in

10 Tokoh Inspiratif Dunia dan Indonesia Sebagai Sumber Motivasi

Tokoh Inspiratif – Memang, setiap orang di dunia pasti akan mengalami kegagalan di beberapa titik. Namun kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Perlu Grameds ketahui bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Pelajaran dan pelajaran dapat diambil dari kegagalan atau kesalahan tersebut.

Dari kegagalan ini, kemampuan Grameds dalam menghadapi masalah akan meningkat. Ada cara untuk mengatasi kesalahan tersebut. Motivasi yang paling penting untuk diatasi adalah motivasi yang berasal dari diri sendiri atau juga bisa datang dari orang lain.

Dalam hidup, Grameds harus memiliki motivasi untuk meningkatkan semangat untuk mencapai sebuah kesuksesan. Motif ini bisa datang dari dalam atau luar diri orang tersebut, yaitu dari orang terdekat atau orang- orang yang sudah sukses.

Biasanya, ada satu motif untuk mencapai kesuksesan yang datang dan diilhami oleh motif lainnya. Termasuk inspirasi datang dari orang-orang yang telah berhasil dalam hidup atau bisa disebut sebagai tokoh inspiratif.

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Ini adalah pepatah lama yang sering digunakan orang untuk melindungi diri mereka sendiri ketika mereka gagal. Sebenarnya, ungkapan ini sepertinya hanya alasan. Namun, pada kenyataannya banyak sekali karakter yang sering gagal namun menjadi hit besar dalam proses perjalannya. Tentu tidak ada orang yang mau gagal, tapi tidak bisa di pungkiri bahwa Grameds bisa bergabung dalam lingkaran yang sama dengan tokoh- tokoh inspiratif tersebut. Jadi, tidak ada salahnya belajar dari kisah mereka.

Tokoh-tokoh tersebut tentunya terdiri dari kepala negara, penulis, dan selebriti yang memiliki pengalaman hidup masing- masing. Pengalaman hidup mereka dalam perjuangan untuk sukses di bidangnya masing-masing telah diakui dunia dan bisa menjadi kisah tersendiri untuk diteladani.

Artinya kita bisa belajar dari kegagalan, perjuangan, dan strategi-strategi yang mereka ambil dalam menghadapi masalah. Berikut ini sepuluh tokoh inspiratif dari luar negeri maupun dalam negeri yang bisa memberi Grameds sumber motivasi:

Daftar Tokoh Inspiratif

Sukses tentu menjadi dambaan setiap orang. Tingkat dan bentuk kesuksesan memang berbeda- beda dari tiap manusia lain, tetapi mengetahui rahasia sukses dari orang-orang hebat tidak ada salahnya untuk belajar dari sana. Tentunya setiap individu pasti memiliki karakter pengalamannya masing- masing. Tokoh- tokoh berikut ini bisa Grameds jadikan sumber inspirasi:

1. Barack and Michelle Obama

Tokoh Inspiratif
Photo on People.com

Pasangan hit ini menjadi karakter yang semakin menginspirasi karena mereka saling mendukung satu sama lain dalam melakukan aktivitas mereka yang hebat. Barack Obama lahir dari pasangan kulit hitam dan merupakan presiden pertama Amerika Serikat yang memiliki latar belakang sosial khusus. Obama berhasil menulis cerita baru dengan gaya kepemimpinannya yang populer.

Obama juga dikenal sebagai inspirasi bagi keluarga tercinta. Michelle Obama juga memiliki dampak besar pada banyak wanita di seluruh dunia. Michelle selalu mendorong perempuan untuk bertindak mandiri. “Tidak ada batasan untuk apa yang bisa kita capai sebagai wanita.” Berikut adalah pernyataan Michelle yang luas dan mendalam untuk wanita di seluruh dunia.

Kedua tokoh ini telah melalui banyak perjuangan panjang dalam hidupnya hingga menjadi orang hebat sekarang. Pasangan ini kemudian memiliki kisah yang patut diteladani karena dapat memberikan kita motivasi untuk terus melakukan kebaikan dan berani melakukan hal- hal hebat.

Kisah tentang Obama terangkum di buku “A Promise Land Barack Obama” berikut ini.

Tokoh Inspiratif

2. Stephen Hawking

Tokoh Inspiratif
Photo on ot.id

Profesor Stephen Hawking telah menjadi tokoh dunia yang menarik yang mungkin menurut kebanyakan orang dengan kondisinya yang berketerbatasan. Meski memiliki keterbatasan fisik tersebut, Hawking tetap menghasilkan berbagai karya ilmiah yang bermanfaat bagi banyak orang. Karena kondisi neurologista, Hawking tidak dapat keluar dari kursi rodanya selama hampir 42 tahun. Dan tidak hanya itu, pria ini bahkan tidak bisa berbicara selama hampir 28 tahun.

Tapi ini bukan alasan Hawking terus bekerja di bidang sains. Ia tidak pernah menyerah dengan keterbatasannya dan tetap haus akan ilmu pengetahuan dan menunjukan kepada dunia hal-hal menakjubkan tentang sains. Kejeniusan Stephen Hawking sudah tidak perlu diragukan lagi dan telah diakui dunia.

Penemuan dari Stephen Hawking bisa Grameds dapatkan di eBook Gramedia Digital dengan judul “Why People Stephen Hawking” berikut ini.

Tokoh Inspiratif

3. J.K Rowling

Tokoh Inspiratif
Photo on People.com

Di balik kesuksesan film dan novel Harry Potter ada J.K., yang merupakan sosok yang hebat dan menarik di dunia. Di awal proses penciptaan novelnya tersebut, Rolling sempat bergulat dengan suaminya hingga akhirnya bercerai dan membesarkan putrinya seorang diri. Karyanya bahkan ditolak oleh 12 penerbit, sampai akhirnya Bloomsbury memberi Rolling kesempatan. Jika Grameds ingat penampilan seorang Dementor, itu adalah bentuk konsep bergulir yang didiagnosis dengan depresi klinis seorang J. K Rowling.

Meski banyak tantangan dan masalah dalam hidup, Rolling tidak menyerah dengan keadaan tersebut. Dia akhirnya berhasil bertahan sampai hari ini. Namanya menjadi salah satu dari jutawan orang hebat di dunia dan kepribadiannya. Pengalaman hidupnya dapat menjadi pelajaran bagi orang lain dengan betapa gigihnya seorang J.K Rolling hingga menjadi sosok hebat sekarang yang dipuja- puja karena karya besarnya.

Salah satu karya dari J.K Rowling yang terkenal adalah Harry Potter dan Petualangan Jack & Piggy Natal.

Tokoh Inspiratif

Tokoh Inspiratif

4. Oprah Winfrey

Photo on People.com

Seorang wanita yang lahir di Kosciusko, Mississippi ini lahir dalam keluarga yang berantakan. Kehidupan kelam bersama ibunya memaksanya untuk memilih tinggal bersama ayahnya. Pengasuhan keras ayahnya terus-menerus menuntut ia untuk membaca dan meringkas setiap akhir pekan, dan pada kenyataannya membuatnya menjadi orang yang disiplin, cerdas, solid dan percaya diri. Bahkan ayahnya tidak mau menerima kesaksiannya kecuali Oprah mendapat nilai A.

Setelah lulus dari SMA, ia memulai karirnya di televisi dan menjadi wanita kulit hitam pertama dan termuda yang menjadi penyiar di stasiun televisi lokal Time. Ia sangat dihormati dalam pertunjukannya selama 25 tahun sampai dia akhirnya diberi wewenang untuk menjadi pembawa acara Oprah Winfrey Show. Meski memiliki karir cemerlang, masa lalu kelam Oprah justru menggerakkannya untuk membantu sesama.

Oprah tidak pernah lupa untuk berbagi dengan sesama, dimulai dengan kegiatan filantropi rutin di berbagai yayasan, rumah sakit, sekolah, dan tempat- tempat rehab. Bahkan, ia kerap memberikan beasiswa kepada perempuan-perempuan berbakat. Berkat kerendahan hatinya, hingga ia dianugerahi gelar dermawan kulit hitam terbesar dalam sejarah Amerika.

Perjalanan hidup dan kesuksesan Oprah terangkum dalam buku “Why People Oprah Winfrey” berikut ini.

5. Bill Gates

Photo on dnaindia.com

Bill Gates adalah seorang taipan bisnis Amerika, investor, filantropis, penulis, dan mantan CEO dan ketua Microsoft saat ini, sebuah perusahaan perangkat lunak yang didirikan bersama dengan Paul Allen. Hari ini ia dianggap sebagai orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih US$ 103,1 miliar (2019). Sekalipun dia kaya sekarang, bukan berarti Bill Gates tidak pernah gagal.

Bahkan, dia gagal beberapa kali ketika dia mendirikan Microsoft. Berbagai kesulitan telah ia alami dengan prinsip bahwa kegagalan membawa kesuksesan. Berkat kerja keras dan pantang menyerah, Microsoft kini menjadi salah satu raksasa terbesar dan telah memperkayanya. Kisah tokoh inspiratif ini menunjukan kegagalan kepada kita bukan sebagai akhir, namun sebagai pembangkit untuk bangun lagi dan mencoba lagi.

Perjalanan hidup dan strategi yang Bill Gates lakukan hingga bisa sesukses ini terangkum dalam buku “Rich Like Bill Gates Kalau Bill Gates Bisa Kaya Kenapa Kita Tidak?” karya Hasna Wijayati berikut ini.

7. Albert Enstein

photo on jacktrivia.com

Ketika kita berbicara tentang karakter inspirasional, kita tidak bisa melupakan karakter Albert Einstein. Ilmuwan terbesar abad ke-20 ini telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia. Dia memperkenalkan teori relativitas dan memberikan kontribusi besar pada pengembangan ilmu pengetahuan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Namun siapa sangka jika Einstein dianggap sebagai orang yang sakit jiwa? Ini karena pertumbuhannya yang tidak normal dan berapa jenisnya Albert Einstein.

Dia tidak bisa berbicara sampai dia berusia empat tahun. Ini tentu tidaklah proses yang alami dari seorang anak kecil. Namun, rupanya keterbelakangan pertumbuhan tidak mengubahnya secara permanen. Dia sebenarnya memiliki otak intelektual yang sangat baik untuk membuatnya menjadi fisikawan yang sukses. Tentu saja, keberhasilannya tidak lepas dari usaha dan integritas. Ia merasa haus akan ilmu pengetahuan dan terus melakukan eksperimen dan menciptakan teori-teori yang bahkan sampai sekarang masih banyak digunakan dalam beberapa ilmu pengetahuan.

7. Nick Vujicic

photo on jodistory.com

Pernahkah Grameds membayangkan bahwa akan dilahirkan dengan bagian tubuh yang tidak sempurna? Pria Australia ini hidup dengan sepenuh hati, tanpa merasa sedih dan minder, bahkan tanpa anggota badan. Nick Vujicic adalah tokoh dunia yang menarik yang juga seorang penginjil Australia yang hebat.

Selain menerima kondisi fisiknya, kisah hidupnya juga hebat dan menarik karena ia bisa mulai berumah tangga dan hidup bahagia bersama kedua anaknya. Tentu saja, kehidupan Quidditch tidak sesederhana kehidupan orang yang penuh dengan anggota badan. Tapi itu membuktikan bahwa kekurangan bukanlah alasan untuk tetap bersikap ramah dan bahagia. Ia menunjukan kepada dunia bahwa semua orang berhak bahagia dan sukses meskipun terlahir dengan keterbatasan.

Kisah inspiratif Nick Vujicic berhasil memikat dunia dan menelurkan berbagai buku yang memotivasi. Buku Motivasi Karya Nick Vujicic bisa menjadi inspirasimu, Grameds.

8. Kolonel Sanders

Tokoh Inspiratif
photo on brainneedle.com

Colonel Harland Sanders adalah pendiri KFC (Kentucky Fried Chicken), yang memiliki rasa ayam goreng unik dan disukai banyak orang di seluruh dunia. Setelah sukses mendirikan KFC, dia secara mengejutkan pernah bekerja sebagai Kuli, petugas taman, dan prajurit militer. Pada tahun 1930 ia mendirikan Colonel Harland Sanders Restaurant, setelah itu bisnisnya berkembang dan menjadi terkenal seperti sekarang.

Kemudian ia melanjutkan mencoba menu ayam goreng hingga menemukan resep khusus ayam goreng. Sederhananya, pensiunan tentara memutuskan untuk pensiun dan menjual resep ayam goreng ala KFC ke restoran di distrik Outta, Amerika Serikat. Dia melakukan tur untuk menyajikan resep selama dua tahun dan menerima lebih dari 1.000 penolakan. Dia akan berhasil dengan kepercayaan diri yang tidak konstan. Ia terus berupaya untuk membawa KFC ke seluruh penjuru dunia. Kegigihannya menjadi kisah inspiratif bagi orang lain untuk tidak pernah menyerah menghadapi rintangan dan masalah.

9. Ilham Akbar Habibie

Tokoh Inspiratif
Photo on JPNN.com

Buah tidak jatuh dari pohonnya. Begitu rupanya ungkapan ini cocok untuk menggambarkan Ilham Putra Habibie. Seorang putra dari mantan Presiden Indonesia B.J Habibie yang juga sukses di industri penerbangan. Ilham punya mimpi membuat pesawat asli Indonesia, namun terkendala oleh krisis mata uang saat itu. Namun, Ilham tetap fokus pada mimpinya membangun pesawat terbang buatan anak negeri.

Bersama ayahnya, Ilham kembali mengejar mimpinya dengan mewujudkan proyek penumpang menggunakan mesin turboprop R80, yang merupakan pengembangan dari pesawat N250. R80 diharapkan beroperasi pada 2021 dengan kapasitas 80 orang. Sosok yang inspiratif, Ilham Habibie menghadiri Leaders Camp Bandung sebagai pembicara dan berbagi pengalamannya dalam mewujudkan mimpinya membangun sebuah pesawat terbang. Baginya, pesawat adalah simbol prestasi nasional. Putra Habibie ini masuk menjadi tokoh inspiratif yang dimiliki oleh Indonesia dan bisa diteladani perjuangannya dalam intelektual sama seperti ayahnya.

10. Nia Dinata

Tokoh Inspiratif
Photo on tagar.id

Direktur Nia Dinata adalah pengajar di Leaders Camp yang masuk dalam deretan tokoh inspiratif Indonesia. Nia dikenal sebagai sutradara motivasi wanita Indonesia dalam film- filmnya. Film “Kabaukan” terpilih sebagai film berbahasa asing terbaik di Oscar. Dalam gerakan Kejar Dreams, Nia Dinata akan memiliki lokasi syuting di Bajawa Pulau Flores NTT pada akhir 2017 dan Pulau Selayar Sulawesi pada 2018 untuk menginspirasi anak- anak dan remaja serta memamerkan keindahan alam Indonesia.

Ia juga belajar tentang budaya dan kearifan lokal. Dalam film dokumenter ini, Nia Dinata berharap anak muda Indonesia bisa terus semangat mewujudkan mimpi besarnya. Nia menjadi tokoh penting yang mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia dan pengalamannya patut menjadi teladan akan kebanggannya terhadap negeri tercinta. Memang selayaknya generasi bangsa terus berjuang untuk mengharumkan nama bangsa dengan karya- karya hebatnya.

Nah, itulah tokoh- tokoh inspiratif di atas tentu tidak langsung mengarah pada kesuksesan yang instan seperti sekarang. Bahkan mereka melalui proses kegagalan yang terus menerus. Tetapi mereka tidak menyerah pada situasi dan melanjutkan hidup mereka. Lagi pula, mereka juga menikmati hasil dari upaya dan upaya mereka untuk mengatasi kegagalan tersebut.

Gunakan motivasi ini untuk bahan pembelajaran dan sosialisasi yang sukses. Motivasi kebutuhan adalah dorongan untuk terus bersaing menjadi yang terbaik, dan tidak pernah berhenti menimba ilmu dan kinerja yang baik. Berikutnya adalah motif bersosialisasi. Ini sangat penting bagi Anda untuk hidup di masyarakat dan juga bagi siapa saja yang ingin memiliki karir yang hebat di tempat kerja.

11. Susi Pudjiastuti

Berikutnya datang dari Indonesia yaitu mantan Menteri Kelautan pada eranya yaitu Susi Pudjiastuti. Siapa sih yang tak tahu Susi Pudjiastuti atau lebih akrab disapa Bu Susi ini. Ya beliau dikenal sebagai salah satu wanita yang begitu pemberani dan tangguh.

Hal ini beliau tunjukkan ketika melakukan penenggelaman kapal pencuri ikan dari pihak luar yang bertujuan untuk memberikan efek jera. Dengan keberanian dan sepak terjang yang Bu Susi lakukan ternyata membuatnya mendapatkan banyak apresiasi dari pemerintah.

Meski saat ini Bu Susi sudah tak menjabat sebagai Menteri Kelautan. Namun ia masih aktif dalam kegiatan yang begitu positif khususnya dalam dunia kelautan. Bahkan sebagian besar masyarakat khususnya Indonesia masih terus mengenal nama Susi Pudjiastuti sebagai salah satu tokoh inspiratif sekaligus wanita pemberani.

12. Agnes Monica

Terakhir ada Agnes Monica yang mana lebih banyak dikenal dengan sebutan Agnes Mo. Ya Agnes Mo adalah salah satu tokoh inspiratif khususnya bagi anak muda. Ia membuktikan jika dirinya memiliki kualitas terbaik yang bisa membuatnya berjalan di kancah internasional.

Untuk bisa berada di kancah internasional tak bisa berjalan sebegitu mudahnya. Agnez Mo juga pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Namun semua dijadikan sebuah pembelajaran hingga membuahkan hasil di masa depannya.

Agnez Mo memulai karirnya dari penyanyi cilik hingga di usianya sekarang ia sudah bisa Go Internasional. Dari Agnes Mo kita belajar jika setiap usaha yang dilakukan dengan kerja keras, ulet dan konsisten sekaligus pantang menyerah menjadikan sebuah tanda jika keberhasilan tetap akan berpihak kepada kita.

Rekomendasi Buku Terkait Tokoh Inspiratif

Masih banyak lho tokoh inspiratif yang bisa kalian jadikan sebuah contoh. Mereka memulainya dari posisi pemula hingga menjadi profesional. Nah untuk bisa lebih tahu siapa saja tokoh inspiratif lainnya kalian bisa membaca sebuah buku dengan judul “121 Tokoh Komputer Pengubah Dunia” ciptaan ELCOM.

Tokoh Inspiratif

Buku ini dipublikasikan pada tahun 2021 lewat penerbit Andi Publisher. Buku ini memiliki jumlah halaman sebanyak 234 lembar. Kalian bisa dapatkan buku tersebut pada toko buku Gramedia terdekat atau melalui halaman resmi Gramedia.com.

Fungsi Sumber Motivasi Bagi Seseorang

Berdasarkan penjelasan tokoh- tokoh inspiratif di atas, mengapa Grameds memerlukan pembelajaran dari kisah hebat mereka? Jawabannya adalah sebagai berikut yang menunjukan fungsi sumber motivasi yang datang dari orang lain:

1. Menemukan Arah yang Ingin Dicapai

Motivasi berfungsi sebagai pedoman. Motivasi dapat menunjukkan arah kegiatan seseorang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini, ada dua arah, positif dan negatif. Kisah inspiratif tersebut dapat memperkuat motivasi seseorang untuk terus melanjutkan tekadnya.

2. Menyeleksi Perbuatan

Mereka yang tertanam dalam sebuah motivasi akan terus melakukan beberapa upaya untuk melakukan tindakan yang ingin mereka capai untuk mencapai hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, motivasi bertindak sebagai penyeleksi untuk membantu individu menyingkirkan perilaku yang tidak relevan dengan tujuan mereka.

3. Menentukan Cepat atau Lambatnya Suatu Tindakan

Motivasi juga berperan sebagai promotor. Promotor adalah kekuatan pendorong yang memberdayakan individu untuk melakukan tindakan tertentu. Orang yang termotivasi memutuskan upaya apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai tujuan mereka lebih cepat.

4. Memberi Energi Semangat

Semangat sebenarnya bisa datang dari mana saja, Namun dengan bukti dan fakta- fakta yang benar- benar terjadi dari seseorang dapat memperkuat semangat kita untuk mencapai sebuah tujuan.

Nah, itulah penjelasan tentang tokoh inspiratif dan fungsi sumber motivasinya. Apakah Grameds sudah memperoleh pencerahan. Untuk meyakinkan diri Grameds bisa baca koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com untuk memperkaya referensi, selamat belajar. #SahabatTanpabatas.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda