Tips dan Trik

Waktu Terbaik Berjemur di Pagi Hari dan 5 Manfaatnya

Waktu Terbaik Berjemur di Pagi Hari dan 5 Manfaatnya 1
Written by Wida Kurniasih

Berjemur di pagi hari merupakan salah satu jenis kegiatan yang sering dilakukan oleh sebagian masyarakat di pagi hari. Biasanya berjemur dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki usia lanjut. Tidak hanya itu, di tengah pandemi seperti sekarang ini bahkan dari anak-anak, remaja, hingga orang tua juga melakukan berjemur setiap pagi hari.

Hal ini telah dibuktikan dengan adanya beberapa studi penelitian yang menyatakan bahwa dengan berjemur di pagi hari membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan di dalam tubuh. Maka dari itu, yuk simak pembahasan pada satu artikel berikut ini hingga akhir ya grameds!

Kapan waktu terbaik untuk berjemur di pagi hari?

Waktu Terbaik Berjemur di Pagi Hari dan 5 Manfaatnya 2Grameds, tahukah kamu kalau berjemur di pagi hari memiliki banyak manfaat? Tidak hanya untuk tubuh, berjemur di pagi hari akan mempengaruhi kesehatan. Hal itu disebabkan karena kandungan baik yang ada di dalam sinar matahari pagi.

Itulah sebabnya banyak orang yang berjemur di pagi hari. Mereka membutuhkan kandungan baik di dalam sinar matahari. Baik orang dewasa maupun anak bayi sekalipun.

Akan tetapi, kapan waktu terbaik untuk berjemur di pagi hari? Sinar matahari pagi memang baik untuk tubuh. Namun, kamu tetap memperhatikan waktu yang tepat untuk berjemur di pagi hari.

Kamu tidak bisa sembarangan untuk berjemur. Ada hal-hal yang harus kamu lakukan atau perhatikan. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Waktu terbaik untuk berjemur di pagi hari dimulai dari pukul 09.00 sampai 10.00 pagi. Pada saat itu matahari baik untuk kulit. Pasalnya, gelombang sinar ultraviolet dari matahari sudah mulai berkurang.

Gelombang sinar ultravioletnya sudah menjadi gelombang pendek. Terkadang, ada orang yang berjemur di bawah pukul 09.00. Hal itu dinilai kurang tepat.

Alasannya adalah sinar matahari yang belum memiliki kandungan UV B. Seperti yang diketahui, kandungan UV B adalah kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, dianjurkan untuk berjemur pada pukul 09.00 sampai 10.00.

Hal lain yang harus diperhatikan ketika berjemur adalah lama atau durasi berjemur. Meskipun baik untuk kulit, tapi kamu tidak dianjurkan berjemur dalam waktu yang lama. Cukup berjemur selama 15 menit.

Waktu paling lama untuk berjemur adalah 20 menit. Jika terlalu lama berjemur, maka itu justru membahayakan kulit kamu. Hal itu karena kulit yang terlalu lama terkena sinar matahari akan terbakar. Tidak hanya itu, ada beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat berjemur terlalu lama.

Seperti kulit menjadi kusam dan kering. Hal itu akan menyebabkan kamu mengalami penuaan dini. Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari akan merusak sel-sel yang ada di dalam kulit. Kemungkinan terburuknya terlalu lama berjemur juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Berjemur di pagi hari memang diperbolehkan. Akan tetapi, usahakan untuk mengurangi durasinya setiap hari. Cukup dengan waktu yang lebih singkat. Selain itu, kamu juga bisa berjemur di pagi hari sebanyak 3 kali dalam seminggu. Durasi berjemurnya cukup 20 menit saja.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tubuh yang terkena sinar matahari. Tidak semua tubuh, ada beberapa tubuh yang sebaiknya terkena sinar matahari. Seperti lengan bagian atas tangan kanan dan kiri.

banner-promo-gramedia

Selain itu, bagian paha dan tungkai bawah juga sebaiknya terkena sinar matahari. Bagian lain yang baik terkena sinar matahari adalah punggung. Kamu juga dianjurkan untuk menutupi bagian tubuh yang sensitif terhadap sinar matahari.

Contohnya seperti muka, cobalah untuk menutupinya dengan menggunakan topi. Selain itu, mata juga termasuk bagian tubuh yang sensitif. Kamu bisa menutupi bagian mata dengan kaca mata hitam.

Opredo Board Book Kata Dokter: Yuk, Berjemur!

Opredo Board Book Kata Dokter: Yuk, Berjemur!

Beli Buku di Gramedia

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Waktu Terbaik Berjemur di Pagi Hari dan 5 Manfaatnya 3Setiap orang yang melakukan berjemur di pagi hari tentu memiliki berbagai alasan tersendiri. Beberapa diantaranya mungkin memiliki alasan, seperti ingin membuat warna kulit menjadi lebih gelap atau meningkatkan imunitas di dalam tubuh hingga alasan-alasan lainnya.

Di samping itu, ada juga yang melakukan berjemur di pagi hari karena sebatas hobi atau hanya mengisi waktu luang saja. Akan tetapi, grameds tahu tidak bahwa dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari memiliki banyak sekali manfaat yang berdampak positif bagi kesehatan di dalam tubuh?

Grameds juga bisa membaca salah satu rekomendasi buku yang satu ini tentang “Opredo Board Book Kata Dokter: Yuk, Berjemur!” yang berisikan tentang cerita dan ajakan untuk hidup sehat melalui berjemur di pagi hari. Langsung saja kamu dapat memiliki buku tersebut dengan mengklik di bawah ini ya!

Berikut ini adalah beberapa manfaat berjemur di pagi hari bagi kesehatan, diantaranya sebagai berikut.

BACA JUGA: 10 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Untuk Kesehatan

1. Menjaga Tekanan Darah 

Berjemur di bawah sinar matahari pagi hari dapat bermanfaat dalam menjaga atau menurunkan tekanan darah agar tetap terkontrol dengan baik. Hal ini dapat membantu seseorang yang sedang mengalami hipertensi. Dengan begitu, berjemur dapat membantu dalam mengaktifkan nitrogen monoksida (NO) pada lapisan kulit atas.

Adapun, berdasarkan salah satu studi penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Edinburgh menyatakan bahwa senyawa atau yang biasa disebut dengan nitric oxide dapat membantu dalam dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh permukaan kulit.

Dengan demikian, senyawa ini dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dengan melepaskan pembuluh darah serta menjaganya agar tekanan darah tersebut dapat terkendali dengan baik. Hal ini juga dapat mematahkan anggapan sebagian orang bahwa manfaat berjemur di pagi hari tidak hanya untuk mendapatkan produksi vitamin D.

Apabila dengan berjemur kamu tidak mendapatkan hasil yang maksimal dalam meningkatkan tekanan darah. Maka grameds dapat membaca salah satu rekomendasi buku berikut ini yang berjudul “49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah” yang berisikan tentang bagaimana langkah-langkah yang menyenangkan dalam menurunkan tekanan darah tersebut. Kamu bisa langsung mengklik buku tersebut di bawah ini ya grameds!

49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah Hc

49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah Hc

Beli Buku di Gramedia2. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Sebagian orang mungkin mengalami pola tidur yang tidak baik atau menderita insomnia. Kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan salah satu solusinya, yaitu berjemur di pagi hari. Salah satu solusi berikut ini dianggap lebih baik daripada mengkonsumsi pil atau suplemen tidur.

Berjemur di pagi hari dapat membantu dalam memproduksi melatonin (hormon yang membuat tubuh menjadi mengantuk) sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, berjemur di pagi hari juga dapat membantu dalam mempertahankan ritme sirkadian menjadi lebih normal.

Grameds tidak perlu khawatir apabila masih mengalami kesulitan atau gangguan tidur karena salah satu rekomendasi buku yang satu ini dalam kamu jadikan solusi dalam mengatasi permasalahan tidur tersebut. Buku ini akan mengatasi bagaimana pola tidur yang kamu alami selama ini untuk dapat memiliki pola tidur yang baik. Maka dari itu, yuk langsung saja miliki buku ini dengan mengklik di bawah ini ya grameds!

Insomnia & Gangguan Tidur Lainnya

Insomnia & Gangguan Tidur Lainnya

Beli Buku di Gramedia3. Meringankan Depresi 

Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya, yaitu dapat meringankan tingkat depresi. Apabila kekurangan sinar matahari maka dapat menyebabkan adanya gangguan yang biasa disebut dengan Seasonal Affective Disorder atau SAD. SAD merupakan salah satu jenis depresi umum yang biasa dan sering terjadi dirasakan pada saat berada di musim dingin.

Maka dari itu, sinar matahari di pagi hari dapat memicu otak dalam melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan menjadi lebih tenang sehingga dapat meringankan penderita depresi.

banner-promo-gramedia

Kamu masih belum sulit dalam mengatasi atau meringankan tingkat depresi yang diderita? Mungkin salah satu rekomendasi buku berikut ini dapat menjadi solusi atau pilihan untuk bisa mengatasi depresi yang sedang kamu alami. Yuk, klik di bawah ini untuk mendapatkan buku tersebut!

Coping With Depression: Jangan Mau Kalah dari Depresi!

Coping With Depression: Jangan Mau Kalah dari Depresi!

Beli Buku di Gramedia4. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Vitamin D dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan fosfor. Kedua hal ini dapat meningkatkan kesehatan pada tulang. Manfaat berjemur di pagi hari, yaitu mengarahkan tulang menjadi lebih kuat serta dapat membantu dalam mencegah adanya penyakit osteoporosis ataupun peradangan pada sendi.

Tidak hanya itu, vitamin D3 juga ternyata memiliki peran yang cukup penting dalam memberikan kepadatan pada tulang. Vitamin D3 adalah salah satu jenis vitamin yang larut ke dalam lemak yang terbentuk selama adanya proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari pagi mengenai permukaan kulit. Hal ini tentu saja dapat mengatur adanya penyerapan kalsium dan fosfor sehingga dapat meningkatkan kesehatan pada tulang untuk tetap terkontrol dengan baik.

Berbagai jenis kesehatan tulang merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terkadang, deteksi dini dalam penyakit yang berkaitan dengan kesehatan tulang, persendian, nyeri punggung atau lain sebagainya dapat membuat proses penyembuhan menjadi lebih optimal dan peluang kesembuhan pun semakin besar. Namun, kenyataannya, banyak orang tidak memahami hal ini.

Buku ini juga memaparkan solusi penanganan penyakit tersebut beserta cara mencegahnya. Dengan demikian, diharapkan orang-orang dapat semakin memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan tulang yang ternyata memiliki fungsi sangat penting dalam menopang keseluruhan organ di tubuh kita.

Seri Kesehatan Tulang Dan Sendi: Sembuh Dari Nyeri Punggung

Seri Kesehatan Tulang Dan Sendi: Sembuh Dari Nyeri Punggung

Beli Buku di Gramedia

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Berjemur di bawah sinar matahari pagi ternyata juga memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh. Hal ini juga dapat menekan adanya sistem imun yang terlalu aktif sehingga dapat mengobati penyakit autoimun, seperti psoriasis.

Kandungan vitamin D yang juga terdapat pada sinar matahari dapat membantu tubuh dalam melawan beberapa penyakit, misalnya kanker jenis tertentu, flu, otot, sklerosis, jantung, dan lain sebagainya.

Selain itu, adanya sel darah putih juga akan mengalami suatu peningkatan saat terpapar sinar matahari pagi secara langsung sehingga dapat membantu dalam memerangi suatu penyakit dan mencegah adanya infeksi pada tubuh. Dengan demikian, berjemur di pagi hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu menjadi lebih terkontrol lagi.

Nah, itulah pembahasan pada satu artikel ini tentang beberapa manfaat berjemur di pagi hari bagi kesehatan di dalam tubuh. Semoga setelah membaca artikel ini Grameds dapat menjadikan berjemur di pagi hari sebagai salah satu rutinitas atau solusi dalam menjaga pentingnya kesehatan pada tubuh. Selain itu, artikel ini dapat juga menambah pengetahuan tentang manfaat-manfaat dari berjemur di pagi hari yang belum kamu ketahui ya Grameds.

Akan tetapi, kamu harus memastikan bahwa kulit kamu tidak sensitif. Kulit yang sensitif tidak dianjurkan untuk berjemur. Hal itu akan membuat kondisi kulit menjadi tidak baik. Selain itu, hentikan kegiatan berjemur ketika muncul efek samping. Seperti muncul kemerahan pada kulit, ini akan membuat kulit menjadi tidak nyaman bahkan dapat menyebabkan iritasi.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang berjemur di pagi hari kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

banner-promo-gramedia

Penulis: Elsya Islamay

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien