in

Jenis-Jenis Minyak Rambut Bayi yang Aman dan Bernutrisi

Minyak rambut bayi – Keramas saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan rambut bayi. Agar mempunyai rambut yang sehat dan tebal, maka diperlukan perawatan tambahan. Salah satunya, grameds bisa menggunakan minyak rambut bayi yang memang diformulasikan khusus untuk bayi.

Bicara soal minyak rambut bayi, ini memiliki banyak sekali jenisnya. Selain itu, dalam menggunakan minyak rambut bayi, sebaiknya disesuaikan dengan karakteristik dari rambut bayi itu sendiri.

Nah, apa saja jenis-jenis minyak rambut bayi yang aman digunakan? Tenang, tak perlu bingung untuk memilih minyak rambut bayi yang akan digunakan, karena di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang jenis-jenis minyak rambut bayi. Jadi, tunggu apalagi, tetap simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Jenis-Jenis Minyak Rambut Bayi

Berikut ini jenis-jenis minyak rambut bayi yang bisa Grameds gunakan secara rutin.

1. Himalaya Baby Hair Oil

https://himalayawellness.in/

Himalaya Baby Hair Oil merupakan salah satu produk yang mempunyai kandungan beragam untuk kulit kepala dan rambut bayi. Minyak ini terdapat kandungan Amla yang dikenal mampu memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut si buah hati. Selain ada kandungan Amla, minyak ini juga terdapat kandungan Gotu Kala yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kandungan lain pada minyak rambut ini, yaitu Bhringaraja yang dikenal mampu memperkuat, menggelapkan rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu saja, minyak ini juga mengandung coconut oil, almond oil, olive oil dan sesame oil yang memberikan manfaat maksimal untuk rambut lebih berkilau dan bercahaya.

Cara menggunakannya cukup mudah lho, grameds cukup menuangkan minyak rambut bayi ini secukupnya di telapak tangan, kemudian pijat lembut rambut dan kulit kepala bayi dengan ujung jari gerakan memutar. Apabila ingin hasil yang maksimal, maka gunakan pemakaian minyak ini secara rutin setiap harinya.

2. Mamaearth Nourishing Hair Oil for Babies

https://mamaearth.in/

Minyak rambut bayi selanjutnya adalah mamaearth nourishing hair oil for babies. Minyak ini dikenal sebagai paket lengkap, karena di dalamnya mempunyai kandungan yang beragam serta bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut si buah hati. Adapun tiga kandungan utamanya adalah minyak avokad, minyak jojoba, dan minyak almond. Produk ini mempunyai kandungan minyak avokad yang kaya antioksidan, biotin, mineral dan vitamin yang mampu merangsang aliran darah serta membuka folikel rambut yang tersumbat.

Di sisi lain, kandungan minyak jojoba juga mampu melembabkan kulit kepala dan memperkuat akar rambut serta memastikan adanya pertumbuhan rambut yang lebih kuat. Karena memiliki berbagai macam manfaat lainnya, dalam produk ini terdapat cradle cap yang mampu meringankan masalah kulit kepala bayi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Hal ini karena adanya kombinasi antara minyak kelapa, minyak almond dan lavender yang mampu menenangkan iritasi dan mengurangi gejala cradle cap. Selain itu produk ini juga mampu melembabkan dan menutrisi kulit kepala. Namun, grameds tidak perlu khawatir ya karena produk ini sudah teruji secara klinis sehingga aman untuk kulit kepala bayi yang sensitif.

3. Tropee Bebe Candlenut Oil

https://www.tropeebebe.com/

Pasti grameds sudah mengetahui produk satu ini ya? Karena kandungan di dalamnya yang menjadikan produk ini sebagai primadonanya. Trope Bebe Candlenut Oil mengandung minyak kemiri alami yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan menghitamkan rambut. Perlu grameds ketahui bahwa kerontokan rambut dapat dialami oleh siapa pun termasuk seorang bayi.

Dalam beberapa bulan pertama kehidupannya, kebanyakan bayi akan kehilangan rambutnya. Namun, hal ini normal terjadi. sehingga grameds perlu menyesuaikan perawatan rambut bayi agar rambutnya dapat tumbuh lebat kembali. Trope Bebe Candlenut Oil mudah digunakan karena kemasannya berbentuk spray. Cara menggunakannya grameds cukup menyemprotkan produknya pada kepala bayi setelah mandi. Gunakan pemaiakan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal, ya.

Pada produk ini mempunyai kelebihan pada kemasan yang berbentuk spray sehingga akan memudahkan peggunaan, kemiri yang digunakan juga tanpa proses pemasakan maka nutrisinya bekerja dengan maksimal. Kekurangannya adalah bagi grameds yang tidak menyukai bau seperti jamu, mungkin akan sedikit terganggu dengan aroma dari produk ini.

4. Kukui Candlenut Oil Hair

Apakah grameds ingin si buah hati mempunyai rambut yang lebih lebat dan mudah diatur? Produk satu ini adalah jawabannya! Kandungan utama dalam produk  Kukui Candlenut Oil ini adalah minyak kemiri yang sudah terbukti mampu melebatkan, melembapkan serta mencegah kerontokan rambut. Tidak hanya ada minyak kemiri saja, namun produk ini juga mengandung minyak argan.

Jika grameds melihat tekstur dari minyak rambut bayi satu ini berwarna kuning kemerahan. Ketika diaplikasikan akan meninggalkan kesan mengkilap di tangan. Namun, grameds tidak perlu khawatir dengan pemakaian yang sedikit produk ini sudah dapat meresap dengan sempurna pada kulit kepala bayi, sehingga rambut bayi akan mudah diatur dan bebas lepek sepanjang hari.

Kelebihan produk ini antara lain dikombinasikan dengan minyak argan yang kaya vitamin dan mineral serta dapat digunakan sebagai minyak pijat. Kekurangannya menurut beberapa pengguna, produk ini mempunyai aroma yang sedikit mengganggu, sehingga tidak semua pengguna dapat menikmati dari aroma tersebut.

Bagi para ibu, penting untuk mengetahui beberapa fakta seputar ASI. Hal ini memang perlu dilakukan agar bayi mendapatkan pertumbuhan yang baik. Buku Mommyclopedia: 456 Fakta Tentang Asi Dan Menyusui bisa dijadikan panduan agar sang ibu lebih tenang dalam memberikan ASI.

 

5. Johnson’s Baby Hair Oil

Apabila grameds ingin minyak rambut bayi yang terbukti secara klinis aman untuk bayi, maka pilihannya bisa jatuh pada Johnson’s Baby Hair Oil. Produk ini mempunyai kandungan avokad dan pro vitamin B5 untuk rambut tampak lembut dan sehat. Karena bahannya yang sangat lembut, produk ini tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit kepala bayi.

Produk ini juga merupakan minyak rambut bayi yang wangi tanpa aroma yang menyengat sehingga tetap terasa lembut. Minyak rambut bayi yang lembut akan memudahkan grameds saat memberikan pijatan yang penuh kasih pada si buah hati. Sentuhan ini dapat membantu menstimulasi indera si buah hati yang penting untuk perkembangannya yang bahagia dan sehat. Grameds dapat menggunakan minyak rambut bayi ini sebelum dan sesudah mandi, atau waktu kapan pun ketika kulit kepala bayi terasa kering.

6. Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut Coconut

Minyak kelapa sebagai bahan alami yang efektif untuk melembabkan rambut. Dengan adanya produk ini grameds bisa mendapatkan minyak rambut bayi yang mampu melembabkan rambut dan kulit kepala. Di samping itu, kandungan vitamin E juga akan menutrisi kulit kepala serta menghilangkan kotoran pada kepala bayi.

Terkadang, permasalahan yang dihadapi kulit kepala bayi seperti munculnya kerak atau yang biasa disebut cradle cap. Nah, grameds dapat mengaplikasikan minyak rambut bayi ini untuk meringankan kerak pada kepala bayi. Caranya cukup mudah, yaitu cukup meminjat kepala bayi menggunakan produk Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut Coconut.

7. Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut

Produk ini terkenal memiliki kandungan yang baik untuk rambut dan kulit kepala bayi, karena mengandung 100 persen minyak kemiri alami untuk membuat rambut lebih gelap dan bercahaya. Selain mempunyai kandungan minyak kemiri, produk ini juga memiliki pro vitamin B5 yang membantu rambut agar tetap lembut bercahaya.

Manfaat lain yang grameds dapatkan jika menggunakan produk ini bahwa  Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut mampu menghilangkan kotoran kepala bayi. Sering kali, kulit kepala bayi yang kering membuat ketombe dan terasa gatal, sehingga dapat diatasi dengan minyak rambut bayi satu ini. Apabila menggunakan secara rutin akan menjadikan rambut bayi lebih berkilau dan sehat lho. Jadi grameds tidak perlu khawatir karena produk ini bebas paraben sehingga aman untuk kulit kepala yang sensitif.

Kelebihan pada produk ini terdapat kombinasi minyak kelapa dan pro vitamin E yang dapat menutrisi, membantu pertumbuhan rambut serta produk tersebut sudah teruji oleh ahli kulit sehingga dijamin cocok dan aman untuk bayi.

8. Yummys Baby Serum

Yummys Baby Serum merupakan produk minyak rambut bayi yang diformulasikan serupa dengan serum. Formula ini lebih bekerja ekstra dalam membantu memaksimalkan manfaat kandungan di dalamnya. Kandungan di dalam produk ini antara lain minyak kemiri, kolagen dan ekstrak ginseng untuk merangsang pertumbuhan rambut serta merawat kulit kepala. Pemakaiannya juga cukup mudah ya grameds, cukup gunakan pada si buah hati setiap setelah keramas.

9. Bambi Baby Hair Lotion with Candlenut, Aloe Vera dan Celery

http://www.bambi.co.id/

Produk Bambi Baby Hair Lotion ini diperkaya dengan aloe vera, kemiri dan seledri yang berperan untuk menghitamkan, melembapkan dan melembutkan rambut bayi. Dalam produk ini juga dilengkapi senyawa anti iritasi seperti minyak kamomil dan pro vitamin B5 untuk melindungi kulit kepala bayi dari iritasi ringan.

Terkadang, beberapa balita mengalami permasalahan dalam makan. Maka dari itu, penting bagi ibu untuk mengetahui masalah makan yang terjadi pada si buah hati. Buku Mommyclopedia 234 Fakta tentang Masalah Makan pada Anak cocok dijadikan sebagai referensi agar tumbuh kembangan balita berjalan dengan optimal.

 

10. Cahaya Natural Baby Hair Growth Oil

https://cahayanaturals.com/

Apabila si buah hati grameds berusia 3 bulan ke atas, dapat menggunakan produk Cahaya Naturals Baby Hair Growth Oil. Tidak hanya itu mempunyai kandungan kemiri saja, namun produk ini juga mengandung bahan aktif ekstrak seledri dan minyak biji jarak yang bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala, melembabkan rambut hingga mendorong pertumbuhan rambut si kecil. Grameds dapat mengoleskan minyak ini di seluruh kulit kepala bayi setelah mandi atau dijadikan sebagai hari mask selama 30 menit sebelum keramas.

Kelebihan produk ini antara lain diperkaya dengan minyak lavender yang dapat menenangkan dan membantu bayi tidur nyenyak, dapat digunakan sebelum maupun sesudah mandi tanpa perlu dibilas dan dapat digunakan oleh orang dewasa untuk menjaga kelembaban, melebatkan serta menyehatkan rambut. Sedangkan untuk kekurangannya dari produk ini adalah hanya dapat digunakan untuk bayi usia 3 bulan ke atas.

11. Royal Hair Kids

Apabila grameds sedang mencari minyak rambut untuk meratakan pertumbuhan rambut bayi, maka dapat menggunakan produk ini. Karena produk ini diperkaya dengan minyak kemiri, minyak jahe dan minyak argan. Ketiga kandungan tersebut mempunyai fungsi yang dapat membantu menumbuhkan rambut si buah hati secara merata. Namun apabila ingin menghasilkan yang optimal, grameds lakukan hair oil ini secara rutin ya!

Kelebihan produk ini mempunyai kemasan yang berbentuk pump sehingga produk akan mudah dikeluarkan, kemudian dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut, melembapkan serta melebatkan rambut. Sedangkan untuk kekurangannya produk ini hanya dapat digunakan untuk bayi usia 3 bulan ke atas serta memiliki harga yang relatif mahal apabila dibandingkan dengan produk lain.

12. Happy Minyak Kemiriku

https://inticosmetic.com/

Ketika grameds minyak rambut bayi yang harganya terjangkau jatuh pada produk Happy Minyak Kemiriku. Grameds bisa mendapatkan minyak rambut berkemasan cukup besar dengan harga yang ekonomis. Meskipun ekonomis, tetapi produk ini mengandung minyak kemiri asli lho. Selain itu, Happy Minyak Kemiriku juga mengandung ekstra vitamin E untuk hasil yang optimal.

Kelebihan dari produk ini antara lain harganya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan produk lain serta diformulasikan dengan ekstra conditioner untuk melembutkan rambut. Sedangkan untuk kekurangannya menurut beberapa pengguna, pada tutup botol kurang rapat, sehingga produk akan mudah reimburse.

13. Multifunction Herbal Infused Hair Growth Oil

https://pinaknaturals.com/

Produk minyak rambut bayi ini mengandung beberapa bahan minyak penting yang bukan hanya menyehatkan rambut namun juga kulit kepala bayi. Kandungan-kandungan tersebut antara lain adanya sifat anti bakteri, anti inflamasi dan anti jamur. Minyak argan membantu menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala sedangkan minyak bunga matahari berfungsi untuk melebatkan dan memperkuat rambut bayi.

Semua kandungan yang ada di minyak tersebut akan diserap ke dalam kulit dengan cepat karena adanya minyak kelapa murni di dalamnya. Jadi, produk ini cocok untuk bayi yang mengalami masalah pada kulit kepala dan rambut. Untuk kelebihan produk ini diformulasikan dengan beberapa kombinasi minyak yang berfungsi menyehatkan rambut dan kulit kepala bayi.

14. Premium Grade Organic Raw Hair & Body Extra Virgin Coconut Oil 

Produk ini mempunyai formula yang mampu membuat rambut bayi menjadi lembut sekaligus bercahaya. Ada beberapa kandungan di dalamnya seperti fatty acids (lauric, capric and caprylic), vitamin E, antioksidan dan protein restorative. Kandungan ini berfungsi melebabkan kulit kepala dan membuat rambut si buah hati menjadi hitam leembut bercahaya. Apabila grameds menginginkan minyak rambut dengan bahan kelapa organic, pilihan ini menjadi solusi yang tepat.

Kelebihan dari produk ini diproses dari kelapa organik yang mengandung fatty acids, vitamin E, antioksidan dan protein restorative. Selain itu, sebagai pelembap, pembersih, perawatan rambut hingga massage oil. Sementara untuk kekurangannya, bagi grameds yang tidak menyukai bau minyak kelapa murni mungkin akan sedikit terganggu.

15. Zwitsal Baby Hair lotion Sweet Almond Oil & Vit E

https://www.zwitsal.co.id/

Mempunyai khas wangi brand Zwitsal, produk ini mampu melebatkan rambut dengan mudah di atur dan wangi yang tahan lama. Grameds jangan khawatir, kandungan di dalamnya sudah hypoallergenic tested sehingga aman digunakan untuk kulit bayi sensitif dan bayi baru lahir. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Setelah si buah hati selesai keramas, aplikasikan sebelum menyisir rambutnya, kemudian usapkan dengan lembut pada rambut dan kulit kepala di kecil.

Apakah Grameds sudah mengetahui cara merawat bayi yang baru lahir? Tenang, jika belum mengetahuinya, maka Grameds bisa menjadikan buku Merawat Bayi baru Lahir sebagai panduannya. Dapatkan segera bukunya di gramedia.com.

 

16. Mama’s Choice Baby Hair Vitamin Lotion

Grameds tidak perlu khawatir jika menggunakan produk ini, karena sudah mempunyai formula yang lembut dan aman. Produk ini diperkaya bahan-bahan alami seperti kemiri, sweet almond, chamomile serta aloe vera organic yang secara efektif dapat melembabkan kulit kepala dan menutrisi rambut untuk mempercepat pertumbuhannya.

17. My Baby Hair Lotion Black & Shine

Produk ini cocok untuk grameds yang menginginkan keharuman rambut bayi lebih tahan lama. Di samping itu, hair lotion ini juga memberikan nutrisi terbaik bagi kulit kepala dan rambut bayi melalui bahan-bahan bermutu tinggi. Tidak hanya merawat kesuburan dan kesehatan rambut si kecil lho, produk ini memberikan kelembutan ekstra bagi rambut bayi sehingga rambut bayi menjadi lebih berkilau alami.

18. Pigeon Baby Hair Lotion

Salah satu keunggulan dari produk ini adalah keharumannya yang lembut dank has untuk bayi, sehingga membuat grameds tidak bosan mencium kepala dan rambut si kecil. Selain itu, minyak-minyak penumbuh rambut bayi ini juga mengandung jojoba dan ekstra chamomile yang menjaga kelembaban dan kelembutan kulit kepala bayi, serta melindunginya dari iritasi ringan.

Nah, itulah jenis-jenis minyak rambut yang aman dan bernutrisi, ya grameds. Karena keramas saja tidak cukup, sehingga membutuhkan perawatan tambahan agar si buah hati tetap segar ya.

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait buku panduan merawat bayi, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/rekomendasi-minyak-rambut-bayi
  • https://hellosehat.com/parenting/bayi/perawatan-bayi/rekomendasi-minyak-rambut-bayi/
  • https://my-best.id/137669
  • https://id.theasianparent.com/minyak-rambut-bayi

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rizki Adinda

Saya sudah tertarik dengan dunia menulis sejak usia belia, walaupun saat itu saya hanya bisa menulis cerita-cerita pendek saja. Lewat menulis pula, saya jadi mengetahui banyak kosakata yang belum pernah saya tahu/dengar sebelumnya. Saya senang menulis dengan tema-tema seperti kesehatan, dan juga tentang Korea.

Kontak media sosial Instagram saya Adinda Rizki