in

10 Rekomendasi Lokasi Wisata Baturaden yang Wajib Dikunjungi

kaskus.co.id

Wisata Baturaden – Baturaden menjadi salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi ini tepatnya berada di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Bahkan, seiring berjalannya waktu, lokasi Baturaden ini sudah berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal.

Dikarenakan letaknya yang berada di kawasan lereng gunung, maka wisata yang disuguhkan pun kebanyakan bernuansa alam. Jika kamu yang ingin pergi ke lokasi wisata Baturaden, maka bisa simak artikel ini lebih dulu, Grameds.

Rekomendasi Wisata Baturaden

Wisata Baturaden
regional.kompas.com

Berikut di bawah ini adalah rekomendasi tempat wisata hits di Baturaden untuk liburan yang menyenangkan.

1. Pancuran Pitu (Pancuran 7)

Wisata Baturaden
travel.kompas.com

Pusat pesonanya yang berada di bebatuan serta di bawah pancuran yang berjumlah 7 pipa, maka air terjun ini dikenal dengan keindahannya. Itulah sebabnya objek wisata ini kemudian memiliki nama Pancuran Pitu.

Pancuran Pitu memiliki bebatuan unik yang kemudian terbentuk karena dialiri air belerang. Bebatuan itulah yang menjadi salah satu dari daya tarik bagi para pengunjung. Bahkan, ada juga beberapa pengunjung yang datang ke air terjun ini untuk menyembuhkan penyakit kulit yang dialaminya. Hal ini karena air terjun ini juga memiliki kandungan belerangnya.

Dikarenakan adanya kandungan belerang pada air terjun ini, maka air yang mengalir dari bebatuan akan berubah warna menjadi warna cokelat. Meskipun begitu, warna cokelat ini meningkatkan keindahan dari air terjun ini.

Jika kamu ingin ke air terjun ini, ada dua cara, pertama kamu harus melewati jalan setapak serta anak tangga di dalam Taman Rekreasi Baturaden ke arah puncak bukit. Cara kedua dengan menggunakan arah putar balik melewati area hutan hingga kemudian tiba di pintu masuk wisata.

  • Harga Tiket: Rp 10.000;
  • Alamat: Desa Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

2. Curug Bidadari

Wisata Baturaden
kawanus.com

Ada yang menjadi ciri khas dari Curug ini yaitu adanya pintu masuk yang berbentuk seperti gua, sehingga ketika kamu datang tempat wisata ini akan merasa seperti sedang masuk ke suatu air terjun tersembunyi di dalam gua. Oleh karena itu, gua akan menghalangi jarak pandang ke Curug Bidadari ini, sehingga kita akan melihatnya seperti air terjun di balik gua.

Akses jalan yang dapat kamu lalui untuk menuju ke sini adalah harus melewati jalanan yang agak terjal. Meski begitu, perjalanan yang ditempuh tidak memakan waktu yang lama dan rasa lelah selama perjalanan juga akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah. Hal ini karena panorama yang ada di Curug Bidadari ini dapat kamu nikmati ketika berkunjung langsung ke Curug Bidadari.

  • Harga Tiket: Rp 5.000;
  • Lokasi Alamat: Desa Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Baturaden
travel.kompas.com

Baturraden merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan yang berjarak sekitar 7,5 Km dari Kota Purwokerto ini memiliki air terjun kedung kayang. Salah satu destinasi yang sedang hits saat ini, sehingga air terjun ini sering kali dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Jika kamu ingin menuju ke air terjun ini, maka kamu akan diberikan beberapa penawaran paket untuk berkeliling objek wisata yang ada di dalamnya. Adapun objek wisata yang ada di lokasi ini, seperti susur sungai, Outbound, susur tebing, forest camping memiliki fasilitas lengkap, downhill dengan sepeda menyusuri hutan, juga zipline atau meluncur dan melayang di atas lembah, susur hutan serta game seru, cold water therapy, susur lembah serta jurang, hingga bungee trampoline, dan lain sebagainya.

  • Harga Tiket: Rp 415.000;
  • Lokasi Alamat: Desa Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

4. Curug Bayan

Wisata Baturaden
travelspromo.com

Berlokasi di Ketenger, curug ini kemudian sering kali disebut dengan nama Curug Gede. Salah satu hal yang istimewa dari curug ini, ialah adanya sebuah penginapan yang kemudian dibangun pas menghadap curug ini, sehingga ketika keluar jendela akan merasa udara yang sangat tenang. Bahkan, kamu dapat melihat pemandangan seperti di luar negeri dengan taman beserta air terjunnya yang indah.

Dikarenakan letaknya yang tak terlalu masuk ke dalam hutan, maka pengunjung bisa dengan mudah untuk masuk ke lokasi wisata ini. Terlebih lagi, air terjunnya juga tak terlalu tinggi dan kolam yang dangkal. Satu keistimewaannya curug ini ialah pada tingkat dari air terjun, sehingga membuat air terjun tersebut terlihat sangat cantik saat air terjun mengalir ke batuan yang membentuk anak tangga.

  • Harga Tiket: Rp 5.000;
  • Alamat: Desa Ketenger, Kec. Baturaden, Kab, Banyumas, Jawa Tengah.

5. Lokawisata Baturaden

Wisata Baturaden
travelspromo.com

Lokawisata Baturraden ini bisa dibilang memadukan keindahan alam dengan wisata kekinian yang bukan hanya dikunjungi oleh anak-anak muda saja, tetapi pengunjung keluarga juga masuk ke lokasi wisata ini. Lereng gunung yang telah diubah dengan kreatif berhasil menciptakan sebuah taman alam, menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona di lereng gunung.

Selain memiliki kolam renang yang juga selalu ramai dengan wisatawan, wisatawan juga bisa bermain air mancur yang menjulang tinggi. Bahkan, jika kamu beruntung, maka bisa merasakan sejuknya air ditambah dengan sinar matahari.

Selain itu, di lokasi wisata ini, kamu bisa menemukan air terjun kecil yang mengalir di bebatuan kecil. Bahkan, bisa dijadikan sebagai spot untuk foto yang mana fotonya bisa kamu unggah di media sosial kamu.

  • Harga Tiket: Rp 20.000;
  • Alamat: Desa Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

6. Curug Telu

Wisata Baturaden
mgriyahotel.com

Curug Telu ataupun yang berarti air terjun tiga, berada di daerah Karangsalam. Dinamakan juga curug telu karena terdapat tiga air terjun yang mengalir di sini. Selain itu, aliran air terjun di Curug Telu ini bisa dibilang cukup deras di salah satu curugnya, sehingga kemudian ketika jatuh ke bawah. Bahkan, airnya akan menimbulkan sedikit kabut yang membuat panorama menjadi kian eksotis.

Akses jalan menuju lokasi curug ini bisa dibilang tidak begitu sulit, hanya saja jalannya kemudian masih berupa tanah bebatuan. Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani dengan pemandangan sawah di samping kanan serta kiri. Karena Curug Telu tidak terlalu tinggi serta kolamnya juga tidak dalam, sehingga kamu bisa berenang dengan aman di Curug Telu ini.

  • Harga Tiket: Rp 5.000;
  • Alamat: Desa, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

7. Kebun Raya Baturaden

Wisata Baturaden
hargatiket.com

Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutug. Kebun Raya ini bisa dibilang memiliki daya tarik yang unik terutama dengan koleksi jenis floranya yang unik. Di kebun raya ini, kamu bisa menjumpai banyak jenis tanaman, mulai dari liliana, anggrek, pinus, perdu, dan yang lainnya. Bahkan, kamu bisa melihat beberapa tanaman yang jarang ditemui, seperti kantong semar.

Selain itu, terdapat beberapa bangunan-bangunan unik, terutama balai kebun raya yang megah, menjadi spot foto yang menarik. Bahkan, kamu juga bisa memasuki kawasan hutannya yang telah ditata dengan baik oleh para pihak pengelola. Sangat pas sekali jika kamu berekreasi ke kebun raya ini dengan membawa keluarga. Terlebih lagi, pemandangan hijaunya kemudian akan memanjakan mata.

  • Harga Tiket: Rp 10.000;
  • Alamat: Jl. Pancuran Tujuh, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

8. Telaga Sunyi

Wisata Baturaden
jejakpiknik.com

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu keindahan alam yang mungkin jarang kamu temukan di banyak tempat seperti curug. Terkenal juga dengan nama Telaga Sunyi, telaga ini terletak di bawah tebing serta suasananya yang memang sunyi.

Air dari telaga sunyi ini adalah memiliki warna biru atau seperti hiasan resin, sehingga ketika melihat telaga sunyi kamu akan merasa sangat kagum. Bahkan, kejernihan juga menjadi salah satu incaran para pecinta foto alam untuk kemudian mendapatkan hasil foto underwater yang terbaik.

Perjalanan untuk menuju lokasi ini hanya dengan berjalan sekitar 15 menit dan akses jalannya pun masih mudah dilalui kendaraan roda empat dengan jalannya yang sedikit pas. Selain itu, pada sisi kanan telaga sunyi, terdapat sebuah gua dengan panjang 6 meter. Gua ini memiliki dinding dan berlantai batu berlumut. Kamu dapat menyusuri ke dalam gua bersama pemandu wisata yang ada di sana.

  • Harga Tiket: Rp 13.000;
  • Lokasi Alamat: Desa Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

9. Taman Miniatur Dunia

ksmtour.com

Destinasi wisata Baturaden selanjutnya adalah Taman Miniatur Dunia atau yang bisa juga disebut dengan Small World Baturaden. Tempat wisata ini memberikan berbagai macam bangunan khas dari negara di berbagai belahan dunia. Terlebih lagi, tempatnya juga sangat unik, sehingga membuat pelancong dan wisatawan berbondong- bondong untuk mengunjunginya.

Konsep pembangunan wisata ini selain untuk edukasi bisa juga mengenalkan kesenian daerah atau kesenian dunia.

Selain itu, ada banyak daya tarik yang kemudian diberikan, seperti pada landmark Indonesia yang bentuk bangunannya seperti rumah-rumah adat dari berbagai macam warna adat di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua. Bahkan, ada Juga landmark dunia yang kemudian berisi bangunan-bangunan terkenal dari seluruh dunia, diantaranya Menara Pizza, Sydney Opera House, Colosseum, kemudian kincir angin khas Belanda, Patung Merlion Singapura, Twin Tower, juga Patung Liberty, dan masih banyak lagi.

  • Harga Tiket: Rp 20.000;
  • Alamat: Desa Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

10. Curug Jenggala

kawanus.com

Curug Jenggala bisa dibilang sudah cukup dikenal oleh banyak orang karena keindahan dari curug ini. Adapun yang paling diincar oleh para pengunjung adalah adanya tempat untuk foto dengan bentuk seperti hati atau love. Spot foto dek dengan bentuk hati ini kemudian dibangun menghadap Curug Jenggala. Kamu dapat berswa foto selfie ataupun dengan pasangan di atas hati dengan menggunakan latar belakang pemandangan Curug Jenggala.

Curug Jenggala ini dikenal juga karena bentuk curugnya yang berjajar 3 air terjun. Untuk lokasinya sendiri kemudian tidak jauh dari Kebun Raya Baturaden, apalagi dengan akses jalannya yang masih sangat alami berupa tanah bebatuan. Aliran airnya yang tak terlalu berbahaya dapat kamu nikmati dengan berenang serta bermain air, dan tentu saja kamu akan mendapatkan foto keren underwater di curug ini.

Demikian informasi mengenai rekomendasi wisata Baturaden yang bisa kamu kunjungi. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, kamu akan berkunjung ke lokasi wisata Baturaden yang mana?

Buku-Buku Terkait

1. Kompas Traveller, Travellog : dari Iberia ke La Bombonera

Ketika pada akhir abad ke-15 Columbus dan awak kapalnya mencapai pulau-pulau yang kini disebut Bahamas, mereka sesungguhnya telah membangun sebuah jembatan tak kasatmata yang menghubungkan Dunia Lama (Benua Eropa) dengan Dunia Baru (Benua Amerika). Jembatan maya itu lebih tepatnya menghubungkan Semenanjung Iberia dan daratan Amerika Selatan. Buku ini berisi kisah pengelanaan wartawan senior Diah Marsidi ke berbagai tempat di Eropa dan Amerika, ke negeri-negeri yang namanya pernah muncul dalam tulisan-tulisan lama dari masa awal penemuan Benua Amerika oleh para pelaut Spanyol dan Portugal, dua bangsa Eropa yang mewariskan pengaruh kebudayaan yang luar biasa besar pada bangsa-bangsa asli dan pendatang lain di sana. Namun, kisah-kisah pelancongan ke Spanyol, Portugal, hingga ke Brasil dan Venezuela ini bukanlah cerita perjalanan sejarah. Tulisan-tulisan dalam buku ini lebih merupakan sebuah mosaik kisah-kisah perjumpaan penulis dengan aneka bangsa, tempat, dan kebudayaan yang diharapkan dapat menambah pemahaman kita tentang dua lokasi geografis berbeda di muka bumi, yakni Semenanjung Iberia di Eropa bagian selatan dan Amerika Latin, serta jembatan maya yang menghubungkan keduanya.

2. Soul Travellers

“Pendidikan dan perjalanan adalah value tertinggi yang saya junjung. Buku ini mengusung keduanya: perjalanan ke berbagai destinasi yang tidak biasa yang ditulis oleh para pejalan yang berpendidikan tinggi. Buku perjalanan yang menarik untuk dibaca dengan ‘kacamata’ baru!” Trinity Penulis buku travelling terlaris seri The Naked Traveler “Bergerak mengiringi jejak-jejak, inspirasi adalah perjalanan yang tak kenal kata berhenti, seperti halnya buku ini. Setiap tempat selalu punya cerita, bagaimana sebuah perjalanan mengajarkan tentang hidup itu sendiri.” Penulis, pegiat buku, produser film “Perjalanan bisa dimaknai dari berbagai hal, mulai dari melepas kepenatan, mendapatkan pengalaman dan teman baru, hingga sebagai suatu proses yang dapat mendewasakan kita. Buku ini spesial karena cerita-cerita perjalanan yang penuh inspirasi ditulis langsung oleh 39 orang penulis muda Indonesia. Alangkah beruntungnya kita dapat ikut merasakan proses itu dan memetik pelajaran dari buku ini.” Muhammad Assad Pengusaha, penulis trilogi buku Notes From Qatar, pembicara.

3. 69 Cara Traveling Gratis

Siapa yang suka traveling? Banyak! Siapa yang mau traveling GRATIS? Mau! Emang bisa? Bisa! Kamu baca, nih, caranya di buku ini! Trinity—penulis buku travel terlaris seri “The Naked Traveler”—dan sahabatnya Yasmin, yang udah sering traveling keliling dunia tanpa pusing kantong bakal bolong, membagi 69 cara untuk traveling gratis. Dari profesi apa aja yang bisa kamu jalani, hingga siapa yang wajib kamu dekati! Jangan khawatir, buku ini nggak akan menjerumuskanmu untuk ikut hal yang aneh-aneh. Satu yang pasti, buku ini akan menjerumuskanmu untuk semakin cinta traveling, sesering mungkin secara gratis! Berangkat!

4. Traveling Hemat Keliling India dan Nepal

Kalau mendengar kata India, mungkin yang langsung terbayang di benak kita adalah film, lagu, sari, dan Taj Mahal. Sedangkan kalau mendengar kata Nepal, mungkin yang langsung terbayang adalah Himalaya. Di buku ini, penulis menunjukkan bahwa India dan Nepal lebih dari itu. Buku ini membahas secara tuntas: Itinerary untuk menjelajah India dari ujung ke ujung, informasi transportasi dan akomodasi di India dan Nepal, tips dan trik traveling secara aman, serta destinasi wisata dan festival yang akan memikat kita untuk menjelajahi indahnya India dan Nepal. Buku ini semakin membuat kami, Ranian Indonesia, terinspirasi untuk mengunjungi India. Kami bisa belajar banyak dan mendapat berbagai informasi dari buku ini. Kami mencintai keindahan dan kebudayaan India. Buku ini sangat direkomendasikan karena sarat informasi dan cerita pengalaman di negara lain;—Elly Mustika, RMBFI-RANI BHARA, Fans Club Rani Mukherjee, Artis Terkenal Bollywood.

Jika kamu ingin mencari buku tentang pernikahan Islami, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 8 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Seru dan Asyik 
  2. 19 Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi yang Wajib Dikunjungi 
  3. Rekomendasi 8 Wisata Alam Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi 
  4. 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Populer 
  5. 5 Tempat Wisata Pangalengan yang Cocok untuk Healing! 
  6. 2 Wisata Wonosobo Terbaik dan Wajib Dikunjungi untuk Healing 
  7. 16 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi! 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda