in

Mengenal Fasilitas Connecting Room di Hotel: Kenyamanan dan Kebersamaan untuk yang Menginap Rombongan

Haii, Grameds! Siapa nih yang di sini suka stay cation atau liburan sama teman-teman atau keluarga besar? Artikel ini akan membahas salah satu fasilitas hotel yang direkomendasikan untuk kamu yang butuh penginapan untuk rombongan. Menginap di hotel bersama keluarga besar atau teman-teman seringkali memerlukan perencanaan yang cermat untuk memastikan kenyamanan dan kebersamaan selama menginap.

Salah satu fasilitas yang sangat berguna untuk rombongan adalah connecting room, yang tidak hanya menawarkan kemudahan akses antar kamar tetapi juga memberikan ruang lebih luas untuk berinteraksi dan bersantai bersama. Simak yuk Grameds, kita akan membahas lebih lanjut tentang manfaat dan kenyamanan yang ditawarkan oleh fasilitas connecting room di hotel.

Apa itu Connecting Room di Hotel? Bagaimana Asal-Usulnya?

Connecting room adalah dua atau lebih kamar hotel yang saling terhubung melalui pintu dalam, memungkinkan tamu untuk bergerak bebas antara kamar tanpa perlu keluar ke koridor. Fasilitas ini dirancang untuk memberikan kenyamanan lebih bagi tamu yang menginap dalam rombongan, baik itu keluarga besar, teman-teman, atau delegasi bisnis. Dengan connecting room, tamu dapat menikmati ruang lebih luas dan akses yang lebih mudah untuk berinteraksi, tanpa mengorbankan privasi individu di setiap kamar.

Konsep connecting room pertama kali muncul pada awal abad ke-20, bersamaan dengan berkembangnya industri perhotelan modern yang mulai memahami kebutuhan khusus tamu yang menginap dalam kelompok besar. Pada masa itu, hotel-hotel besar di kota-kota seperti New York dan London mulai menawarkan kamar-kamar dengan pintu penghubung sebagai bagian dari layanan premium mereka. Seiring waktu, fasilitas ini menjadi semakin umum di hotel-hotel di seluruh dunia, khususnya di destinasi wisata populer dan hotel bisnis yang melayani tamu dari berbagai latar belakang. Kini, banyak hotel mulai dari yang berbintang hingga yang ekonomis menawarkan connecting room sebagai salah satu fasilitas standar mereka untuk memenuhi kebutuhan tamu yang menginginkan kenyamanan dan kemudahan lebih selama menginap.

Manfaat Connecting Room di Hotel

Grameds, kita akan membahas manfaat dari Connecting Room nih, siapa tahu dengnan mengetahui hal ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih fasilitas ini yaa. Menginap di hotel bersama keluarga besar atau teman-teman sering kali memerlukan fasilitas yang dapat menyeimbangkan antara kebersamaan dan privasi. Connecting room hadir sebagai solusi ideal untuk kebutuhan ini, menawarkan berbagai manfaat yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan selama menginap. Berikut beberapa manfaat fasilitas Connecting Room Hotel:

1. Kenyamanan Bagi Keluarga Besar

Connecting room menawarkan solusi ideal bagi keluarga besar yang ingin tetap dekat satu sama lain tanpa harus berdesakan dalam satu kamar. Dengan pintu penghubung antara kamar, orang tua dapat dengan mudah mengawasi anak-anak mereka sambil tetap memiliki ruang pribadi. Ini juga memungkinkan anggota keluarga untuk berkumpul dan berinteraksi tanpa perlu berkumpul di satu kamar yang mungkin terlalu sempit.

2. Kemudahan untuk Rombongan Wisatawan

Bagi rombongan wisatawan yang terdiri dari teman-teman atau rekan kerja, connecting room memberikan kemudahan untuk berkumpul dan berkoordinasi. Mereka dapat berbagi momen bersama dengan lebih leluasa, seperti merencanakan kegiatan hari berikutnya atau sekadar bersantai bersama setelah seharian beraktivitas. Pintu penghubung memungkinkan mereka untuk tetap terhubung tanpa perlu keluar ke koridor, dan dapat memberikan rasa kebersamaan yang lebih erat.

3. Privasi dan Fleksibilitas Antar Ruangan

Salah satu keunggulan utama dari connecting room adalah kemampuannya untuk memberikan lebih banyak ruang tanpa mengorbankan privasi. Setiap kamar tetap memiliki fasilitas lengkapnya sendiri, namun dengan akses langsung ke kamar sebelah. Ini memberikan fleksibilitas lebih dalam pengaturan kamar, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi tamu.

4. Kemudahan Koordinasi dan Komunikasi

Dengan adanya connecting room, kelompok, atau keluarga dapat lebih mudah mengatur jadwal dan aktivitas bersama. Mereka dapat dengan cepat berkomunikasi dan berkoordinasi antar kamar tanpa harus berkumpul di satu tempat.

5. Hemat Waktu dan Tenaga

Fasilitas Connecting room dapat menghemat waktu dan tenaga karena anggota rombongan tidak perlu berjalan jauh-jauh untuk bertemu atau berkomunikasi. Semua anggota dapat tetap berada dalam jangkauan dekat, menghemat waktu perjalanan yang tidak perlu.

Gimana, Grameds? Dengan semua manfaat ini, connecting room dapat menjadi pilihan yang sangat menarik bagi kalian yang ingin menginap dalam rombongan. Baik untuk keluarga, teman, atau rekan bisnis, connecting room menawarkan kombinasi optimal antara kenyamanan, kemudahan, dan privasi yang sulit ditandingi oleh pengaturan kamar hotel lainnya.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Cara Memesan Connecting Room di Hotel

sumber: pexels

Buat para Grameds yang bingung cara memesan fasilitas tersebut, kita akan membahas caranya, nih! Memesan connecting room bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kelompok atau keluarga yang ingin tetap bersama selama menginap di hotel. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memesan connecting room:

1. Mencari Hotel yang Menyediakan Connecting Room

Pertama, carilah hotel yang menyediakan fasilitas connecting room. Kamu bisa melihat informasi ini di situs web hotel atau menghubungi langsung pihak hotel untuk konfirmasi.

2. Menyebutkan Kebutuhan Kamar

Saat sudah menemukan hotel yang menyediakan connecting room, kamu bisa pilih hotel tesebut dan pastikan untuk menyebutkan bahwa kamu ingin memesan kamar hotel yang mempunyai fasilitas connecting room. Beritahu pihak hotel jumlah kamar yang kamu butuhkan dan pastikan untuk mengkonfirmasi bahwa kamar-kamar tersebut saling terhubung.

3. Konfirmasi Ketersediaan dan Harga

Pastikan untuk mengkonfirmasi ketersediaan connecting room dan harga yang tertera. Beberapa hotel mungkin mengenakan biaya tambahan untuk fasilitas ini, jadi pastikan untuk mengetahui biaya yang harus kamu bayar.

4. Menyelesaikan Pemesanan

Setelah semuanya telah dikonfirmasi, selesaikan pemesanan kamu. Pastikan untuk mendapatkan konfirmasi tertulis dari hotel yang mencantumkan detail tentang kamar connecting yang telah kamu pesan.

5. Konfirmasi Kembali Sebelum Kedatangan

Sebelum kedatangan, sebaiknya kamu menghubungi hotel untuk mengkonfirmasi kembali pesanan, terutama jika kamu memesan dari jauh-jauh hari. Ini dapat membantu menghindari kejadian di mana kamar yang kamu pesan tidak tersedia saat kamu tiba.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memesan connecting room dengan mudah dan memastikan kenyamanan selama menginap di hotel bersama kelompok atau keluarga kamu.

Hotel dengan Connecting Room Terbaik di Indonesia

sumber: pexels

Sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu connecting room, manfaat, dan bagaimana cara memesannya. Sekarang, kita akan memberikan rekomendasi kepada kamu hotel dengan fasilitas connecting room yang terbaik untuk menginap bersama kelompok atau keluarga, berikut adalah beberapa rekomendasi yang dapat kamu pertimbangkan:

1. JW Marriott Hotel Jakarta

JW Marriott Hotel Jakarta adalah hotel bintang 5 di Jakarta yang menyediakan fasilitas connecting room yang elegan dan nyaman. Hotel ini terkenal dengan standar pelayanan yang tinggi dan kualitas akomodasi yang baik, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk keluarga atau kelompok yang ingin menginap dengan nyaman.

2. Grand Hyatt Jakarta

Grand Hyatt Jakarta adalah hotel mewah yang terletak di pusat kota Jakarta. Mereka menawarkan connecting room yang nyaman dan luas, cocok untuk keluarga atau kelompok yang menginginkan akomodasi yang mewah dan pelayanan yang istimewa.

3. Sheraton Bandung Hotel & Towers

Sheraton Bandung Hotel & Towers adalah hotel mewah di Bandung yang menawarkan connecting room dengan pemandangan yang menakjubkan. Mereka memiliki berbagai fasilitas dan aktivitas yang cocok untuk keluarga atau kelompok yang menginap.

4. The Trans Luxury Hotel Bandung

The Trans Luxury Hotel Bandung adalah hotel bergaya resor yang terletak di Bandung. Mereka menawarkan connecting room yang mewah dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti kolam renang pribadi dan area bersantai yang nyaman.

5. Ayana Resort and Spa Bali

Ayana Resort and Spa Bali adalah resor mewah yang terletak di Jimbaran, Bali. Mereka menawarkan connecting room yang luas dan nyaman dengan pemandangan laut yang spektakuler. Resor ini juga memiliki berbagai fasilitas dan layanan yang membuat pengalaman menginap kamu menjadi lebih istimewa.

Ingat ya, Grameds! Pastikan kamu melakukan reservasi lebih awal dan mengkonfirmasi ketersediaan connecting room serta fasilitas tambahan yang kamu butuhkan selama menginap di hotel pilihan kamu, agar pemesanan kamu tidak menjadi sia-sia.

Kesimpulan

Bagaimana Grameds, apakah artikel ini dapat mempertimbangkan kebutuhan kalian yang ingin menginap rombongan? Dengan fasilitas connecting room yang nyaman dan praktis, hal ini dapat menjadi pilihan yang ideal bagi kelompok atau keluarga yang ingin tetap bersama selama menginap. Kenyamanan, kemudahan koordinasi, dan privasi yang ditawarkan oleh connecting room menjadikannya pilihan yang menarik bagi wisatawan bisnis, keluarga besar, atau kelompok wisata. Dengan memilih hotel yang tepat dan memesan connecting room dengan bijak, pengalaman menginap kamu akan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu dalam merencanakan perjalanan berikutnya! Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Penulis: Hafizh

 

Rekomendasi Buku Terkait 

Dahsyatnya Bisnis Hotel Di Indonesia

Dahsyatnya Bisnis Hotel Di Indonesia

button cek gramedia com

Dicky Sumarsono, Cha merilis buku tentang bisnis dengan judul buku “Dahsyatnya Bisnis Hotel di Indonesia” pada tahun 2014. Berbisnis adalah cara manusia untuk menggandakan uangnya. Tak hanya itu, dengan berbisnis, manusia tidak perlu khawatir lagi tentang keuangan atau ekonomi kedepannya jika bisnis tersebut dilakukan dengan benar dan dengan cara yang baik. Berbagai macam bisnis di Indonesia sudah meraih kesuksesannya, dan yang paling terlihat adalah bisnis hotel. Hotel adalah bentuk akomodasi yang dikelola secara komersil, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum. Setiap harinya selalu ada orang yang bepergian maupun untuk liburan, hotel akan selalu beroperasi setiap hari tanpa libur karena justru di hari liburlah hotel akan kebanjiran pesanan!

Tiga Pilar Kunci Sukses Bisnis Hotel

Tiga Pilar Kunci Sukses Bisnis Hotel

button cek gramedia com

Bisnis perhotelan di Indonesia adalah salah satu bisnis yang penting dalam melengkapi dan menunjang ekonomi di Indonesia. Pertumbuhan bisnis di Indonesia, meningkatnya kunjungan wisata dan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah menjadi indikator meningkatnya kebutuhan akan hotel di masa mendatang. Buku “Tiga Pilar Kunci Sukses Bisnis Hotel” merupakan buku yang berisikan strategi dan kiat sukses dalam membangun dan mengelola properti hotel. Disajikan dengan bahasan yang ringkas dan praktis, buku ini cocok bagi Anda seorang investor hotel, pengelola, manajemen, maupun Anda yang ingin terjun ke bisnis hotel. Buku ini dibuat berdasarkan pengalaman praktis dari pengarang yang sukses membangun dan mengelola puluhan hotel di Indonesia dan luar negeri. Ditambah dengan sentuhan dari seorang researcher, ahli pemasaran, dan properti Indonesia, membuat buku ini memiliki bobot yang tinggi namun tetap mudah untuk dicerna dan dimengerti karena ditulis dengan bahasa yang lugas. “Buku ini menyajikan informasi penting yang dibutuhkan untuk mendalami industri perhotelan. Sangat cocok untuk menjadi sumber referensi bagi pelaku usaha, maupun berbagai pemangku kepentingan lain yang tertarik dengan sektor ini” –Ir. H. Airlangga Hartarto, MMT., MBA., IPU., Menteri Perindustrian Republik Indonesia. Perluas wawasan Anda mengenai pengelolaan dan manajemen hotel apabila Anda berniat untuk terjun ke dalam bisnis ini. Dapatkan buku ini hanya di Gramedia!

Asyiknya Liburan

Asyiknya Liburan

button cek gramedia com

Hore! Teman-teman sudah waktunya liburan nih! Apa saja, ya, kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan? Yuk, cari tahu lewat cerita kegiatan liburan teman-temanmu di buku ini. Ada Alisa yang berlibur di Pantai Natsepa yang berada di desa Sili, Maluku Tengah. Atau kamu mau ikut Kindy berburu kupu-kupu di Bantimurung, Sulawesi Selatan? Selain kisah liburan Alisa dan Kindy, masih banyak lagi lho cerita liburan dari teman-teman lain dari seluruh Indonesia! Buku Asyiknya Liburan karya Marisa Agustina menceritakan kegiatan berlibur Anak-anak ke tempat-tempat di Indonesia yang cenderung asri dengan pemandangan alam yang sangat indah. Buku yang terbit pada 23 April 2018 melalui penerbit Tiga Serangkai ini sekaligus akan memperkenalkan kamu kepada makanan-makanan tradisional yang lezat dan masih menjadi santapan khas orang Indonesia di tempat-tempat yang dijadikan destinasi liburan tersebut. Buku ini sangat cocok dibaca untuk anak pra-sekolah karena dapat menjadi pedoman bagi anak-anak usia pra-sekolah untuk belajar tentang keindahan alam Indonesia baik di rumah, sekolah dan di manapun. Buku ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran baik dengan dampingan orang tua dan guru ataupun tidak. Selain itu, dengan membaca buku setebal 71 halaman ini juga akan memberikan kamu banyak ide seru dan informasi mengenai tempat-tempat dan kegiatan liburan yang asyik. Yuk, nikmati asyiknya liburan bersama buku ini!



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    92% 92% 1.3k / 1.4k
  • Tidak
    7% 7% 105 / 1.4k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M