in

12 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Aneka Resep Puding Buah Naga

https://parenting.firstcry.com/

Buah Naga Untuk Ibu Hamil – Siapa Grameds yang gemar memakan buah naga? Buah yang mempunyai berbagai warna mulai dari putih, merah, hitam, dan kuning ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, mengonsumsi buah naga untuk ibu hamil sangat disarankan, lho! Rasanya yang segar dan manis cocok untuk dijadikan sebagai jus atau camilan saat siang hari.

Melansir Firstcry Parenting, buah naga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, yakni serat, karbohidrat, asam folat, vitamin C, kalsium, beta karoten, zat besi, potasium dan likopen yang pastinya baik bagi kesehatan Ibu hamil dan adik kecil yang ada di dalam kandungan. Penasaran mengenai apa saja manfaat baik dari buah naga untuk ibu hamil? Mari, simak penjelasannya berikut ini!

Kandungan Dalam Buah Naga

Secara umum, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga, yaitu:

  • Air 90,20%
  • Karbohidrat 11,50%
  • Protein 0,53%
  • Lemak 0,40%
  • Serat 0,71%
  • Calcium 6-10 mg/100g
  • Fosfor 8,70%
  • Vitamin C: 9,40%

Untuk jenis yang buah naga yang memiliki tipe daging merah, terdapat kandungan beta carotene yang berfungsi sebagai antioksidan.

Amankah Konsumsi Buah Naga Untuk Ibu Hamil?

Sebelum memahami mengenai manfaat dari buah naga, mungkin kerap kali Grameds mendengar mengenai risiko bahaya dari mengonsumsi buah naga terutama bagu ibu hamil muda. Menurut Firstcry Parenting, melihat banyaknya kandungan baik yang ada di dalam buah naga tentu ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi buah nikmat yang satu ini. Bahkan disarankan untuk dikonsumsi dengan rutin.

Kendati demikian, demi memperoleh manfaat buah naga yang optimal bagi ibu hamil, Ibu harus mengonsumsinya dalam batas yang wajar. Dilansir dari Health Kompas, satu buah naga mempunyai ukuran 350-450 gram. Ibu hamil yang tidak memiliki penyakit penyerta dapat mengonsumsi sebanyak 200 gram dalam sehari.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga, bisa dikatakan bahwa buah ini dapat menjadi bagian dari menu sehari-hari untuk ibu hamil. Berikut ini, manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan:

1. Mendukung Perkembangan Otak Janin

Tercukupinya kebutuhan lemak baik dalam tubuh ibu hamil tidak sekadar bermanfaat untuk menambah energi serta membantu proses metabolisme, tetapi juga mendukung perkembangan otak pada janin.

Buah naga memiliki kandungan proporsi monounsaturated fatty acid atau lemak tak jenuh tunggal. Selain buah naga, lemak tak jenuh tunggal dapat ditemukan pada alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

2. Memberikan Tambahan Energi

Manfaat dari buah naga untuk ibu hamil berikutnya, yaitu untuk memberikan tambahan energi. Ketika memasuki trimester akhir, Ibu membutuhkan karbohidrat hingga 2.200 kalori. Selain kaya akan kandungan lemak baik, buah naga juga memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya.

Hal ini dapat bermanfaat untuk membuat tubuh Ibu menjadi lebih berenergi serta nyaman untuk beraktivitas sehari-hari.

3. Melawan Infeksi

Jika Ibu terinfeksi jamur maupun bakteri, tentu akan membawa dampak buruk bagi janin karena bakteri dan jamur tersebut bisa menemukan jalan pada bayi melalui plasenta.

Nah, dengan mengonsumsi buah naga, bisa membantu ibu hamil untuk melakukan regenerasi sel dalam mencegah infeksi serta membuat kekebalan tubuh meningkat dari mikroba tersebut.

4. Meredakan Sembelit

Bukan merupakan rahasia lagi bila ibu hamil rentan mengalami sembelit atau kondisi sulit buang air besar. Meski demian, buah naga memiliki kandungan serat sebanyak 7 gram yang bisa membantu mengatasi hal tersebut. Dengan konsumsi buah naga secara rutin, kesehatan saluran pencernaan Ibu akan terjaga.

Buah naga juga memiliki kandungan prebiotik yang berperan sebagai sumber makanan untuk bakteri baik yang ada di dalam usus, yakni bakteri bifidobacteria dan lactobacilli. Bakteri baik ini bisa membantu untuk membunuh bakteri dan virus yang menjadi penyebab penyakit.

5. Mencegah Anemia

Ibu hamil membutuhkan kecukupan zat besi supaya terhindar dari anemia. Kondisi anemia membuat Ibu rentan mengalami kelahiran prematur, pendarahan saat persalinan, Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), hingga depresi usai melahirkan atau postpartum. Maka dari itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah naga yang banyak memiliki kandungan zat besi.

Dalam 100 gram buah naga, ada 1,9 miligram atau yang setara dengan 11 persen dari total kebutuhan zat besi harian. Manfaat dari buah naga merah untuk ibu hamil tua, yakni untuk membantu sel darah meningkatkan kapasitas oksigen dan kadar hemoglobin, sehingga dapat menurunkan risiko Ibu mengalami anemia.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kalsium dan mineral adalah dua zat yang diperlukan oleh janin untuk mengembangkan struktur tulang baik tubuh maupun gigi. Keduanya ada di dalam buah naga. Mengonsumsi buah naga dalam jumlah yang wajar bisa membantu perkembangan serta pertumbuhan dari tulang dan gigi janin di dalam perut.

7. Menurunkan Risiko Cacat Tabung Saraf pada Bayi

Saat sedang masa kehamilan, pemenuhan asam folat tentu sangat penting mengingat bayi rentan untuk menderita cacat tabung saraf ketika lahir. Mengonsumsi buah naga bagi ibu hamil bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian. Hal ini dapat mencegah risiko terjadinya cacat pada sistem saraf tersebut.

8. Menjaga Tekanan Darah

Jika Grameds bertanya, “bolehkah ibu hamil mengonsumsi buah naga ketika mengalami hipertensi?” Jawabannya, boleh. Buah naga dapat membantu menjaga tekanan darah supaya tetap stabil.

Preeklampsia merupakan sebuah komplikasi yang umum terjadi saat memasuki usia kehamilan 20 minggu. Gejalanya ditandai dengan tekanan darah yang mencapai 140/90 mmHg. Komplikasi ini bisa membuat organ tubuh lainnya seperti hati dan ginjal menjadi berbahaya.

9. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C yang ada pada buah naga memiliki kandungan lebih tinggi daripada yang ada di buah jeruk. Dalam 100 gram buah naga, ada 21 miligram vitamin C atau yang setara dengan 34 persen kebutuhan harian dan bisa menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Sama seperti vitamin C, antioksidan yang ada di dalam buah naga juga mampu untuk menghindari radikal bebas, khususnya radiasi yang bisa memberikan dampak buruk bagi tumbuh kembang otak anak.

10. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Selama masa kehamilan, Ibu diharuskan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian. Hal ini diwujudkan dari rutin minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari serta mengonsumsi makanan lain yang tinggi akan kandungan air, salah satunya ialah buah naga untuk ibu hamil. Buah satu ini memiliki kandungan banyak air yang menyegarkan!

11. Mengelola Kadar Gula Darah

Menurut Defeat Diabetes Foundation United States of America, buah naga bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah sehingga ibu hamil dapat terhindar dari diabetes gestasional. Jenis diabetes ini hanya terjadi ketika masa kehamilan. Dalam penelitian lebih lanjut, buah naga juga dianggap bisa meregenerasi sel pankreas rusak yang disebabkan karena diabetes.

12. Mengontrol Kolesterol Jahat

Seperti yang telah diuraikan pada penjelasan sebelumnya, buah naga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acid. Lemak tak jenuh yang satu ini dikenal dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh serta menjaga kesehatan jantung. Ibu juga dapat memantau berat badan untuk tetap ideal selama masa kehamilan dengan mengonsumsi buah naga secara rutin.

Aneka Resep Puding Buah Naga

Salah satu olahan buah naga yang sangat nikmat dan menyegarkan adalah puding. Makanan penutup lembut satu ini selalu dapat membuat siapa saja tergoda untuk mencicipinya. Bagaimana tidak, perpaduan antara buah naga yang segar dicampur dengan susu dan memiliki tekstur lembut dijamin siapa saja pasti tertarik.

Di sisi lain, buah naga yang diolah menjadi puding lembut ini cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan penutup yang simpel. Tambahan vla untuk topping juga dapat menjadikan puding buah naga ini lebih nikmat.

Untuk mengetahui cara membuat serta apa saja kreasi puding buah naga yang nikmat, Grameds dapat menyimak dalam kompilasi resep yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Puding Buah Naga

Bahan:

  • 1 buah naga (ukuran 300gr)
  • 1 sachet agar-agar plain (tanpa rasa)
  • 120 gr gula pasir (sesuai selera)
  • 4 sdm krimer
  • 800 ml air
  • Sejumput garam

Cara membuat:

  1. Haluskan buah naga, sisihkan.
  2. Di dalam panci, campurkan gula pasir, agar-agar plain, sejumput garam, dan air
  3. Kemudian aduk rata.
  4. Masak dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk.
  5. Jika sudah mendidih, matikan api kompor
  6. Tunggu uap panasnya hilang.
  7. Masukkan buah naga yang telah dihaluskan, kemudian aduk rata.
  8. Masukkan krimer, lalu aduk hingga tercampur rata.
  9. Tuang ke dalam cetakan, tunggu hingga suhu ruang
  10. Kemudian simpan ke dalam kulkas.
  11. Keluarkan dari cetakan dan potong-potong.
  12. Lalu sajikan.

2. Puding Busa Buah Naga

Bahan:

  • 450 ml susu UHT fullcream
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 3 butir putih telur
  • 1/4 sdt garam
  • 125 gr gula pasir
  • Pasta vanilla secukupnya
  • 1 buah naga ukuran sedang blender kasar

Cara membuat:

  1. Rebus susu UHT, agar-agar, gula pasir dan pasta vanilla hingga meletup sisihkan.
  2. Kocok putih telur dan garam hingga mengembang.
  3. Tuang rebusan pudding sedikit-sedikit ke dalam kocokan putih telur sembari terus dikocok matikan.
  4. Mixer hingga rata
  5. Kemudian tuang buah naga.
  6. Tuang puding buah naga ke dalam cetakan biarkan set, sajikan.

3. Puding Lapis Pink-Fuschia

Bahan:

  • 1 bungkus agar-agar swallow plain
  • 1 bungkus Nutrijell plain
  • 1 susu real good strawberry ukuran 125 ml
  • 1 sachet kental manis putih dicairkan air hangat hingga 300 ml
  • 2 sdm susu bubuk
  • 7 sdm gula pasir
  • 2 sdm maizena dicairkan
  • 1/2 daging buah naga ukuran kecil, diblender dengan sedikit air matang
  • Seujung sendok pasta strawberry
  • Secubit garam
  • 1 liter air
  • Vla instan untuk pelengkap

Cara membuat:

  1. Larutkan susu bubuk ke kental manis yang dicairkan air hangat, aduk.
  2. Campur agar-agar, Nutrijell, semua susu, gula, dan air ke dalam panci.
  3. Aduk rata sampai tidak ada yang menggumpal.
  4. Masak di atas api sambil sesekali diaduk.
  5. Jika udah setengah mendidih, masukkan maizena dan garam, aduk.
  6. Matikan api bila sudah matang.
  7. Bagi 2 puding, bagian 1 diberi pasta strawberry (pink), bagian 2 doberi buah naga halus (fuschia).
  8. Aduk masing-masing puding supaya warnanya rata.
  9. Bagian warna fuschia tak perlu dipanaskan lagi agar vitamin tidak hilang, karena nanti akan dipanaskan lagi bila puding agak mengeras hingga menunggu lapis-lapis.
  10. Tuang puding warna pink atau fuschia ke dalam loyang
  11. Kemudian, tunggu sekitar 10 menit atau hingga agak mengeras hangat,tetapi tidak bocor saat ditimpa.
  12. Tuang lagi lapisan puding selanjutnya, dan seterusnya hingga habis.
  13. Jika puding agak mengeras sebelum dituang, dapat dipanaskan sebentar supaya cair lagi.
  14. Bila sudah agak dingin masukkan kulkas.
  15. Setelah beberapa jam, keluarkan puding.
  16. Potong-potong dan sajikan dengan vla.

4. Puding Buah Naga Oreo

Lapisan 1 (merah):

  • 550 ml susu cair
  • 50 ml susu evaporasi
  • 70 gr gula pasir
  • 3 sdt agar-agar plain
  • 1/2 sdt jelly plain
  • 125 gr buah naga
  • 50 ml susu kental manis
  • Sejumput garam

Lapisan 2 (putih):

  • 1000 ml susu cair
  • 100 ml susu evaporasi
  • 140 gr gula pasir
  • 3 sdt agar-agar
  • 1 sdt jelly plain
  • 100 ml susu kental manis
  • Sejumput garam
  • 8 keping Oreo, ambil krimnya, lalu cincang kasar

Cara membuat:

  1. Blender halus buah naga, sisihkan.
  2. Masukkan gula pasir, agar-agar dan jelly di bahan lapisan 1 ke dalam panci. Aduk rata.
  3. Tambahkan susu cair, susu evaporasi, SKM dan sejumput garam. Aduk rata.
  4. Masak dan aduk terus hingga mendidih. Lalu matikan api.
  5. Tambahkan buah naga yang sudah dihaluskan. Aduk lagi hingga rata.
  6. Tuang ke dalam cetakan.
  7. Lakukan hal yang sama untuk lapisan 2.
  8. Sisihkan Oreonya terlebih dahulu.
  9. Setelah puding lapisan 2 matang, biarkan uap panasnya berkurang.
  10. Masukkan Oreo yang telah dicincang kasar. Aduk rata.
  11. Tuang puding lapisan 2 ke atas puding lapisan 1.
  12. Biarkan hingga dingin dan mengeras.
  13. Simpan dalam lemari pendingin dan sajikan.

5. Puding Jagung Naga

Lapisan kuning:

  • 1/2 bungkus agar-agar plain (merk swallow globe)
  • 1/2 bonggol jagung manis, sisir
  • 450 ml santan encer (santan sedang dan air)
  • 55 gr gula pasir
  • Sejumput himalayan salt

Lapisan merah:

  • 1/2 bungkus agar-agar plain
  • 1/2 butir buah naga merah
  • 55 gr gula pasir
  • 400 ml santan encer (santan sedang dan air)
  • Sejumput himalayan salt

Cara membuat lapisan kuning:

  1. Blender jagung manis sisir dengan seluruh air, saring.
  2. Campur semua bahan. Aduk rata, nyalakan kompor. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
  3. Matikan kompor. Aduk terus terus hingga uapnya berkurang.
  4. Tuang ke dalam cetakan menggunakan centong sayur. Jangan langsung dituang di panci, nanti santannya jadi terpisah ketika sudah dingin.

Cara membuat lapisan merah:

  1. Blender buah naga dengan keseluruhan air.
  2. Campur semua bahan, aduk rata. Masak hingga mendidih sambil terus di aduk.
  3. Matikan kompor, terus aduk hingga uap panas berkurang.
  4. Tuang adonan puding di atas lapisan puding jagung menggunakan centong sayur.
  5. Biarkan semua set. Sajikan

6. Puding Buah Naga Yogurt

Bahan:

  • 1 buah naga
  • 1 bungkus (7 gr) bubuk agar plain
  • 400 ml air
  • 100 ml yogurt greek (plain)
  • 4 sdm gula pasir untuk puding buah naga
  • 3 sdm gula pasir untuk puding yogurt

Cara membuat:

  1. Kupas buah naga. Blender hingga halus, tidak perlu ditambah air.
  2. Ambil jus buah naga sebanyak 200 ml, campurkan air dan bubuk agar plain
  3. Aduk rata, bagi 2 bagian sama banyak.
  4. Satu bagian dicampur buah naga dan gula pasir 4 sdm. Rebus hingga mendidih. Tuang di cetakan.
  5. Satu bagian lagi dicampur yogurt dan gula pasir.
  6. Rebus hingga mendidih.
  7. Lalu tuang di atas puding buah naga yang setengah beku.
  8. Biarkan dingin dan sajikan.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rizki Adinda

Saya sudah tertarik dengan dunia menulis sejak usia belia, walaupun saat itu saya hanya bisa menulis cerita-cerita pendek saja. Lewat menulis pula, saya jadi mengetahui banyak kosakata yang belum pernah saya tahu/dengar sebelumnya. Saya senang menulis dengan tema-tema seperti kesehatan, dan juga tentang Korea.

Kontak media sosial Instagram saya Adinda Rizki