in

Kumpulan Doa Penangkal Santet dan Ilmu Hitam Lainnya Paling Ampuh!

Doa penangkal santet – Tidak dapat dipungkiri fakta kalau Indonesia masih mempercayai hal-hal yang berbau klenik. Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era globalisasi, rupanya masih ada segelintir masyarakat yang lebih mempercayai keberadaan hal-hal mistis dibandingkan ilmu pengetahuan itu sendiri.

Bentuk dari hal-hal klenik tersebut berbagai macam rupanya, dan kerap digunakan oleh dukun atau sejenisnya. Juga dikenal dengan istilah “ilmu hitam”, bentuk-bentuk dari kepercayaan klenik bisa berupa susuk, pesugihan, jampi-jampi, santet dan juga berbagai macam teknik lainnya.

Meskipun seluruh ilmu hitam yang disebutkan di atas hampir dapat dipastikan tidak membawa keuntungan dalam jangka panjang, nyatanya teknik-teknik tersebut masih dipercaya oleh segelintir masyarakat Indonesia dapat membantu mereka meraih keinginan pribadi.

Salah satu ilmu hitam yang konon masih banyak digunakan adalah ilmu santet. Dalam artikel kali ini, Grameds akan mempelajari mengenai pengertian dari santet, ayat maupun hadist agama Islam mengenai santet, dan doa penangkal santet untuk selalu melindungi diri kalian dari ilmu hitam tersebut.

Apa Itu Santet?

doa penangkal santet

Sumber: Kompas.com

Jika kita mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian santet sendiri cukup sederhana, yakni “sihir”. Meskipun demikian, di kalangan masyarakat luas, istilah santet mengacu terhadap sihir yang bersifat buruk dan dapat merugikan orang lain karenanya.

Ini mungkin berbeda dengan pemikiran Grameds mengenai sihir pada umumnya, di mana sihir tersebut bisa digunakan untuk membantu orang banyak. Kenyataannya, pandangan masyarakat luas mengenai santet sudah mengacu ke stigma negatif. Rasanya sulit melihat santet sebagai hanya sekadar “sihir”.

Jadi, jika kita simpulkan pandangan masyarakat sekarang mengenai santet, ada kemungkinan mereka akan berpikir kalau definisi santet adalah ilmu sihir, dalam kasus ini, ilmu hitam, yang dipakai untuk mencelakai orang lain. Ilmu sihir ini biasanya akan dilancarkan oleh ahli sihir, seperti dukun.

Bukan tanpa sebab seseorang meminta dukun atau sejenisnya untuk melancarkan santet terhadap orang lain. Biasanya, alasan seseorang ingin menyantet orang lain dilandasi oleh emosi negatif, seperti dendam kesumat, rasa iri dan dengki, atau marah karena satu dan lain hal.

Emosi-emosi negatif tersebut membuat seseorang tidak dapat berpikir secara jernih. Alih-alih membicarakan apa yang menjadi pokok permasalahan dengan target santet mereka, orang tersebut justru memilih untuk mencelakakan target mereka melalui santet.

Doa Penangkal Santet

Tadi sudah sempat dibahas bahwa santet termasuk ke dalam kategori ilmu hitam. Tentunya, hal ini bukanlah sesuatu yang diizinkan dalam berbagai kepercayaan agama. Salah satu agama yang melarang untuk melakukan santet adalah agama Islam.

Disebutkan bahwa orang-orang di zaman Nabi juga kerap mempraktikkan ilmu hitam, salah satunya adalah santet. Dari masa ke masa, para Nabi berusaha untuk menyampaikan dakwah mereka terkait larangan mengenai santet. Sayang, tidak semua orang mau mendengarkan ajaran dari para Nabi.

Di zaman Rasulullah SAW pun, praktik ilmu hitam ini juga masih bisa ditemukan dalam berbagai kesempatan. Bahkan, terdapat juga cerita yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW terkena jampi-jampi dari tukang sihir, membuatnya berhalusinasi dan melihat apa yang seharusnya tidak ada di sana.

Untuk itu, terdapat sejumlah doa yang bisa menangkal ilmu hitam ini, salah satunya adalah santet. Di bawah ini, akan dijelaskan 5 doa penangkal santet dan juga ilmu hitam lainnya. Meskipun begitu, semoga saja Grameds lekas dijauhkan dari keberadaan santet yang berpotensi mencelakakan kalian.

doa penangkal santet

Sumber: 99.co

Doa Pertama

Bacaan latin: “Bismillahilladzi La Yadhurru Ma’asmihi Syai’un fil Ardhi wa Laa fis Sama’i wa Huwas Sami’ul ‘Alim”.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang bersama Nama-Nya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Mendengar lagi maha Mengetahui.”

Doa ini merupakan bagian dari dzikir yang sebaiknya dibaca ketika pagi hari setelah Sholat Subuh, atau pada malam hari setelah Sholat Maghrib. Dipercaya, seseorang yang membaca doa ini dapat terlindungi tidak hanya dari santet maupun ilmu hitam lainnya, melainkan juga bencana atau musibah.

Doa Kedua

doa penangkal santet

Bacaan latin: “A’udzu bi kalimaatillahit taammaati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun dan dari pengaruh ain yang buruk.”

Berdasarkan arti dari doa di atas, Grameds bisa menyimpulkan bahwa seseorang dapat terlindungi dari berbagai malapetaka yang disebabkan oleh santet, seperti gangguan dari setan atau hewan-hewan pengganggu lainnya. Tidak hanya itu, diharapkan juga setelah membaca doa ini, seseorang juga dapat terlindungi dari penyakit hati.

Doa Ketiga

doa penangkal santet

Bacaan latin: “Hasbiyallahu lailahailla huwa alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul arsyil azhim”

Artinya: “Cukuplah hanya Allah sebagai Tuhanku, tidak ada tuhan melainkan Dia, kepada-Nya lah aku bertawakal, dan Dia-lah Tuhan pemilik Arsy yang agung.”

Seperti yang tadi sudah kita bahas, ilmu hitam seperti santet adalah sesuatu yang menyimpang dari ajaran agama Islam. Hal ini dilarang oleh Allah SWT dan siapapun yang mempraktikkannya akan dikenakan dosa besar. Membaca doa di atas menunjukan seseorang yang yakin bahwa Allah SWT akan melindungi mereka dari hal-hal buruk di sekitarnya.

Doa Keempat

Bacaan latin: “A’uudzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru”

Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

Doa ini diceritakan pernah menjadi doa yang disarankan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca oleh temannya, agar bisa terlindungi dari hal-hal buruk pasca sembuh dari sebuah penyakit. Doa ini dibacakan setelah menyebutkan kalimat “Bismillahirrahmanirrahim” sebanyak 3 kali, dan bacaannya diulang sebanyak 7 kali.

Doa Kelima

Diterjemahkan: “Allahumma rabbana nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya ill? anta syifa’an l? yughadiru saqaman”

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang menjaga manusia, hilangkanlah segala kesusahan dan sembuhkanlah (dia). Engkaulah penyembuh, yang tidak akan datang kesembuhan kecuali datang dari-Mu, kesembuhan dari jenis yang tidak akan kembali penyakitnya.”

Meskipun seseorang sudah berusaha sebaik mungkin agar terhindar dari santet, ada kalanya mereka dapat merasakan efek yang didapatkan dari santet tersebut. Doa di atas adalah doa yang bisa dibacakan oleh seseorang ketika menemukan orang lain terkena santet. Doa ini juga bisa dibacakan untuk orang sakit atau terkena musibah.

Hadist Serta Ayat Al-Quran Mengenai Santet

Keberadaan ilmu sihir seperti santet ini sudah berkali-kali disebutkan di dalam riwayat hadist atau ayat Al-Quran. Mayoritas dari riwayat maupun ayat ini berisikan pertentangan mengenai ilmu hitam, serta dosa yang akan mereka dapat jika ingin mencoba mempraktikkan ilmu ini.

Tetapi, kenyataannya tidak sedikit umat Muslim yang secara terang-terangan masih mencoba melakukan ilmu hitam dan menargetkan orang lain. Allah SWT mengutuk tindakan tersebut dan orang yang mempraktikkan ilmu hitam ini niscaya akan dimasukkan ke dalam api neraka.

Kali ini, Grameds akan mempelajari sejumlah riwayat hadist dan juga ayat Al-Quran terkait pandangan agama Islam mengenai ilmu hitam seperti santet. Semoga saja, tidak ada dari Grameds yang ingin mencoba-coba untuk melakukan kegiatan tidak terpuji ini agar terhindar dari dosa besar

Q. S. Al Baqarah Ayat 102

Bacaan latin: “Wattaba’uu maa tatlush Shayaatiinu ‘alaa mulki Sulaimaana wa maa kafara Sulaimaanu wa laakinnash Shayattena kafaruu yu’al limuunan naasas sihra wa maaa unzila ‘alal malakaini bi Baabila Haaruuta wa Maaruut; wa maa yu’allimaani min ahadin hattaa yaquulaaa”

Artinya: “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman. Sulaiman itu tidak kafir tetapi setan-setan itulah yang kafir, mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babilonia yaitu Harut dan Marut. Padahal, keduanya tidak mengajarkan sesuatu kepada seseorang sebelum (mereka) mengatakan, ‘Sesungguhnya kami hanyalah cobaan (bagimu), sebab itu janganlah (menjadi) kafir.’ Maka mereka mempelajari dari keduanya (malaikat itu) apa yang (dapat) memisahkan antara seorang (suami) dengan istrinya. Mereka tidak akan dapat mencelakakan seseorang dengan sihirnya kecuali dengan izin Allah. Mereka mempelajari sesuatu yang mencelakakan, dan tidak memberi manfaat kepada mereka. Dan sungguh, mereka sudah tahu, barangsiapa membeli (menggunakan sihir) itu, niscaya tidak akan mendapat keuntungan di akhirat. Dan sungguh, sangatlah buruk perbuatan mereka yang menjual dirinya dengan sihir, sekiranya mereka tahu.”

Ayat di atas menjelaskan secara mendetail mengenai keberadaan sihir pada kehidupan manusia, yang ternyata dimulai sejak zaman Nabi Sulaiman. Dan sejak keberadaan sihir ditemukan di dunia, Allah SWT mengutuk keras siapapun yang ingin mencoba-coba menggunakan ilmu ini, apalagi untuk keperluan jahat.

Q. S. Thaha Ayat 69

Bacaan latin: “Wa-alqi maa fii yamiinika talqaf maa shana’uu innamaa shana’uu kaydu saahirin walaa yuflihu alssaahiru haytsu ataa”

Artinya: “Dan lemparkanlah apa yang ada di tangan kananmu, niscaya ia akan menelan apa yang mereka perbuat. Sesungguhnya apa yang mereka perbuat itu adalah tipu daya tukang sihir (belaka). Dan tidak akan menang tukang sihir itu, dari mana saja ia datang.”

Pada ayat ini, disebutkan bahwa apa yang dihasilkan dari ilmu hitam bukanlah sesuatu yang nyata dan tidak akan bertahan lama. Hal tersebut hanyalah tipu muslihat dari para penyihir. Allah SWT juga meyakinkan umatnya kalau pada akhirnya, orang-orang yang mempraktikkan ilmu akan kalah dengan orang-orang yang percaya akan kekuasaan dan kehendak-Nya.

Hadist Riwayat Imam Bukhori Dan Muslimin

Bacaan latin: “Ijtanibu as-sab’a al-mubiqat qalu, wa maa hunna ya Rasulallahi? Qala: as-syirku billahi wassihru wa qatlu an-nafsi allati harramallahu illa bil-haqqi wa akhlu ar-riba wa aklu maali al-yatimi wa at-tawalli yauma az-zahfi waqadhfu al-muhshanat al-ghaafilaati wal-mu’minati.”

Artinya: “Jauhilah tujuh perkara yang merusak (dosa besar). Para sahabat bertanya, ‘Apa saja ketujuh perkara itu wahai Rasulullah?’ Maka Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Syirik kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, sihir, membunuh seseorang yang diharamkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala kecuali dengan jalan yang benar, memakan harta riba, memakan harta anak yatim, lari dari medan perang dan menuduh zina terhadap perempuan-perempuan mukmin.”

Hadist ini mengatakan apa saja 7 dosa besar yang wajib dihindari oleh umat Muslim. Jika dirangkum secara garis besar, dosa-dosa tersebut adalah sihir atau ilmu hitam, syirik kepada Allah SWT, membunuh orang, melakukan riba, mengambil harta anak yatim, melarikan diri dari medan perang, dan menuduh keperawanan seorang wanita.

Hadist Riwayat HR. Ahmad

Bacaan latin: “Man ‘ataa kahinaan ‘aw ‘arrafaan fasaddaqah bima yaqul faqad kafar bima ‘unzila ‘alaa Muhammad”

Artinya: “Barangsiapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal kemudian membenarkan ucapannya, maka sungguh dia telah kafir terhadap agama yang diturunkan kepada nabi Muhammad Shallallahu‘alaihi wa sallam.”

Berdasarkan arti dari hadist di atas, Grameds bisa menyimpulkan bahwa siapapun yang berani untuk mendatangi ahli sihir, orang tersebut secara tidak langsung menyatakan bahwa dirinya adalah orang kafir. Dirinya tidak lagi mempercayai agamanya sendiri, agama Islam, dan telah menduakan ajaran dari Nabi Muhammad SAW.

Penjelasan terakhir ini menutup artikel mengenai santet ini. Semoga saja artikel ini dapat menambah pengetahuan Grameds terkait bahaya dari ilmu santet serta dampak yang dapat dirasakan seseorang ketika ingin mempraktikkan ilmu hitam ini, khususnya terhadap amalan baiknya.

Jika Grameds sedang merasakan kesulitan dalam hidup, alangkah baiknya jika kita berdoa kepada Tuhan masing-masing untuk diberikan kemudahan dalam menjalankan keseharian kita. Jangan sampai kita malah menyimpang dan memilih untuk menduakan ajaran agama kita sendiri.

Semoga kita senantiasa diberikan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa dari segala hal-hal buruk yang bisa saja menimpa kalian kapanpun dan dimanapun kalian berada. Semoga saja kita diperkuat serta dipertebal imannya, agar senantiasa dihindarkan dari peristiwa tidak mengenakan.

Jika Grameds ingin mempelajari lebih lanjut terkait tafsir akan ilmu hitam serta doa-doa penangkal, terdapat sejumlah buku yang kami rekomendasikan ke kalian. Buku-buku tersebut adalah buku “Bahaya Ilmu Sihir“, buku “Tadabbur Ayat Suci Al-Quran Penyembuh Gangguan Jin & Ilmu Sihir“, dan buku “Hafalan Mudah Doa Sehari-Hari, Bacaan Shalat, Dan Surah-Surah“.

Bahaya Ilmu Sihir

Tadabbur Ayat Suci Al-Quran Penyembuh Gangguan Jin & Ilmu Sihir

Hafalan Mudah Doa Sehari-Hari, Bacaan Shalat, dan Surah-Surah

Selain terkait doa penangkal santet, ada beragam buku doa penangkal santet lain yang bisa kalian temukan di situs Gramedia.com. Membaca adalah sesuatu yang akan selalu menguntungkan Grameds, karena kalian bisa mendapatkan ilmu dan informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi