in

Biografi Lengkap Eiichiro Oda, Sang Pencipta One Piece

Unsplash.com/Melvin Chavez

Pencipta One Piece – Apakah kamu salah satu penggemar manga atau anime One Piece? tepat sekali serial anime One Piece memang populer di kalangan pecinta anime hingga seluruh dunia. Atas keberhasilan munculnya manga Jepang ini, tentu ada sosok yang luar biasa. Dia adalah Eiichiro Oda, Sang pencipta One Piece yang menjadi mangaka sukses di Jepang.

Lalu siapakah Eiichiro Oda? ia lahir di Kota Kumamoto Jepang pada 1 Januari 1975 yang merupakan seorang Mangaka Jepang terkenal, yakni Manga One Piece. Apakah kamu ingin mengetahui kisah hidupnya hingga sukses menjadi seperti sekarang? Berikut ini biografi Eiichiro Oda yang bisa kamu simak:

Biografi Eiichiro Oda, Sang Pencipta One Piece

Pencipta One Piece
Eiichiro Oda (animemaru.com)

Kehidupan Awal

Eiichiro Oda adalah seorang seniman manga yang lahir pada 1 Januari 1975 di Prefektur Kumamoto. Ketika Eiichiro Oda masih kecil, Eiichiro Oda selalu bermimpi menjadi bajak laut dan ingin menjadi seniman manga. Pada usia 17 tahun, Eiichiro Oda mulai mengirimkan sebuah karya berjudul “Wanted” dan menerima berbagai penghargaan. Pada usia 19 tahun, Eiichiro Oda menjadi asisten Nobuhiro Watsuki dalam karya yang berjudul Rurouni Kenshin.

Pada saat yang sama, Eiichiro Oda juga sudah mulai melukis bab pertama manga One Piece, Romance Dawn. Kemudian di tahun 1997, Manga One Piece pertama kali terbit di majalah Shonen Jump dan jadi salah satu manga terpopuler di Jepang saat itu. Sejak kecil Eiichiro Oda sudah tertarik dengan dunia gambar-menggambar. Saat masih berusia 4 tahun, Eiichiro Oda bahkan sudah menetapkan cita citanya menjadi seorang mangaka. Menurutnya ketika menjadi Mangaka tidak perlu pergi ke kantor layaknya orang dewasa kebanyakan yang bekerja.

Masa kecil Oda memiliki kehidupan yang relatif sama dengan anak-anak Jepak pada umumnya, Oda juga suka berburu serangga, membaca komik, dan bermain olahraga, terutama cabang olahraga sepak bola. Ketika Oda masih di sekolah menengah pertama, ia sangat bangga karena berhasil memenangkan kontes sketsa.

Saat masih anak-anak, Oda terinspirasi oleh Viking dan bercita-cita menjadi kartunis. Dia menyarankan karakter bernama Pandaman ke Yudetamago yang merupakan kartun gulat klasik Kinnikuman. Pandaman ini tidak hanya digunakan di bab pertama manga, tetapi juga kembali sebagai karakter yang muncul berulang kali dalam karya Oda sendiri.

Pencipta One Piece

Dia dikenal karena menambahkan telur Paskah ke bagian manga buatannya agar penggemar dapat melihatnya, termasuk juga Doskoi Panda. Ide Oda tersebut terinspirasi dari Dr. Slump, Dragon Ball, dan Akira Toriyama. Saat masih muda, Oda cukup menikmati masa bermainnya, yakni sepak bola di sekolah, bahkan dapat julukan Odacchi oleh teman-temannya.

Dia kemudian mengisi suara dalam “The Dream of the King of Soccer” yang juga ditambahkan ke dalam film ketiga One Piece berjudul “The Kingdom of Choppers on the Island of Strange Animals”.

Perjalanan Karir

Tahun 1992, pada usianya yang 17 tahun, Oda memulai karirnya sebagai seniman manga dengan menjadi asisten tiga seniman manga yang berbeda di Weekly Shonen Jump. Pada tahun yang sama dia kemudian ingin menyerahkan karya pertamanya yang berjudul “Wanted” yang menempati posisi kedua sebagai pemenang di Tezuka Award. Dia pertama kali bekerja dengan Masaya Tokuhiro pada tahun 1992 di Jungle King Ta-Chan.

Pada tahun 1994, ia bekerja sebentar dengan Shinobu Kaitani dan geng polisi Mizuyama, dan kembali ke Tokuhiro. Pada tahun yang sama ia lulus dari perguruan tinggi sebagai mahasiswa baru. Setelah menyelesaikan Jungle King pada tahun 1995, ia dan Tokuhiro menciptakan Mizu No Tomodachi Kappaman, yang dijalankan dari tahun 1995 hingga 1996.

Pada tahun yang sama, ia kemudian beralih bekerja dengan Nobuhiro Watsuki di Rurouni Kenshin, dan bertemu dengan Hiroyuki Takei pada tahun 1996. Oda melukis adegan kartun ini dengan gaya seninya sendiri. Pada tahun 1993 dan 1994, ia menciptakan karya lain seperti God’s Gift for the Future (1993), Ikki Yako (1994), Monster (1994), dan kemudian memulai dengan penciptaan One Piece.

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Pada akhir tahun 1996, saat masih bekerja dengan Watsuki, ia menciptakan dua one-shot untuk pameran seniman manga berikutnya, yakni Romance Dawn, Versi 1 dan Versi 2. Ini akan menjadi chapter pertama manga One Piece. Setelah itu, pada tahun 1997, ia menyelesaikan kolaborasinya dengan Nobuhiro dan mulai membuat One Piece dan menyelesaikan banyak sketsa awal One Piece yang muncul di Color Walk 1. Dia merencanakan tahap awal One Piece (Bab 18) sebelum secara resmi untuk memulainya.

Namun, dia membuat banyak perubahan, termasuk perubahan dari boogie ke buggy, perubahan dari pengikut Zoro menjadi petarung pengembara, dan perubahan penampilan Morgan (dia awalnya terlihat seperti sumo), tetapi editor Oda tetap menginginkan karakter tersebut dan akhirnya mengubah penampilannya.

Setelah itu, Nobuhiro Watsuki akan membayar pada Oda dengan menggambar Jolly Roger (bendera) “Bajak Laut Topi Jerami” di chapter Rurouni Kenshin sebagai gambar “bom” yang digunakan oleh Gain, salah satu bawahan dari Yukishiro Enishi. Oda kemudian mulai menerima surat dari para penggemarnya dan membuatnya sangat senang. Dia juga berhenti dari penelitian arsitektur tahun itu, tapi itu bukan masalah baginya karena dia merasa masalah bisa terjadi selama ujian.

Kemudian disitulah Oda pergi ke Tokyo dan mulai bekerja sebagai asisten tiga kartunis tua, Kaitani Shinobu (Midoriyama Police Gank), Masaya Tokuhiro (Jungle No Ouja Tar-Chan dan Mizu No Tomodachi Kappaman), dan Nobuhiro Watsuki (Rurouni Kenshin).

Dari mereka, Oda banyak belajar, termasuk bagaimana pentingnya kontras ketebalan garis dan teknik menarik untuk bekerja dalam karyanya. Saat bekerja sebagai asisten Profesor Watsuki, Oda dengan tiga asisten lainnya yang kemudian menjadi sahabatnya adalah Hiroyuki Takei (Shaman King) dan Shin Galactic (meninggal Agustus 2008 dengan judul karyanya Shonen Detective Q) dan Mikio Itou (Normandy Himitsu Kurabu). Empat orang ini kemudian dijuluki Watsuki-gumi (geng Watsuki).

Bahkan di One Piece volume 13, saat bepergian bersama, gambar Odachi dan Profesor Takei muncul. Selama waktu ini, Oda, sebagai asisten, menghasilkan dua karya, yani Monster (dipasang di Edisi Khusus Akamaru Jump 1994) dan edisi pertama Romance Dawn, prototipe One Piece (dipasang di Edisi Khusus Musim Panas Akamaru Jump 1996) .

Beberapa bulan kemudian, dia akhirnya berhasil menembus Weekly Shonen Jump dan merilis edisi kedua dari Romance Dawn, yang muncul di edisi 41 pada tahun 1996. Inilah awal mula One Piece yang pertama kali muncul di Weekly Shonen Jump Volume 34 tahun 1997. Dari sini, nama Romance Dawn diubah menjadi One Piece. Sementara itu, Romance Dawn versi ketiga akan muncul di One Piece RED: Grand Character.

Pencipta One Piece

Tentang One Piece (1997-Sekarang)

Akhirnya, pada Agustus 1997 ia menciptakan karya khasnya, yakni One Piece. Setelah terinspirasi oleh bajak laut, ia mengubah One Piece menjadi serial bajak laut. Pada tahun 1998, Oda membuat desain OVA pertamanya dan sangat senang melihat animasi One Piece. Pada tahun 1999, Toei Animation mengakuisisi One Piece dan beberapa kolaborator dan sering bertemu dengan Oda untuk membahas cara menangani seri tersebut.

Pada tahun 2002, dia bertemu Chiaki Inaba, yang memerankan Nami di Shonen Jump Fiesta, dan mulai berkencan hingga dia menikah pada tahun 2004. Oda dan Inaba adalah orang tua dari dua anak perempuan yang lahir pada tahun 2006 dan 2009. Pada bulan April 2006, Oda tiba-tiba jatuh sakit dan One Piece tidak dirilis minggu itu.

Tapi dia pulih dan kembali menerbitkan One Piece minggu depan. Karena penyakitnya baru-baru ini, Oda merasa bahwa penggemar perlu mengejar ketinggalan, jadi dia membuat garis waktu untuk Grand Line. Pada JUMP Festa 2008 pada tahun 2007, ketika Shuichi Ikeda absen dan pengisi suara untuk sementara meninggalkan Redhead Kelas 3 Sea Time, pengisi suara mengenakan wig merah muda dan mengenakan gaun di dalamnya, jadi dia melakukannya begitu saja.

Belakangan tahun itu, ia bekerja dengan Akira Toriyama untuk membuat Dragon Ball dan One Piece untuk pasangan yang disebut Cross Epoch Comics. Di situ ia juga terlibat dalam penulisan dan pengarah untuk Film kesepuluh One Piece yang merupakan film pertama yang benar benar ia tulis naskahnya untuk menghormati ulang tahun kesepuluh dari manga One Piece. Pada 2011 setelah bencana Gempa Bumi Great Eastern Jepang, Oda dan juga mangaka lainnya membuat pesan kepada para korban.

Berbicara tentang One Piece, tidak lepas dari penamaan “One Piece” adalah sebuah rahasia kecil bagi Oda. Sayangnya karena dianggap terlalu rahasia, ia bahkan tidak mau menceritakan mengapa memilih nama tersebut kepada publik. Dalam salah satu seri One Piece sendiri, ada karakter Gaimon (kakek tua pendek yang badannya `masuk`ke dalam benda sejenis peti harta karun) yang merupakan tokoh yang paling berkesan bagi Oda. Hal tersebut karena Oda sendiri juga bingung dari mana ide gila itu berasal.

Saat mendesain karakter One Piece sendiri, Oda punya trik untuk membuat karakter yang tepat. Yaitu bertanya pada dirinya sendiri saat menggambar karakter. “Apa yang dikatakan karakter ini?” Kata-kata awal itulah yang membantu Oda membangun karakternya. Selain itu, dia menyadari bahwa dia harus selalu berada di posisi pembaca untuk memahami cerita apa yang harus dibuat, yaitu cerita yang bisa dinikmati pembaca.

Oda sebagai pencipta One Piece menantang dirinya sendiri untuk tidak akan pernah membiarkan Luffy dan teman-temannya terbang bebas di langit. Hal itu karena merusak keindahan dari petualangan jalan itu sendiri. Untuk kru Luffy sendiri, Oda kemudian menganggap sepuluh sebagai angka yang paling tepat, tapi sebenarnya dia belum benar-benar memutuskan.

Jika bisa memilih Buah Iblis, Oda akan memilih buah yang dipotong-potong. Dan ketika ditanya apa yang akan digunakan jika dia memiliki mesin waktu, Oda langsung menjawab bahwa dia harus mengunjungi dinosaurus, samurai, dan robot. Berbicara tentang robot, Oda mengatakan bahwa dia sangat ingin berbicara tentang robot yang menurutnya juga menarik.

Jika kamu melihat halaman judul setiap bab One Piece, maka akan terlihat bahwa Oda sering memasukkan gambar binatang ke dalam halaman judul. Dari sana, kamu dapat melihat bahwa Oda sebenarnya mencintai binatang. Namun ketika ditanya hewan apa yang ingin ia pelihara, ia memilih burung unta. Sangat unik bukan?

Sangat menarik ketika Oda ditanya apa yang paling dia sukai dalam hidupnya, kapan dia bisa membuat manga dan itu adalah penghilang stres terbaik yang direkomendasikan untuk banyak orang sebagai hiburan dan juga saat ia menerima surat dari penggemarnya yang berisikan ucapan terima kasih.

Idola dan Inspirasi Eiichiro Oda

Oda adalah penggemar berat Akira Toriyama. Baginya, Toriyama-sensei bukan hanya kartunis, tapi dewa. Untuk pertama kalinya Oda mengenal karya Dr. Toriyama melalui Dragon Ball, dan salah satu caracket favoritnya adalah lentera. Dia sangat menyukai penggambaran otot-otot Dragon Ball (Tuan Toriyama sendiri tahu bahwa penggambarannya jauh dari kenyataan, tapi itu tidak masalah bagi Oda).

Oda juga menyukai penggambaran mecha yang sering muncul dalam karya Dr. Toriyama. Mungkin karena Oda tertarik dengan hal yang berbau robot. Sebenarnya Oda sendiri juga penggemar karya karya Disney, namun baginya Toriyama Sensei masih menjadi yang terbaik. Pengaruh karakter- karakter Disney ditampilkan Oda lewat karakter monster laut yang membuat Shanks kehilangan sebelah tangannya. Jika diperhatikan, bukankah karakter tersebut mirip dengan monster belut yang muncul di Little Mermaid?

Menurut Oda, Dragon Ball adalah anime manga yang sudah memiliki keseluruhan hal yang dapat membuat seorang anak begitu gembira melihatnya. Itulah sebabnya ia mengambil unsur dasar karya itu saat mulai menciptakan manga One Piece. Namun, selain karya Profesor Toriyama, karya seperti Kinnikuman dan Tinju Bintang Utara juga merupakan favoritnya.

Yang pasti dia menyukai gelar yang akrab dengan semangat seorang pria (dan sepertinya dia ingin menyampaikan semangat itu dalam karyanya). Odacchi juga sangat terkesan dengan animasi masa kecilnya yang berjudul Bike The Little Viking. Kehidupan Viking, akrab dengan kehidupan bajak laut, telah mempengaruhi Oda selama bertahun-tahun. Bahkan hingga saat ini, Oda mengoleksi mainan Lego bertema bajak laut.

Tapi ketika ditanya tentang bajak laut idolanya, Oda pasti akan menjawab itu Edward Teach. Melihat situasi ini, tidak mengherankan jika Teach muncul kembali di One Piece dengan meletakkan inisial D di tengah namanya. Dengan kata lain, Marshall D, Teach dengan Blackbeard. Di One Piece, mereka yang memiliki inisial D di namanya adalah karakter yang sangat penting.

Pencipta One Piece

Karya dan Karir Asisten

Berikut ini rangkuman karya Eiichiro Oda dan karirnya sebagai asisten kartunis terkenal saat itu:

  • Wanted! (1992)
  • God’s Gift for the Future (1993)
  • Ikki Yako (1994)
  • Monsters (1994)
  • Romance Dawn, Versi 1 (1996)
  • Romance Dawn, Versi 2 (1996)
  • One Piece (1997–Sekarang)
  • Menjadi asisten Suizan Police Gang bersama Shinobu Kaitani (1994)
  • Menjadi asisten Jungle King Ta-chan bersama Masaya Tokuhiro (1992–1995)
  • Menjadi asisten Mizu no Tomodachi Kappaman bersama Masaya Tokuhiro (1995–1996)
  • Menjadi asisten Rurouni Kenshin bersama Nobuhiro Watsuki (1996–1997)

Nah, itulah penjelasan tentang biografi pencipta One Piece bernama Eiichiro Oda. Sebagai penggemar One Piece kamu tentu tidak boleh ketinggalan setiap serinya. Tidak perlu khawatir, Gramedia punya koleksi komik One Piece lengkap dari awal hingga volume terakhir yang bisa kamu akses di www.gramedia.com, selamat membaca. #SahabatTanpabatas

Rekomendasi Buku & Atikel Pencipta One Piece



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda