in

Tanda Kecakapan Khusus Pramuka (TKK) & Tata Cara Penggunaannya

Tanda Kecakapan Khusus Pramuka (TKK) – “Pramuka” adalah singkatan dari “Praja Muda Karana” yang berarti warga negara muda yang bekerja atau orang muda yang suka berkarya. Setiap anggota Pramuka dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan, seperti siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Setiap tingkatan akan disesuaikan dengan umur dari setiap anggota.

Bukan hanya itu, dalam Pramuka banyak sekali kegiatan yang sangat bermanfaat untuk diri sendiri atau untuk kelompok. Setiap kegiatan akan disesuaikan dengan kemampuan individu dan tingkatan pada Pramuka.

Salah satu hal yang menarik dari Pramuka adalah adanya apresiasi yang diberikan kepada anggota Pramuka. Apresiasi itu berupa pemberian Tanda Kecakapan Khusus (TKK). Tanda inilah yang menjadi bentuk apresiasi atas keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidang tertentu.

Ingin tahu apa itu Tanda Kecakapan Khusus pada Pramuka? Mari kita simak ulasan tentang Tanda Kecakapan Khusus pada Pramuka.

Pengertian Tanda Kecakapan Khusus (TKK)

Tanda Kecakapan Khusus adalah tanda yang diberikan kepada anggota Pramuka yang yang berhasil menunjukkan pencapaian pada bidang tertentu. Adapun pencapaian yang dimaksud, seperti kecakapan, keterampilan, kemampuan, sikap, dan ketangkasan.

Tanda Kecakapan Khusus yang dimiliki oleh setiap anggota tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan setiap anggota mempunyai kemampuan, keterampilan, sikap, dan ketangkasan yang berbeda-beda.

Jumlah Tanda Kecakapan Khusus yang dimiliki oleh setiap anggota umumnya lebih dari lima bahkan bisa mencapai puluhan dan jumlah TKK bisa berbeda antara satu anggota dengan anggota lainnya.

Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Pada Setiap Tingkatan

Pada dasarnya, Tanda Kecakapan Khusus dibagi menjadi tiga tingkatan yang disesuaikan dengan tingkatan Pramuka, yaitu siaga, penggalang, dan penegak. Setelah itu, pada setiap tingkatan Pramuka, TKK akan dibagi menjadi tiga tingkatan lagi, kecuali pada tingkatan siaga.

Setiap Tanda Kecakapan Khusus (TKK) dipasang di lengan baju sebelah kanan dengan mengelilingi tanda Kwarda. TKK yang dapat dipasang di lengan baju sebelah kanan maksimal berjumlah 5 buah. Dua di kanan tanda Kwarda, dua di kiri Kwarda, dan satu di bawah tanda Kwarda.

1. Tanda Kecakapan Khusus Tingkat Siaga

7-10 tahun adalah umur anggota Pramuka tingkat siaga. Pada tingkatan ini, TKK yang dapat dimiliki hanya satu jenis. TKK itu mempunyai bentuk segitiga sama sisi dengan sisi 3 cm dan tinggi 2 cm.

2. Tanda Kecakapan Khusus Tingkat Penggalang

11-15 tahun adalah umur anggota Pramuka tingkat penggalang. Pada tingkatan ini, TKK dibagi menjadi tiga tingkatan dengan bentuk TKK yang tidak sama, yaitu:

a. Purwa

Tanda Kecakapan Khusus pada tingkatan purwa berbentuk lingkaran dengan bingkainya yang berwarna merah.

b. Madya

Tanda Kecakapan Khusus pada tingkatan Madya berbentuk persegi dengan bingkai yang berwarna merah.

3. Utama 

Tanda Kecakapan Khusus pada tingkatan Utama berbentuk segilima sama sisi dengan bingkai yang berwarna merah.

Warna merah adalah warna utama Pramuka penggalang. Oleh karena itu, setiap tingkatan TKK pada Pramuka penggalang bingkainya selalu berwarna merah.

3. Tanda Kecakapan Khusus Tingkat Penegak

16-20 tahun adalah umur anggota Pramuka tingkat penegak. Pada Pramuka penegak, TKK dibagi menjadi tiga tingkatan dengan bentuk TKK yang tidak sama, yaitu:

a. Purwa

Tanda Kecakapan Khusus pada tingkatan purwa berbentuk lingkaran dengan bingkai yang berwarna kuning.

b. Madya

Tanda Kecakapan Khusus pada tingkatan madya berbentuk persegi dengan bingkai yang berwarna kuning.

c. Utama 

Tanda Kecakapan Khusus pada tingkatan utama berbentuk segilima dengan bingkai yang berwarna kuning.

Warna kuning adalah warna utama Pramuka penegak. Oleh karena itu, setiap tingkatan TKK pada Pramuka penegak bingkainya selalu berwarna kuning.

tombol beli buku

Contoh Tanda Kecakapan Khusus (TKK)

Rasanya belum lengkap kalau hanya membahas Tanda Kecakapan Khusus pada tiap tingkatan Pramuka, tetapi tidak dengan contoh dari TKK itu sendiri. Dalam tingkatan Pramuka siaga, penggalang dan penegak, ada 10 Tanda Kecakapan Khusus yang bisa diperoleh.

Ingin tahu 10 TKK tersebut? Mari kita simak ulasan gambar TKK dan penjelasannya.

1. TKK pertolongan pertama pada kecelakaan yang disingkat P3K

TKK pertama yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK P3K. TKK P3K adalah bentuk apresiasi atas kemampuan atau kecakapan yang dimiliki anggota Pramuka dalam hal memberikan pertolongan pertama kepada penderita sakit atau cedera.

TKK P3K menjadi TKK wajib yang pertama karena dalam kegiatan Pramuka setiap anggota bisa saja terkena penyakit dan cedera atau luka secara tiba-tiba sehingga untuk mengatasi masalah itu anggota Pramuka wajib tahu dasar-dasar P3K.

TKK P3K termasuk ke dalam SKK bidang sosial, perikemanusiaan, gotong royong, ketertiban, masyarakat, perdamaian dunia, dan lingkungan hidup. Hal ini dikarenakan P3K dapat adalah suatu hal yang berkaitan dengan perikemanusiaan dan dapat menolong masyarakat yang sedang susah atau saling tolong menolong.

Adapun beberapa TKK yang termasuk ke dalam SKK bidang sosial, perikemanusiaan, gotong royong, ketertiban, masyarakat, perdamaian dunia, dan lingkungan hidup, seperti pemadam kebakaran, pengaman lalu-lintas, juru bahasa, perawatan anak, dan lain sebagainya.

2. TKK pengatur ruangan 

TKK kedua yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK pengatur ruangan. TKK pengatur ruangan adalah bentuk apresiasi atas kemampuan atau kecakapan yang dimiliki anggota Pramuka dalam hal mengatur sebuah ruangan (dekorasi, tata letak, dan lain-lain).

Pada dasarnya, TKK pengatur ruangan hampir sama dengan TKK pengatur rumah. Hal yang membedakan kedua TKK tersebut adalah tingkatan Pramuka. TKK pengatur ruangan diperuntukkan anggota Pramuka siaga, sedangkan TKK pengatur rumah diperuntukkan anggota Pramuka penggalang, penegak, dan pandega.

Secara singkat, TKK pengatur rumah lebih kompleks bila dibandingkan dengan TKK pengatur ruangan. Itu karena TKK pengatur rumah dikhususkan untuk tingkatan Pramuka yang lebih tinggi.

Seorang anggota Pramuka yang sudah mendapatkan TKK ini berarti ia mampu mendekorasi sebuah ruangan dan meletakkan meja, kursi, lemari, dan lain-lain sesuai dengan tempatnya.

TKK pengatur ruangan termasuk ke dalam SKK bidang patriotisme dan seni budaya. Adapun beberapa TKK yang termasuk ke dalam SKK patriotisme dan seni budaya, seperti pengatur rumah, pengatur meja makan, pemimpin menyanyi, penyanyi, pelukis, juru gambar, dan mengarang.

3. TKK pengamat

TKK ketiga yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK pengamat. TKK pengamat adalah bentuk apresiasi atas kemampuan yang dimiliki anggota Pramuka dalam menggunakan panca inderanya.

Seorang anggota Pramuka yang sudah mendapatkan TKK pengamat akan mampu mengamati mengenal, hingga mengingat sesuatu. Ketiga hal itu sangat penting dalam kegiatan Pramuka khususnya ketika sedang berkemah karena dapat mengurangi risiko tersesat.

TKK pengamat ini termasuk ke dalam SKK bidang bidang ketangkasan dan kesehatan. Bidang ketangkasan, akan selalu ingat jalan pulang sehingga tidak tersesat. Bidang kesehatan, ketika ada seorang teman yang sedang sakit kita bisa memperkirakan penyakit apa yang diderita.

Adapun beberapa TKK yang termasuk ke dalam SKK bidang ketangkasan dan kesehatan, yaitu gerak jalan, penyelidik, perenang, juru layar, juru selam, pendayung, dan ski air.

4. TKK juru masak

TKK keempat yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK juru masak. TKK juru masak adalah bentuk apresiasi atas kemampuan yang dimiliki anggota Pramuka dalam hal masak memasak.

Masak-memasak yang dimaksud adalah dari mulai menyiapkan air minum, mencuci piring, menyalakan api dengan kayu tanpa minyak, menyusun menu, hingga mengetahui nilai-nilai gizi yang terkandung di dalam sebuah makanan.

TKK juru masak termasuk ke dalam SKK bidang keterampilan dan teknik pembangunan, bersamaan dengan SKK menjahit, juru semboyan, pengendara sepeda, pengumpul benda, pengumpul tanaman hidup, dan masih banyak lagi.

Dalam hal keterampilan, masak-memasak membuat seseorang menjadi terampil karena bisa melakukan berbagai macam hal dalam satu kegiatan (mencuci buah, piring, sayur). Sedangkan dalam hal pembangunan, masak-memasak dapat membangun rasa tolong menolong.

tombol beli buku

5. TKK berkemah

TKK kelima yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK berkemah. TKK berkemah adalah bentuk apresiasi atas kemampuan yang dimiliki anggota Pramuka dalam hal berkemah atau bermalam di alam. Pemberian apresiasi ini menjadi wajib karena hampir kegiatan Pramuka selalu identik dengan kegiatan alam.

Seorang yang sudah mendapatkan TKK berkemah berarti ia sudah memiliki kecakapan dalam bidang keterampilan dan pembangunan. Bidang keterampilan, dapat membangun atau mendirikan tenda. Sedangkan, bidang pembangunan, dalam berkemah membutuhkan kerja sama tim supaya semua tugas dapat diselesaikan dengan baik.

TKK berkemah adalah salah satu yang termasuk ke dalam SKK dalam bidang keterampilan dan teknik pembangunan. Di dalam SKK terdapat beberapa kecakapan seperti juru logam, juru kulit, penangkap ikan, peternak itik, dan lain-lain.

6. TKK penabung

TKK keenam yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK penabung. TKK penabung adalah bentuk apresiasi atas kemampuan yang dimiliki anggota Pramuka dalam hal menabung atau menyimpan uang. Kegiatan menabung perlu dilakukan karena uang yang disimpan bisa bermanfaat di kemudian hari.

Seorang anggota Pramuka yang sudah mendapatkan TKK penabung berarti ia sudah mempunyai buku tabungan, dapat mengurus tabungan Pramuka, hingga mengerti tentang beberapa istilah, seperti deposito, rekening giro, cek, dan lain sebagainya.

TKK penabung menjadi 10 TKK yang wajib dimiliki oleh anggota Pramuka karena di dalam kegiatan Pramuka setiap anggota diajarkan untuk berhemat dan salah satu cara berhemat dengan menabung.

TKK penabung termasuk ke dalam SKK bidang agama, mental, moral, spiritual, pembentukan pribadi, dan watak. Di dalam SKK ini juga terdapat SKK lainnya, seperti SKK sholat, khotib, qori, dan muadzin.

7. TKK menjahit

TKK ketujuh yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK menjahit. TKK menjahit adalah bentuk apresiasi atas kemampuan yang dimiliki anggota Pramuka dalam hal menjahit. Dalam kegiatan Pramuka menjahit menjadi salah satu hal yang perlu dimiliki.

Oleh karena itu, TKK menjahit menjadi bagian dari TKK yang wajib dimiliki oleh anggota Pramuka. Kegiatan menjahit sangat diperlukan untuk memperbaiki selimut yang sobek, baju yang sobek, bendera yang sobek, dan lain-lain.

Seorang anggota Pramuka yang sudah mendapatkan TKK menjahit bisa dikatakan bahwa anggota tersebut sudah bisa membuat saputangan, dapat menambal kain koyak, hingga dapat menjahit celana panjang. Dengan demikian TKK menjahit untuk menandakan bahwa anggota tersebut mempunyai keterampilan.

TKK menjahit termasuk ke dalam SKK bidang keterampilan dan teknik pembangunan yang di dalamnya juga terdapat beberapa SKK, seperti SKK juru potret, penjilid buku, juru anyam, pengenal cuaca, dan lain-lain.

8. TKK juru kebun

TKK kedelapan yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK juru kebun. TKK juru kebun adalah bentuk apresiasi atas kemampuan yang dimiliki oleh anggota Pramuka dalam hal berkebun atau kegiatan tanam-menanam. Aktivitas yang ada di dalam Pramuka selalu identik dengan alam. Oleh karena itu, TKK juru kebun wajib dimiliki oleh setiap anggota Pramuka.

TKK juru kebun yang dimiliki oleh seorang anggota Pramuka berarti orang itu sudah mengerti tentang minimal 2 jenis tanaman, buah-buahan, dan sayuran. Bukan hanya itu, pada tingkatan tertinggi TKK juru kebun, anggota Pramuka sudah dapat mengetahui pentingnya bibit unggul dan tahu di lokasi mendapatkannya.

TKK juru kebun termasuk ke dalam SKK keterampilan dan teknik pembangunan. Di dalam SKK keterampilan dan teknik pembangunan terdapa beberapa SKK lainnya, seperti SKK navigasi udara, petani padi, pelaut, juru isyarat listrik, juru isyarat optik, dan lain sebagainya.

9. TKK pengaman kampung

TKK kesembilan yang wajib dimiliki anggota Pramuka adalah TKK pengaman kampung. TKK pengaman kampung adalah bentuk apresiasi atas kemampuan anggota Pramuka dalam hal membantu warga mengamankan kampung.

TKK pengaman menjadi salah TKK yang wajib dimiliki anggota Pramuka karena TKK ini mengajarkan seseorang untuk saling tolong menolong, seperti membunyikan kentongan ketika terjadi tindak kejahatan atau kekerasan.

Seorang anggota yang sudah mendapatkan TKK pengaman kampung itu berarti ia sudah pernah membuat laporan atau melaporkan suatu peristiwa tindak kejahatan atau kekerasan yang terjadi di kampung dan segera melaporkannya ke pihak yang berwajib.

TKK pengaman kampung termasuk ke dalam SKK bidang sosial perikemanusiaan, gotong royong, ketertiban masyarakat, perdamaian dunia, dan lingkungan hidup.

10. TKK gerak jalan

TKK yang kesepuluh yang wajib dimiliki oleh anggota Pramuka adalah TKK gerak jalan. Hal yang paling mendasar untuk mendapatkan TKK ini yaitu mampu melakukan dengan baik, sikap berdiri dan berjalan dengan cepat atau lambat.

TKK terakhir yang wajib dimiliki oleh setiap anggota Pramuka adalah TKK gerak jalan. SKK gerak jalan sama dengan TKK pengamat, sama-sama termasuk ke dalam TKK bidang ketangkasan dan kesehatan.

Dalam kegiatan Pramuka gerak jalan ini sangat dibutuhkan terutama ketika sedang berkemah. Dengan gerak jalan maka anggota Pramuka dapat menentukan tempo berjalan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam hal ketangkasan, anggota Pramuka sudah mampu berjalan dengan jarak yang cukup jauh. Sedangkan dalam hal kesehatan, gerak jalan mampu menyehatkan tubuh anggota Pramuka.

Tata Cara Penggunaan Tanda Kecakapan Khusus (TKK)

Setelah mengetahui 10 Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang wajib dimiliki anggota Pramuka kini yang akan dibahas tentang tata cara penggunaan Tanda Kecakapan Khusus (TKK).

1. TKK maksimal berjumlah 5

Pada gambar di atas dapat dijelaskan bahwa TKK yang berjumlah tidak lebih dari lima harus dipasang sesuai dengan letaknya masing-masing. TKK akan dipasang di lengan kanan yang di mana dua TKK di sebelah kanan lencana wilayah, dua TKK di sebelah kiri lencana wilayah, dan satu TKK di bawah lencana wilayah.

2. TKK yang jumlahnya lebih dari lima

Jika jumlah TKK lebih dari lima pemakaian TKK bisa dilihat seperti gambar di atas. Nama selendang yang digunakan untuk menempelkan TKK adalah tetampan.

Gambar 1, tetampan bisa diletakkan di depan dada.

Gambar 2, penggunaan tetampan di punggung ketika TKK yang diperoleh anggota Pramuka jumlahnya sangat banyak. Untuk penggunaan tetampan di depan dada dan di belakang punggung, TKK harus diurutkan dari atas ke bawah.

Gambar 3, penggunaan tetampan dengan cara diselempangkan di badan sehingga membentuk seperti huruf “X”.

Gambar 4, penggunaan tetampan pada belakang punggung dilakukan ketika jumlah TKK yang dipasang di depan dada sudah tak cukup lagi.

Kesimpulan

Dalam kegiatan Pramuka setiap anggota bisa mendapatkan pelajaran apa saja mulai dari memasak, menanam tumbuhan, hingga mengobati atau memberikan pertolongan pertama kepada mereka yang sedang sakit atau cedera.

Oleh karena itu, terkadang sebagian anggota Pramuka diberikan tugas untuk membantu masyarakat, seperti melindungi sebuah kampung hingga membantu untuk mengatur lalu lintas Dengan demikian, dari Pramuka inilah setiap anggota atau bukan anggota dapat belajar tentang pentingnya gotong royong atau saling membantu satu sama lain.

tombol beli buku



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu