Pkn

Pengertian Cinta Tanah Air: Manfaat, Contoh, dan Cara Menerapkannya

Written by Laeli Nur Azizah

Tanah air merupakan salah satu istilah yang digunakan oleh bangsa Indonesia untuk menyebut seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari darat dan lautan. Penggunaan istilah yang satu ini didasarkan pada konsep wawasan nusantara yang terbentuk dari kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Hal ini menjadikan cintah tanah air merupakan perasaan yang tulus dan suci kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi, sudah sepatutnya setiap warga Indonesia menerapkan sikap cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi, apa sih sebenarnya pengertian cinta tanah air? Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian cinta tanah air dan juga contohnya di dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Cinta Tanah Air

Pengertian cinta tanah air adalah perasaan bangsa dan juga ikut memiliki suatu wilayah tertentu. Perasaan tersebut diwujudkan ke dalam sikap rela berkorban untuk melindungi wilayahnya dari berbagai macam gangguan dan juga ancaman. Pentingnya rasa cinta tanah air ini menjadikannya sebuah tabiat atau kebiasaan alamiah manusia yang dimiliki sejak lahir. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cinta tanah air merupakan perasaan yang timbul dari hati seorang warga negara untuk mengabdi, membela, memelihara, melindungi tanah airnya dari berbagai macam ancaman dan gangguan.

Cinta tanah air memiliki arti membela dari segala bentuk gangguan dan ancaman yang datang dari mana saja. Selain itu, cinta tanah air juga merupakan rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, loyalitas yang tinggi, dan juga rasa menghormati yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat mereka tinggal yang bisa tercermin dari perilaku membela tanah airnya. Menjaga serta melindungi tanah air, rela berkorban untuk kepentingan bersama, dan mencintai serta melestarikan adat dan budaya yang dimiliki juga termasuk ke dalam cinta tanah air.

Seringkali, cinta tanah air juga dikenal dengan istilah nasionalisme. Secara sederhana, nasionalisme ini merupakan paham kebangsaan yang merupakan kesetiaan tertinggi seseorang terhadap bangsa dan tanah airnya. Cinta tanah air juga pada hakikatnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam diri setiap warga negara. Sebagaimana pengertian cinta tanah air yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni istilah ini sangat identik dengan nasionalisme.

Sementara itu, cinta tanah air juga merupakan pengamalan dan wujud dari sila Persatuan Indonesia yang bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di keluarga, sekolah, ataupun masyarakat. Kesadaran cinta tanah air ini pada hakikatnya berbakti kepada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Oleh sebab itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap individu sejak usia dini yang menjadi warga negara ataupun bangsa supaya tujuan hidup bersama bisa tercapai.

Cinta tanah air tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga, serta melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat ataupun budaya yang ada di dalam negaranya dengan cara melestarikannya.

Contoh Sikap Tanah Air

Mempunyai perasaan cinta terhadap tanah air tampaknya bisa memberikan efek positif dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Debi Audina dan rekan-rekan dari Universitas Negeri Jakarta, mengatakan bahwa adanya rasa cinta tanah air yang cukup tinggi dikaitkan dengan tingkat disiplin yang lebih baik. Pastinya, perilaku disiplin ini adalah hal yang sangat positif dalam kehidupan yang sangat baik bila sudah dimiliki sejak kecil.

Untuk bisa menunjukkan sikap cinta tanah air bisa dimulai dari diri sendiri. Melansir dari laman Kemenag Polman, beberapa sikap cinta tanah air yang dapat dilakukan antara lain:

1. Belajar Sejarah

Mempelajari sejarah perjuangan pahlawan pejuang kemerdekaan dan menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan merupakan salah satu bentuk cinta tanah air yang perlu kita lakukan. Mengetahui dan memahami berbagai usaha yang dilakukan oleh para pahlawan di masa lalu, bisa meningkatkan rasa haru dan juga syukur, karena berkat jasa mereka, kini bangsa Indonesia dapat berada di kondisi yang lebih baik dan merdeka dari penjajahan.

2. Melakukan Upacara Bendera

Menghormati upacara bendera dan ikhlas melakukannya dinilai sebagai salah satu perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia. Meski terdengar sepele, namun kegiatan ini merupakan salah satu sikap cinta tanah air. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat menghargai jasa para pahlawan pendahulu yang telah rela berkorban demi meraih kemerdekaan. Para siswa dapat mengikuti upacara bendera yang dilakukan di sekolah setiap Senin pagi. Masyarakat juga bisa menunjukkan sikap cinta tanah air dengan cara mengibarkan bendera merah putih menjelang hari kemerdekaan Indonesia yakni setiap tanggal 17 Agustus.

3. Bangaa Menggunakan Produk Lokal atau Dalam Negeri

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih menggunakan produk luar negeri. Banyak dari mereka yang berasalan bahwa produk yang berasal dari luar negeri mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan produk dalam negeri. Padahal kenyataannya, ada banyak produk dalam negeri yang sangat berkualitas dan mempunyai keunikannya sendiri. Masyarakat Indonesia seharusnya dapat menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa mempunyai produk berkualitas tinggi yang tidak kalah saing dengan produk asing.

Sikap ini pastinya bisa membantu para produsen untuk dapat memperkenalkan produk-produk mereka ke luar negeri. Sehingga dapat dibeli dan digunakan oleh warga dari negara lain. Dengan begitu, perekonomian Indonesia juga akan semakin baik dan masyarakatnya akan semakin sejahtera.

4. Menjaga Nama Baik Indonesia

Misalnya saja, saat berada di luar negeri, patuhilah semua peraturan yang berlaku di sana. Jangan membawa kebiasaan buruk ke luar negeri karena hal itu dapat mempermalukan bangsa Indonesia. Hal tersebut juga berlaku di dunia maya. Usahakan untuk selalu bijak dalam bermedia sosial, jangan memberikan komentar-komentar yang tidak mencerminkan budaya bangsa Indonesia di akun media sosial milik orang luar negeri.

5. Menjaga dan Merawat Kebersihan Lingkungan

Walaupun terlihat sangat sederhana, namun kenyataannya kebersihan lingkungan masih sangat sulit untuk dilakukan. Terlebih untuk masyarakat pada umumnya. Jadi, mulai sekarang, kita harus mencoba untuk membiasakan diri selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sederhananya, jangan membuang sampah sembarangan. Perlu dipahami bahwa menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya tugas pemerintah saja, tapi juga kita sebagai warga negara yang baik.

6. Tidak Menyebarkan Ujaran Kebencian

Sebagai generasi muda yang lahir di era digital seperti sekarang ini, pastinya kita sangat akrab dengan keberadaan internet dan juga dunia maya. Namun, internet sendiri seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, hal itu bisa memberikan dampak yang positif untuk kemajuan bangsa dan juga negara. Namun, disisi lain hal itu juga bisa menjadi bencana jika digunakan dengan cara yang salah. Internet bisa saja menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan rasa cinta tanah air. Misalnya saja dengan tidak melakukan atau menyebarkan ujaran kebencian ataupun berita bohong.

7. Menaati Lalu Lintas di Jalanan

Kesadaran para pengendara yang ada di jalan untuk menaati lalu lintas memang cukup rendah. Demi bisa sampai lebih cepat, tak jarang mereka bersikap egois dan memilih untuk melanggar lalu lintas yang ada. Walaupun begitu, kita belum terlambat untuk merubah diri menjadi lebih baik lagi. Masih ada banyak waktu untuk para generasi muda belajar menaati lalu lintas. Misalnya saja, tidak menerobos lampu merah, tidak menggunakan trotoar untuk kendaraan, dan menaati peraturan lalu lintas yang lain.

8. Menjaga Persatuan dan Kesatuan Negara Indonesia

Contoh cinta tanah air berikutnya adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Jangan pernah lupa dengan semboyan negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika. Masa depan bangsa Indonesia berada di tangan kita semua. Jadi, kita harus menghargai setiap perbedaan yang ada di sekitar kita dan jangan sampai kita membiarkan perbedaan tersebut membuat kita terpecah belah.

Cara Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air

Menanamkan rasa cinta tanah air pada dasarnya bisa dilakukan sejak usia dini bersama dengan keluarga di rumah. Tak hanya di rumah, dilingkungan sekitar sampai sekolah juga ikut berperan. Jika ingin mencoba menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menjadi Role Model

Di awal kehidupan anak, semua bentuk sikap dan juga perilaku diperoleh dari meniru orang-orang yang ada disekitarnya. Di masa tersebut, orang tua dapat memulai untuk menanamkan rasa cinta tanah air dengan cara menampilkan pada anak betapa berharganya budaya dan negara yang kita pijak ini. Kita bisa memulainya dengan menceritakan kisah-kisah perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Pastinya dengan bahasa yang mudah untuk dipahami ya.

2. Mengenalkan Lagu Kebangsaan

Hal selanjutnya yang dapat kita lakukan yaitu mengenalkan lagu kebangsaan Indonesia. Kita dapat menyanyikannya bersama di rumah dan menceritakan asal-usul dari lagu tersebut tercipta. Di sekolah, umumnya anak-anak akan diberi pengenalan mengenai lagu-lagu kebangsaan yang dapat dinyanyikan bersama dengan teman-temannya.

3. Rekreasi Budaya

Ini adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh orang tua dan anak. Bawalah anak-anak ke tempat yang bersejarah yang bisa mengedukasi anak. Selain itu, orang tua juga dapat menghabiskan quality time bersama anak yang bisa menambah manfaat. Adanya masyarakat yang cinta tanah air diharapkan bisa membuat negara bebas dari berbagai macam gangguan yang bisa saja datang, baik itu dari dalam atau luar negeri. Dengan adanya rasa cinta tanah air di dalam diri, maka setiap warga negara bisa bahu membahu membangun negeri ini supaya bisa sejajar dengan negara-negara maju.

Manfaat Memiliki Rasa Cinta Terhadap Tanah Air

Pastinya dengan menerapkan rasa cinta terhadap tanah air, maka bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri dan negara. Sikap cinta tanah air ini mempunyai beberapa manfaat, antara lain:

– Menjadi seseorang yang tidak mudah untuk diadu domba.
– Menambah rasa kebanggaan terhadap bangsa Indonesia.
– Menimbulkan rasa cinta terhadap negara sendiri, sehingga selalu berusaha untuk menjaga negeri dari berbagai bentuk ancaman, gangguan, dan juga tantangan yang dihadapi.
– Terciptanya keamanan dan juga kedamaian di lingkungan masyarakat.
– Meningkatkan perekonomian, hal itu berkaitan dengan salah satu sikap cinta tanah air yaitu bangga menggunakan produk dalam negeri.
– Lebih menghargai jasa para pahlawan.
– Menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Demikian penjelasan mengenai pengertian cinta tanah air dan contohnya yang bisa kita terapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang pengertian cinta tanah air, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien