in

22 Serial Netflix Terbaik, Apa Saja Ya?

Serial Netflix Terbaik – Di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, untuk menonton sebuah serial film maupun film dengan genre apapun menjadi semakin mudah. Hal tersebut karena maraknya aplikasi atau website streaming film secara online. Coba Grameds tebak apa saja aplikasi streaming film yang saat ini tengah digandrungi masyarakat? Mulai dari dari Netflix, iQiyi, WeTV, Viu, Disney+Hotstar, dan masih banyak yang lainnya.

Pada aplikasi-aplikasi streaming film tersebut tentu saja tidak dapat diakses secara cuma-cuma, sehingga mengharuskan penggunanya untuk membuat akun dan membayar dalam periode tertentu. Meskipun demikian, biaya yang dibayarkan juga worth it kok dengan beragam serial dan film yang dapat ditonton kapan saja.

Salah satu dari aplikasi streaming film tersebut adalah Netflix yang hingga saat ini masih menjadi favorit masyarakat terutama muda-mudi untuk menonton serial dan film kesukaan mereka. Lalu apa saja ya serial Netflix terbaik yang dapat ditonton sebagai hiburan di kala kesibukan? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Girl From Nowhere

Apakah Grameds tahu akan tokoh perempuan bernama Nanno? Nah, tokoh tersebut adalah berasal dari series berjudul Girl From Nowhere ini lho…

Serial televisi yang sensasional ini memiliki dua season yang masing-masing memiliki 13 episode ini, tayang pada tahun 2018 dan 2021. Keseluruhan ceritanya adalah mengenai seorang perempuan bernama Nanno yang bertugas “menghukum” para manusia jahat. Fakta uniknya adalah Nanno bukanlah manusia dan juga bukan hantu. Nanno adalah representasi dari putri iblis yang berusaha menguji manusia untuk melakukan perbuatan jahat.

Pada season pertama, setiap episodenya tidak berkaitan satu sama lain dan kebanyakan mengangkat cerita mengenai kejadian kelam yang kerap terjadi di kehidupan nyata. Sementara itu, pada season kedua, banyak yang mengatakan bahwa pada tiap episode dari serial ini didasarkan pada kasus yang terjadi di dunia nyata, terutama pada episode Minnie and Four Bodies. Dalam episode tersebut menceritakan tentang seorang gadis kaya yang menabrak sebuah mobil van dan mengakibatkan 4 korban meninggal. Adegan tersebut tentu saja dikatakan hampir mirip dengan kasus yang terjadi pada tahun 2010 lalu di Thailand, yakni seorang gadis bernama Praewa yang menabrak sebuah truk van dan mengakibatkan 9 korban meninggal.

2. The Silent Sea

serial netflix the silent sea

Serial Netflix yang kedua adalah The Silent Sea, berasal dari Korea Selatan. Dibintangi oleh aktor dan aktris ternama yakni Gong Yoo serta Bae Doona menjadikan serial ini layak untuk ditonton. Serial ini bergenre thriller, horror, dan sci-fi yang mengambil latar belakang luar angkasa.

Menceritakan tentang kondisi bumi pada tahun 2075 yang serba kekeringan dan bahkan keseluruhan wilayah di planet ini telah menjadi gurun akibat sumber daya alam yang terkuras habis, terutama air. Kemudian pihak “pemerintah” membentuk sebuah tim khusus yang ditugaskan untuk menuju ke stasiun penelitian di bulan. Stasiun penelitian itu diberi nama “The Silent Sea”, yang mana sebelumnya pernah digunakan sebagai penelitian tetapi para ilmuwannya tidak pernah kembali.

Selama 8 episode, kita akan diajak mengetahui rahasia apa yang disembunyikan oleh pihak “pemerintah” dan mengapa para ilmuwan yang melakukan penelitian di stasiun “The Silent Sea” tidak pernah kembali.

3. D.P. (Deserter Pursuit)

Serial dari Korea Selatan ini secara tidak langsung mengkritisi praktik bullying yang ada di institusi militer selama puluhan tahun. Bahkan atas adanya serial ini, terjadilah kontroversi di kalangan pihak militer Negara Ginseng tersebut hingga akhirnya pemerintah ikut turun tangan untuk mengubah kebijakan yang ada.

Menceritakan tentang seorang prajurit tentara muda yang diangkat menjadi bagian dari tim D.P. dan bertugas untuk menangkap para pembelot tentara di sekitar masyarakat. Konflik cerita menjadi semakin berkembang di episode 4 yang mana diperlihatkan bahwa di dalam institusi militer tersebut banyak cerita kelam. Mulai dari persoalan bullying, senioritas, hingga pelecehan seksual yang menyebabkan bunuh diri.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Serial D.P. ini jelas menampilkan kisah tentara yang mengalami tekanan mental dan fisik sehingga membuat mereka memutuskan untuk membelot keluar. Ditambah adanya soundtrack yang pas dan tidak adanya adegan yang berlebihan menjadikan serial dengan 6 episode ini layak untuk ditonton.

4. One of Us is Lying

Serial bergenre mystery ini sebenarnya diadaptasi dari novel karya Karen M. McManus dengan judul yang sama pada tahun 2017. Menceritakan tentang empat siswa dari Bayview High School yakni Addy, Bronwyn, Cooper, dan Nate yang dituduh sebagai tersangka utama dalam aksi pembunuhan teman sekelasnya, Simon.

Demi menyelamatkan masa depan, mereka kemudian membentuk klub pembunuhan yang diberi nama Murder Club untuk menyelidiki kematian Simon sekaligus membuktikan bahwa masing-masing dari mereka itu tidak bersalah. Sepanjang episode, penonton akan mengetahui rahasia dari empat siswa tersebut yang tersimpan di sebuah aplikasi milik Simon, yakni About That.

Lalu, siapa ya tersangka sebenarnya dari meninggalnya Simon? Jika Grameds penasaran, yuk segera tonton serial ini!

5. Dark

Serial dari Jerman ini mengambil genre thriller dan sci-Fi yang mana berfokus pada time travel. Secara keseluruhan alurnya menceritakan tentang hilangnya seorang anak di wilayah Winden, Jerman. Kemudian, misteri yang terjadi selama empat generasi dari satu per satu hubungan antara empat keluarga yang berbeda juga turut terungkap

Berhubung serial ini berfokus pada perjalanan waktu atau time travel, sehingga banyak penonton yang merasa kebingungan akan alurnya. Meskipun demikian, serial ini tetap worth it untuk ditonton!

6. Stranger Things

serial netflix stranger things

Hampir sama dengan serial Dark, alur cerita dari serial ini juga diawali tentang hilangnya seorang anak. Anak yang hilang tersebut bernama Will Byers yang kemudian tiba-tiba terjadilah hal supranatural pada teman-teman Will, yakni Mike, Dustin, dan Lucas. Hilangnya Will juga menyebabkan munculnya seorang anak bernama Eleven yang kemudian turut ikut dalam mengungkap misteri hilangnya Will.

Serial ini cukup keren karena membahas cerita akan keberadaan dunia paralel yakni The Upside Down sekaligus adanya aktivitas penelitian berbaya dari pihak Departemen Energi AS. Serial Stranger Things ini telah mencapai season 4 yang dirilis pada tahun 2022! Apakah Grameds siap menonton lanjutannya?

7. The Umbrella Academy

serial netflix the umbrella academy

Serial ini lebih mirip dengan serial superhero! Menceritakan tentang 7 anak asuhan Sir Reginald Hargreeves, yang masing-masingnya memiliki kekuatan super dan tergabung dalam sebuah kelompok dengan nama The Umbrella Academy. Kelompok ini diharapkan dapat menjadi penyelamat dunia, meskipun justru mereka malah berkontribusi dalam datangnya “kiamat” bagi dunia.

Setelah beranjak dewasa, 7 anak asuhan tersebut berpisah untuk menjalani kehidupan masing-masing. Kemudian, mereka dipertemukan lagi setelah Sir Reginald Hargreeves selaku Ayah, meninggal dunia. Tepat pada saat itu juga, salah satu dari ketujuh anak memberi kabar bahwa hari kiamat benar-benar sudah dekat dan mengajak saudaranya yang lain untuk menghentikan kiamat tersebut.

Diangkat dari seri buku komik karya Gerard Way dengan judul yang sama, serial ini dinilai sangat asyik untuk ditonton di sela-sela kesibukan.

8. Hospital Playlist

serial netflix hospital playlist

Serial dari Korea Selatan ini memiliki dua season ini menceritakan mengenai kehidupan lima dokter yang bekerja di sebuah sakit. Mulai dari bagaimana menghadapi keluarga pasien, mengoperasi pasien, hingga bercengkerama dengan staf dan dokter lain.

Keseluruhan dari dua season dari serial drama ini tidak memiliki konflik berat. Cerita yang disampaikan juga relate dengan kehidupan sehari-hari dan tergolong ringan, sehingga cocok untuk dinikmati di waktu senggang.

9. The Sound of Magic

serial netflix the sound of magic

Serial yang tayang pada tahun 2022 ini berasal dari Korea Selatan dan dibintangi oleh banyak aktor dan aktris ternama, salah satunya adalah Ji Chang Wook. Menceritakan tentang pertemuan seorang siswi SMA, Yoon Ah Yi, dengan Lee Eul, seorang pesulap yang tinggal di taman hiburan terbengkalai.

Selama 6 episode, penonton akan terpukau oleh penampilan sulap yang tidak biasa. Konflik mulai berkembang setelah Ah Yi hampir dilecehkan oleh bos supermarket tempat dia bekerja dan Lee Eul membantunya dengan menghilangkan bos tersebut. Hingga kemudian muncul pertanyaan apakah Lee Eul benar-benar seorang pesulap atau hanya seseorang yang tidak waras?

10. Vincenzo

Serial Netflix ini begitu populer ketika tayang perdana pada tahun 2021 lalu. Tidak hanya dikarenakan oleh pemainnya yang berupa aktor dan aktris papan atas saja, tetapi juga dari segi sinematografi dan alur ceritanya.

Menceritakan mengenai seorang pengacara sekaligus mafia Italia yang berasal dari Korea bernama Vincenzo Cassano. Vincenzo melakukan perjalanan kembali ke Korea untuk mencari brankas emas raksasa dan menyelesaikan konflik dalam organisasi mafianya,  tetapi dirinya malah ikut terlibat dalam penggusuran paksa di Geumga Plaza oleh Babel Construction.

11. Extracurricular

Serial dari Korea Selatan ini menyinggung tentang sisi gelap remaja, terutama dalam permasalahan prostitusi. Menceritakan seorang murid teladan yang selalu mendapatkan nilai di atas rata-rata bernama Ji Soo. Namun, tidak ada yang tahu bahwa sebenarnya Ji Soo ini adalah otak di balik layanan penyedia keamanan untuk para pelaku prostitusi. Salah satu pelaku prostitusi tersebut adalah teman satu kelasnya, Min Hee. Namun, pekerjaan Ji Soo itu diketahui oleh Gyu Ri dan menyebabkan keduanya harus menghadapi kejaran polisi.

Serial ini juga diselingi dengan bullying dan kriminal remaja. Meskipun diperankan oleh dua remaja, tetapi alur ceritanya minim akan kisah romantis. Serial ini ramai diperbincangkan ketika pertama kali ditayangkan sebab para aktor dan aktrisnya sukses memberikan kesan drama sepanjang episodenya.

12. Peaky Blinders

Serial Netflix yang memiliki 5 season ini secara keseluruhan menceritakan tentang sebuah geng yang bernama Peaky Blinders. Geng ini berkuasa di daerah Birmingham, Inggris pada tahun 1919 dengan pimpinan Tommy Shelby, yang dikenal sebagai sosok berkarisma, ambisius, serta cerdik. Suatu ketika, geng Peaky Blinders merasa mendapatkan tantangan ketika seorang detektif muncul untuk “membersihkan” kota dari para kriminal.

13. Twenty Five Twenty One

Serial ini berasal dari Korea Selatan dan sangat digandrungi oleh para muda-mudi sepanjang penayangan. Bahkan banyak orang menciptakan teori terkait siapa identitas sebenarnya dari suami sang pemeran utama wanita.

Menceritakan kehidupan dan perjuangan anak muda yang terdampak akan krisis ekonomi pada kala itu. Na Hee Do adalah seorang gadis SMA sekaligus atlet anggar, sementara Baek Yi Jin adalah seorang anak muda yang seharusnya menjalani pendidikan di perguruan tinggi tetapi harus merelakan mimpinya tersebut karena dampak krisis ekonomi negara. Dua insan ini terpaut usia 4 tahun tetapi setuju untuk mendukung satu sama lain guna mendapatkan kebahagiaan dan masa depan.

Serial ini sangat bagus dalam menggambarkan kisah persahabatan bersama teman-teman mereka. Bahkan nantinya akan ada kisah mengharukan dari Ko Yu Rim yang harus mengganti kewarganegaraannya untuk bertanding anggar demi membantu finansial keluarga.

14. The Stranded

Serial yang tayang pada tahun 2019 dengan 7 episode ini juga turut meramaikan serial televisi Thailand yang populer untuk dinikmati. Secara keseluruhan, series ini menceritakan mengenai beberapa siswa dari sekolah elit yang berada di sebuah pulau, tiba-tiba mengalami tsunami. Setelah adanya tsunami tersebut, kejadian misterius terus mendatangi mereka. Hal tersebut membuat mereka semakin yakin bahwa tidak akan ada bantuan yang datang sehingga mau tidak mau, mereka harus bersatu untuk menyelamatkan diri.

Genre dalam serial ini adalah Mystery, Drama, Supernatural, dan Thriller. Perlu diketahui bahwa serial ini memiliki cerita yang berhubungan dengan Bisexual dan LGBT.

15. Kingdom

Serial dari Negara Ginseng ini menggunakan latar waktu Kerajaan Joseon. Pada kala itu, Lee Chang selaku Putra Mahkota merasa curiga akan sesuatu yang terjadi pada ayahnya, Raja Joseon. Pihak kerajaan terus-menerus mengatakan bahwa Sang Raja tengah sakit keras, tetapi Lee Chang tidak percaya sebab dirinya melihat sesuatu yang aneh dari kamar Ayahnya. Setelah diselidiki, ternyata ada virus mematikan yang langsung menyebar di seluruh penjuru negara.

Serial ini patut diacungi jempol sebab dalam 3 seasonnya terus-menerus membuat penonton merasa ingin tahu akan siapa sosok yang pertama kali menyebarkan virus mematikan tersebut.

Novel Nemesis

16. In Family We Trust

Rekomendasi selanjutnya adalah series berjudul In Family We Trust yang tayang pada tahun 2018 dengan 18 episode. Setiap episode tentu saja menarik untuk ditonton karena memuat genre mystery dan family.

Keseluruhan ceritanya adalah mengenai misteri pembunuhan dalam sebuah keluarga besar keturunan Thailand-China, yakni keluarga Jiraanan ini. Keluarga Jiraanan memiliki tiga generasi yang setiap orangnya tampak begitu rukun. Namun suatu saat, ketika kakek keluarga Jiraanan meninggal dunia, tiba-tiba seluruh keluarga menjadi runyam hingga terjadi adanya pembunuhan.

Mulai dari kejadian saling menuduh, perebutan warisan, bahkan adanya pernikahan gelap yang dilakukan oleh salah satu anak keluarga Jiraanan. Konflik-konflik tersebut menjadikan series semakin menarik untuk disimak apalagi pemainnya juga bukan kaleng-kaleng.

Para aktor dan aktris sebut saja ada Kob Songsit sebagai Prasert, Mam Kathaleeya sebagai Patsorn, Tor Thanapob sebagai Yi, JJ Kritsanapoom sebagai Pete, dan masih banyak lagi.

17. Money Heist

Serial ini sangat populer hingga setiap penayangannya selalu menjadi trending di sosial media. Menceritakan tentang sekelompok orang yang hendak melakukan sebuah perampokan besar di gedung Royal Mint, tempat memproduksi uang. Otak perampokan ini didalangi oleh seorang Professor yang memiliki rencana apik dan berjalan baik. Namun, seiring perjalanan justru muncul masalah-masalah internal yang tentu saja mengganggu upaya perampokan.

Setiap episode dari serial ini selalu menegangkan dan alur ceritanya tidak bisa ditebak. Perlu diketahui bahwa serial asal Spanyol ini telah diadaptasi kembali oleh Korea Selatan dan akan tayang pada tahun 2022 ini!

18. Sex Education

Serial remaja ini secara keseluruhan menceritakan tentang Otis Milburn yang memiliki masalah pada seksualitasnya, padahal ibunya bekerja sebagai ahli terapi seksual. Ketika di sekolah, dirinya membantu temannya untuk menyembuhkan masalah seksualnya dan berhasil. Atas adanya hal itu, Otis kemudian bekerja sama dengan Maeve selaku teman sekelasnya untuk membuka bisnis terapi seks kepada teman-teman sekolahnya.

Berhubung serial ini menceritakan tentang pengalaman seksual para remaja, sehingga tidak jarang adegannya akan berupa adegan ranjang.

19. Manifest Series

Serial ini cukup keren dan patut diacungi jempol karena alur ceritanya yang bagus. Mengusung genre mystery dan supranatural, secara keseluruhan serial ini menceritakan mengenai kembalinya sebuah pesawat yang selama 5 tahun menghilang. Pesawat tersebut adalah Montego Air 828 yang berangkat dari Jamaika menuju New York dan tiba-tiba mengalami turbulensi parah setelah beberapa menit lepas landas.

Selama perjalanan di udara dengan keadaan turbulensi itu, para pilot bersama dengan co-pilot berusaha menyelamatkan pesawat yang mana membawa 191 penumpang. Hingga akhirnya mereka berhasil mendarat di bandara New York secara selamat tetapi kekagetan muncul. Tanpa mereka sadari, ternyata para penumpang dan kru dari pesawat tersebut mendarat pada tahun 2018 alias 5 tahun kemudian! Apa yang sebenarnya terjadi?

Supaya Grameds tidak penasaran, coba saja tonton serial ini!

20. Tomorrow

Serial ini berasal dari Korea Selatan yang tayang pada tahun 2022 ini. Secara keseluruhan menceritakan mengenai 3 malaikat maut yang berada di tim khusus bernama Manajemen Risiko dan bertugas untuk mencegah manusia yang hendak melakukan bunuh diri. Para manusia yang hendak bunuh diri ini banyak mengalami masalah dalam hidupnya, mulai dari bullying, pelecehan seksual, trauma akibat perang, gangguan mental berupa eating-disorder, dan masih banyak yang lainnya.

Tim khusus ini nantinya akan selalu berseteru dengan tim pencabut nyawa sebab tugas antar keduanya sangatlah berlawanan. Pada episode akhir, penonton akan mengetahui rahasia apa yang terjadi pada kedua tim tersebut.

How To Survive In a Stranger Things World

Nah, itulah beberapa serial Netflix terbaik yang hingga saat ini masih worth it untuk ditonton. Apakah Grameds sudah menonton beberapa serial Netflix tersebut?

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Serial Netflix Terbaik



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.