in

Profil Tzuyu TWICE, Sang Visual dan Maknae Asal Taiwan

https://twice.fandom.com/

Tzuyu TWICE – Salah satu idol K-Pop yang namanya selalu dielu-elukan adalah Tzuyu TWICE. Bahkan menurut sebuah survei musik tahunan Gallup Korea yang diadakan pada tahun 2016 hingga 2019, juga menyatakan bahwa Tzuyu TWICE menjadi idol K-Pop favorit para warga Korea Selatan.

Mengingat adanya Korean Wave benar-benar sudah mempengaruhi seluruh aspek di kehidupan ini, maka tidak heran jika idol K-Pop turut didapuk sebagai guest star untuk sebuah acara di barak tentara.

Nah, bagi para tentara yang masih menjalankan wajib militer maupun telah selesai, kebanyakan dari mereka memilih Tzuyu TWICE sebagai idola terbaik yang ingin ditemui. Bahkan di sebuah variety show bertajuk Real Men yang tayang di saluran MBC pada tahun 2016, turut menjadikan TWICE sebagai guest star dan disambut meriah oleh para tentara di barak militer.

Tidak hanya itu saja, nama Tzuyu TWICE juga masuk dalam daftar idol K-Pop yang memiliki latar belakang keluarga ternama. Namun meskipun begitu, Tzuyu TWICE begitu pantang semangat dalam meraih mimpinya untuk menjadi seorang idol K-Pop. Terhitung dirinya menghabiskan waktu dengan menjadi trainee selama 3 tahun lamanya.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Chou Tzuyu ini? Bagaimana pula kehidupan pribadi Tzuyu TWICE termasuk skandal kontroversinya pada tahun 2015 yang dikarenakan sebuah bendera negara? Apa saja fakta-fakta menarik tentang Tzuyu TWICE? Nah, supaya Grameds semakin penasaran dengan The Goddess of Taiwan ini, yuk simak ulasannya berikut!

Biodata dan Profil Tzuyu TWICE

Tzuyu TWICE
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Chou Tzuyu
  • Nama Panggung: Tzuyu
  • Nama Inggris: Sally
  • Tanggal Lahir: 14 Juni 1999
  • Zodiak: Gemini
  • Zodiak China: Kelinci (Rabbit)
  • Tinggi Badan: 170 cm (5’5”)
  • Golongan Darah: A
  • Kewarganegaraan: Taiwan
  • Pendidikan: Hanlim Multi Art School
  • Posisi di Grup: Lead Dancer, Sub Vocalist, Visual, Maknae
  • MBTI: ISFP-A
  • Akun Instagram: @thinkaboutzu

Perjalanan Karir Tzuyu TWICE

https://www.dkpopnews.net/

Seperti yang dikemukakan sebelumnya, Tzuyu memang terlahir dari keluarga ternama, tetapi dirinya tetap menjalani masa trainee seperti idol K-Pop lainnya sebelum akhirnya debut bersama TWICE. Perjalanan karir Tzuyu TWICE tentunya sangat panjang karena usianya yang masih muda. Yuk, simak cerita perjalanan karirnya berikut ini!

2012: Direkrut Oleh JYP Entertainment Melalui Sebuah Videonya di Youtube

Sejak kecil Tzuyu memang sudah belajar menari di MUSE Performing Arts Workshop yang terletak di negara asalnya Taiwan. Pada usia 13 tahun, sebuah video tariannya diunggah di Youtube dan menarik perhatian staf JYP Entertainment.

Setelah itu, pihak JYP Entertainment meminta staf dari cabang Taiwan untuk menilai bakat Tzuyu secara langsung dan hasilnya tidak mengecewakan. Berkat itulah, Tzuyu mendapatkan penawaran untuk menjadi trainee di JYP Entertainment yang terletak di Seoul, Korea Selatan.

Itu berarti, Tzuyu harus meninggalkan Taiwan beserta keluarganya untuk menjadi seorang trainee. Namun dengan tekadnya yang bulat, Tzuyu pun akhirnya pindah ke Korea Selatan pada November 2012 dan memulai masa trainee-nya. Tzuyu mengaku bahwa menjalani masa trainee itu sangatlah sulit.

Mulai dari bangun tidur yang pagi sekali untuk berangkat sekolah, kemudian berlatih di studio agensi hingga larut malam. Berhubung Tzuyu berasal dari Taiwan, maka tentunya ada kendala bahasa baginya untuk berkomunikasi dengan trainee lain. Butuh sekitar satu hingga dua tahun untuknya supaya dapat berkomunikasi dengan lancar menggunakan bahasa Korea.

Terlebih lagi, Tzuyu memiliki kepribadian yang pemalu sehingga untuk berkomunikasi sangatlah sulit. Namun semakin berjalannya waktu, Tzuyu berhasil dekat dengan trainee lain seiring dengan evaluasi bulanan yang diadakan oleh agensi terhadap para trainee.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2015: Berpartisipasi Dalam Survival Show “Sixteen”

Tzuyu TWICE
https://officiallykmusic.com/

Sama halnya dengan para member TWICE lainnya, Tzuyu pun juga berpartisipasi dalam survival show yang diadakan oleh JYP Entertainment dengan Mnet, bertajuk Sixteen. Sesuai dengan judulnya, ajang survival ini hanya diikuti oleh 16 peserta saja, yang mana 7 di antaranya adalah trainee dari JYP Entertainment. Rencananya, pemenang dari ajang ini akan debut sebagai girl group baru di bawah naungan JYP Entertainment.

Konsep utama dari ajang ini adalah 7 trainee dari JYP Entertainment tersebut adalah kandidat untuk anggota girl group baru tersebut, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba untuk menggantikan posisi ketujuh trainee tersebut. Maka dalam setiap episodenya, akan ditampilkan bagaimana 7 trainee mempertahankan posisinya, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba “menggeser” posisi tersebut.

Pada survival show tersebut tentu saja terjadi persaingan yang cukup ketat walaupun pesertanya adalah para trainee yang sudah berlatih secara bersama-sama. Selama acara SIXTEEN berlangsung, Tzuyu masuk ke tim minor selama lima kali dan tim mayor selama tiga kali hingga babak final.

Pada episode akhir dari acara ini, Tzuyu dan Chaeryeong (sekarang menjadi member ITZY) tereliminasi, sehingga dirinya pun kembali menjadi trainee. Namun tiba-tiba, Park Jin Young selaku produser agensi menyatakan bahwa Momo yang telah tereliminasi pada misi keempat, menjadi anggota tambahan TWICE. Sementara itu, Tzuyu juga turut dimasukkan sebagai anggota tambahan TWICE melalui voting online penonton.

Yap, sejak episode awal memang penampilan Tzuyu telah menarik perhatian penonton. Sayangnya, dirinya selalu gagal masuk ke tim mayor dan peringkat tujuh besar. Akhirnya setelah diadakan sebuah voting online, Tzuyu berhasil mendapatkan suara terbanyak untuk “kembali” ke grup TWICE.

Sebenarnya, saat Tzuyu dan Momo diumumkan kembali ke grup padahal sudah tereliminasi, mendapatkan banyak kritikan dari masyarakat. Namun, pada akhirnya, pihak JYP Entertainment memberikan pernyataan bahwa penambahan Tzuyu dan Momo ke grup TWICE adalah untuk melengkapi grup. Tzuyu dipilih karena popularitasnya yang tidak kaleng-kaleng, terbukti dengan mendapatkan suara terbanyak saat voting online. Sementara Momo terpilih karena Park Jin Young selaku produser mengakui kemampuan menarinya yang luar biasa.

2015: Berhasil Debut bersama TWICE

Tzuyu TWICE
https://twice.fandom.com/

Akhirnya pada 20 Oktober 2015, Tzuyu yang tengah berusia 16 tahun berhasil debut bersama kedelapan member TWICE lainnya. Di grup TWICE, Tzuyu menjadi maknae alias member termuda.

Album mini Twice rilis pada hari debut mereka yang bertajuk “The Story Begins” dan langsung menduduki peringkat ke-3 di Gaon Album Chart. Bahkan lagu debut mereka yakni “Like Ooh-Aah” pun turut menduduki peringkat ke-6 di Billboard World Digital Song Sales Chart dan berbagai tangga lagu lainnya.

Sejak debut, TWICE memang langsung masuk dalam daftar idol K-Pop paling berpengaruh. Tak heran, lagu-lagu mereka selalu menjadi peringkat atas di beragam tangga lagu dunia dan memenangkan nominasi di acara penghargaan ternama. Bahkan, lagu debut “Like Ooh-Aah” tersebut langsung menyabet 10 piala musik di acara M Countdown.

Kehidupan Pribadi Tzuyu TWICE

Latar Belakang Keluarga

Tzuyu TWICE
https://alliexandra.com/

Tzuyu TWICE lahir dengan nama asli Chou Tzuyu pada 14 Juni 1999 di kota Tainan, Taiwan. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan kakak laki-laki yang berusia 7 tahun lebih tua. Diketahui, ayahnya adalah seorang pengusaha pemilik bisnis pasar malam (night market business) yang besar.

Baru-baru ini, ayahnya juga telah menginvestasikan sekitar $2 juta (sekitar 30 milyar rupiah) pada tiga rumah sakit yang ada di Taiwan.

Sementara itu, ibu Tzuyu adalah seorang pemilik sekaligus manajer di rumah sakit operasi plastik. Keluarganya pun juga sukses mengelola sebuah kedai kopi dan telah membuka beberapa cabang.

Pendidikan Tzuyu TWICE

Tzuyu TWICE
https://www.fanpop.com/

Ketika masih remaja, awalnya Tzuyu bersekolah di Tainan Municipal Fusing Junior High School yang terletak di Taiwan. Namun berhubung dirinya harus menjalani masa trainee, Tzuyu pun pindah ke Hanlim Multi Art School pada tahun 2019. Di sekolah barunya itu, Tzuyu juga bersama dengan rekannya satu grup, Chaeyoung, dan berhasil lulus pada 2021 lalu.

Kasus Kontroversi Pengangkatan Bendera

Pada tahun 2015, ketika Tzuyu tengah hadir sebagai guest star untuk acara berjudul My Little Television, dirinya mendapatkan kritikan karena memegang bendera Taiwan.

Tindakannya itu menimbulkan kemarahan netizen Tiongkok dan seorang pembawa acara televisi bernama Huang An menuduh bahwa Tzuyu mendukung gerakan kemerdekaan Taiwan. Padahal sebenarnya, Tzuyu pun juga tidak sengaja dan tidak memiliki niat apapun yang berkaitan dengan politik pada tindakannya tersebut.

Sayangnya, berbagai spekulasi terus bermunculan, sehingga menyebabkan pembatalan agenda penampilan TWICE di Tiongkok yang telah dijadwalkan sebelumnya. Tidak hanya itu saja, segala tayangan iklan yang dibintangi Tzuyu juga dicabut karena kontroversi tersebut. Mengingat hubungan antara negara Taiwan dan Tiongkok (China) itu hingga sekarang masih bermusuhan.

Buntut dari tuduhan tersebut membuat JYP Entertainment selaku agensi yang menaungi Tzuyu TWICE meminta maaf dan menyatakan bahwa mereka tidak ikut andil dalam hal politik, terutama dalam hal pro kepada Taiwan maupun Tiongkok. Pada 15 Januari, pihak JYP Entertainment merilis permintaan maaf Tzuyu kepada publik dan akhirnya kontroversi tersebut mereda.

Lalu, bagaimana dengan nasib Huan An yang menjadi provokator atas kontroversi tersebut? Tentu saja dirinya dikecam hebat karena menjadi akar kontroversi dari tindakan yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan tersebut. Mengingat saat itu usia Tzuyu masih 16 tahun yang bahkan belum cukup legal untuk mengetahui politik antara kedua negara tersebut.

Insiden mengangkat bendera yang dilakukan Tzuyu tersebut benar-benar menarik banyak perhatian dari petinggi politik baik di negara Taiwan maupun Tiongkok. Tak terkecuali presiden Republik Tiongkok (Taiwan), Ma Ying-jeou, yang menyatakan bahwa sebenarnya Tzuyu tidak perlu meminta maaf seperti itu. Terhitung 3 calon presiden di negara Taiwan pun mendukung tindakan Tzuyu, menurut mereka provokasi yang diberikan Tzuyu sangatlah berlebihan.

Setelah Tzuyu TWICE merilis permintaan maafnya ke publik, para penggemar pun mendukung Tzuyu dengan hastag #StandByYu di berbagai sosial media dan menjadi populer selama berhari-hari. Itu semua adalah bentuk dukungan dan solidaritas penggemar terhadap Tzuyu yang menjadi bahan tuduhan sekaligus provokasi dalam hal politik. Apabila Grameds ingin membaca secara lengkap mengenai insiden tersebut, dapat dibaca disini ya…

25 Fakta Tentang Tzuyu TWICE

Tzuyu TWICE
https://twice.fandom.com/
  1. Tzuyu lahir dan besar di kota Tainan, Taiwan.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki yang berusia 7 tahun lebih tua darinya.
  3. Keluarganya memelihara anak anjing bernama Uz dan 5 kucing bernama BiBi, Ppoppo, BanBan, Butter, dan Kaya.
  4. Ketika memperkenalkan diri di publik sebagai member TWICE, Tzuyu akan selalu mengatakan “Hello, I’m TWICE’s tall maknae!
  5. Sejak kecil, Tzuyu sudah belajar di akademi tari hingga akhirnya ditawari JYP Entertainment untuk menjadi salah satu trainee-nya.
  6. Tzuyu selalu disebut-sebut sebagai salah satu idol K-Pop tercantik dan menjadi visual di grup.
  7. Beberapa kali, Tzuyu didapuk sebagai MC khusus di acara musik M Countdown bersama member TWICE lainnya.
  8. Tzuyu sering menampilkan kolaborasinya bersama idol K-Pop lainnya. Pada tahun 2016, bersama Seolhyun AOA dan Hani EXID untuk lagu “Tell Me” di acara DMC Festival. Pada tahun 2018, bersama dengan Momo dan Jongyeon TWICE; dan Irene, Seulgi, serta Joy RED VELVET untuk lagu “Dreams Come True” di SBS Gayo Daejun. Pada tahun 2018, bersama Joy RED VELVET, Mijoo LOVELYZ, Sowon GFRIEND, Yeonwoo MOMOLAND, dan Jihyo, untuk lagu “Hush” di KBS Gayo Dachukje.
  9. Pada tahun 2016, Tzuyu berhasil memenangkan acara penghargaan hiburan di Taiwan untuk nominasi pendatang baru (newcomer).
  10. Tzuyu telah mengikuti ujian GED (General Education Development) untuk sekolah menengahnya di Taiwan pada tahun 2016 lalu.
  11. Tzuyu disebut-sebut sebagai orang Taiwan pertama yang berhasil debut sebagai idol K-Pop sekaligus artist pertama dan satu-satunya di JYP Entertainment.
  12. Menjadi anggota tertinggi di grup TWICE.
  13. Role-modelnya adalah Hyolyn dan Suzy.
  14. Tzuyu sangat senang dengan anjing dan bersama member TWICE lainnya sering mengikuti kerja sukarela di penampungan hewan di Korea Selatan. Ketika masih menjadi trainee pun, dirinya kerap pergi ke kafe anjing.
  15. Pada tahun 2016, Tzuyu menempati peringkat ke-3 dalam survei yang diadakan oleh Gallup Idol Preference untuk kategori idol K-Pop asing.
  16. Berteman akrab dengan Kang Hyewon (IZ*ONE) karena bersekolah di sekolah yang sama yakni di Hanlim Arts High School.
  17. Tzuyu juga berteman akrab dengan Elkie CLC, Rose BLACKPINK, Naeun APRIL.
  18. Tzuyu cukup jago dalam olahraga memanah dan sering mendapatkan skor 10 poin di acara olahraga Idol Star Athletic Championship.
  19. Turut serta dalam penulisan lirik lagu “Feel Special”.
  20. Makanan favorit: kimbab, tonkatsu, belut, dan roti.
  21. Kedua orangtuanya tidak mengenai Tzuyu ketika di lagu TT karena penampilannya begitu berbeda.
  22. Saat masih sekolah dahulu, Tzuyu sering berpura-pura sakit supaya bisa bolos sekolah.
  23. Pada ulang tahun yang ke-18, para penggemarnya memasang iklan ulang tahun di New York Times Square.
  24. Pernah menangis karena merindukan sosok ibunya ketika tampil di acara “Please Take Care of My Refrigerator”.
  25. Lagu favoritnya adalah All I Ask yang dinyanyikan oleh Adele. Saking sukanya, Tzuyu mendengarkannya berulang kali.

Demikian pembahasan tentang Tzuyu TWICE. Setelah mengetahui beberapa fakta menarik dari Tzuyu TWICE, semoga dapat menginspirasi kamu.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku tentang girlband Korea, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. TWICE Just For Once

Jihyo, Momo, Sana Jeongyeon, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu adalah cewek-cewek cantik anggota dari girlband TWICE, yang merupakan besutan JYP Entertainment. Mereka mulai dikenal baik di blantika musik Korea dan juga dunia dengan sederet lagu-lagunya yang enak didengar, seperti “Like Ooh-Ahh” dan juga “TT”.

Girlband berisi 9 cewek-cewek ini dibentuk dari sebuah program pencarian bakat khusus trainee perempuan JYP Entertainment, yang bertajuk ‘SIXTEEN’. Mereka akan terus meramaikan jagad musik K-Pop dengan musik-musiknya yang popping dan cute, dan yang pastinya sangat ear catchy di masa depan.

Buku “TWICE Just for ONCE” ini akan membantu kamu para penggemar TWICE untuk mengenal lebih dekat grup tersebut dan juga para membernya, ditambah dengan adanya bonus berupa poster besar dan stiker.

2. TWICE World

Kenalan dulu yuk sama member Twice. Ada Nayeon, Jihyo, Tzuyu, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina, Dahyun dan juga Chaeyoung. Disini, mulai dari istilah A sampai Z yang berhubungan para member Twice akan ketahui lho!

Dimulai dari sejarah perjalanan dan rekor yang berhasil dipecahkan sama TWICE, resep pancake ala member TWICE yang tentunya dapat kamu tiru di rumah. Lalu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan yang asyik seperti tebak lirik pada lagu-lagu TWICE, kuis kepribadian, dan beraneka game yang asyik banget untuk menguji pengetahuanmu sebagai seorang Once nih.

Buku ini akan cocok banget untuk mengisi waktu luang kamu terutama pada saat weekend berlangsung! Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi dan foto-foto member TWICE yang berwarna di setiap lembarnya.

3. TWICE In Love Untold Stories: Famous Rookie Girlband

TWICE adalah sebuah grup idola wanita asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu. Memulai debut dari sebuah ajang bakat dan diharapkan dapat menjadi penerus girl grup sebelumnya membuat langkah rookie girl grup ini penuh liku dan hambatan di tengah umur mereka yang dapat dikatakan sangat muda.

Girl grup besutan JYP Entertainment ini, TWICE, mengusung tema girly yang beranggotakan sembilan anggota dengan beragam talenta dan kepribadian yang dimiliki. Dan, beberapa anggotanya pun ada yang berasal dari luar Korea. Perbedaan kultur budaya, cara berbicara, dan sudut pandang dalam berpikir membuat grup ini memiliki karakteristik yang unik, berbeda, serta kuat dalam konsep musik.

Buku ini mengupas segala hal tentang TWICE mulai perjalanan dalam ajang pencarian bakat, debut, hingga menjalani karier sebagai idol. Penasaran dengan liku-liku awal karir TWICE dari pre debut hingga sekarang? Bagaimana mereka melewati segala hambatan dan komentar negatif dari haters? Dan, bagaimana mereka membuktikan bahwa lagu mereka layak untuk dinikmati? Selamat membaca!

4. The Big 3 New Lords In K-Pop

Hingga saat ini, K-Pop dan Kdrama menjadi dua hal tak terpisahkan dari Gelombang Korea (Korean Wave) di berbagai negara di seluruh dunia. basis penggemar yang besar untuk K-Pop membuatnya makin dikenal. Arti K-Pop di Indonesia pun kini bukan lagi hal asing.

Sebagai pecinta K-pop, pasti kalian enggak asing dengan sebutan “The Big 3”. Yup, tiga agensi K-pop yang terdiri dari SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Tapi kali ini, bukan The Big 3 K-pop Agency yang akan kita bahas, melainkan “The Big 3” grup idol cowok yang mendominasi dunia K-pop sepanjang tahun 2017 hingga saat ini.

5. 9 In 1 K-Pop United: K-Pop Makes One

9 K-Pop Idols in one place? It will bring you nine times the euphoria, nine times the addiction, and nine times your sense of belonging.

Stay seated and follow this journey to the ultimate experience of K-Pop. We, the K-Pop fans, united because of one, the music. So, together we are stronger! K-Pop makes one.

Sumber:

https://twice.fandom.com/

https://kpopwiki.org/

https://en.kepoper.com/

https://id.wikipedia.org/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.