in

Cara Promosi Produk Online yang Efisien

Cara Promosi Produk – Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh firma bisnis Deloitte pada 437 UKM menunjukkan bahwa UKM yang memanfaatkan promosi online memperoleh pendapatan hingga 80% lebih banyak dibandingkan dengan pelaku UKM konvensional. Data tersebut menunjukkan bahwa promosi online sangat penting untuk digunakan oleh para UKM. Apakah Anda sudah melakukannya?

Apabila sudah, Anda hanya perlu melakukannya secara lebih intens lagi supaya bisa merasakan lebih banyak manfaatnya. Apabila belum, itu artinya sekarang adalah waktu yang tepat untuk segera melakukannya. Sebagai sebuah pertimbangan, cobalah untuk mempelajari dulu berbagai macam promosi online yang dapat Anda pilih.

Secara umum, ada dua jenis strategi promosi online yaitu gratis dan berbayar. Strategi promosi online yang dilakukan secara gratis biasanya disebut dengan strategi organik. Itu artinya, strategi tersebut dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Sementara yang kedua yaitu strategi berbayar atau dengan memanfaatkan fitur iklan.

Strategi promosi online gratis mungkin terdengar lebih menarik bukan? Terlebih untuk Anda yang baru pertama kali terjun ke dunia marketing online. Namun, bagaimana dengan hasilnya?

Kuncinya yaitu dengan konsistensi. Hal dari adanya promosi online gratis pastinya tidak akan secepat ketika Anda menggunakan promosi berbayar atau iklan. Namun, asalkan Anda melakukannya dengan konsisten, maka Anda pasti akan bisa memperoleh banyak manfaatnya. Karena bagaimanapun, tidak ada yang instan dalam mencapai kesuksesan bisnis. Nah, daripada bingung harus mulai dari aman, yuk kita bahas strategi atau cara promosi produk online untuk meningkatkan penjualan.

Cara Promosi Produk (Online, WA, dan Lainnya)

Di era yang serba digital ini, promosi tetap menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan bisnis. Namun, caranya berbeda dengan zaman sebelum era digital. Promosi di era digital ini memerlukan strategi khusus supaya bisa sampai kepada konsumen dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa cara promosi produk (Online, WA, dan Lainnya):

1. Buatlah Website untuk Usaha Anda

Strategi atau cara promosi online yang pertama adalah dengan membuat website bisnis. Membuat website merupakan sebuah kewajiban di era digital seperti sekarang ini. Dengan mempunyai website, ibarat Anda mempunyai sebuah toko ataupun tempat bisnis tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk sewa dan memikirkan lokasi yang strategis. Domain web atau blog gratis adalah salah satu langkah alternatif dari strategi promosi yang sangat cocok untuk dilakukan oleh pelaku bisnis yang mempunyai budget ketat.

Anda dapat memanfaatkan blog gratis dan menggunakan fasilitas cuma-cuma yang disediakan pada situs internet sebagai salah satu cara promosi produk jasa ataupun membeli domain lebih besar dari pihak yang menyediakan jasa tersebut dan mulai mengelolanya.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi secara global, media sosial adalah salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki oleh para pemilik usaha. Hal tersebut diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli supaya terjalin komunikasi dengan cepat, mudah, dan efisien. Survei dari sebuah lembaga bernama Manta menunjukkan bahwa ada banyak bisnis kecil dan menengah yang memperoleh pengembalian dari investasi yang ditanamkan (ROI) pada media sosial sebesar 39% di tahun 2013. Tren yang terlihat yaitu ROI semakin meningkat dan pemanfaatan media sosial sebagai salah satu strategi promosi pemasaran oleh pelaku bisnis juga semakin meningkat.

3. Membuat Vlog

Visual speaks louder atau gambar yang bisa berbicara lebih keras merupakan sebuah moto kekinian yang tumbuh seiring dengan banyaknya kebiasaan orang-orang sekarang ini mengunggah aktivitas mereka, baik melalui gambar ataupun video di beberapa media sosial. Hal tersebut menginspirasi strategi promosi sebuah produk menggunakan teknik gambar ataupun video yang berupa vlog. Membuat iklan produk dengan tampilan visual menjadi salah satu model baru dalam strategi promosi bisnis.

Video bisa menampilkan produk yang sedang ditawarkan kepada para konsumen maupun berupa tutorial yang secara tidak langsung namun tetap berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan. Dengan video, produk bisa ditampilkan secara lebih detail dari berbagai macam sisi. Selain itu, fitur suara juga bisa menambah informasi yang lebih lengkap tentang spesifikasi dari produk tersebut.

4. Membuat Iklan Gratis

Ketika beberapa pemilik bisnis merasa bahwa kegiatan marketing atau melakukan promosi banyak menghabiskan biaya, maka internet dapat memberikan solusinya. Internet merupakan ruang luas tanpa batas, dimana Anda dapat menemukan banyak hal di dalamnya termasuk beriklan secara gratis. Dalam situs iklan gratis, umumnya para anggota dapat memilih komunitas ataupun produk yang akan ditawarkan, mendaftar, dan juga menulis penawaran barang ataupun jasa tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

5. Manfaatkan Iklan Mobil

Sekarang ini, semua media bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi ataupun marketing. Salah satu media yang saat ini banyak dipakai yaitu Iklan Mobil atau Car Advertising. Dengan menggunakan media ini, Anda bisa memasarkan produk yang Anda jual secara lebih luas. Iklan mobil ini sangat cocok dipakai sebagai strategi promosi penjualan saat target audience Anda adalah masyarakat Ibukota.

Anda dapat menggunakan iklan mobil ini untuk berkeliling ibukota sembari memasarkan produk yang ingin Anda jual. Namun perlu dipahami bahwa jalanan ibukota yang cukup rampai bisa menjadi salah satu alasan Anda untuk menggunakan media promosi ini.

6. Mulai Berjualan di Situs Marketplace

Strategi promosi selanjutnya yaitu dengan berjualan di situs-situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Selain gratis, promosi produk di situs tersebut terbukti bisa menarik lebih banyak konsumen baru. Jumlah pengunjung pada situs tersebut juga lebih banyak besar yakni mencapai 5 juta user setiap harinya. Pastinya, jumlah tersebut berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan dengan pengunjung website yang baru Anda buat sendiri.

7. Membuat Konten Marketing yang Menarik

Cara promosi produk secara online selanjutnya yaitu masih berkaitan dengan strategi sebelumnya, yakni pembuatan website dan media sosial. Tanpa adanya konten marketing yang menarik, selamanya Anda tidak akan pernah memperoleh manfaat dari website dan juga media sosial yang sudah Anda buat. Jadi, aktiflah untuk membuat konten marketing yang menarik dan relevan dengan usaha Anda. Jangan terlalu sering mengunggah info promo yang berbau hard selling. Namun, sesekali Anda perlu mengunggah konten edukatif ataupun hiburan yang dapat meningkatkan minat pelanggan untuk mengikuti dan membeli produk-produk Anda.

8. Bagikan Konten Melalui Email Marketing

Cara yang satu ini juga masih berhubungan dengan content marketing. Setelah Anda membuat konten promosi yang menarik, itu artinya sekarang adalah waktunya menyebarkan konten. Salah satunya yaitu dengan menggunakan email marketing. Email marketing ini hampir sama dengan strategi broadcast message kepada para pelanggan. Hanya saja, strategi yang satu ini memanfaatkan penggunaan email. Misalnya saja, apabila Anda adalah pengusaha yang bergerak di bidang otomotif, maka aktiflah untuk mengirim artikel tentang tips kreatif seputar otomotif kepada email pelanggan. Informasi semacam itu akan lebih disukai oleh pelanggan dan pastinya bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda.

9. Buat Grup Pelanggan di WA atau Telegram

Anda juga bisa mencoba cara promosi produk dengan membuat grup pelanggan di WA ataupun Telegram. Cara yang satu ini dapat meningkatkan keakraban Anda dengan para pelanggan serta peluang menjadikan mereka lebih loyal dengan produk Anda. Namun perlu diingat, jangan sering mengirim promo yang bersifat hard selling ke grup pelanggan yang Anda buat. Namun, Anda hanya perlu mengirim konten edukasi, motivasi, dan juga konten hiburan. Sehingga grup Anda tidak akan dianggap spam dan risiko pelanggan meninggalkan grup tersebut menurun.

10. Kumpulkan Dropshipper, Reseller, dan Affiliate Marketer

Cara promosi produk secara online selanjutnya yaitu dengan mengumpulkan reseller, dropshipper, dan juga affiliate marketer. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Pastinya asal dilakukan dengan baik dan juga konsisten. Jadi, dibandingkan dengan berjualan sendiri, pasti dengan mempunyai beberapa tim marketing, Anda dapat menjual lebih banyak produk. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki tim. Namun, apabila mempekerjakan orang Anda harus membayar mereka, maka solusinya adalah dengan mengumpulkan dropshipper, reseller, dan juga affiliate marketing yang mau mempromosikan produk Anda secara cuma-cuma. Anda tidak perlu menggaji mereka, tapi Anda hanya cukup memberikan komisi beberapa persen apabila mereka berhasil menjual produk Anda.

Buatlah sistem komisi yang menarik, jadi akan ada banyak orang yang tertarik untuk kerjasama menjualkan produk-produk Anda. Buatkan juga grup Whatsapp atau Telegram khusus untuk tim sales Anda. Sehingga hal tersebut akan memudahkan Anda ketika koordinasi dan pastinya akan meningkatkan keakraban antar tim.

5 Media Online yang Bisa Digunakan Sebagai Cara Promosi Produk Bisnis

Cara promosi produk ataupun jasa sekarang ini sudah semakin maju dan mudah untuk dilakukan semanjak adanya media sosial. Semenjak adanya media sosial untuk promosi, iklan bisnis tidak lagi dilakukan melalui radio, media cetak, dan juga televisi. Sekarang ini sudah bisa kita sebut sebagai era digital, dimana media online adalah wadah yang sangat populer digunakan untuk mempromosikan bisnis.

Kehadiran media sosial yang didukung oleh kekuatan internet sekarang ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi sebuah usaha ataupun produk dengan sangat mudah dan cepat, bahkan tanpa modal sama sekali. Terlebih lagi dengan berbagai macam sarana internet tools yang ada, seperti halnya blog, media sosial, website, dan lainnya yang bersifat global, real time, dan juga praktis membuat aktivitas promosi usaha akan semakin maksimal.

Lalu, apa saja media online yang tepat untuk dijadikan sebagai media promosi handal untuk bisnis Anda? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Facebook

Media sosial yang satu ini sampai sekarang masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Kehadiran mereka ini menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang paling banyak dijadikan sebagai media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi ini juga dianggap lebih murah oleh para pemilik usaha online. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah mempunyai toko fisik berkat menggunakan Facebook sebagai media promosi produk.

Tak jarang juga bisnis yang sukses berawal dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara supaya promosi di Facebook berhasil? Langkah yang pertama yaitu pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen. Sebab, hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri yang membuat konsumen memberikan Like. Like itulah yang menjadi langkah kedua yang perlu Anda peroleh sebanyak mungkin. Kemudian langkah kedua yaitu jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan cara mencari orang-orang yang mempunyai ketertarikan dengan halaman Facebook. Lalu yang terakhir yaitu fokus untuk membuat konten yang menarik.

[algolia_carousel page=2]

2. Instagram

Kelihatannya media sosial yang satu ini sekarang sedang menjadi primadona media untuk promosi bisnis online. Selain karena dapat menunjukkan foto produk juga karena caption dapat Anda tulis dengan lebih panjang daripada media sosial Twitter atau lainnya. Instagram juga sangat mudah untuk diakses dari ponsel pintar. Saat ini Instagram sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan generasi milenial.

Oleh karena itu, inilah kesempatan untuk Anda mempromosikan produk dan juga bisnis dengan mudah. Sebab, calon konsumen juga lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Perlu dipahami, hashtag merupakan salah satu kekuatan promosi yang sangat luar biasa apabila Anda menggunakan Instagram sebagai media promosi produk. Tak hanya itu saja, aktif berinteraksi dengan para audiens juga menjadi salah satu trik yang dapat membuat pelanggan tertarik dengan bisnis Anda.

3. TikTok

Selain untuk melihat video lucu dan media hiburan, namun seiring dengan perkembangannya, Tiktok kini sudah mengembangkan sayapnya ke ranah bisnis. Media sosial yang satu ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan para pemilik bisnis untuk mempromosikan jualannya. Plusnya lagi, apabila Anda menggunakan Tiktok, bisnis Anda dapat lebih cepat dikenal banyak orang karena saat ini pengguna Tiktok sudah mulai meningkat drastis.

4. Market Place

Selain menggunakan media sosial seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Zalora, dan lain sebagainya. Marketplace ini akan sangat membantu para pemilik bisnis untuk mempunyai halaman toko sendiri dan melakukan berbagai macam aktivitas promosi serta pemasaran produk mereka sendiri.

5. Whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi berkirim pesan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Sejak kehadirannya, aplikasi ini terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya untuk dapat berkirim pesan dengan yang lebih praktis. Sekarang Ini, sudah ada banyak pemilik bisnis yang menggunakan Whatsapp sebagai media promosi dan mengelola pesanan pelanggan. Supaya tidak tertinggal dari kompetitor yang sudah lebih dulu menggunakan Whatsapp marketing, alangkah lebih baik Anda segera mempelajari dan menerapkannya.

Alasannya tentu masih berkaitan dengan kemudahan mengirimkan pesan sekaligus ke banyak orang dalam satu waktu. Anda hanya cukup membuat satu template promosi yang dapat langsung dikirimkan ke beberapa kontak yang sudah terdaftar di phonebook Anda. Pesan tersebut bisa berisi mengenai promo yang sedang berlangsung, manfaat menggunakan produk Anda, bonus pembelian, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan perangkat Whatsapp ini ke media sosial ataupun website. Sehingga saat ada pelanggan yang memerlukan jawaban untuk pertanyaan yang mereka ajukan, maka Anda bisa langsung bisa menjawabnya. Dengan cara seperti itu, maka pelanggan pasti akan senang karena mereka merasa diprioritaskan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara promosi produk online dari berbagai media sosial. Semiga bermanfaat.

pemasaran digital

pemasaran digital

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Cara Promosi Produk

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah