in

Mengenal Ciri-Ciri Orang Hamil dan Asupan Bergizi Ibu Hamil

Ciri-ciri orang hamil – Bagi kaum wanita di seluruh dunia, tentunya tak asing lagi dengan yang namanya ‘hamil’. Ya, hamil hanya terjadi pada kaum hawa, yaitu adanya bayi dalam kandungan si ibu.

Tentunya bagi para ibu atau sepasang suami istri yang sudah berumah tangga kehadiran si buah hati ini menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan. Banyak para calon ibu dan pejuang garis dua melakukan berbagai cara supaya cepat hamil.

Kali ini, artikel ini akan menjelaskan beberapa ciri-ciri ibu hamil, dan asupan apa saja yang baik untuk ibu hamil serta calon buah hati bunda.

Yuk kita simak bersama!

Pengertian Hamil

pixabay

Secara umum, mungkin semua orang sudah tahu apa itu hamil. Secara kedokteran, hamil adalah bertemunya sel spermatozoa laki-laki dengan ovum (sel telur pada wanita), yang kemudian dibuahi, sehingga terjadilah pembuahan dan membentuk janin dalam kandungan wanita.

Setelah ovum ini dibuahi, maka akan ada janin atau embrio sang calon buah hati yang dikandung oleh sang wanita. Umumnya, kehamilan normal pada wanita yang kita ketahui adalah selama 9 bulan. Akan tetapi, ada yang kurang dan ada pula yang lebih.

Ciri-Ciri Ibu Hamil

pixabay

Setelah mengetahui pengertian hamil, tentunya akan ada ciri-ciri dari seseorang yang sedang hamil. Kira-kira apa saja ciri-cirinya, atau mungkin para calon ibu ada yang sedang merasakan ciri-ciri ini?

Berikut ciri-ciri wanita yang sedang hamil yang telah kita rangkum untuk bunda, di antaranya:

1. Telat Menstruasi 

Ciri-ciri pertama wanita sedang hamil yang paling umum diketahui ialah dia akan telat menstruasi atau tidak menstruasi. Banyak wanita mengenali ciri ini sebagai tanda bahwa dirinya sedang hamil. Jika siklus menstruasinya telah tiba dan tidak menstruasi, maka segera periksakan diri ke dokter kandungan atau bisa dengan menggunakan tes mandiri menggunakan testpack yang bisa dibeli di apotik-apotik terdekat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2. Perut Terasa Kembung

Ciri selanjutnya perut sering atau terasa kembung. Biasanya, terjadi di kehamilan pertama setelah telat menstruasi. Perut akan terasa kembung. Ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh wanita yang mengganggu sistem pencernaan, sehingga menimbulkan perut terasa penuh dan kembung. Selain itu, biasanya juga disertai sembelit atau konstipasi.

3. Mual disertai Muntah

Kondisi umum wanita hamil lainnya adalah merasa mual dan muntah-muntah yang biasanya lebih sering terjadi di pagi hari, atau disebut juga morning sickness.

Gejala ini sering terjadi di awal kehamilan atau trimester kehamilan. Meski begitu, gejalanya akan berangsur hilang atau berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan.

4. Sering Kelelahan

Ciri selanjutnya dari ibu yang sedang hamil ialah ibu merasa cepat lelah walaupun aktivitas yang dikerjakannya tidak terlalu berat. Ini juga terjadi karena perubahan hormon, ibu yang sedang hamil, maka hormon progesteron dalam tubuhnya akan meningkat, sehingga membuat si ibu menjadi sering lelah dan mengantuk.

Jadi, pastikan ibu hamil dapat menjaga kesehatan janin dan mengelola stres dengan baik.

5. Kram Perut

Ciri umum lainnya adalah mengalami kram perut. Ini biasanya juga terjadi di kehamilan minggu pertama atau trimester pertama. Kram perut ini juga sering disertai munculnya bercak darah. Hal ini disebabkan karena proses implantasi janin ke rahim. Namun, kram yang dirasakan tergolong ringan.

Bercak darah yang keluar umumnya tidak sampai tiga hari, maka jika ibu mengalami kram perut dan keluar bercak darah hingga lebih dari tiga hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan atau ke pusat layanan kesehatan terdekat.

6. Perubahan Payudara 

Ciri wanita sedang hamil selanjutnya adalah adanya perubahan pada payudaranya. Payudara terlihat lebih besar dan terasa kencang, tetapi puting pada payudara terasa halus dan lembut. Hal ini pun terjadi karena perubahan hormon pada wanita hamil.

Tak hanya payudara, tetapi puting pun akan lebih besar dari biasanya, itu juga sebagai tanda bahwa si ibu bersiap untuk menyusui.

7. Sering Buang Air Kecil

Tanda selanjutnya yang biasa dirasakan oleh ibu hamil adalah dia sering buang air kecil. Ini juga pengaruh perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu hamil.

Selain sering buang air kecil, ibu hamil juga akan mengalami nyeri sendi dan otot, badan akan terasa pegal-pegal dan otot-otot yang terasa tegang, dan Indra penciuman pun lebih sensitif.

Perubahan pada ibu hamil juga tidak hanya pada badan atau fisiknya, tetapi sering kali mengalami perubahan pada mood atau perubahan suasana hati.

Mood yang Berubah-Ubah

Ibu hamil pada trimester pertama akan banyak mengalami perubahan pada fisiknya. Begitu juga dengan trimester selanjutnya. Semakin besar kehamilan, maka mood ibu hamil akan semakin Berubah-ubah.

Bagi wanita yang sudah pernah hamil, mungkin pernah merasakan hal semacam ini, yaitu mood yang berubah-ubah. Hal ini dapat terjadi karena ibu hamil cenderung lebih stres.

Namun, jangan khawatir, untuk para ibu hamil yang mengalami bad mood atau bahkan mood yang cenderung berubah-ubah, bunda bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa mengurangi stres, dan membuang kebosanan, atau kegiatan yang bisa mendapatkan ketenangan, seperti pergi ke salon atau senam.

Ya, kegiatan seperti pergi ke salon, tempat pijat dan spa, serta senam banyak manfaatnya. Ibu hamil menjadi lebih rileks dan tenang. Untuk ibu hamil yang telah memasuki trimester, biasanya lebih extra lagi dalam menjaga mood-nya, karena tingkat stres akan lebih tinggi menjelang proses persalinan.

Penjelasan selengkapnya bisa bunda baca buku-buku mengenai senam hamil pada buku Senam Hamil Mengurangi Kecemasan Ibu Hamil Trimester iii 

 

Itulah beberapa ciri-ciri dari ibu hamil, apakah para ibu ada yang mengalami tanda-tanda di atas?

Asupan Bergizi Ibu Hamil

Bagi para wanita atau ibu yang sedang hamil, tentunya asupan makanan yang bergizi menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan si ibu dan pertumbuhan si calon buah hati. Untuk itu, para calon ibu harus memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi, apakah sehat atau tidak, serta berbahaya bagi ibu dan janin atau tidak.

Faktor makanan yang dikonsumsi pun dapat mempengaruhi atau memberikan dampak yang baik atau buruk terhadap kesehatan ibu dan calon bayi. Karena nyatanya, banyak para ibu yang mengalami keguguran karena lalai atau tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Untuk itu, para calon ibu harus berhati-hati ya dalam mengonsumsi makanan apabila sedang hamil atau menjalani program hamil. Berikut kita telah merangkum beberapa makanan yang wajib menjadi asupan yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

1. Mengandung Asam Folat

Makanan yang kaya akan Asam folat biasanya yang paling sering direkomendasikan oleh dokter kandungan. Asam folat ini sangat penting untuk nutrisi perkembangan otak bayi. Maka tak heran, dokter selalu menganjurkan ibu hamil untuk sering mengkonsumsi makanan yang mengandung Asam Folat ini.

Dalam penelitian, asam folat ini juga dapat mencegah atau meminimalisir resiko autis yang terjadi pada bayi yang lahir. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk mencegah keguguran dan mengurangi anemia.

Nah, ada baiknya ibu hamil selalu mengikuti petunjuk dokter atau orang tua untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Biasanya pemberian makanan yang kaya akan asam folat maupun suplemen makanan yang mengandung Asam Folat ini diberikan dari awal kehamilan.

Ibu hamil bisa mendapatkan asam folat dengan mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, sawi hijau, dll. Dan dari buah-buahan, ibu hamil dapat mengonsumsi alpukat, jeruk, dan pepaya. Selain buah dan sayur, asam folat juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, hati sapi dan telur.

2. Tinggi Protein

Selain makanan yang banyak mengandung asam folat, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein. Karena biasanya protein sangat terkenal untuk pembentukan otot dan jaringan yang lain.

Mengonsumsi makanan tinggi protein pada trimester pertama kehamilan sangatlah penting. Karena akan sangat banyak manfaat yang didapat, salah satunya pembentukan otot dan jaringan tubuh pada ibu dan bayi selama masa kehamilan.

Selain itu, makanan tinggi protein juga meningkatkan daya tahan tubuh sang ibu hamil, sehingga tidak mudah sakit. Dan juga membantu menguatkan janin. Makanan tinggi ini baik dikonsumsi selama kehamilan, baik kehamilan trimester pertama hingga masa melahirkan.

Ada banyak pilihan makanan yang tinggi protein, diantaranya : daging-dagingan, telur, unggas, dan berbagai jenis ikan.

3. Mengandung Zat Besi

Makanan selanjutnya yang baik bagi Ibu hamil adalah makanan yang mengandung zat besi. Biasanya, zat besi dikenal sebagai zat pencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah. Karena pada ibu hamil kekurangan darah dapat mengakibatkan hal fatal, baik untuk ibu hamil maupun calon bayi.

Ibu hamil yang kekurangan zat besi akan cenderung lemah dan tidak dapat beraktivitas dengan baik. Maka ini akan menjadi masalah bagi ibu dan calon bayi, karena anemia membuat produksi sel darah merah atau hemoglobin pada ibu hamil menjadi menurun, sehingga dapat memicu kelahiran prematur.

Selain mencegah anemia, zat besi juga bermanfaat untuk mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh, terutama untuk bayi dalam kandungan. Kekurangan zat besi pada ibu hamil juga dapat mempengaruhi IQ pada anaknya nanti. Jadi, zat besi dan asam folat ini cukup penting peranannya untuk ibu hamil, yaitu untuk perkembangan otak pada janin.

Ibu hamil juga tak perlu bingung, karena banyak makanan yang mengandung zat besi ini, seperti daging sapi dan telur, biji-bijian, bayam, tahu, unggas, kacang-kacangan.

4. Kaya Serat

Selain makanan di atas, ibu hamil juga penting dalam mengonsumsi makanan yang kaya serat. Serat juga nutrisi yang penting untuk ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Makanan kaya serat membantu ibu hamil mengontrol berat badan dan menurunkan resiko diabetes. Makanan kaya serat juga berperan penting untuk perkembangan janin, dan juga membantu melancarkan pencernaan, sehingga ibu hamil tidak mengalami susah buang air besar.

Sebenarnya banyak sekali pilihan, mulai dari sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga buah-buahan.

5. Susu

Susu sangat terkenal sebagai sumber makanan pelengkap yang sempurna. Tidak hanya anak-anak, ibu hamil pun dianjurkan untuk mengonsumsi susu. Hal ini Karena banyak sekali manfaat dari susu ini untuk Ibu hamil.

Susu sangat baik diminum mulai dari trimester pertama, hingga selanjutnya. Seperti yang kita tahu, dalam susu ini banyak mengandung protein, iodium asam folat, kalsium, dan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Seperti kandungan kalsium sebagai pertumbuhan tulang.

Susu dapat dikonsumsi selama kehamilan, selain dari susu, ibu hamil juga dapat mengonsumsi keju dan yogurt untuk mendapatkan nutrisi di atas.

Nah, sudah tahu kan apa saja makanan yang sehat untuk ibu hamil? Mulai sekarang para ibu dan orang tua harus memberikan asupan yang bergizi untuk ibu hamil agar tetap sehat, dan tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Sebenarnya, masih banyak lagi makanan atau olahan yang baik untuk ibu hamil, seperti makanan yang tinggi karbohidrat dan air kelapa yang sangat baik untuk membantu memenuhi cairan tubuh pada ibu hamil.

Buat para ibu hamil yang masih bingung dengan menu apa saja atau resep apa saja yang ingin diolah, bisa baca buku Super Food Untuk Ibu Hamil 

 

Itulah beberapa sumber asupan yang baik untuk ibu hamil dan calon bayi. Semoga bunda dapat memberikan asupan yang baik dan bergizi untuk calon buah hati.

Nah selain dari sumber makanan yang sehat bagi ibu hamil, bagi umat muslim, tentunya ikhtiar dan doa adalah salah satu hal terpenting, baik untuk memperoleh momongan ataupun yang sedang menjalani program kehamilannya.

Dengan doa dan keyakinan, kita harus optimis bahwa kehamilan adalah anugerah yang tak ternilai harganya dari Sang Pencinta. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga kepercayaan dari-Nya.

Untuk umat muslim tentunya banyak sekali doa-doa yang bisa dibaca ketika sedang hamil untuk mengurangi stres, menjaga agar tetap optimis, semangat serta mendapat ketenangan.

Bunda juga bisa baca buku-buku tentang panduan lengkap doa dan zikir untuk ibu hamil yang ada pada buku Panduan Praktis Doa & Zikir Ibu Hamil 

 

Serta tak lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, agar ibu hamil dan calon buah hati tetap tumbuh dengan sehat, dengan cara selalu mengonsumsi asupan makanan yang sehat dan bergizi serta berimbang, pola hidup sehat dengan berolahraga atau senam ringan, dan selalu cek secara berkala kesehatan ibu dan bayi ke pelayanan kesehatan terdekat.

Ya, itu dia beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri ibu hamil. Jika para ibu sedang merasakan ciri-ciri di atas atau sedang program hamil, sebaiknya banyak belajar dari orang tua kita, maupun banyak membaca buku-buku tentang kehamilan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya apabila seorang ibu memiliki ciri-ciri hamil yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Selain itu, jika hamil, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan agar janin pada kandungan bisa sehat.

Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu. Jika ingin mencari berbagai macam buku tentang kehamilan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Rujukan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-tanda-tanda-kehamilan-di-minggu-pertama
  • https://primayahospital.com/kebidanan-dan-kandungan/ciri-ciri-hamil-sebelum-telat-haid/
  • https://www.halodoc.com/artikel/4-makanan-wajib-ibu-hamil-di-trimester-pertama
  • https://www.alodokter.com/daftar-makanan-bergizi-untuk-ibu-hamil-dan-manfaatnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rizki Adinda

Saya sudah tertarik dengan dunia menulis sejak usia belia, walaupun saat itu saya hanya bisa menulis cerita-cerita pendek saja. Lewat menulis pula, saya jadi mengetahui banyak kosakata yang belum pernah saya tahu/dengar sebelumnya. Saya senang menulis dengan tema-tema seperti kesehatan, dan juga tentang Korea.

Kontak media sosial Instagram saya Adinda Rizki