in

Ketahui Penghilang Stretch Mark dengan Cara Ampuh!

Penghilang stretch mark – Stretch mark merah merupakan guratan garis-garis yang baru muncul di permukaan kulit. Sedangkan stretch mark putih adalah guratan yang sudah pulih dan memudar. Dua jenis stretch mark ini sebagai masalah kulit yang umum terjadi. Ciri-cirinya yaitu ditandai dengan adanya guratan berupa garis-garis halus di permukaan kulit, sehingga dapat mengganggu penampilan. Di sisi lain, stretch mark terjadi ketika kulit meregang dengan cepat sehingga serat elastis dan kolagen di dalamnya menjadi sobek dan rusak, salah satu terjadinya stretch mark ketika grameds mengalami kehamilan hingga naiknya berat badan.

Meski stretch mark terkadang dapat mengurangi rasa percaya diri, tetapi sebenarnya stretch mark ini bisa dihilangkan, baik itu dengan bahan-bahan alami atau dengan sebuah metode terapi. Di kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang penghilang stretch mark. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Penyebab Terjadinya Stretch Mark 

Sebelum membahas tentang penghilang stretch mark, ada baiknya kita membahas tentang penyebab munculnya stretch mark terlebih dahulu. Adapun beberapa penyebab terjadinya stretch mark, antara lain:

  • Proses kehamilan 

Pada masa kehamilan, grameds akan mengalami kulit meregang sehingga memberikan ruang kepada bayi di dalam rahim. Adanya peregangan ini berimbas munculnya stretch mark di kulit. Biasanya terjadinya stretch mark dialami oleh ibu hamil dengan usia antara 21 hingga 41 tahun.

  • Kondisi kesehatan tertentu 

Penyebab terjadinya stretch mark berikutnya adalah kondisi kesehatan. Dalam hal ini, seseorang yang mengalami stretch mark biasanya mengalami sindrom cushing. Sindrom cushing ini bisa meningkatkan produksi hormon lebih cepat dari biasanya, sehingga akan menurunkan elastisitas kulit.

  • Lonjakan berat badan 

Ketika grameds mengalami lonjakan berat badan dengan cepat, kulit akan berkontraksi begitu cepat sehingga beberapa jaringan di dalamnya akan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, adanya bekas di bagian yang mengalami kontraksi.

  • Pubertas 

Anak-anak yang mengalami pubertas melalui pertumbuhan cepat menuju remaja biasanya mereka akan muncul stretch mark. Kulit akan memaksa meregang untuk menutupi bagian baru, sehingga apabila prosesnya sangat cepat stretch mark dapat muncul di beberapa bagian tubuh.

  • Pertumbuhan otot dengan cepat 

Hipertrofi otot merupakan kondisi di mana seseorang memperoleh otot terlalu cepat juga dapat menyebabkan stretch mark karena kulit tidak mampu mengikuti pertumbuhan otot tersebut. Kondisi ini bisa terjadi saat latihan beban dan pembentukan tubuh.

  • Pembesaran payudara 

Pembesaran payudara dengan cara implan dapat membuat kulit area dada meregang. Akan tetapi, resiko munculnya stretch mark tergantung pada elastisitas kulit serta ukuran implan payudara yang digunakan.

  • Faktor keturunan 

Apabila ada anggota keluarga yang mengalami stretch mark maka grameds juga bisa beresiko mengalaminya. Bahkan faktor genetic ini juga akan menentukan letak kemunculannya. Contohnya, apabila ibu grameds mempunyai stretch mark di paha saat hamil, mungkin grameds akan beresiko mengalaminya di area yang sama.

  • Jenis kelamin 

Pada hasil studi, stretch mark 2,5 lebih sering dialami oleh seorang perempuan. Meski demikian, laki-laki juga beresiko mengalami stretch mark merah terutama selama masa pubertas.

  • Berlebihan saat berolahraga 

Berlebihan saat berolahraga bisa menjadi pemicu munculnya stretch mark. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan berlebihan dalam berolahraga, Grameds.

  • Kurang mengonsumsi air putih 

Saat grameds kurang mengonsumsi air putih, maka kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit. Stretch mark bisa muncul ketika grameds mengalami dehidrasi akibat keelastisitasan kulit yang berkurang.

Grameds juga dapat menghindari konsumsi alkohol dan minuman manis yang berlebihan agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Ketika kulit terhidrasi dengan baik maka dapat menurunkan risiko stretch mark.

  • Tidak menjaga pola makan 

Salah satu penyebab stretch mark karena tidak menjaga pola makan. Jadi, pastikan grameds menjalani pola makan dengan tepat untuk menghindari kenaikan berat badan secara tiba-tiba. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi setiap harinya mempunyai kandungan nutrisi serta gizi yang baik untuk kulit agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

  • Kurang mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C

Bukan hanya untuk daya tahan tubuh, grameds juga membutuhkan vitamin C untuk kesehatan kulit. Pada setiap orang yang mengalami stretch mark akan berbeda-beda. Saat muncul pada kulit, stretch mark akan menyebabkan rasa gatal dan kulit yang sedikit menebal. Kemudian, akan muncul garis-garis halus dengan warna yang berbeda-beda sesuai dengan warna dasar kulit.

Bahan Alami Penghilang Stretch Mark

Kompas.com

Setelah mengetahui penyebab stretch mark, maka pada poin ini, kita akan membahas tentang bahan alami penghilang stretch mark. Adapun, langkah-langkah menghilangkan stretch mark dengan bahan alami, yaitu.

  • Banyak mengonsumsi air putih 

Peran air putih tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi mempunyai manfaat bagi kesehatan salah satunya sebagai cara untuk menghilangkan stretch mark. Untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit, usahakan grameds mengonsumsi air putih 8 hingga 10 gelas ya.

  • Buah Lemon 

Grameds bisa menggunakan buah lemon untuk menghilangkan stretch mark. Caranya dengan membelah 1 buah lemon yang masih segar kemudian oleskan belahan buah lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata. Grameds dapat mendiamkan hingga mengering dan meresap sekitar 30 menit, setelah itu dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

  • Minyak zaitun (olive oil)

Minyak zaitun ternyata dapat mempercepat waktu penyembuhan luka di kulit, sehingga grameds bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan stretch mark. Siapkan minyak zaitun secukupnya kemudian oleskan minyak tersebut setelah mandi selama 30 menit. Pastikan juga beri pijatan lembut pada guratan agar minyak tersebut meresap. Langkah terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

  • Gula 

Grameds dapat menggunakan gula sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit yang kasar. Apabila menginginkan hasil yang maksimal, maka campurkan gula dengan madu dan gosokkan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi.

  • Lidah buaya atau aloe vera 

Dengan menggunakan gel lidah buaya dioleskan secara merata dapat menghilangkan stretch mark. Akan tetapi agar gel tersebut dapat meresap secara maksimal maka grameds dapat memberi pijatan secara lembut selama 10 menitan dan diamkan selama 45 menitan. Kemudian grameds dapat membilasnya menggunakan air dingin hingga bersih.

  • Kentang 

Grameds hanya cukup mengirisnya tebal dan mengoleskan secara merata pada bagian yang terkena guratan. Apabila menggunakan alternative lain, grameds dapat menggunakannya dengan masker kentang.

  • Putih telur

Grameds bisa menggunakan telur ayam atau bebek yang mengandung protein tinggi. Pecahkan dan pisahkan antara kuning dan telur putihnya, kemudian kocok putih telur tersebut hingga mengeluarkan sedikit busa. Langkah selanjutnya oleskan putih telur tersebut secara merata pada bagian stretch mark selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat hingga besih.

  • Cocoa butter 

Cocoa butter sebagai sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao yang sudah banyak dalam bentuk handbody dan sunblock. Gunakan bahan alami ini sebagai cara menghilangkan stretch mark pada bagian paha dan perut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya sebelum tidur dan setelah bangun tidur minimal 2 kali sehari.

  • Bubuk cokelat 

Langkah pertama grameds dapat menyiapkan terlebih dahulu bubuk coklat tawar, belum ada tambahan pemanis, ya. Kemudian membuat semacam krim atau pasta dengan cokelat tersebut. Pastikan pasta yang dibuat tidak terlalu cair dan pekat.

Lalu, oleskan cokelat tersebut pada bagian kulit yang bermasalah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15-30 menit setelah itu bilas hingga bersih. Grameds dapat melakukan cara ini setelah mandi dengan rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

  • Tretinoin cream 

Dalam studi penelitian, bahwa tretinoin cream seperti retin A, renova dan avita dapat mengurangi guratan pada mereka yang mempunyai usia stretch mark masih muda atau baru beberapa bulan saja.

Biasanya stretch mark jenis ini ditandai dengan warna merah, merah muda maupun ungu. Namun, tretinoin dapat membuat kulit iritasi sehingga tidak dianjurkan selama masa kehamilan. Grameds dapat menunggu hingga selesai melahirkan, ya.

  • Centella 

Centella asiatica dapat merangsang sel-sel yang memproduksi kolagen sehingga dapat menghentikan aksi hormone glukokortikoid yang menghancurkan kolagen di kulit yang ada stretch marknya.

  • Asam hyaluronat 

Asam hialuronat dipercaya dapat melindungi sel-sel yang memproduksi kolagen. Grameds dapat menerapkan asam hialuronat pada kulit secara langsung. Disisi lain, asam hialuronat juga hadir dalam berbagai krim, lotion maupun produk perawatan kulit lainnya.

  • Vitamin A 

Vitamin A merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini hadir dalam berbagai macam perawatan kulit dengan nama retinol. Tretinoin maupun retinoid (bentuk vitamin A) yang digunakan untuk mengobati stretch mark.

Akan tetapi, pada sebuah studi penelitian memberikan peringatan bahwa Vitamin A oral tidak boleh digunakan selama masa kehamilan, saat menyusui maupun saat grameds mencoba untuk hamil karena diketahui menyebabkan efek berbahaya bagi perempuan hamil dan terkadang dapat menyebabkan iritasi kulit.

  • Air lemon dan timun

Grameds juga bisa menggunakan perasan air lemon dan timun untuk menjadi obat pemudar stretch mark. Perpaduan dua bahan ini sangat bagus lho, sebab air lemon dapat menyembuhkan serta mengurangi bekas luka sementara untuk timun dapat menenangkan kulit serta membuatnya lebih segar. Langkahnya, oleskan air lemon dan jus timun ke bagian tubuh yang alami stretch mark, biarkan hingga menyerap kulit selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Kompas.com

  • Kunyit 

Langkah yang dilakukan yaitu campurkan bubuk kunyit atau kunyit yang sudah ditumbuk dengan air dan perasan lemon atau minyak kelapa hingga mengental, kemudian grameds dapat oleskan pada kulit stretch mark 1-2 kali sehari secara rutin.

  • Minyak argan 

Minyak argan mengandung banyak vitamin, seperti vitamin E, vitamin A, asam lemak dan nutrisi lainnya yang dapat membuat kulit jadi lebih kenyal dan sehat. Setelah mandi, grameds dapat oleskan minyak argan ke stretch mark dan pijat beberapa saat.

  • Minyak rosehip 

Minyak ini berasal dari buah atau biji mawar serta menjadi salah satu solusi untuk meminimalisir stretch mark. Pelembab yang mempunyai kandungan rosehip dapat membantu mencegah guratan stretch mark pada perempuan hamil bertambah parah.

  • Minyak lavender 

Selain menjadi aromaterapi untuk meredakan stress, kecemasan dan rasa sakit, minyak lavender juga dapat meningkatkan sintesis kolagen untuk menyembuhkan luka. Minyak ini dapat memicu sintesis kolagen pada manusia yang membantu mengatasi stretch mark.

  • Minyak pohon teh 

Minyak pohon teh mempunyai sifat antimikroba dan anti inflamasi yang dapat menjaga kesehatan kulit serta mencegah beberapa masalah kulit. Namun, grameds hati-hati saat menggunakan minyak ini karena jenis kulit tertentu dapat mengalami iritasi.

Agar grameds tidak terjadi iritasi, cobalah oleskan sedikit minyak pohon teh pada kulit. Sehingga, dapat mengetahui apakah kulit bisa menoleransi minyak tersebut atau tidak.

Rekomendasi Buku Kecantikan

Rahasia Awet Muda

Pada dasarnya, banyak orang terutama wanita yang ingin terlihat awet mudah, melalui buku Rahasia Awet Muda ini, kamu akan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar wajah terlihat awet muda.

 

Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Bagi para wanita pastinya ingin mengetahui rahasia agar kulit wajah terlihat cantik. Buku Rahasia Perawatan Kulit Wajah ini bisa dijadikan sebagai panduan untuk kamu yang ingin merawat kulit wajah.

 

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Setelah mengetahui cara menghilangkan stretch mark dengan bahan alami, maka di bawah ini akan dijelaskan cara menghilangkan stretch mark dengan beberapa metode. Jadi, tunggu apalagi, simak terus artikel ini, Grameds.

  • Mikrodermabrasi 

Mikrodermabrasi merupakan terapi yang menghilangkan lapisan kulit paling atas untuk mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastis. Pengobatan ini menggunakan Kristal yang dapat menembus ke kulit. Kristal lembut itu mengikis permukaan kulit. Apabila grameds mempunyai stretch mark yang sudah lama hingga warnanya putih atau keabu-abuan maka dapat menggunakan pilihan mikrodermabrasi.

  • Berolahraga 

Cara menghilangkan stretch mark berikutnya adalah dengan berolahraga. Namun, sebaiknya jangan melakukan olahraga secara berlebihan, Grameds.

  • Terapi laser 

Untuk menghilangkan stretch mark, bisa dilakukan dengan terapi laser. Dengan terapi ini akan memunculkan gelombang cahaya yang dapat memicu peningkatan kolagen, sehingga produksi melanin pada kulit berjalan dengan baik.

  • Terapi radio frekuensi 

Terapi radio frekuensi dilakukan dengan cara mengirimkan gelombang energy ke kulit untuk merangsang produksi kolagen. Selain mengatasi stretch mark, prosedur ini juga dapat dilakukan untuk mengencangkan kulit.

Nah, itulah penghilang stretch mark, ya grameds. Stretch mark sangat normal dan tidak berbahaya ya, sehingga tidak membutuhkan penanganan khusus. Akan tetapi, apabila grameds merasa tidak nyaman dengan adanya stretch mark yang muncul dapat melakukan berbagai cara diatas ya. Maka dari itu, ketika kamu mengalami stretch mark, sebaiknya jangan terlalu cemas ya.

Demikian pembahasan tentang penyebab stretch mark hingga penghilang stretch mark. Semoga saja semua pembahasan di atas bermanfaat sekaligus bisa menambah wawasan kamu, Grameds.

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang kecantikan atau perawatan kulit, kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

 

Rujukan:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rizki Adinda

Saya sudah tertarik dengan dunia menulis sejak usia belia, walaupun saat itu saya hanya bisa menulis cerita-cerita pendek saja. Lewat menulis pula, saya jadi mengetahui banyak kosakata yang belum pernah saya tahu/dengar sebelumnya. Saya senang menulis dengan tema-tema seperti kesehatan, dan juga tentang Korea.

Kontak media sosial Instagram saya Adinda Rizki