in

Menu Bakaran Frozen Food: Sajian Praktis untuk Momen Spesial

Hai, Grameds! Siapa bilang masak makanan enak itu harus ribet? Dengan frozen food, kamu bisa menikmati menu bakaran yang praktis dan lezat tanpa perlu repot. Tinggal keluarkan dari freezer, panggang sebentar, dan voila! Makanan istimewa siap dihidangkan. Menu bakaran frozen food ini juga cocok untuk berbagai momen spesial seperti malam tahun baru, barbeque party, atau kumpul keluarga di akhir pekan. Yuk, kita bahas bagaimana frozen food bisa jadi bintang di meja makanmu!

 

Kenapa Memilih Frozen Food untuk Menu Bakaran?

Berikut beberapa alasan mengapa frozen food merupakan pilihan yang tepat untuk menu bakaran:

1. Praktis dan Cepat 

Salah satu alasan utama memilih frozen food untuk menu bakaran adalah kepraktisannya. Tidak perlu lagi repot mempersiapkan bahan dari nol atau menghabiskan banyak waktu di dapur.

Cukup keluarkan dari freezer, siapkan panggangan, dan dalam hitungan menit, makanan lezat sudah siap disantap. Ini sangat cocok buat kamu yang punya jadwal padat, tetapi tetap ingin menikmati makanan enak tanpa harus mengorbankan banyak waktu.

 

2. Tersedia Banyak Pilihan Rasa dan Jenis Makanan

Frozen food menawarkan beragam pilihan rasa dan jenis makanan yang bisa disesuaikan dengan selera. Mulai dari sosis, bakso, fishroll, chikuwa, crabstick—semua bisa diolah menjadi menu bakaran yang menggugah selera. Kamu bisa berkreasi dengan berbagai macam bumbu dan saus untuk menambah cita rasa makanan.

Jadi, tidak perlu khawatir kehabisan ide menu karena selalu ada yang baru untuk dicoba.  Keunggulan dari frozen food adalah kualitas makanan yang tetap terjaga. Selama penyimpanannya benar, frozen food bisa bertahan dalam waktu yang lama tanpa mengurangi kualitas rasanya.

Tipsnya, pastikan frozen food disimpan dalam suhu yang tepat dan tidak dibiarkan terlalu lama di luar freezer sebelum dimasak. Dengan begitu, makanan tetap fresh dan enak saat dihidangkan.

Frozen food adalah pilihan tepat untuk menemani momen-momen spesialmu. Baik itu perayaan malam tahun baru yang meriah, barbeque party bersama teman-teman, atau kumpul keluarga di akhir pekan, menu bakaran frozen food selalu bisa diandalkan untuk menyajikan hidangan yang lezat dan praktis.

 

Dengan kemudahan dan kelezatan yang ditawarkan, tidak heran jika menu bakaran frozen food menjadi pilihan favorit untuk berbagai momen spesial.

Home Made Frozen Food

Makanan yang diawetkan yang saat ini tengah populer di masyarakat adalah frozen food atau makanan beku. Makanan jenis ini dapat dengan mudah Anda temukan di pasar swalayan atau toko bahan makanan. Pembekuan makanan merupakan proses penurunan suhu bahan makanan hingga bagian dalam bahan makanan tersebut memiliki suhu tidak lebih dari -18C. Dalam kondisi beku ini, bahan makanan menjadi awet karena mikroba tidak dapat tumbuh dan enzim tidak aktif. Hasilnya, daging dapat disimpan selama 12 hingga 18 bulan, ikan dapat disimpan selama 8 hingga 12 bulan, dan buncis dapat disimpan selama 12 hingga18 bulan.Sebenarnya, mengawetkan makanan dengan cara membekukannya sangat mudah dan murah untuk dilakukan. Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang beragam teknologi pembekuan makanan, contoh penyimpanan makanan beku, dan 20 contoh resep masakan dengan bahan makanan beku dalam buku, Homemade Frozen Food, Cara Praktis dan Sehat Mengawetkan Makanan di Rumah, karya Yuyun Alamsyah ini.

 

Rekomendasi Menu Bakaran Frozen Food yang Menggugah Selera

(Sumber foto: www.pexels.com)

Mencari menu bakaran yang praktis dan lezat untuk momen spesialmu? Frozen food bisa jadi solusinya! Berikut beberapa rekomendasi menu bakaran frozen food yang mudah ditemukan dan pasti disukai banyak orang. Yuk, kita lihat apa saja pilihannya!

1. Sosis

Sosis menawarkan cita rasa gurih yang nikmat dan cocok untuk menu bakaran frozen food. Dengan tekstur yang juicy dan aroma yang menggoda saat dipanggang, sosis ini pasti menjadi favorit semua orang di acara barbeque-mu.

2. Bakso

Bakso  memberikan sensasi kenyal dan rasa daging yang kaya. Dibakar dengan saus BBQ, bakso bakaran ini menghadirkan rasa manis dan gurih yang maksimal, sempurna untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

3. Crab Stick

Crab stick, dengan cita rasa laut yang autentik, sangat cocok untuk menu bakaran frozen food. Dipanggang hingga sedikit kecoklatan, crab stick ini akan menjadi camilan yang lezat dan renyah.

4. Chikuwa

Chikuwa  adalah pilihan unik untuk menu bakaran. Dibuat dari ikan yang dihaluskan dan dibentuk, chikuwa memiliki tekstur kenyal yang lezat saat dipanggang, cocok untuk variasi di acara bakaranmu.

5. Otak-otak

Otak-otak dengan rasa ikan yang khas dan aroma daun pisang yang harum ketika dibakar, menjadikannya pilihan sempurna untuk menu bakaran frozen food. Cita rasanya yang gurih pasti memanjakan lidahmu.

6. Nugget

Nugget tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Dipanggang hingga renyah, nugget ini menjadi camilan praktis dan lezat yang cocok untuk menu bakaran di setiap acara.

7. Kornet

Kornet dengan rasa daging yang kaya dan tekstur yang lembut, bisa menjadi variasi menarik untuk menu bakaran frozen food. Panggang hingga kecoklatan dan nikmati kornet yang gurih dengan saus favoritmu.

8. Dumpling

Dumpling  menawarkan perpaduan rasa daging dan sayuran dalam balutan kulit yang tipis. Saat dipanggang, dumpling ini memberikan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, cocok untuk menu bakaran yang istimewa.

9. Fish Roll

Fish Roll, dengan rasa ikan yang lembut dan sedikit manis, sangat cocok untuk dipanggang. Menu bakaran frozen food ini menawarkan tekstur yang kenyal dan aroma yang menggugah selera.

10. Salmon Ball

Salmon ball menghadirkan cita rasa ikan salmon yang kaya dan lezat. Saat dipanggang, salmon ball ini memberikan tekstur yang juicy dan rasa yang memanjakan lidah, cocok untuk menu bakaran yang spesial.

11. Chicken Wings

Chicken wings selalu menjadi favorit di setiap barbeque. Dipanggang hingga renyah di luar dan lembut di dalam, sayap ayam ini sempurna untuk menu bakaran frozen food yang menggugah selera.

12. Scallop

Scallop frozen food memberikan cita rasa laut yang manis dan lembut. Dipanggang dengan sedikit mentega dan bawang putih, scallop ini menjadi hidangan bakaran yang mewah dan lezat.

13. Dimsum

Dimsum dengan berbagai pilihan isi seperti udang, daging, dan sayuran, menjadi menu bakaran yang menarik. Dipanggang hingga kulitnya sedikit renyah, dimsum ini memberikan pengalaman rasa yang berbeda namun tetap lezat.

 

Dengan pilihan menu bakaran frozen food ini, acara barbeque-mu pasti akan menjadi lebih istimewa dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Tips dan Trik Memanggang Frozen Food

Ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu tahu biar hasil bakaran frozen food-mu maksimal. Yuk, kita bahas!

1. Cara Mencairkan Frozen Food dengan Benar

Sebelum memanggang, pastikan kamu mencairkan frozen food dengan benar. Ini penting agar makanan matang merata dan teksturnya tetap enak. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba:

  • Diamkan di Kulkas Semalaman

Cara terbaik adalah membiarkan frozen food mencair perlahan di kulkas semalaman. Ini memastikan makanan tetap dalam suhu aman dan kualitasnya terjaga.

  • Di Air Dingin

Kalau buru-buru, rendam frozen food dalam wadah berisi air dingin. Pastikan makanannya dalam kantong plastik kedap air. Ganti air setiap 30 menit hingga makanan mencair.

  • Microwave

Untuk hasil cepat, gunakan microwave dengan setting defrost. Tapi hati-hati, pastikan tidak ada bagian yang mulai matang saat defrosting.

 

2. Teknik Memanggang agar Makanan Matang Merata

Setelah frozen food mencair, saatnya memanggang. Berikut beberapa teknik agar hasilnya sempurna:

  • Preheat Panggangan

Pastikan panggangan sudah panas sebelum menaruh makanan. Ini membantu menghasilkan permukaan yang renyah dan mencegah makanan menempel.

  • Api Sedang

Gunakan api sedang untuk memastikan makanan matang merata tanpa gosong di luar tapi masih mentah di dalam.

  • Balik Secara Berkala

Jangan lupa untuk membalik makanan secara berkala. Ini penting agar semua sisi matang dengan baik dan tidak ada bagian yang gosong.

  • Jaga Jarak

Jangan terlalu banyak menumpuk makanan di panggangan. Beri jarak agar panas bisa menyebar merata dan makanan matang dengan sempurna.

 

Dengan mengikuti tips dan trik ini, menu bakaran frozen food-mu pasti akan menjadi bintang di setiap acara. Praktis, lezat, dan pastinya disukai semua orang.

 

Bisnis Laris Manis Frozen Food

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Suka harus bangun pagi-pagi buta untuk siapin bekal anak? Kalau bangunnya telat jadi harus buru-buru? Dapur malah jadi kapal pecah?

Nah sekarang para ibu tidak perlu khawatir lagi nih! Anda dapat membuat sendiri makanan beku alias frozen food di rumah. Tidak susah kok! Berbagai macam resep frozen food dapat ditemukan dalam buku resep Bisnis Laris Manis Frozen Food. Mulai dari resep Nugget Udang Pedas, Szechuan Meatballs, Breaded Pop Fish, Fillet Fish & Cheese, Beef Patty Burger, Smoked Beef Quiche, Siomay Ayam, Shrimp Egg Roll, dan masih banyak lagi resep-resep menarik yang lainnya. Melalui buku ini, Anda sekalian akan dituntun untuk memasak dengan praktis. Setelah dibekukan dalam freezer, frozen food yang telah dibuat hanya perlu digoreng atau dikukus sebentar. Selain dapat menghemat waktu di pagi hari, Anda jadi bisa menghemat uang bulanan juga. Ada bonus resep saus cocolannya juga loh!

Buku resep Bisnis Laris Manis Frozen Food sendiri adalah karya dari Sufi S.Yahyono. Beliau telah keluar masuk dapur sejak masih muda. Sampai saat ini, Ibu Sufi telah membuat banyak buku resep seperti 200 Resep Homemade Cakes & Cookies, 210 Resep Masakan Pilihan, 150 Resep Menu Komplit untuk 1 Bulan, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah buku resep Bisnis Laris Manis Frozen Food ini.

 

Kesimpulan

Nah, Grameds, sekarang jadi punya referensi menu bakaran frozen food yang bisa menemanimu di berbagai acara. Frozen food adalah solusi praktis untuk menyajikan menu bakaran yang lezat dan menggugah selera. Dengan berbagai pilihan seperti sosis, bakso, crab stick, chikuwa, otak-otak, nugget, kornet, dumpling, fishroll, salmon ball, chicken wings, scallop, dan dimsum, kamu bisa menciptakan hidangan yang bervariasi dan disukai banyak orang.

Menu bakaran frozen food sangat cocok untuk menemani berbagai acara spesial seperti perayaan tahun baru, barbeque party, atau kumpul keluarga. Selain praktis, menu ini juga bisa disajikan dengan berbagai kreasi bumbu dan saus untuk menambah kenikmatan.

Cobalah menu bakaran frozen food di acara spesialmu berikutnya! Nikmati kemudahan dalam memasak dan kelezatan yang tiada tara bersama keluarga dan teman-teman. Dengan berbagai tips dan trik yang telah dibahas, kamu bisa memastikan hasil panggangan yang sempurna dan menggugah selera. Grameds, kamu juga bisa cek resep-resep menarik melalui kumpulan buku resep yang tersedia di Gramedia.com. Akan tetapi sebelum itu, yuk, cek bonus resep berikut!

 

Bonus: Resep Saus dan Marinasi untuk Bakaran Frozen Food

(Sumber foto: www.pexels.com)

Bikin acara bakaran semakin spesial dengan saus dan marinasi yang nikmat! Berikut ini adalah resep sederhana yang bisa kamu coba untuk menemani bakaran frozen food favoritmu. Dijamin, acara barbeque akan semakin meriah dengan cita rasa yang menggugah selera.

 

Resep Saus BBQ Sederhana

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir saus tomat
  • ¼ cangkir cuka apel
  • ¼ cangkir gula merah
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm mustard
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1 sdt bubuk bawang bombay
  • ½ sdt paprika bubuk
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat Saus BBQ:

  1. Campurkan semua bahan, masukkan ke dalam panci.
  2. Masak dengan api kecil hingga mendidih, sambil diaduk sesekali.
  3. Setelah mendidih, kecilkan api dan masak selama 20 menit hingga saus mengental.
  4. Saus BBQ siap digunakan untuk olesan saat memanggang frozen food.

 

Saus BBQ ini cocok untuk berbagai jenis bakaran frozen food seperti sosis, chicken wings, atau bahkan bakso bakar. Rasa manis, asam, dan sedikit pedasnya akan memberikan cita rasa yang sempurna.

 

Resep Marinasi untuk Frozen Food

Bahan-bahan:

  • ¼ cangkir minyak zaitun
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm madu
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt jahe parut
  • ½ sdt lada hitam

 

Cara Membuat Marinasi:

  1. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk hingga merata.
  2. Rendam frozen food dalam campuran marinasi selama minimal 30 menit. Semakin lama, rasa akan semakin meresap.
  3. Setelah dimarinasi, panggang frozen food sesuai dengan tips memanggang agar matang merata dan hasilnya sempurna.

 

Marinasi ini memberikan rasa yang kaya dan sedikit manis, cocok untuk berbagai jenis frozen food seperti ikan fillet, udang, atau bahkan nugget. Marinasi yang tepat akan membuat bakaran frozen food-mu semakin lezat.

 

Tips Tambahan

  • Eksperimen dengan Bumbu

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan bumbu dan rempah lainnya sesuai selera.

  • Gunakan Waktu Marinasi yang Cukup

Marinasi minimal 30 menit, tetapi jika punya waktu lebih, biarkan semalaman di kulkas untuk hasil terbaik.

  • Jaga Suhu Panggangan

Panggang dengan suhu sedang agar marinasi tidak gosong dan meresap sempurna ke dalam makanan.

 

Dengan resep saus BBQ dan marinasi ini, menu bakaran frozen food-mu pasti akan semakin istimewa. Jadi, siap-siap untuk membuat acara bakaran berikutnya jadi momen yang tak terlupakan! Selamat mencoba!

 

Ceceromed Kitchen – Frozen Food Laris Dijual

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang yang menggemari jenis makanan frozen food. Bahkan, sejak pandemi yang telah melanda dunia, frozen food adalah salah satu jenis makanan yang sangat laris di pasaran. Hal tersebut membuat banyak sekali UKM hingga level industri yang kerap menjajakan makanan jenis frozen food ini. Pada dasarnya, frozen food atau yang sering juga disebut sebagai makanan beku ini adalah jenis makanan cepat saji yang diawetkan dalam teknik pembekuan selama beberapa bulan.

Buku Ceceromed Kitchen ini berisi sekitar 40 resep yang berasal dari video-video yang ada di YouTube Ceceromed Kitchen, dengan jumlah viewer antara 1000 sampai 1 juta leb Semoga buku masak Ceceromed Kitchen ini bisa menjadi inspirasi para ibu rumah tangga dan para pebisnis dunia kuliner.

Sumber : theatlantamall


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 56 / 62
  • Tidak
    9% 9% 6 / 62


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu