in

6 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Segala Kondisi

6 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Segala Kondisi – Apakah Grameds pernah kehilangan HP? Jika iya, kamu pasti kebingungan untuk mencari cara menemukannya. Terlebih jika handphone yang hilang dalam keadaan mati.

Handphone menjadi perangkat pribadi yang sangat penting di era serba digital saat ini. Belum lagi, membeli handphone baru bisa menjadi pengeluaran tak terduga yang merogoh kocek besar.

Tidak bisa dihindari, handphone atau HP kerap hilang karena berbagai sebab. Meski pada akhirnya kamu pasrah dan membeli yang baru, tak ada salahnya untuk melacak handphone yang hilang terlebih dahulu.

Grameds pasti bertanya-tanya, bagaimana cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati? Apakah ponsel yang hilang karena dicuri atau terjatuh bisa ditemukan kembali? Jawabannya bisa.

Grameds bisa melacaknya menggunakan HP lain, melalui GPS, ataupun menggunakan aplikasi pelacak. Lalu, apa saja langkah-langkah atau cara yang perlu dilakukan untuk melacak handphone hilang?

Perlu diketahui bahwa kondisi terburuk saat melacak handphone yang hilang ialah dalam keadaan mati. Namun, Grameds tidak perlu khawatir karena artikel ini akan mengantarkan kamu mengetahui beberapa cara melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati.

Cara Melacak HP yang Hilang

Berikut ini adalah rangkuman berbagai cara yang bisa Grameds praktikkan untuk melacak handphone dalam keadaan hidup maupun mati. Simak sampai tuntas, ya.

1. Melacak Handphone yang Hilang dengan E-mail

Khusus untuk melacak smartphone jenis OS atau Android yang hilang dalam keadaan mati, dapat dilakukan melalui e-mail. Pastikan bahwa e-mail yang kamu gunakan sama dengan e-mail pada handphone yang hilang.

Melacak HP yang hilang melalui e-mail merupakan salah satu fitur yang ditawarkan Google dalam sistem operasi Android. Dalam melacak ponsel yang hilang menggunakan e-mail ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Simak penjelasan di bawah ini untuk melacak ponsel yang hilang melalui e-mail.

Buka halaman gmail di website, lalu ketik nama e-mail yang terpasang pada handphone tersebut. Untuk langkah ini, Grameds disarankan menggunakan laptop dalam melakukan pencarian. Kemudian klik opsi “berikutnya” dan lakukan langkah di bawah ini.

  • Masukkan kata sandi atau password e-mail Grameds dan klik opsi “berikutnya”.
  • Saat kamu sudah berhasil masuk, lalu pilih ikon pada sisi kanan atas yang bertitik sembilan.
  • Kemudian Grameds bisa masuk pada Akun Google atau Google Account, lalu scroll ke bawah.
  • Akan muncul beberapa pilihan pada layar kamu.
  • Grameds bisa lengsung memilih opsi “temukan ponsel anda”.
  • Selanjutnya pilih handphone yang hilang.
  • Klik opsi bertuliskan “temukan”.
  • Setelah itu, tampilan layar Grameds akan dialihkan ke Google Maps.
  • Google Maps nantinya akan menunjukkan keberadaan handphone kamu.

Grameds membutuhkan perangkat yang memiliki daya baterai penuh untuk melakukan pelacakan handphone melalui e-mail. Mengapa? Karena melacak handphone yang hilang dengan e-mail akan menghabiskan banyak daya baterai.

tombol beli buku

2. Melacak Handphone yang Hilang dengan Akun Khusus

Melacak handphone yang hilang dengan akun khusus berlaku bagi pengguna keluaran pabrik tertentu. Setiap ponsel memiliki teknik pengamannya sendiri. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai cara melacak handphone yang hilang sesuai dengan pabriknya.

banner-promo-gramedia

Mi Account

Cara melacak ponsel yang satu ini berlaku bagi kamu pengguna Xiaomi. Kunjungi situs Mi Cloud pada browser komputer di sini. Langkah selanjutnya, Grameds bisa masuk dengan Mi Account menggunakan data sesuai dengan ponsel yang hilang.

Kemudian masukkan kata sandi atau password dan pilih opsi “find device”, lalu hapus data jika handphone telah ditemukan. Setelah itu, Grameds bisa memasukkan handphone dalam kondisi “lost mode”.

Samsung ID

Cara yang satu ini dapat kamu gunakan untuk melacak handphone merek Samsung dengan mengunjungi Samsung Find My Mobile di sini. Langkah selanjutnya ialah memasukkan ID handphone yang hilang.

Kemudian kamu perlu menyetujui semua legal information yang diberikan oleh Samsung, lalu klik opsi “agree” yang tertera pada layar. Setelah itu, aplikasi Samsung Find My Mobile akan menunjukkan lokasi terakhir handphone kamu.

Selain itu, aplikasi Samsung Find My Mobile juga akan mengetahui sisa baterai ponsel dan informasi jaringan yang terhubung. Selanjutnya, Grameds bisa mengunci perangkat, menghapus data, maupun membunyikan alarm.

iCloud

iCloud menjadi langkah efektif untuk melacak handphone dari brand iPhone dengan mengunjungi situs ini. Langkah selanjutnya, Grameds bisa langsung sign in menggunakan Apple ID pada handphone yang hilang. Kemudian kamu bisa memilih opsi “Skip Two-Factor Authentication”.

Selanjutnya, klik opsi “Find My iPhone” untuk menemukan lokasi ponsel kamu yang hilang. Setelah lokasi ditemukan, kamu bisa mengontrol handphone dengan mengaktifkan lost mode, membungikan alarm, atau bahkan menghapus data.

3. Melacak Handphone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Ilustrasi Melacak HP dengan Google Maps (sumber: pcmag.com)

Kamu akan diarahkan kepada Google Maps ketika melakukan pelacakan handphone yang hilang menggunakan e-mail. Namun, bagaimana melacak handphone yang hilang dalam keadaan mati?

Caranya cukup mudah, Grameds bisa langsung memulai pencarian handphone yang hilang menggunakan aplikasi Google Maps. Ada berbagai fitur yang ditawarkan oleh Google Maps  dalam melakukan pencarian handphone yang hilang, mulai dari Business Listing, My Location Driving Direction, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah cara melacak Android menggunakan Google Maps.

  • Langkah pertama yang dilakukan ialah membuka aplikasi Google Maps.
  • Setelah itu, Grameds bisa memilih opsi “pengaturan” atau “setting”.
  • Kemudian klik opsi bertuliskan “bagi lokasi”.
  • Selanjutnya, kamu bisa memilih waktu pelacakan atau waktu perkiraan kehilangan.
  • Lalu pilih opsi “orang” dan isi alamat e-mail beserta nomor handphone yang terpasang.
  • Klik opsi “bagikan”, lalu pilih opsi “aktifkan”.
  • Langkah terakhir, tunggu selama 24 jam untuk menemukan lokasi handphone yang hilang agar bisa terlacak

Jika tak ingin menggunakan langkah di atas, tersedia opsi lainnya untuk melacak ponsel yang hilang dalam keadaan mati. Simak cara berikut ini, ya.

  • Buka aplikasi Google Maps pada perangkat yang akan digunakan untuk melacak handphone.
  • Langkah selanjutnya, klik ikon garis tiga yang terletak di pojok kiri atas layar.
  • Kemudian masukkan akun handphone Grameds yang hilang dengan memilih opsi “add account”.
  • Setelah itu, Grameds bisa menekan ikon yang bertuliskan “hamburger” sekali lagi dan pilih opsi “your timeline”.
  • Google akan langsung memulai pelacakan.
  • Selanjutnya, Grameds bisa menekan ikon kalender untuk mengetahui lokasi handphone yang hilang saat keadaan mati dalam hitungan hari.

tombol beli buku

4. Melacak Handphone yang Hilang Melalui Whatsapp

Ikuti langkah berikut ini untuk melakukan pelacakan terhadap handphone yang hilang menggunakan Whatsapp.

  • Langkah pertama yang perlu Grameds lakukan ialah membuka aplikasi Whatsapp.
  • Kemudian cari kontak atau nomor Whatsapp yang sedang dicari lokasinya.
  • Lalu klik kontak atau nomor yang dicari dan kamu bisa masuk ke ruang obrolan.
  • Selanjutnya, kamu bisa pilih ikon attach atau lampiran pada layar.
  • Setelah itu, muncul beberapa pilihan, seperti dokumen, galeri, kamera, audio, lokasi, dan kontak.
  • Grameds bisa langsung memilih ikon lokasi untuk berbagi lokasi terkini.
  • Setelah klik opsi “bagikan lokasi terkini”, Grameds akan mendapatkan kotak informasi lanjutan.
  • Selanjutnya, kotak tersebut akan menerima lokasi yang dibagikan.
  • Kamu bisa lagsung pilih opsi bertuliskan “lanjut” pada layar.
  • Saat muncul kotak bertuliskan opsional jangka waktu berlaku pembagian lokasi.
  • Kemudian Grameds bisa memilih waktu berbagi lokasi paling lama, yakni 8 jam dan pilih opsi “selanjutnya”.
  • Saat kembali ke ruang obrolan, Grameds akan menemukan lokasi yang sudah dibagikan kepada nomor Whatsapp yang hilang.
  • Klik lokasi yang sudah kamu bagikan pada kotak opsi dan pilih kotak “lokasi terkini”.
  • Lokasi yang telah kamu kirimkan akan muncul di handphone penerima dan secara otomatis lokasi akan ditemukan.
  • Setelah itu, pilih opsi “dapatkan arah” dan mulai masuk ke Google Maps.
  • Terakhir, Google Maps akan mengarahkan kamu untuk menemukan lokasi handphone yang hilang.

5. Melacak Handphone yang Hilang dengan IMEI

Ilustrasi IMEI di Handphone (sumber: www.dosentekno.com)

Sebuah tanda pengenal unik di setiap ponsel disebut IMEI atau kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity. Sifat IMEI sendiri tidak bisa diubah atau dihilangkan, lho Grameds.

Pastikan Grameds memverifikasi nomor IMEI saat membeli ponsel. Mengapa? Hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan bahwa ponsel yang Grameds beli bukanlah barang atau perangkat ilegal.

banner-promo-gramedia

Selain berguna untuk memastikan ponsel legal atau ilegal, IMEI juga berfungsi sebagai salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang. Untuk melacak handphone yang hilang melalui IMEI, ada beberapa tahapan khusus yang harus Grameds ikuti.

Operator seluler akan menjadi pihak yang turut terlibat dalam proses pelacakan handphone yang hilang. Pihak tersebut akan membantu kamu menemukan lokasi handphone yang hilang.

Melacak handphone yang hilang melalui IMEI dapat dikatakan sebagai cara yang paling aman karena data di dalamnya akan terjaga dan terlindungi dengan baik. Perlu digarisbawahi, Grameds harus mengingat nomor IMEI dari handphone tersebut.

Setelah mengetahuinya, kamu bisa langsung menghubungi call center dari operator seluler yang kamu gunakan. Grameds bisa menginformasikan nomor IMEI dari ponsel yang hilang kepada customer service. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui keberadaan ponsel tersebut.

tombol beli buku

6. Melacak Android yang Hilang Menggunakan Google ADM

Apa itu Google ADM? Google Android Device Manager atau yang disingkat Google ADM merupakan sebuah aplikasi bawaan keluaran Google yang dapat diakses secara gratis untuk mendeteksi keberadaan ponsel yang hilang.

Untuk menggunakan Google ADM syaratnya ialah handphone yang kamu cari harus selalu mengaktifkan GPS. Sementara untuk pelacakannya sendiri hanya bisa dilakukan pada handphone yang menggunakan sistem Android.

Simak langkah-langkah berikut ini, ya.

  • Grameds bisa menggunakan perangkat lain, seperti handphone atau laptop untuk bisa masuk ke ADM dengan menggunakan akun Google.
  • Grameds hanya perlu memasukkan ID dan kata sandi atau password gmail.
  • Setelah itu, klik opsi “accept”.
  • Kemudian kamu akan melihat nama smartphone yang terhubung dengan alamat e-mail yang digunakan.
  • Langkah selanjutnya, klik nama smartphone atau ponsel yang hilang.
  • Setelah itu, akan muncul lokasi atau tempat handphone yang hilang.
  • Jika ADM tidak muncul, kemungkinan besar ponsel kamu mendapat gangguan atau mati total karena ada sistem yang rusak.

Meski penggunaan cara ini tak seampuh Google Maps dalam melacak lokasi handphone yang hilang, kamu tetap bisa mencobanya.

Selain cara-cara di atas, Grameds juga bisa melacak Android dengan beberapa aplikasi lainnya. Berikut ini adalah daftar aplikasi yang bisa Grameds gunakan untuk melacak handphone yang hilang.

  1. Family Locator
  2. Life360
  3. Lost Phone Tracker
  4. Where’s My Droid

Itulah penjelasan mengenai cara melacak handphone hilang yang bisa kamu gunakan. Namun, sebaiknya kamu tetap menjaganya dengan baik karena di era digital saat ini hampir semua kegiatan bergantung pada handphone. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang kesulitan melacak handphone hilang.

Baca juga: 

banner-promo-gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila