in

8 Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis

Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis – Pada umumnya, banyak orang menggambar hanya menggunakan media kertas. Namun, ternyata untuk mewujudkan kreativitas melalui gambar, Grameds juga bisa mengkreasikan karya di berbagai media, seperti kaca, gelas, atau bahkan kain.

Kain yang dapat digunakan sendiri bervariasi, mulai dari kaos, tas canvas, sepatu, celana, dan berbagai barang lainnya yang berbahan dasar kain. Namun, untuk menggunakan metode menggambar pada kain ini, Grameds juga harus memiliki alat tulis atau gambar yang tepat pula.

Saat ini, sudah banyak spidol khusus yang dapat digunakan untuk menggambar diatas kain dengan kualitas yang baik. Hal ini dikarenakan, warna yang digunakan untuk menggambar menggunakan spidol khusus ini tidak akan hilang maupun luntur meskipun sudah dicuci berkali-kali. Simak informasi berikut untuk mengetahui berbagai rekomendasi spidol kain terbaik yang dapat digunakan untuk melukis maupun mewarnai.

Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis

1. ARTLINE T-Shirt Marker

ARTLINE T-Shirt Marker

Rekomendasi spidol kain untuk melukis yang pertama adalah ARTLINE T-Shirt Marker yang dapat digunakan untuk melukis di atas kain dan dapat tahan dengan lama. Agar dapat tahan lama sendiri, sebuah spidol kain harus memiliki kualitas yang baik dan premium.

Untuk memastikan hal tersebut, Grameds dapat mencobanya terlebih dahulu di atas bahan kain, kemudian pastikan bahwa warna yang dikeluarkan tidak mudah luntur maupun hilang. Dengan begitu, spidol kain yang kamu gunakan memiliki kualitas yang cukup baik. Seperti halnya ARTLINE T-Shirt Marker yang juga dilengkapi dengan tutup yang kedap udara, sehingga kualitas maupun tinta yang ada di dalamnya terus terjaga secara maksimal.

Dengan total pilihan 19 warna, Grameds bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan jika menggunakan spidol kain yang satu ini, karena hasil gambar atau mewarnai yang ada di atas kain akan terus bertahan walaupun sudah dicuci berkali-kali.

Grameds juga bisa mendapatkan ARTLINE T-Shirt Marker ini dengan berbagai cara, baik secara langsung membelinya di gerai offline maupun online. Harga spidol ini pada umumnya berada di kisaran harga Rp 19.000,00 hingga Rp 22.000,00 per spidolnya.

Dapatkan pula produk lainnya dari Artline, seperti Artine 90 Marker (2.0 – 5.0 M/M) Orange yang merupakan spidol permanen dengan tinta yang cepat kering serta waterproof dan tersedia dalam berbagai warna.

2. GIOTTO Decor Textile

GIOTTO Decor Textile

Rekomendasi spidol kain untuk melukis yang kedua adalah  GIOTTO Decor Textile dengan harga yang lebih terjangkau sehingga dapat digunakan untuk penggunaan secara rutin.

Spidol kain GIOTTO Decor Textile ini sendiri merupakan spidol berbahan dasar air atau water-based sehingga aman untuk digunakan secara rutin karena tidak mengandung berbagai bahan berbahaya. Selain itu, spidol kain yang satu ini juga relatif mudah digunakan, serta menghasilkan warna yang juga tidak mudah hilang maupun luntur.

Bagi Grameds yang menggunakan spidol kain yang satu ini, setelah mengaplikasikannya di atas bahan kain, dapat terlebih dahulu menyetrika bahan kain tersebut dengan suhu hangat agar hasil yang didapatkan lebih maksimal dan tahan lama.

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Spidol GIOTTO Decor Textile ini juga memiliki harga yang terjangkau. Dimana, untuk harga paket dengan isi 6 spidol kain berada di kisaran harga Rp 55.000,00. Sedangkan, untuk harga satuan dari spidol GIOTTO Decor Textile ini sendiri berada di kisaran harga Rp 10.000,00.

Dapatkan GIOTTO Decor Textile Green yang merupakan spidol khusus untuk media kain dengan bahan dasar air, tidak memiliki bau dan tidak beracun di bawah ini.

3. Stained- Sharpie Fabric Marker

Stained- Sharpie Fabric Marker

Rekomendasi spidol kain untuk melukis yang ketiga adalah Stained yang merupakan spidol kain yang berasal dari brand Sharpie. Sharpie sendiri merupakan sebuah brand yang memang terkenal dengan kualitasnya. Brand ini berdiri pada tahun 1857 dan berasal dari Massachusetts.

Stained yang menjadi salah satu seri dari brand Sharpie yang paling terkenal, merupakan sebuah spidol yang didesain secara khusus untuk digunakan pada kain maupun bahan. Kelebihan dari spidol kain ini sendiri adalah ujung spidol yang menyerupai bentuk kuas, sehingga jika kamu menggunakan spidol ini pada kain atau bahan yang memiliki tekstur akan jauh lebih mudah.

Selain itu, Stained juga dapat digunakan untuk membuat karya tulis maupun gambar yang memerlukan banyak lekukan, karena bentuk ujung spidolnya tersebut yang memudahkan penggunanya. Spidol kain yang satu ini juga terdiri dari berbagai variasi warna, namun yang paling banyak dicari adalah warna hitam dan birunya yang memang tidak lagi diragukan kualitasnya.

Spidol Stained ini sendiri pada umumnya bisa Grameds dapatkan satuan, dengan harga kisaran Rp 25.000,00 hingga Rp 50.000,00. Namun, walaupun memiliki harga yang relatif mahal, peminat dari spidol kain ini tetap tinggi karena brand Sharpie yang memang terkenal dengan kualitasnya.

Dapatkan Spidol Sharpie Stained Pen Brush Black dengan harga Rp 25.000 hanya melalui Gramedia dibawah ini!

4. ADGER Fabric Marker

 ADGER Fabric Marker.

Rekomendasi spidol kain untuk melukis yang keempat adalah ADGER Fabric Marker yang merupakan spidol kain dengan keunikannya tersendiri. Hal ini dikarenakan, spidol kain yang satu ini dapat dihapus jika kamu melakukan kesalahan saat melukis atau menulis di atas bahan maupun kain.

ADGER Fabric Marker sendiri memang dibuat untuk membantu para penggunanya, khususnya penjahit ataupun bagi Grameds yang memiliki hobi yang berhubungan dengan menjahit yang mengharuskan kamu membuat pola atau sketsa di atas bahan kain.

Spidol yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Grameds untuk meminimalisir kesalahan dalam menulis atau melukis di atas kain. Walaupun dapat dihapus, ADGER Fabric Marker juga dapat menghasilkan warna yang jelas.

Untuk menghapus coretan yang kamu inginkan sendiri caranya sangat mudah, Grameds tinggal menyemprotkan air secukupnya, kemudian gosok coretan tersebut secara perlahan, dan kemudian warna yang ingin kamu hapus akan memudar secara perlahan.

ADGER Fabric Marker ini juga memiliki harga yang relatif murah, dimana per satu spidolnya berada di kisaran harga Rp 5.000,00 hingga Rp 10.000,00. Bagi Grameds yang memiliki hobi menjahit, quilting, bordir, dan berbagai jenis crafting lainnya, spidol kain ini dapat menjadi pilihan yang tepat!

5. Simbalion Direct Ink Fabric Marker

Simbalion Direct Ink Fabric Marker

Rekomendasi spidol kain untuk melukis yang kelima adalah Simbalion Direct Ink Fabric Marker. Spidol kain yang satu ini juga dapat digunakan di berbagai media lain, selain kaos, seperti halnya sepatu, dompet, maupun tas yang memiliki bahan kanvas.

Oleh sebab itu, spidol kain yang satu ini sangat tepat bagi Grameds yang ingin melukis atau menggambar segala hal di berbagai media. Walaupun hanya memiliki pilihan 6 warna, Grameds juga tetap dapat mengkreasikan kreativitasmu menggunakan spidol kain yang satu ini.

Dalam proses menggambarnya sendiri, agar kamu dimudahkan, akan lebih baik untuk terlebih dahulu membuat garis pembatas, baru setelahnya kamu dapat mengisi penuh dengan warna pola gambar yang telah kamu buat sebelumnya menggunakan spidol Simbalion Direct Ink Fabric Marker ini.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan halus, setelah menyelesaikan gambar yang kamu buat, Grameds dapat menyetrika terlebih dahulu gambar yang telah dibuat. Keuntungan lainnya dari spidol kain yang satu ini adalah tidak mudah luntur maupun retak bahkan jika dicuci berkali-kali.

Pada umumnya, spidol Simbalion Direct Ink Fabric Marker ini dijual langsung satu paket dengan isi 6 buah spidol kain dengan variasi warna, yaitu putih, kuning, merah, biru, hijau, dan hitam. Selain itu, harga satu paket spidol kain ini berada di kisaran harga Rp 90.000,00 hingga Rp 150.000,00.

Produk simbalion yang dapat Grameds gunakan pula untuk kebutuhan melukis atau menulis di atas kertas, seperti Simbalion Calligraphy Pen Mix /3 Set juga bisa kamu dapatkan di Gramedia dibawah ini.

6. Crayola Fabric Markers

 Crayola Fabric Markers

Rekomendasi spidol kain untuk melukis yang keenam adalah Crayola Fabric Markers yang merupakan spidol kain buatan salah satu brand, yaitu Crayola yang memang sudah terkenal dengan berbagai inovasi mereka di dalam bidang produk alat tulis serta mewarnai.

Crayola Fabric Markers ini sendiri merupakan spidol yang dapat digunakan di berbagai media permukaan kain maupun bahan. Dengan total pilihan warna yang mencapai 10, seri spidol crayola yang satu ini menawarkan berbagai warna pilihan yang cerah dan juga menghasilkan hasil warna yang cantik dan berkualitas.

Spidol kain yang satu ini sendiri masih sulit untuk didapatkan, karena merupakan produk impor yang tidak secara langsung di produksi di Indonesia. Namun, karena kualitasnya yang baik, akan sangat menguntungkan bagi Grameds untuk memiliki spidol kain yang satu ini.

Crayola Fabric Markers ini juga terbebas dari berbagai bahan berbahaya, sehingga aman untuk digunakan oleh anak, dengan warna yang dihasilkan sangat cerah dan juga tidak mudah luntur bahkan setelah dicuci berkali-kali.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, spidol Crayola Fabric Markers ini sendiri merupakan produk impor, sehingga harga spidol ini relatif lebih mahal, dimana dengan paket berisi 10 jenis warna, Crayola Fabric Markers bisa Grameds dapatkan dengan kisaran harga Rp 200.000,00 hingga Rp 250.000,00 di berbagai e-commerce.

Crayola sebagai brand yang memfokuskan produknya pada anak-anak memang memiliki kualitas yang baik. Seperti halnya Crayola Fun Creativity Pack – Bundle B 205006 yang bisa kamu dapatkan di Gramedia, terdiri dari 4 crayon serta 6 cat warna yang ideal bagi anak usia di atas 3 tahun.

7. Joyko PM-17

Joyko PM-17

Rekomendasi spidol kain untuk melukis yang ketujuh adalah Joyko PM-17 yang merupakan spidol permanen biasa, namun karena kualitasnya yang baik, dengan warna yang tidak mudah luntur serta cepat untuk kering, spidol ini dapat digunakan pula bagi Grameds yang ingin melukis atau menulis di atas bahan maupun kain.

Spidol yang satu ini juga dapat menjadi alternatif dari spidol kain yang pada umumnya memiliki harga yang relatif lebih mahal. Spidol Joyko PM-17 ini juga dapat digunakan di berbagai permukaan media tergantung kebutuhan karena memiliki keunggulan, yaitu cepat kering dan juga kualitas warna yang tidak mudah memudar serta tutup yang bisa menjaga kualitas dari tinta spidol tersebut.

Spidol permanen Joyko PM-17 ini sendiri terdiri dari 3 variasi warna, yaitu hitam, biru, dan merah dan berada di kisaran harga Rp 2.000,00 hingga Rp 3.000,00 sehingga sangat cocok bagi Grameds yang ingin belajar atau mencoba menggambar di atas kain maupun bahan.

8. Tsukineko Fabrico Marker Dual Tip

Tsukineko Fabrico Marker Dual Tip

Rekomendasi spidol kain untuk melukis yang kedelapan adalah Tsukineko Fabrico Marker Dual Tip yang memiliki dua jenis ujung berbeda sehingga hasil lukisan atau gambar yang Grameds buat dapat lebih maksimal.

Dengan dua jenis ujung yang berbeda, dimana pada satu sisi spidol ini memiliki bentuk kuas, dan sisi lainnya memiliki bentuk ujung bulat. Spidol kain yang satu ini sendiri juga dapat digunakan di berbagai media selain kain maupun bahan, seperti kayu, keramik, dan juga kulit.

Selain memiliki keunikan tersebut, kualitas dari spidol ini juga tidak boleh diragukan, karena warna yang dihasilkan dari spidol Tsukineko Fabrico Marker Dual Tip ini dapat memberikan garis halus sehingga tidak meninggalkan kesan seperti terputus. Oleh sebab itu, spidol kain yang satu ini akan sangat cocok bagi Grameds yang ingin membuat lettering maupun menambahkan detail kecil pada hasil karya di media kain maupun bahan.

Cara Memilih Spidol Kain yang Tepat

1. Memilih spidol berdasarkan jenisnya

Cara memilih yang pertama adalah memilih spidol kain berdasarkan jenisnya. Dimana spidol kain sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu spidol permanen dan non-permanen yang masing-masing memiliki keunggulan serta kekurangannya tersendiri.

Spidol permanen sendiri akan menjadi pilihan yang tepat bagi Grameds untuk digunakan melukis atau menggambar karena memiliki ketahanan warna yang lebih baik. Namun, pada umumnya harga dari spidol kain permanen sendiri relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis spidol lainnya. Spidol permanen sendiri dapat Grameds gunakan di berbagai media, mulai dari kain, baju, dompet, hingga sepatu. Oleh sebab itu, spidol ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Grameds yang memiliki hobi atau bisnis berhubungan dengan membuat karya lukis.

Spidol non-permanen sendiri akan sangat cocok untuk membuat atau menandai pola pada bahan maupun kain yang seringkali penting untuk berbagai keperluan jahit. Karena mudah dihapus, spidol ini sangat memudahkan para penggunanya yang sedang melakukan proses bordir, jahit, maupun pemasangan payet. Selain itu, jika Grameds ingin menjahit bahan flanel, spidol yang satu ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Untuk menghapus tinta dari spidol non-permanen sendiri sangatlah mudah, Grameds hanya perlu mencuci kain ataupun bahan menggunakan air bersih, dan kemudian noda warna yang ada akan hilang dengan mudah.

2. Memperhatikan bentuk ujung dari spidol kain

Cara memilih yang kedua adalah memperhatikan bentuk ujung dari spidol kain yang pada umumnya terdiri dari berbagai bentuk serta ukuran. Berikut ini beberapa ujung spidol atau tip spidol yang ada pada spidol kain.

  • Tipe brush, yang pada umumnya lebih mudah digunakan untuk kebutuhan lettering yang dapat membuat hasil tulisan yang dibuat menjadi lembut dan tidak kaku.
  • Tipe bullet trip maupun round trip yang memiliki bentuk bulat serta memiliki ujung yang tumpul untuk keperluan mewarnai.
  • Tipe fine tip yang memiliki bentuk ujung lancip atau runcing sehingga dapat membuat garis pinggiran dengan mudah di sebuah objek lukisan maupun gambar.

3. Mempertimbangkan spidol kain yang anti luntur

Cara memilih yang ketiga adalah mempertimbangkan spidol kain yang anti luntur sehingga dapat lebih tahan lama, khususnya pada pakaian yang pada umumnya sering kita gunakan dan cuci.

Terdapat pula trik yang dapat kamu terapkan untuk memastikan gambar yang telah kamu buat tidak akan luntur, yaitu dengan cara menyetrika kedua belah sisi dari kain yang telah kamu gambar. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa gambar yang dibuat telah benar-benar kering dan sudah tidak ada tinta spidol yang masih basah.

Selain itu, untuk memastikan ketahanan tinta pada air, Grameds juga dapat mengetesnya terlebih dahulu, dengan mencelupkan gambar yang telah kamu buat sebelumnya ke dalam air, dan jika warna dari tinta luntur maka tinta spidol tersebut belum kering atau juga bisa memang tidak tahan lama.

4. Memastikan warna kain dan spidol sesuai

Cara memilih yang keempat adalah memastikan warna kain dan spidol sesuai. Hal ini dikarenakan untuk beberapa spidol kain yang memiliki warna terang, seperti halnya kuning, hijau, merah, dan sebagainya hanya bisa digunakan pada kain atau bahan yang memiliki warna terang.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sangat direkomendasikan untuk Grameds melukis atau menggambar di atas bahan atau kain yang memiliki warna putih.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Spidol Kain Terbaik

Written by Andrew