in

Yuk, Berkenalan Dengan 13 Member Seventeen!

Member Seventeen – Para penggemar K-Pop sekarang, siapa yang tidak kenal dengan boy grup Seventeen dengan ketiga belas membernya? Yap, Seventeen mulanya ada di bawah naungan agensi Pledis Entertainment, bersamaan dengan NU’EST. Lantas, Pledis Entertainment diakuisisi oleh HYBE Entertainment (sebelumnya adalah Big Hit Entertainment selaku agensi BTS), sehingga sistem pengelolaan Seventeen pun turut “berpindah”. Meskipun demikian, Seventeen tetap berkarya sesuai dengan langkah awalnya, yakni Self-Producing Idol yang mana anggotanya terlibat langsung dalam penyusunan lagu sekaligus koreografinya.

Seventeen disebut-sebut sebagai boy grup dengan member terbanyak yakni 13 orang (meskipun dalam hal ini, NCT jauh lebih unggul karena membernya berjumlah 23 orang!). Ketiga belas member ini memiliki kemampuan yang unik masing-masingnya, tetapi dapat bersatu-padu antar satu sama lain. Lalu, siapa saja sih member Seventeen itu? Bagaimana pula perjalanan karir mereka? Yuk simak ulasan berikut ini, siapa tahu Grameds tertarik untuk bergabung dalam fandom CARAT!

13 Member Seventeen

Pada dasarnya, ketiga belas member Seventeen ini dibagi menjadi tiga sub-unit yakni Hip-Hop Unit, Vocal Unit, dan Performance Unit. Pembagian sub-unit ini didasarkan pada spesialisasi keahlian masing-masing, sehingga secara tidak langsung dapat membantu proses Self-Producing Idol yang mereka terapkan.

Hip-Hop Unit

1. S.Coups

S.Coups alias Choi Seungcheol ini adalah member pertama Seventeen yang sekaligus menjadi leader dan anggota tertua. Lahir pada 8 Agustus 1995 di Daegu, Korea Selatan. Di grup Seventeen, S.Coups memiliki posisi sebagai leader dari Hip-Hop tim, rapper, dan sub-vocalist. Nama panggungnya yakni S.Coups berasal dari ‘S’ yang diambil dari “Sungcheol” dan ‘Coups’ berasal dari “Coup d’etat”.

S.Coups telah menjadi trainee sejak tahun 2010 yang bahkan dirinya pernah hampir debut bersama boy grup NU’EST. Tidak hanya itu saja, S.Coups juga menjadi member awal dari pembuatan boy grup TEMPEST’, sebelum Seventeen diciptakan. Dapat dibilang, S.Coups ini adalah member asli dari para trainee Pledis Entertainment alias Pledis Boys. Maka dari itu, dirinya begitu mengenal para seniornya di Pledis Entertainment, mulai dari NU’EST dan After School.

Sebelum debut, S.Coups pernah tampil di musik video milik After School yang bertajuk “Wonder Boy” dan NU’EST yang bertajuk “Face”. Sedikit trivia saja nih, ketika hendak debut bersama TEMPEST, S.Coups juga bersama dengan Woozi, tetapi sayangnya grup tersebut tidak jadi didebutkan. Pada tahun 2019 lalu, S.Coups hiatus dari segala kegiatan Seventeen karena masalah kesehatan, tepatnya anxiety yang dideritanya.

Akun instagram S.Coups: @sound_of_coups

2. Wonwoo

Wonwoo alias Jeon Wonwoo lahir pada 17 Juli 1996 di Changwon, Gyeongsangnam-do. Di grup Seventeen, Wonwoo memiliki posisi sebagai rapper dan sub-vocalist. Dirinya telah menjadi trainee sejak tahun 2011 dan juga pernah tampil di musik video milik seniornya, yakni NU’EST yang berjudul “Face” dan Hello Venus yang berjudul “Venus”.

Wonwoo merupakan alumni dari School Of Performing Arts Seoul (SOPA) dan saat ini tengah melanjutkan pendidikannya di Hanyang University Institute for Future Talents dengan Jurusan Practical Music KPop Division. Saat acara Weekly Idol, Wonwoo memperkenalkan dirinya sebagai member dengan suara terendah di Seventeen. Wonwoo juga kerap menggunakan kacamata atau lensa kontak karena penglihatannya tidak baik.

Wonwoo mengaku dirinya ikut audisi Pledis Entertainment hanya untuk mencari pengalaman saja, tetapi malah lulus audisi dan berhasil debut bersama Seventeen. Sebenarnya, Wonwoo ingin sekali menjadi seorang penyanyi, tetapi orang-orang sering mengatakan bahwa suaranya yang rendah cocok untuk menjadi rapper. Sejak itu, dirinya belajar bagaimana menjadi seorang rapper. Pada bulan April lalu, Ibunda Wonwoo meninggal dunia karena sakit, hal itu membuat segenap member dan CARAT berduka.

Akun Instagram Wonwoo: @everyone_woo

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Mingyu

Mingyu alias Kim Mingyu lahir pada 6 April 1997 di Anyang-si, Gyeonggi-do. Di grup Seventeen, Mingyu memiliki posisi sebagai rapper, sub-vocalist, dan face of the group. Hal itu dibuktikan dengan parasnya yang memang tampan. Sama seperti dengan Wonwoo, Mingyu juga telah menjadi trainee sejak tahun 2011 dan juga pernah tampil di musik video milik seniornya, yakni NU’EST yang berjudul “Face” dan Hello Venus yang berjudul “Venus”.

Mingyu berteman akrab dengan Jungkook BTS, Bambam dan Yugyeom GOT7, Jaehyun NCT, dan Eunwoo Astro dengan membuat grup chatting yang diberi nama ‘97 Line. Pada tahun 2917, Mingyu pernah mengikuti acara reality-documentary bertajuk Laws of The Jungle yang tayang di channel SBS pada episode 274 di Pulau Komodo, Indonesia. Apakah Grameds pernah menontonnya?

Ketika mengikuti reality show bertajuk One Fine Day di Yeosodo pada 2016 lalu, Mingyu memperlihatkan keahliannya dalam menangkap ikan, memasak, hingga membangun rumah. Bahkan rekan-rekan Seventeen selalu mengandalkan Mingyu ketika tinggal bersama. Mingyu pernah menjajal kemampuan aktingnya dengan menjadi cameo dalam serial komedi Thailand berjudul Luangta Mahachon. Pada tahun 2020 lalu, Mingyu dan Seungkwan pernah berjalan-jalan di Taman Menteng, Jakarta. Hal itu tidak disangka oleh para Carat Indonesia apalagi penampilan mereka terlihat seperti warga lokal yang bahkan ikut bermain voli. Hal itu menjadi bagian dari INSIDE Seventeen ketika tengah mengadakan konsernya di Jakarta.

Akun Instagram Mingyu: @min9yu_k

4. Vernon

Vernon alias Hansol Vernon Chwe lahir pada 18 Februari 1998 di New York, US. Yap, Vernon termasuk member asing yang memiliki kewarganegaraan Korea-Amerika. Di grup, Vernon berposisi sebagai rapper, sub-vocalist, dan visual. Sekilas, wajah Vernon terlihat mirip dengan Leonardo Dicaprio kala muda.

Sama dengan member lainnya, Vernon juga kerap tampil di musik video milik para seniornya. Sebut saja Man of K berjudul “Falling”, Hello Venus ‘Venus’, dan Orange Caramel ‘My Copycat’. Vernon juga memiliki grup kolaborasi yang berisikan teman-teman dekatnya dengan nama M.O.L.A. (Make Our Lives Awesome) yang terdiri atas dirinya, Jimin (soloist), Seungyoun (WOODZ), dan Nathan untuk lagu berjudul “Chillin”. Bahkan grup M.O.L.A ini kerap bermain bersama. Vernon juga berteman baik dengan Kino PENTAGON.

Saking seringnya menggunakan bahasa Korea, dirinya merasa bahwa kemampuan berbahasa Korea-nya justru lebih baik dibandingkan dengan Bahasa Inggris.

Vernon mendapatkan casting dari staf Pledis Entertainment ketika dirinya tengah bermain di warnet bersama teman-temannya. Hal itu diungkapkan dalam wawancara Japanese Seventeen Magazine. Vernon juga pernah mengikuti survival show bertajuk Show Me The Money 4, tetapi tersingkir di babak ketiga.

Meskipun dirinya adalah seorang rapper, tetapi Vernon juga pernah berpartisipasi pada OST web-drama Love Revolution berjudul Sickness pada tahun 2020, bersama dengan DK.

Akun Instagram Vernon: @vernonline

Vocal Unit

1. Woozi

Woozi alias Lee Ji Hoon lahir pada 22 November 1996 di Busan, Korea Selatan. Di grup, Woozi berposisi sebagai leader dari tim vokal, lead vocalist, dan produser. Yap, Woozi selalu berperan sebagai produser untuk semua lagu-lagu Seventeen.

Woozi telah menjadi trainee sejak tahun 2011 yang bahkan pernah hampir debut bersama S.Coups untuk boy grup TEMPEST, tetapi tidak jadi. Sejak kecil, Woozi telah belajar musik klasik, bermain klarinet, dan instrumen lainnya. Maka dari itu, Woozi dianggap sebagai idol berbakat. Dirinya juga pernah menjadi komposer dan produser untuk lagu I.O.I berjudul “Downpour”. Sekarang, Woozi telah menjadi anggota di KMCA (Korea Music Copyright Association).

Sekilas, wajah Woozi terlihat mirip dengan Suga BTS. Seharusnya, Woozi berada di tim performance, tetapi karena dirinya ingin menciptakan lagu sendiri sehingga masuklah ke tim vokal ini. Woozi pernah berkolaborasi dengan Chanyeol EXO untuk lagu “Give Me That”.

Akun Instagram Woozi: @woozi_universefactory

2. Jeonghan

Jeonghan alias Yoon Jeonghan lahir pada 4 Oktober 1995 di Hwaseong, Korea Selatan. Di grup, Jeonghan berposisi sebagai lead vocalist dan visual. Bahkan saat debut, Jeonghan dikenal karena wajahnya yang tampan dengan rambutnya terurai panjang. Jeonghan selalu menyebut bahwa dirinya adalah “Malaikat”, karena ulang tahunnya pada 4 Oktober, yang mana dalam bahasa korea ‘1004’ adalah ‘Cheonsa’ yang berarti ‘Malaikat’.

Jeonghan juga pernah muncul di musik video Kiggen Phantom ft Jinsil dan Mad Soul Child, Hanhae dengan judul “Playback” pada tahun 2015 lalu. Jeonghan semakin disorot karena kecerdikannya dalam menyelesaikan misi di setiap acara Going Seventeen, salah satunya ketika di episode 9 ‘Dont Lie III’.

Akun Instagram Jeonghan: @jeonghaniyoo_n

3. Joshua

Joshua alias Joshua Hong lahir di 30 Desember 1995 di Los Angeles, California, AS. Nama koreanya Hong Jisoo. Sama seperti Vernon, Joshua juga merupakan member asing dengan dua kewarganegaraan. Sebenarnya, Joshua adalah warga negara Korea tetapi dirinya lahir dan tumbuh di Amerika. Joshua merupakan anak tunggal di keluarganya.

Sejak tahun 2013, Joshua sudah menjadi trainee sekaligus penggemar dari EXO. Sebelum debut, Joshua adalah anggota Praise Team di gereja. Saat acara Weekly Idol, Joshua memperkenalkan dirinya sebagai member yang dapat berbicara dengan 5 bahasa, yakni Bahasa Inggris, Korea, Mandarin, Jepang, dan Spanyol. Joshua juga pernah tampil sebagai cameo di web-drama berjudul “A-Teen” Season 2 episode 7. Joshua sangat suka anime.

Akun Instagram Joshua: @joshu_acoustic

4. DK

DK alias Dokyeom alias Lee Seok Min lahir pada 18 Februari 1997 di Gyeonggi-do, Korea Selatan. Di grup, DK berposisi sebagai main vocalist dan memang kemampuan bernyanyinya tidak main-main! Bersama dengan Hoshi dan Seungkwan, dirinya membentuk sub-unit BOOSEOKSOON.

DK telah menjadi trainee sejak tahun 2012. Saat pertama kali menjadi trainee, DK mengaku sangat takut dan kesepian, tetapi nyatanya dirinya justru menjadi trainee yang paling cepat bergaul dengan yang lainnya. DK sangat suka band rock dan bahkan telah tergabung di band rock ketika SMP. Bersama dengan Mingyu, DK juga termasuk dalam geng ‘97 Line.

Kemampuan bernyanyi DK tidak perlu diragukan lagi, sebab dirinya sering mengikuti kompetisi “King of Masked Singer” dan berhasil mencapai babak ke -3. Selain itu, DK juga pernah mengisi OST Drama berjudul Tempted berjudul “Missed Connections” pada tahun 2018.

Akun Instagram DK: @dk_is_dokyeom

5. Seungkwan

Seungkwan alias Boo Seungkwan lahir pada 16 Januari 1998 di Busan, tetapi tinggal di Pulau Jeju sejak kecil. Di grup, dirinya berposisi sebagai main vocalist dan face of the group. Yap, Seungkwan dikenal sebagai Professor K-Pop karena memahami seluk-beluk K-Pop dari generasi pertama hingga keempat ini. Bahkan para penggemar seringkali terkejut karena interaksinya dengan banyak idol senior hingga rookie, atau disebut juga dengan istilah Social Butterfly.

Seungkwan telah menjadi trainee sejak tahun 2012. Sebelumnya, Seungkwan juga pernah ditawari untuk bergabung di JYP Entertainment, tetapi tawaran tersebut dia tolak. Sejak SD, Seungkwan selalu mengikuti festival lagu anak-anak dan tidak pernah berpikir untuk menjadi seorang penyanyi. Lantas, salah satu gurunya merekam penampilan Seungkwan dan mengunggahnya ke internet, hingga menjadikan Seungkwan diberi kesempatan casting audisi Pledis Entertainment.

Perilaku baik Seungkwan tidak hanya dirasakan oleh para idol senior dan rookie saja, tetapi juga para wartawan. Pernah kala itu, Seungkwan membagikan jeruk keprok kepada para wartawan pada pukul 5 pagi tanpa diminta siapapun. Maka dari itu, Seungkwan selalu dielu-elukan sebagai role-model yang baik, terutama para remaja. Bahkan dirinya juga memenangkan penghargaan untuk kategori Rookie Entertainer Award pada tahun 2018.

Tidak hanya itu saja, kemampuan bernyanyi Seungkwan juga tidak kaleng-kaleng lho! Seringkali Seungkwan mengisi beragam OST Drama. Mulai dari OST drama Record Of Youth yang berjudul “Go” pada tahun 2020, OST drama Lovestruck in The City yang berjudul “The Reason” pada tahun 2020, OST drama Mother yang berjudul “Kind of Love” pada tahun 2018, dan masih banyak lagi.

Akun Instagram Seungkwan: @pledis_boos

Performance Unit

1. Hoshi

Hoshi alias Kwon Soonyoung lahir pada 15 Juni 1996 di Gyeonggi, Korea Selatan yang sekaligus menjadi leader di performance unit ini. Di grup, dirinya berposisi sebagai main dancer, lead vocalist, dan sub-rapper. Hoshi juga dikenal dengan nama 10.10 O’Clock karena matanya seolah menunjukkan arah jarum jam 10.10.

Hoshi telah menjadi trainee sejak tahun 2011 dan kebanyakan koreografi Seventeen diciptakan olehnya. Bersama dengan Seungkwan dan DK, dirinya selalu berhasil membuat mood menjadi lebih baik. Ketiganya juga turut debut dengan sub-unit BOOSEOKSOON. Hoshi sangat menyukai hewan harimau, bahkan juga meyakini bahwa di dalam dirinya ada sosok harimau. Pada tahun 2021 lalu, Hoshi merilis lagunya berjudul “Spider” dan mendapatkan respon positif dari para penggemar.

Akun Instagram Hoshi: @ho5hi_kwon

2. Jun

Jun alias Wen Junhui lahir pada 10 Juni 1996 Di Guangdong, China. Nama koreanya adalah Wen Junhui. Di grup, Jun berposisi sebagai lead dancer dan sub-vocalist. Wajah Jun terlihat mirip dengan Heechul Super Junior dan bahkan hal tersebut diakui sendiri oleh Heechul. Sama halnya dengan kebanyakan siswa di China yang menyukai K-Pop, Jun juga demikian dan memutuskan untuk pindah ke Korea hingga akhirnya dapat debut seperti sekarang ini.

Sebelum pindah ke Korea, Jun adalah seorang aktor cilik dan pernah tampil di film legendaris berjudul The Legend is Born – Ip Man, sebagai IP Man muda. Maka dari itu, Jun pandai dalam seni bela diri Wushu dan Kung Fu. Dirinya juga dapat berbicara dalam 3 bahasa yaitu Mandarin, Kanton, dan Korea.

Saat berusia 2 tahun, kedua orang tua Jun bercerai dan dirinya ikut dengan Ibunya. Kemudian saat usia 8 tahun, Ibu Jun menikah lagi dan memiliki satu saudara tiri. Lucunya, Jun terkadang tidur dengan mata terbuka yang tentu saja membuat anggota lain merasa takut jika mereka kebetulan lewat. Panutan Jun adalah dua member Super Junior M yakni Zhoumi dan Henry, karena dirinya juga ingin menerima banyak dukungan dari China dan Korea seperti halnya dua idol senior tersebut.

Akun Instagram Jun: @junhui_moon

3. The8

The8 alias Xu Minghao lahir pada 7 November 1997 di Liaoning, Tiongkok. Nama koreanya adalah Seo Myung Ho. Di grup, dirinya berposisi sebagai lead dancer, sub-vocalist, dan sub-rapper. The8 adalah anak tunggal dalam keluarganya dan sangat menekuni street dance selama 6 tahun di China.

The8 menjadi trainee sejak tahun 2013. Sama dengan Mingyu dan DK, dirinya juga tergabung dalam geng ‘97 Line. The8 juga berteman akrab dengan Yanan Pentagon. Arti nama dari The8 adalah angka 8 jika dibaringkan akan terlihat seperti infinity alias tak terbatas. Selain itu, banyak orang China yang memang menyukai angka 8.

The8 juga pernah didapuk sebagai mentor tari untuk survival show China bertajuk Idol Producer Season 2. Pada tahun 2021 lalu, The8 merilis single solo miliknya yang berjudul “Side by Side”.

Akun Instagram The8: @xuminghao_o

4. Dino

Dino alias Lee Chan lahir pada 11 Februari 1999 di Jeollabuk-do, Korea Selatan yang sekaligus menjadi maknae. Di grup, Dino berposisi sebagai main dancer dan sub-rapper. Pada suatu wawancara, Dino pernah menjelaskan bahwa berdasarkan silsilah keluarga, namanya ditulis sebagai Lee Joong Chan, tetapi sebenarnya nama aslinya adalah  Lee Chan.

Dino telah menjadi trainee sejak tahun 2012 dan kedua orangtuanya adalah dancer yang mana ayahnya pernah membuka kelas dance. Saat dirinya mendapat tawaran casting audisi oleh staf Pledis Entertainment, bersamaan ketika dirinya tengah mendapatkan penghargaan di turnamen tari Jeonju’s Youth. Berhubung dirinya masuk dalam performance unit, maka Dino selalu turut serta dalam pembuatan koreografi, sebut saja untuk lagu Jam Jam dan Flower. Dino sangat menyukai Michael Jackson dan pernah tampil dalam musik video milik seniornya, Orange Caramel untuk lagu “Copycat”.

Akun Instagram Dino: @feat.dino

Fakta Pembentukan Grup Seventeen

Keberadaan PLEDIS BOYS yang mana terdiri atas trainee laki-laki di bawah naungan agensi Pledis Entertainment menjadi cikal bakal pembentukan grup NU’EST dan Seventeen. NU’EST pun berhasil debut pada tahun 2012 dengan lima member yakni JR, Aron, Minhyun, Baekho, dan Ren. Lantas, bagaimana dengan para trainee yang belum debut? Nah, pihak agensi berjanji akan tetap mendebutkan mereka dengan meluncurkan project bertajuk Seventeen TV. Dalam project tersebut, agensi juga turut memperkenalkan kepada publik mengenai siapa saja trainee yang ada.

Seventeen TV ini selesai hingga season tiga dan tentu saja banyak trainee yang telah bertukar formasi hingga keluar. Salah satu member yang keluar adalah Kim Samuel yang kemudian pindah ke agensi Brave Entertainment. Banyak penggemar yang merasa bingung mengapa Samuel pindah agensi padahal saat itu dirinya hampir debut bersama ketigabelas member Seventeen. Namun ternyata, Samuel berhasil debut terlebih dahulu dengan nama panggung PUNCH.

Sayangnya, debut Samuel dianggap tidak berhasil dan dirinya pun menjadi soloist. Samuel bahkan pernah mengikuti survival show Produce 101 Season 2 dan berulang kali masuk ke 10 besar, tetapi dirinya tidak dapat masuk line-up grup jebolannya, yakni Wanna One. Sedikit trivia saja nih, dalam survival show tersebut, keempat member NU’EST juga turut ikut tetapi hanya Minhyun saja yang berhasil lolos untuk menjadi bagian dari Wanna One.

Meskipun Samuel telah keluar, tetapi hubungannya dengan member Seventeen tidak lantas berhenti begitu saja. Dalam sebuah program tv bertajuk The Connections, Samuel bertemu kembali dengan Jun dan The8 yang kemudian membuat penggemar merasa terharu karena mereka berhasil reuni. Para member Seventeen juga masih berhubungan baik dengan Samuel karena selama trainee dahulu, Samuel adalah member paling muda.

Diskografi Seventeen

Album

17 Carat (1st Mini Album)

29 Mei 2015

Boys Be (2nd Mini Album)

10 September 2015

Love & Letter (1st Full Album)

25 April 2016

  • Chuck
  • Hit Song
  • Say Yes
  • Drift Away

Very Nice (1st Repackage Album)

4 Juli 2016

  • NO F.U.N
  • Simple
  • Space
  • Chuck
  • Still Lonely
  • Hit Song
  • Say Yes
  • Drift Away
  • Mansae (Hip-Hop Team)
  • Shining Diamond (Performance Team)

Going Seventeen (3rd Mini Album)

5 Desember 2016

  • Beautiful (Mix Team)
  • Lean On Me
  • Fast Pace
  • Don’t Listen In Secret (Vocal Team)
  • I Don’t Know (Mix Team)

Al1 (4th Mini Album)

22 Mei 2017

  • Habit (Vocal Team)
  • If I (Hip-Hop Team)
  • Swimming Fool (Performance Team)
  • Crazy in Love
  • Who

Teen, Age (2nd Full Album)

6 November 2017

  • Intro. ???
  • Without You
  • Bring It (Hoshi & Woozi)
  • Flower (S.Coups, Jeonghan, Wonwoo, The8, Seungkwan, & Dino)
  • Rocket (Joshua & Vernon)
  • Hello (Jun, Mingyu & DK)
  • Campfire
  • Outro. ??

Director’s Cut (1st Special Album)

5 Februari 2018

  • Thinkin’ about You
  • Run to You
  • Falling For You

You Make My Day (5th Mini Album)

16 Juli 2018

  • Come To Me
  • What’s Good
  • MOONWALKER
  • Our Dawn Is Hotter Than Day

You Made My Dawn (6th Mini Album)

21 Januari 2019

  • Good to Me
  • Hug (Vocal Team)
  • Chilli (Hip-Hop Team)
  • Shhh (Performance Team)

An Ode (3rd Full Album)

16 September 2019

  • Lie Again
  • Let Me Hear You Say
  • 247 (Performance Team)
  • Second Life (Vocal Team)
  • Network Love (Joshua, Jun, The8, & Vernon)
  • Back It Up (Hip-Hop Team)
  • Lucky
  • Happy Ending (Korean Ver.)

Heng:garæ (7th Mini Album)

22 Juni 2020

  • Fearless
  • I Wish
  • Together

Semicolon (2nd Special Album)

19 Oktober 2020

  • Do Re Mi (Maknae line: Seungkwan, Vernon, Dino)
  • Hey Buddy (97 liners: The8, Mingyu, DK)
  • Light a Flame (96 liners: Jun, Hoshi, Wonwoo, Woozi)
  • Ah! Love (95 liners: S.Coups, Jeonghan, Joshua)
  • All My Love

Your Choice (8th Mini Album)

18 Juni 2021

  • Heaven’s Cloud
  • GAM3 BO1
  • Wave
  • Same dream, same mind, same night (?? ?, ?? ?, ?? ?)

Attacca (9th Mini Album)

22 Oktober 2021

  • To you (????)
  • Crush
  • PANG! (Performance Team)
  • Imperfect love (?? ???? ????) (Vocal Team)
  • I can’t run away (????? ???) (Hip-Hop Team)
  • 2 MINUS 1 (Digital only) (Joshua & Vernon)

Face the Sun (4th Full Album)

27 Mei 2022

  • DON QUIXOTE
  • March
  • Domino
  • Shadow
  • ’bout you (???)
  • IF you leave me
  • Ash

Sumber:

https://kprofiles.com/

https://kpop.fandom.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.