in

Doa Sakit Gigi dan Cara Merawat Kebersihan Gigi Ala Rasulullah SAW

Doa Sakit Gigi – Ketika mengalami sakit gigi, alangkah lebih baik, seorang muslim harus berdoa kepada Allah SWT. Seperti yang kita ketahui bahwa sakit gigi merupakan salah satu masalah pada gigi dan juga mulut yang paling menyiksa. Ungkapan yang mengatakan bahwa lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, sepertinya terdengar cukup logis. Sebab, gigi yang ngilu tidak hanya akan membuat kita kesulitan untuk makan saja, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana hati dan juga kesehatan secara menyeluruh.

Untuk mengatasinya, sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT saat diberi sakit gigi. Begitu pula saat ada keluarga ataupun saudara yang menderita penyakit tertentu, sudah sewajarnya kita menjenguk dan mendoakan mereka agar cepat sembuh. Untuk mengetahui doa sakit gigi supaya cepat sembuh, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Doa Sakit Gigi Agar Cepat Sembuh

Segala jenis penyakit pada dasarnya ada karena izin Allah SWT, baik itu penyakit yang parah ataupun penyakit yang tidak terlalu parah. Misalnya saja sakit gigi. Sakit gigi adalah salah satu kondisi yang mungkin sepele tapi cukup menyiksa bagi sebagian besar orang. Berbagai aktivitas menjadi terganggu dan bahkan selera makan bisa hilang.

Dalam segala kondisi, umat Islam dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Berdoa menjadi salah satu cara untuk menyampaikan semua keluh kesah yang dirasakan. Bahkan, doa juga dapat menjadi upaya manusia untuk memohon kesembuhan. Setiap rasa sakit yang diberikan kepada manusia, pasti memiliki pelipurnya. Terdapat doa yang bisa dipanjatkan saat sedang menderita sakit gigi. Doa tersebut dinilai bisa memberikan kelegaan dan juga kesembuhan untuk penyakit yang diderita.

Kumpulan Doa Dari Al Quran+As Sunnah Yg Shahih Ed-Revisi Hc

Untuk doa sakit gigi di bawah ini adalah salah satu doa yang diamalkan oleh Nabi untuk orang-orang yang sakit dan juga untuk dirinya sendiri. Doa sakit gigi bisa diamalkan dengan diawali bacaan basmalah sebanyak 3 kali. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini 7 kali.

Latin : A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai (HR. Muslim no. 2202).

Doa sakit gigi yang sudah disebutkan di atas dibaca sebanyak 3 hingga 7 kali sembari menyentuh bagian yang terasa sakit, insha Allah akan mereda. Selain membaca doa sakit gigi, kita juga harus melakukan ikhtiar dengan cara mengonsumsi obat sakit gigi dan juga menghindari makanan yang manis supaya sakit gigi yang dirasakan tidak semakin parah.

Usahakan juga supaya bisa sembuh dengan cepat, dianjurkan untuk meminum obat agar nyeri ataupun sakit yang dirasakan semakin berkurang. Doa serta pengobatan ataupun minum obat insha Allah dapat menyembuhkan sakit yang dirasakan.

Doa Sakit Gigi

Allahumma adzhib ‘anhu suu a maa yajidu wa fuhsyahu bi da’wati nabiyyikal mubarokil makini ‘indaka.

Artinya: “Ya Allah lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.”

Dikutip dari laman bincangsyariah, doa yang satu ini disebutkan di dalam kitab Abwab al-Faraj oleh Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki. Caranya yaitu dengan dibaca 3 hingga 7 kali dengan menaruh tangan pada bagian gigi yang sakit. Dengan membaca doa ini, maka harapannya bisa meredakan dan juga menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Doa Untuk Mengangkat Penyakit

“Allahumma rabban naasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqaman”

Artinya: “Ya Allah, hilangkanlah penyakit, berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri”

Doa Agar Cepat Sembuh yang Diucapkan Rasulullah Sebanyak 7 Kali

“As’alullaahal azhiima rabbal ‘arsyil ‘azhiimi an yassfiyaka”

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Doa Meminta Ampunan dan Kesembuhan

“Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa”aafaaka fii diinika wa jismika ilaa muddati ajalika”

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Doa yang Dibacakan Untuk Ruqyah Agar Orang Sakit Lekas Sembuh

“Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. La syifa a illa anta.”

Artinya: “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tanganMu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

KUMPULAN DOA MAKBUL Single Edition

Anjuran Agama Islam Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Agama Islam merupakan agama yang mengajarkan kebersihan dan kesehatan. Tidak terkecuali yaitu kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Seperti yang kita pahami bahwa kesehatan gigi dan mulut mempunyai dampak pada kualitas ibadah kita. Sebab, mulut kita memiliki peran yang sangat penting ketika kita sedang berkomunikasi dengan orang lain. Kemudian saat kondisi mulut tidak bersih, maka hal itu dapat membatalkan sholat.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu rutin membersihkan mulut dan gigi. Sebab, sisa-sisa makanan yang menumpuk pada gigi akan mendatangkan bakteri dan akan memunculkan aroma tidak sedap hingga penyakit. Hal itu sudah dijelaskan di dalam sebuah hadits melalui kitab Al-Mu’jam Al-Ausath oleh Imam At-Thabrani berikut ini:

Artinya: “ Buanglah sisa-sisa makanan di gigimu, karena perbuatan itu adalah kebersihan, dan kebersihan itu akan mengajak (menggiring) kepada iman, dan iman itu akan bersama orang yang memilikinya dalam surga.” (HR. At-Thabrani).

Cara Rasulullah Membersihkan Gigi dan Mulut

Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada umatnya tentang bagaimana cara membersihkan gigi dan mulut agar selalu bersih dan sehat. Dimana beliau biasanya menggunakan siwak yang digosokkan pada bagian gigi. Hal ini sudah disebutkan di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, sebagai berikut:

Artinya: “ Siwak membuat bersih mulut dan mendatangkan ridha Allah.” (HR. Ahmad).

Di dalam sebuah studi yang pernah dilakukan membuktikan bahwa siwak bisa untuk membersihkan gigi dan mulut, menghilangkan sisa-sisa makanan pada gigi, yang mana kemudian dilanjutkan dengan berkumur saat berwudhu. Maka hal itu akan membuat mulut dan tenggorokan terhindar dari radang dan bisa menjaga kesehatan gusi.

Manfaat yang satu ini tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalam siwak, yaitu berupa silika, alkaloid, sodium bikarbonat, fluoride, chloride, vitamin C, sulfur, kalsium, tanin, dan essential oil. Untuk Anda yang belum mengetahui dari mana sebenarnya asalnya siwak? Jadi, siwak merupakan batang kayu atau ranting yang berasal dari kayu arak atau Salvadora Persica. Dimana kayu yang satu ini ada di dalam semak belukar yang berada di Timur Tengah dan beberapa negara di Afrika.

Kumpulan Doa Nabi dan Rasul Single Edition

Walaupun begitu, siwak ini sudah bisa kita temui dengan mudah karena memang banyak yang menjualnya. Bahkan di Indonesia, ada beberapa orang yang memang menjual siwak ini. Sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan siwak dan pastinya tidak perlu repot mencari pohonnya untuk bisa menggunakan siwak.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Lely Azizah