terakhir alias generasi 4, ada satu grup yang menarik perhatian publik karena lagunya sangat easy-listening.

Siapa lagi kalau bukan WEEEKLY dari IST Entertainment, agensi yang turut menaungi VICTON, APINK, Huening Bahiyyih Kep1er, ATBO, hingga The Boyz. Sebelumnya, agensi ini bernama Play M Entertainment.

Banyak orang menyebut girl group yang debut pada 2020 ini dengan sebutan WEEKLY, padahal sebenarnya nama grup mereka adalah WEEEKLY. Yap, penulisan yang benar untuk girl group 6 member ini adalah WEEEKLY, dengan huruf “e” berjumlah 3 buah. Jadi, Grameds jangan salah lagi ya…sebab sebuah nama grup itu pasti memiliki filosofi tersendiri.

Orang-orang kebanyakan mengenal grup WEEEKLY ini dari Jihan saja, mengingat wajahnya begitu mirip dengan Jungwoo NCT sekaligus sempat menjadi MC di sebuah acara musik The Show. Namun sejatinya, di grup ini punya 5 member lain yang sama berbakatnya kok, salah satunya adalah Monday WEEEKLY.

Lantas, bagaimana sih profil serta fakta-fakta menarik seputar Monday WEEEKLY? Bagaimana pula jejak perjalanan karir grup WEEEKLY yang populer dengan lagu berjudul “After School” ini? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Monday WEEEKLY

Monday WEEEKLY
https://wikimedia.org/
  • Nama Asli: Kim Ji Min
  • Nama Panggung: Monday
  • Nama Inggris: Jessica
  • Tanggal Lahir: 10 Mei 2002
  • Zodiak: Taurus
  • Zodiak China: Kuda (Horse)
  • Tinggi Badan: 173 cm (5’8”)
  • Golongan Darah: B
  • Pendidikan: Cheonmyeong High School
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • MBTI: ESTP
  • Masa Pelatihan: 2 tahun 7 bulan
  • Posisi Di Grup: Main Vocalist, Main Dancer
  • Representasi Warna: Pantone 2728 C

25+ Fakta Tentang Monday WEEEKLY

Monday WEEEKLY
https://weeekly.fandom.com/
  1. Kim Ji Min alias Monday WEEEKLY lahir dan dibesarkan di wilayah Gyeonggi, Korea Selatan.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, seorang kakak laki-laki, dan seorang adik perempuan bernama Jiyoon.
  3. Monday WEEEKLY telah lulus dari Cheongmyeong High School. Namun tidak diketahui apakah dirinya melanjutkan studinya di universitas mana.
  4. Julukannya yang paling terkenal adalah “Moon-day”.
  5. Para penggemar sering memanggilnya dengan nama ‘Monday Carey’.
  6. Keluarga Monday WEEEKLY memelihara seekor anjing yang diberi nama Kkomi.
  7. Kim Ji Min alias Monday WEEEKLY sangat pandai dalam olahraga, mulai dari dodgeball, bola tangan, bola voli, hingga gomoku (permainan baduk khas Korea Selatan).
  8. Dari 6 member WEEEKLY, Monday memiliki selera humor yang lucu dan sering membicarakan leluconnya kepada member lain.
  9. Ada beberapa penggemar yang memberikannya julukan “Superhuman” karena Monday WEEEKLY begitu pandai berolahraga. Ditambah lagi, saat K-Pop 2019 Christmas Mashup, dirinya menyanyikan bagian lagu Superhuman milik NCT 127.
  10. Di antara member WEEEKLY, Monday memiliki penglihatan paling baik dan pandai berolahraga.
  11. Memiliki sejumlah 66 anting.
  12. Monday WEEEKLY mengaku dirinya suka berbagai makanan kecuali sayuran, kurma merah, coklat mint, permen, dan kacang yang ada di nasi.
  13. Sangat suka dengan nanas di pizza.
  14. Hobi: bermain olahraga bola dan parking games hingga mencapai ranking ke-55 dunia.
  15. Film favorit: Love in Tokyo, Playful Kiss, dan Door Lock.
  16. Warna favoritnya adalah warna merah.
  17. Memiliki kebiasaan berupa memainkan pencetan bolpoin.
  18. Monday WEEEKLY pernah bercerita bahwa jika tidak menjadi idol K-Pop, dirinya akan menjadi seorang koreografer.
  19. Kim Ji Min alias Monday WEEEKLY mengaku belum pernah menonton film Harry Potter.
  20. Role model: Taeyeon SNSD dan seluruh member APINK.
  21. Sejak SD, Monday WEEEKLY telah menjadi penggemar APINK. Beruntungnya, dirinya sekarang telah masuk di agensi yang sama dengan idolanya tersebut.
  22. Secara fisik, Monday WEEEKLY memang terlihat sehat dan kuat. Padahal sebenarnya, dirinya justru rentan terhadap penyakit.
  23. Memiliki phobia dengan laba-laba alias arachnophobia.
  24. Saat sekolah, Monday WEEEKLY pernah menjadi kapten di tim voli sekolahnya.
  25. Saat audisi di IST Entertainment, dirinya menyanyikan lagu “If It Is You” oleh Jung Seung Hwan yang merupakan lagu OST serial drama Another Miss Oh.
  26. Monday WEEEKLY telah menjadi trainee sejak 1 Desember 2017. Dirinya juga merupakan trainee pertama untuk proyek FAVE Girl yang diperkenalkan ke publik pada Oktober 2018.
  27. Di dorm, Monday akan berbagi kamar dengan Jaehee.

Meniti Perjalanan Karir Grup WEEKLY

2018-2019: Pre Debut Grup

Monday WEEEKLY
https://toretame.jp/

Sama halnya dengan para trainee yang mengikuti sebuah ajang survival show untuk mendapatkan atensi dari publik, beberapa trainee dari Play M Entertainment pun juga mengikuti langkah tersebut. Ada 3 trainee perwakilan Play M Entertainment yang turut berpartisipasi dalam survival show MIX NINE yakni Soojin, Jiyoon, dan Soeun.

Ketiga trainee ini memang selalu menonjol di antara peserta trainee perempuan, terutama saat babak awal. Sayangnya pada 8 Januari, Soojin mengalami kecelakaan lalu lintas dan harus menjalani operasi darurat, sehingga dirinya tidak bisa mengikuti survival show tersebut sampai babak final. Ada satu lagi “kemalangan” yang harus diterima baik oleh Jiyoon dan Soeun maupun para trainee MIX NINE lainnya.

Yap, survival MIX NINE yang sudah berjalan hingga babak akhir malah harus mengalami konflik dalam hal kontrak antar agensi. Alhasil membuat para trainee yang telah masuk line-up debut harus menerima kenyataan bahwa mereka tidak dapat debut pada sebuah grup K-Pop, sebagai buntut konflik kontrak antar agensi tersebut. Atas terjadi hal tersebut, para trainee pun harus kembali berlatih di agensi masing-masing.

Sementara itu, Play M Entertainment yang sudah berakuisisi dengan FAVE Entertainment, telah berencana bahwa mereka akan mendebutkan sebuah girl group baru dengan nama FAVE Girls.

Line-up awal member FAVE Girls selalu berubah-ubah karena beberapa trainee memutuskan keluar dari agensi. Setidaknya ada 3 trainee yang meninggalkan agensi karena kontrak mereka telah berakhir yakni Lee Soomin, Park Soyeon, dan Kim Bowon.

Sebulan kemudian, Play M Entertainment mengumumkan ke publik bahwa mereka benar-benar akan mendebutkan sebuah girl group baru dengan nama FAVE Girls. Rencananya, FAVE Girls ini akan didebutkan pada tahun 2019. Line-up FAVE Girls ini awalnya adalah Soojin, Jiyoon, Monday, Soeun, dan Jaehee.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sama halnya dengan grup K-Pop yang hendak debut, maka pihak agensi akan menampilkan sebuah acara berkonsep pre-debut showcase untuk mengenalkan kandidat member grup. Mulai 21 hingga 27 Oktober, barulah para kandidat FAVE Girls mulai diungkapkan ke publik.

Trainee pertama yang diperkenalkan adalah Lee Soojin, kemudian Monday, diikuti Park Haelin, Shin Jiyoon, Park Soeun, Kim Gaeun, dan Lee Jaehee.

Sekitar bulan Juli, Park Haelin yang kala itu masih berstatus trainee tiba-tiba meninggalkan agensi dengan alasan fokus studi. Sebulan kemudian, Kim Gaeun juga keluar meninggalkan formasi grup dan agensi. Lalu pada bulan Oktober, barulah Han Jihyo dan Jo Hyewon turut dimasukkan dalam line-up pre debut grup.

Berhubung saat itu agensi tengah mengalami perubahan sistem, maka nama grup juga turut berubah. Dari yang mulanya FAVE Girls menjadi Play M Girls.

Perubahan Sistem Agensi Karena Akusisi

Monday WEEEKLY
https://www.allkpop.com/

Jika Grameds bingung kenapa WEEEKLY memiliki agensi yang berbeda-beda, mulai dari Play M, FAVE, hingga IST Entertainment, coba deh simak penjelasannya berikut ini!

Pada 13 Februari 2019, persiapan debut FAVE Girls harus ditunda lantaran pihak agensi mengalami akuisisi sekaligus perubahan nama. FYI aja nih, IST Entertainment awalnya bernama Plan A Entertainment. Setelah pihak Kakao M mengumumkan bahwa FAVE Entertainment dan Plan A Entertainment akan bergabung, maka perusahaan pun akan berganti nama menjadi Play M Entertainment. Perubahan dalam sistem perusahaan ini mulai terlaksana pada 1 April.

Jika sudah terjadi akuisisi seperti ini, maka FAVE Entertainment menjadi perusahaan yang sudah tidak berfungsi lagi.

Dua tahun setelah itu, tepatnya pada 17 September 2021, lagi-lagi pihak Kakao Entertainment mengumumkan bahwa Play M akan merger dengan Cre.ker Entertainment. Sebelumnya, Cre.ker Entertainment adalah agensi yang menaungi The Boyz.

Sebulan setelah itu, barulah diumumkan bahwa perusahaan yang telah melakukan akuisisi dan merger ini memiliki nama baru yakni IST Entertainment. Pemberlakuan nama baru beserta sistemnya ini dimulai sejak 1 November 2021.

Alhasil, Play M menjadi perusahaan yang masih bertahan, sementara Cre.ker sudah tidak beroperasi lagi. Itulah mengapa, The Boyz sekarang berada dibawah naungan IST Entertainment. Sementara beberapa grup seperti VICTON, APINK, dan WEEEKLY yang berasal dari Play M, turut menjadi asuhan IST Entertainment.

2020: Debut Dengan Nama WEEEKLY dan Lagu “Tag Me”

https://weeekly.fandom.com/

Pada 28 April, akhirnya Play M Girls mengunggah video teaser berjudul “Who R U?” di kanal Youtube resmi mereka. Melalui video tersebutlah, beberapa member mulai diungkap termasuk nama panggung mereka. Beberapa member yang menggunakan nama panggung adalah Jihan (Han Jihyo), Zoa (Cho Hyewon), dan Kim Ji Min (Monday).

Pada 7 Mei, akhirnya pihak Play M Entertainment yang menaungi proyek girl group tersebut mengkonfirmasi bahwa Play M Girls akan debut pada Juni. Empat hari setelah konfirmasi tersebut, terungkap pula lah bahwa nama girl group adalah WEEEKLY.

Dilansir dari wikipedia, nama tersebut seolah memberikan makna bahwa para member akan datang setiap hari di setiap minggu dengan hal-hal yang baru dan spesial.

Akhirnya, pada 11 Juni, WEEEKLY pun resmi debut dengan mini-album bertajuk We Are dan lagu utamanya adalah “Tag Me (@Me)”. Sayangnya, showcase debut mereka dibatalkan banyak pihak karena terjadi kebakaran di sekitar gedung. Dua bulan setelah resmi debut, WEEEKLY melakukan jajak pendapat kepada para penggemar melalui Daum Cafe tentang nama fandom. Akhirnya, terpilihlah nama “Daileee” yang berarti ‘tanpa Daileee (Daily), Weeekly tidak akan ada’.

Monday WEEEKLY
https://weeekly.fandom.com/

Pada 8 September, Play M Entertainment mengumumkan bahwa WEEEKLY akan melakukan comeback setelah tiga bulan debut mereka. Comeback pertama itu berupa mini-album bertajuk We Can dengan lagu utama berjudul “Zig Zag”.

Masih di bulan yang sama, WEEEKLY tidak hanya sibuk mempromosikan comeback pertama mereka, tetapi juga turut andil dalam menyanyikan OST animasi My Dream is Ryan dengan judul lagu “Boom Chiki”.

2021: Comeback Kedua dan Jiyoon Dinyatakan Hiatus

Monday WEEEKLY
https://weeekly.fandom.com/

Pada 18 Februari, WEEEKLY lagi-lagi didapuk untuk menyanyikan sebuah OST serial drama KBS Hello, Me dengan judul “Wake Up”.

Empat hari setelah itu, sebuah media lokal Sport TV News melaporkan bahwa WEEEKLY akan comeback di bulan Maret dan berita itu langsung dikonfirmasi oleh Play M Entertainment.

Satu-persatu teaser comeback diunggah di akun media sosial mereka dengan tajuk We Play dan lagu utamanya adalah “After School”. FYI aja nih, lagu “After School” ini sangat populer di TikTok dan sering dijadikan sebagai backsound beragam konten.

Pada 13 Juli, Play M Entertainment mengkonfirmasi bahwa WEEEKLY sedang mempersiapkan comeback ketiga. Tiga hari setelah itu, sebuah teaser diposting di media sosial grup seolah mengumumkan mini album keempat mereka, bertajuk Play Game: Holiday dan lagu utamanya berjudul “Holiday Party”.

https://weeekly.fandom.com/

Pada awal bulan Agustus, Play M Entertainment merilis pengumuman bahwa salah satu member, Jiyoon, akan hiatus sementara, karena mengalami gejala stress dan anxiety. Alhasil, promosi comeback ketiga pada album Play Game: Holiday hanya dilakukan oleh 6 member saja.

Jiyoon diketahui menjalani masa hiatus selama 4 bulan saja, sebab pada bulan Desember pun pihak agensi telah mengumumkan bahwa kondisinya mulai membaik dan dapat kembali beraktivitas bersama grup WEEEKLY.

2022: Comeback Keempat dan Jiyoon Meninggalkan Grup

Monday WEEEKLY
https://weeekly.fandom.com/

Pada 15 Februari, pihak agensi yang telah berubah sistemnya menjadi IST Entertainment ini mengumumkan bahwa WEEEKLY akan melakukan comeback keempat dengan single album bertajuk Play Game: AWAKE dan lagu utama berjudul “Ven Para”.

Sayangnya pada 28 Februari, pihak IST Entertainment selaku perusahaan induk dari WEEEKLY, mengumumkan bahwa Jiyoon akan meninggalkan grup dan tidak akan ikut promosi grup mendatang. Alasan Jiyoon meninggalkan grup adalah demi fokus pada perawatannya dari gangguan anxiety yang dialaminya.

Pada 1 Juni lah menjadi waktu dimana Jiyoon diumumkan secara resmi meninggalkan WEEEKLY. Alhasil, WEEEKLY secara resmi menjalani masa promosi dengan 6 member saja.

Pada bulan Juni pula lah, WEEEKLY terpilih sebagai Artist of the Month dari Spotify EQUAL.

2023: Mengumumkan Warna Resmi Fandom dan Season’s Greeting

https://weeekly.fandom.com/

Pada 1 Februari, WEEEKLY mengungkapkan warna resmi untuk fandom mereka, Daileee. Warna tersebut adalah Orchid Bloom, Banana Cream, dan Beach Glass. Pada tahun ini juga, WEEEKLY meluncurkan foto-foto untuk 2023 Season’s Greeting dengan tema yang ceria. Keenam member berpose bersama buah-buahan dengan warna yang cantik.

FYI aja nih, peluncuran Season’s Greeting ini wajar dilakukan oleh para idol K-Pop kok.

Demikian pembahasan tentang WEEKLY monday. Semoga pembahasan pada artikel ini dapat menginspirasi kamu.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku tentang girlband dan boyband Korea, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. Let’s FLY HIGH: Know X1 Better Like A Flash

X1 adalah boyband asal Korea Selatan yang pertama kali dibentuk dari ajang pencarian bakat Produce X 101. Boyband X1 dinaungi oleh agensi CJ E&M dan Swing Entertainment. Sejak debut, X1 telah merilis mini album pertamanya, yaitu Emergency; Quantum Leap yang telah terjual lebih dari 500.000 copy. Antusias yang luar biasa!

“FLY HIGH, X1!”

Ke-11 cowok dari tiap-tiap agensi yang berbeda, Kim Yo Han, Kim Woo Seok, Han Seung Woo, Song Hyeong Jun, Cho Seung Youn, Son Dong Pyo, Lee Han Gyul, Nam Do Hyun, Cha Jun Ho, Kang Min Hee, dan Lee Eun Sang bersatu untuk mencapai mimpi yang sama. Tergabung dalam boy group X1 yang baru saja debut pada 27 Agustus 2019, mereka siap untuk FLY HIGH di dunia musik. Buat kamu yang One It? Atau kepo dengan cowok cowok yang cute sekaligus sexy in? Yuk kenalan dengan mereka di Let’s FLY HIGH! Know X1 Better Like a FLASH!

2. Wanna One: Forever In Our Heart

Wanna One didirikan oleh kontes survival Produce 101 Season 2, yang ditayangkan di Mnet dari 7 April hingga 16 Juni 2017. Ke-11 peserta pelatihan yang dipilih oleh suara penonton dari 101 anggota peserta pelatihan yang mewakili agensi mereka diumumkan secara langsung.

Sebelum tampil di acara itu, beberapa anggota aktif di industri hiburan. Sebagai aktor cilik, Park Ji Hoon tampil dalam serial drama seperti Kimchi Cheese Smile dan The King and I. Dia juga muncul di beberapa variety show dengan Big Bang dan SS501. Hwang Minhyun debut sebagai anggota grup NU’EST pada tahun 2012. Kim Jae-hwan melakukan debut di musim kedua Korea’s  Got Talent, tetapi tersingkir di semifinal. Ha Sung-woon melakukan debut di grup 2014 HOTSHOT.

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://kpop.fandom.com/

https://weeekly.fandom.com/

https://en.wikipedia.org/

https://kprofiles.com/monday-weeekly-profile-and-facts/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.