in

Resep Sayur Gori Ndeso khas Wonosari, Cocok Jadi Ide Masakan Hari Ini!

Selain gudeg, ternyata Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki beragam masakan khas yang sederhana, namun memiliki cita rasa yang unik. Hidangan yang dimaksud ini salah satunya adalah sayur gori ndeso. Sayur ini menggunakan nangka muda yang diolah dengan cara direbus dan ditumis dengan bumbu dapur lainnya.

Sayur ini bisa juga lho didampingi dengan lauk-lauk yang tidak kalah enak, seperti ayam, tempe, tahu, bahkan telur dadar. Jadi lapar rasanya ya, Grameds. Nah, buat kamu yang masih bingung soal mau makan apa siang ini, yuk, mending masak sayur gori ndeso aja!

 

Sejarah dan Keunikan Sayur Gori Ndeso

Seperti namanya, sayur gori ndeso ini berasal dari daerah pedesaan Wonosari di kota Yogyakarta. Kata ndeso sendiri memang bermakna desa dalam bahasa Jawa, lho, Grameds! Dari namanya saja sudah tercermin kesederhanaan dan orisinalitas makanan khas daerah yang satu ini

Sebagai bahan utama, nangka muda juga banyak tersedia di daerah tropis. Oleh karena itu, masyarakat desa tentu mengolahnya untuk menjadi makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Sayur ini juga unik karena pemakaian banyak jenis bumbu tradisional yang memberikan sentuhan rasa gurih dan segar.

 

Popularitas di Kalangan Pecinta Kuliner

Selain populer di kalangan penduduk asli Jawa, sayur gori ndeso ternyata menarik minat para pecinta kuliner dari berbagai daerah. Selain rasanya yang enak, ternyata cara membuat sayur ini juga terbilang sangat sederhana. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak dulu resep sayur gori ndeso khas Wonosari di bawah ini!

 

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Sayur Gori Ndeso

(Sumber foto: www.pexels.com)

Untuk membuat sayur gori ndeso, Grameds perlu beberapa bahan-bahan di bawah ini. Tenang saja, bahan-bahannya masih sangat mudah ditemukan kok!

Bahan Utama

  • 500 gram nangka muda (gori), potong kecil-kecil
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 200 ml santan kental
  • 500 ml santan encer
  • 3 lembar daun jeruk, sobek

Bumbu Halus

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 cm kunyit
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • ½ sdt merica

Pelengkap

  • 10 buah atau sesuai selera cabai rawit merah
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 buah tomat merah, potong-potong

 

Cara Membuat Sayur Gori Ndeso

Inilah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti dalam pembuatan sayur gori ndeso. Jangan sampai ada step yang terlewat ya!

1. Persiapan Bahan

Pertama-tama, cuci nangka muda hingga dirasa bersih. Setelah itu, potong-potong nangka menjadi bagian kecil sesuai seleramu. Rebuslah nangka muda hingga setengah matang, lalu tiriskan.

2. Menumis Bumbu

Haluskan semua bumbu halus menggunakan blender atau cobek sebagai alternatif! Panaskan sedikit minyak goreng di wajan. Tumis semua bumbu halus sebelumnya bersama daun salam, lengkuas, dan daun jeruk hingga matang dan mengeluarkan aroma harum.

3. Memasak Sayur

Masukkan nangka muda yang sudah direbus sebelumnya ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu tumis. Kemudian, tuanglah santan encer. Masak hingga tekstur nangka muda sudah benar-benar empuk dan semua bumbunya meresap.

Setelah itu, tambahkan santan kental, cabe rawit, beserta tomat. Diamkan hingga kuah sayur sudah dirasa mengental dan semua bahan-bahan di dalamnya matang sempurna.

4. Penyajian

Untuk penyajiannya, angkat sayur dari wajan dan tuanglah ke dalam mangkuk saji anti panas. Sebagai pelengkap, taburi juga dengan daun bawang yang sudah diiris sebelumnya. Kini, sayur gori ndeso sudah siap disajikan dan kamu bisa langsung memadukannya dengan nasi putih hangat!

  • Tips dan Trik Memasak

Nah, selain resep yang sudah dituliskan di atas. Ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu perhatikan lho saat memasak sayur khas Wonosari yang satu ini.

1. Pemilihan Nangka Muda

Pilihlah nangka muda yang segar dan tidak terlalu keras agar lebih mudah empuk saat dimasak.

2. Menghindari Santan Pecah

Masak sayur dengan api sedang dan aduk secara berkala untuk menghindari santan yang pecah secara tiba-tiba.

3. Kombinasi Rasa

Jika sobat Grameds termasuk orang yang menyukai pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit lebih banyak atau cabai bubuk sesuai selera!

 

Rekomendasi Buku Resep Masakan Pilihan

Itu dia cara memasak sayur gori ndeso khas Wonosari. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Kalau kamu tertarik dengan berbagai hidangan sayur-sayuran, coba temukan resep-resep sayur serupa lainnya dalam beberapa buku yang direkomendasikan ini! Yuk, cek di bawah ini!

1. Hidangan Tradisional Untuk Sehari-hari: Gerobak Tukang Sayur

Hidangan Tradisional Untuk Sehari-hari: Gerobak Tukang Sayur

Masakan tradisional Indonesia sudah menjadi hal yang tidak asing lagi terdengar di telinga. Resep dan cara pembuatan masakan tradisional biasanya bersifat turun temurun. Rasa masakan tradisional yang khas dari satu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya. Itulah mengapa masakan tradisional memiliki banyak keunikan dan kaya akan aneka rasa. Masing-masing daerah memiliki masakan tradisional yang berbeda dan menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Seperti Jawa Tengah yang dikenal dengan rasa manisnya, atau Menado yang dikenal dengan masyarakat yang paling suka dengan rasa pedas, dan lain sebagainya. Kebudayaan adalah salah satu hal yang wajib terus dilestarikan, begitu juga dengan masakan tradisional Indonesia yang harus terus dilestarikan dengan cara diperkenalkan kepada generasi muda.

Masakan tradisional memiliki penggemarnya sendiri. Bagi mereka ada kepuasan dalam bersantap menu daerah. Masakan terasa mewah walaupun sebenarnya tidak, karena bahan-bahan yang dipakai dalam masakan tradisional umum dikonsumsi sehari-hari.

Yang pasti, biasanya masakan tradisional sarat dengan bumbu, atau paling tidak rasanya lebih ‘juicy’ karena sering dimatangkan dengan api kecil sehingga bumbu lebih meresap.

 

2. Seri Teman Makan Nasi: Sop dan Sayur Lodeh Favorit Keluarga

Seri Teman Makan Nasi

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Keluarga-keluarga di Indonesia memiliki pola makan nasi dengan sayur dan lauk dengan variasi menu yang berubah setiap harinya. Cukup banyak yang ingin menambah variasi

menu bagi keluarganya. Namun banyak juga yang akhirnya kembali ke paduan menu yang itu lagi-itu lagi, yang membosankan dan kadang membuat frustrasi. Pendek kata, mereka ingin ada pelengkap menu teman makan nasi. Tentunya yang mudah dibuat, cukup gizi, dan rasanya enak.

Seri ini disusun sebagai jawaban atas keinginan tersebut. Setiap buku dalam seri ini memuat resep-resep lengkap teman makan nasi yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Setiap resep sudah dipertimbangkan agar mudah dibuat dengan bahan yang mudah didapat dan teknik memasak yang ringkas. Namun cita rasa yang dihasilkan cukup otentik dengan masakan kegemaran keluraga Indonesia.

Buku yang sedang Anda baca ini mengambil tema aneka sop, hidangan berkuah, dan sayur lodeh. Hampir setiap keluarga di Indonesia memiliki cara memasak sop dan sayur lodehya

sendiri. Buku ini menyajikan variasi jenis sop dan lodeh, dan inspirasi aneka bahan yang bisa diolah menjadi sop atau sayur lodeh. Sehingga menu setiap hari yang disajikan bisa semakin variatif.

Kini siapa pun yang mempraktikkan resep-resep dalam buku bisa mendapat ide untuk menyajikan hidangan pelengkap makan nasi yang berbeda setiap harinya di meja makan keluarga.

 

3. 100 Resep Hidangan Sayur

100 Resep Hidangan Sayur

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Sayur mayur merupakan jenis makanan penting bagi kesehatan kita untuk menjaga kesehatan. Sayuran hijau seperti daun selada, bayam, buncis, kangkung, daun singkong, daun pepaya, dan yang lainnya ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan. Yang tak kalah penting, kandungan antioksidan dan serat alami dalam sayuran hijau akan menjaga kesehatan dan melancarkan saluran pencernaan. Hal ini akan memudahkan sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna keluar dari tubuh sehingga tak sempat mengendap dan menimbulkan penyakit.

Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor. Klorofil (zat hijau daun) pada sayuran hijau menurut penelitian para ahli gizi, bermanfaat merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia. Selain itu klorofil juga mampu berfungsi sebagai pembersih alamiah (mendorong terjadinya detoksifikasi); antioksidan yang akan menetralkan radikal bebas sebelum menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh; antipenuaan dan antikanker.

Kini saatnya tidak perlu “”bingung”” membuat menu sayuran di meja dapur keluarga Anda. Miliki buku ini, praktikkan resep-resepnya. Ada hidangan sayur yang kering berupa tumisan, berkuah bening dan kuah santan. Ada yang diracik dengan berbagai bumbu rempah hingga daun-daunan beraroma khas. Ada yang berupa gulai yang dimasak dengan aneka rempah serta santan kelapa kental. Dan ada pula yang merupakan perpaduan rasa gurih dan pedas.

Sekitar 100 resep hidangan sayur masakan berikut ini sungguh layak dicoba. Serta dijadikan pilihan sebagai menu santapan favorit keluarga. Ayo bersahabat dengan sayur!

 

4. SEHAT DENGAN SAYUR

SEHAT DENGAN SAYUR

Meskipun detoks sebaiknya tidak menggunakan bahan-bahan lain, namun nyatanya bagi kebanyakan orang, untuk hanya menyantap sayur tanpa tambahan makanan lain sulit untuk dijalani.

 

5. Aroma Rasa Kuliner Indonesia – Sajian Sayur Segar & Rebus

Aroma Rasa Kuliner Indonesia

Bagi Anda penggemar sajian sayur atau yang ingin bergaya hidup sehat, inilah koleksi resep sajian sayur khas Indonesia yang pantas dimiliki. Sebanyak 25 resep sajian sayur dalam buku ini sebagian besar adalah kelompok salad khas Indonesia. Disebut salad, karena sayuran diolah dengan cara mentah atau rebus, lalu disajikan bersama saus.

Kekayaan cita rasa dan tekstur salad khas Indonesia ini bisa dilihat dari pemakaian jenis sayuran khas seperti bunga Turi, Lamtoro (petai Cina), bunga Genjer, daun pakis muda, daun papaya muda, batang kencur muda, peria; dan juga dari keragaman saus pendampingnya yang, antara lain, dibuat dari saus kacang, saus santan, sambal tomat, sambal taoco.

Penasaran? Coba saja sajian sayur memikat ini, antara lain, Gadong-gado Padang, Selada Bangka, Pelecing Kangkung, Rujak Juhi, Selada Pengantin, dan Rujak Cingur.

 

Kesimpulan

Bagaimana? Apa Grameds sudah cukup ngiler dengan berbagai ilustrasi sayur gori ndeso yang Gramin letakkan di atas? Jangan lupa juga untuk menambahkan variasi lauk lain sebagai teman makan keluarga di rumah. Selamat recook dan mencoba langsung kelezatan sayur yang satu ini!

Oh iya, jika kamu tertarik dengan berbagai buku resep masakan sayur yang Gramin rekomendasikan sebelumnya, yuk langsung aja capcus ke website toko buku kesayangan kalian semua di Gramedia.com! Tidak hanya resep masakan sayur-mayur dan lauk-pauk, kita juga menyediakan buku resep lainnya yang mungkin saja sedang kamu butuhkan.

Ketika kamu sudah mau check out, pastikan juga untuk mengecek halaman promo karena Gramedia.com selalu menghadirkan promo terbaik untuk para pelanggan kesayangannya. Semoga artikel ini bermanfaat yaa!

 

Penulis: Ivory Ayeisha Namira

Sumber : theatlantamall


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 52 / 58
  • Tidak
    10% 10% 6 / 58


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu