in

Resep Punten Pecel Khas Kediri: Ternyata Cara Membuatnya Gampang!

Siapa disini yang senang makan gado-gado atau pecel? Kedua hidangan ini sangat menyehatkan untuk tubuh kita karena berbahan baku rebusan sayur-mayur yang segar. Ditambah lagi dengan tambahan saus kacang gurih dan pedas, dijamin sobat Grameds akan lahap memakannya sampai habis.

Akan tetapi, tahukah kamu, ada pecel yang bukan sembarang pecel. Salah satunya adalah punten pecel. Makanan daerah yang unik ini menyajikan punten, beras yang dipadatkan dengan santan, dan saus khas pecel. Walaupun hidangan ini bisa ditemukan di daerah Kediri atau Blitar, ternyata kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah.

 

Sejarah Hidangan Punten Pecel

(Sumber foto: www.pexels.com)

Sudah lama sejak punten pecel menjadi salah satu ikon dari kota Kediri di Jawa Timur. Seperti yang disebutkan sebelumnya, punten ini sangat mirip dengan lontong atau ketupat karena sama-sama terbuat dari beras. Bedanya, beras ini dimasak berbarengan dengan santen sehingga menghasilkan rasa yang jauh lebih gurih.

Mengkombinasikan punten dan pecel menciptakan rasa yang unik dan sangat lezat sehingga punten pecel cukup dikenal oleh masyarakat di luar Jawa Timur, lho. Biasanya, makanan ini disajikan sebagai sarapan atau pelengkap acara keluarga. Tak jarang, pecel yang satu ini banyak dicari-cari sebagai salah satu masakan dengan cita rasa otentik.

 

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Punten Pecel Khas Kediri

Untuk membuat punten pucel khas Kediri, kamu akan membutuhkan beberapa bahan dan bumbu dapur yang banyak dijual di pasar dan supermarket. Berikut ini adalah daftar lengkap bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Utama Punten

  • 500 gram beras
  • 400 ml santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • Garam secukupnya

Bahan Saus Pecel

  • 200 gram kacang tanah, goreng hingga matang
  • 5 buah cabai rawit, sesuai selera
  • 3 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 50 gram gula merah, serut
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm asam jawa, larutkan dengan sedikit air

Bahan Pelengkap

  • Sayuran rebus (bayam, kacang panjang, dan tauge), secukupnya
  • Tempe goreng, sesuai selera
  • Rempeyek, tambahan perenyah

 

Cara Membuat Punten Pecel Khas Kediri

Ikuti langkah per langkah berikut supaya kamu bisa berhasil membuat punten pucel yang enak dan lezat?

1. Persiapan Beras

Pertama-tama, cucilah beras hingga bersih, kemudian tiriskan. Kukus beras seperti hingga setengah matang selama 15 menit.

2. Memasak Beras dengan Santan

Setelah beras dimasak dengan setengah matang, pindahkan beras tersebut ke dalam panci lainnya. Kemudian tambahkan bahan-bahan lain seperti santan kental, daun salam, dan garam. Aduklah hingga semua bahan ini merata.

Masaklah beras dengan api kecil dan aduk terus supaya masakan kamu tidak gosong. Tunggu hingga santan benar-benar meresap dan berasnya matang dan bertekstur lebih padat.

3. Mendinginkan dan Memotong Punten

Setelah matang, angkat nasi dan pindahkan ke wadah dengan permukaan datar. Tekan-tekan nasi hingga rata dan biarkan sampai dingin. Potong-potong nasi sesuai selera kamu ya!

4. Menghaluskan Bahan untuk Saus Pecel

Dengan blender atau ulekan, haluskan kacang tanah yang sudah digoreng. Ulek cabai rawit, cabai merah, bawang putih, kencur, serta daun jeruk hingga teksturnya halus.

5. Membuat Saus Pecel

Kemudian, campurkan bumbu halus dengan kacang tanah halus. Tambahkan juga gula merah, garam, dan asam jawa. Aduk hingga semuanya merata. Jika dirasa teksturnya terlalu kental, tambahkan sedikit air matang dan aduk kembali.

6. Penyajian dan Sentuhan Akhir Punten Pecel

Siapkan piring saji, letakkan beberapa potong punten. Tambahkan berbagai olahan sayuran rebus di sekitar punten. Kamu bisa memilih untuk langsung menyiramnya dengan saus pecel atau menyediakannya di mangkuk tersendiri.

Untuk menambah kelezatannya, sebaiknya kamu tambahkan tempe goreng dan peyek sebagai pelengkap. Nikmati kelezatannya bersama keluarga selagi masih hangat-hangat!

 

Rekomendasi Buku Resep Masakan tentang Pecel dan Sayur

(Sumber foto: www.pexels.com)

Itu dia cara memasak punten pecel ala Kediri. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Kalau kamu tertarik dengan berbagai hidangan sayur-sayuran, coba deh temukan resep-resep sayur serupa lainnya dalam beberapa buku yang direkomendasikan ini! Yuk, di cek dulu!

1. Step by Step 25 Resep Lodeh & Hidangan Sayur ala Sisca Soewitomo

Step by Step 25 Resep Lodeh & Hidangan Sayur ala Sisca Soewitomo

Siapa yang tidak mengenal Sisca Soewitomo? Seorang pakar kuliner Nusantara yang telah malang melintang di dunia kuliner sejak usia belia. Lebih dari 100 acara demo masak sudah dilakukannya. Disamping itu, beliau juga pernah membawakan program memasak kuliner Nusantara di salah satu stasiun televisi swasta dari tahun 1997 hingga 2008. Beliau juga menjadi food stylist berbagai iklan produk makanan serta menjadi demo masak. Toh, di sela-sela jadwalnya yang sangat padat, beliau juga menyempatkan diri menuliskan resep-resep andalannya kedalam buku masak. Karya-karya beliau berupa buku masak juga yang telah diterbitkan sebanyak lebih dari 100 judul yang sebagian besar masuk ke dalam kategori buku masak best seller. Buku ini berisi 25 resep lodeh dan hidangan sayur yang pastinya digemari banyak orang, dengan cita rasa yang enak dan terbaik. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan foto step by step yang semakin memudahkan kita untuk mempraktikkan resep ini dengan baik. Para pecinta kuliner dan pengusaha jasa boga serta restoran yang ingin mengeksplorasi khazanah kuliner Nusantara dan Mancanegara wajib untuk memiliki buku ini. Dijamin, resep-resep ini akan membuat masakan para ibu di Indonesia menjadi luar biasa.

 

2. Katjang Tjina” dalam Kuliner Nusantara: Sejarah Kultural Pecel, Pecak, Rujak, Gado-Gado dan Sambal Kacangnya

Katjang Tjina” dalam Kuliner Nusantara

Tahukah bedanya Pecel dan Pecak? Samakah Pecel Ayam dan Pecel Lele? Apa hubungan Rujak Cingur dan Pecel Sayur? Kenapa pecel mudah ‘selingkuh’ dengan kuliner lain? Buku ini akan membawa kita menelusuri etimologi kata pecel dari para tukang pecel masa lampau dalam prasasti dan Kakawin Jawa Kuno, lalu bersama Cebolang menelusuri pecel desa, kampung, dan kota Serat Centhini yang ditulis pada abad 19. Demi menikmati sepincuk pecel beralaskan daun pisang atau jati dari Mbok Pecel keliling dengan bakul rinjing di punggungnya di Stasiun Cornelis Batavia, 1919 hingga disajikan dengan piring plastik di abad 21. Sembari membincang kacang tanah yang menjadi bumbu inti pecel sayuran yang menyehatkan ini.

 

3. Menu Harian Praktis : Lauk Sayur Dan Dessert

Menu Harian Praktis

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Menyajikan menu harian sekarang tak lagi menjadi pusing. Pilihan menu harian yang beragam, bahan yang mudah ditemu, dan kepraktisannya dalam mengolah menjadikan buku ini reverensi andalan bagi Anda.

25 resep harian mulai dari Ayam Bumbu Rujak, Cah Sawi Wren, Bihun Kuah Pedas, Ceker Masak Kecap, Lele Acar Kuning, Nasi Bakar, Sosis Asam Manis, Soup Oyong, hingga menu pendamping seperti Es Ketan dan Kroket Tape hadir di buku ini.

Panduan yang lengkap, mudah, dan praktis, bukan?! Tunggu apa lagi, jadilah koki andalan di rumah sekarang juga! Selamat mencoba!

 

4. Aroma Rasa Kuliner Indonesia – Sajian Sayur Segar & Rebus

Aroma Rasa Kuliner Indonesia

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Bagi Anda penggemar sajian sayur atau yang ingin bergaya hidup sehat, inilah koleksi resep sajian sayur khas Indonesia yang pantas dimiliki. Sebanyak 25 resep sajian sayur dalam buku ini sebagian besar adalah kelompok salad khas Indonesia. Disebut salad, karena sayuran diolah dengan cara mentah atau rebus, lalu disajikan bersama saus.

Kekayaan cita rasa dan tekstur salad khas Indonesia ini bisa dilihat dari pemakaian jenis sayuran khas seperti bunga Turi, Lamtoro (petai Cina), bunga Genjer, daun pakis muda, daun papaya muda, batang kencur muda, peria; dan juga dari keragaman saus pendampingnya yang, antara lain, dibuat dari saus kacang, saus santan, sambal tomat, sambal taoco.

Penasaran? Coba saja sajian sayur memikat ini, antara lain, Gadong-gado Padang, Selada Bangka, Pelecing Kangkung, Rujak Juhi, Selada Pengantin, dan Rujak Cingur.

 

5. 100 Resep Hidangan Sayur

100 Resep Hidangan Sayur

Sayur mayur merupakan jenis makanan penting bagi kesehatan kita untuk menjaga kesehatan. Sayuran hijau seperti daun selada, bayam, buncis, kangkung, daun singkong, daun pepaya, dan yang lainnya ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan. Yang tak kalah penting, kandungan antioksidan dan serat alami dalam sayuran hijau akan menjaga kesehatan dan melancarkan saluran pencernaan. Hal ini akan memudahkan sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna keluar dari tubuh sehingga tak sempat mengendap dan menimbulkan penyakit.

Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor. Klorofil (zat hijau daun) pada sayuran hijau menurut penelitian para ahli gizi, bermanfaat merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia. Selain itu klorofil juga mampu berfungsi sebagai pembersih alamiah (mendorong terjadinya detoksifikasi); antioksidan yang akan menetralkan radikal bebas sebelum menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh; antipenuaan dan antikanker.

Kini saatnya tidak perlu “”bingung”” membuat menu sayuran di meja dapur keluarga Anda. Miliki buku ini, praktikkan resep-resepnya. Ada hidangan sayur yang kering berupa tumisan, berkuah bening dan kuah santan. Ada yang diracik dengan berbagai bumbu rempah hingga daun-daunan beraroma khas. Ada yang berupa gulai yang dimasak dengan aneka rempah serta santan kelapa kental. Dan ada pula yang merupakan perpaduan rasa gurih dan pedas.

Sekitar 100 resep hidangan sayur masakan berikut ini sungguh layak dicoba. Serta dijadikan pilihan sebagai menu santapan favorit keluarga. Ayo bersahabat dengan sayur!

 

Kesimpulan

Punten Pecel khas Kediri adalah salah satu hidangan tradisional yang kaya akan cita rasa dan mudah untuk dibuat. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang praktis, Grameds bisa menghadirkan kuliner khas Kediri di rumah. Semoga resep ini bermanfaat dan dapat menambah inspirasi masakan harian Grameds di rumah. Selamat mencoba dan menikmati Punten Pecel khas Jawa Timur yang lezat dan autentik!

Oh iya, kalau kamu tertarik dengan berbagai buku resep masakan sayur yang Gramin rekomendasikan sebelumnya, yuk langsung aja saja ke website toko buku kesayangan kalian semua di Gramedia.com! Tidak hanya resep masakan sayur-mayur dan lauk-pauk, kita juga menyediakan buku resep lainnya yang mungkin saja sedang kamu butuhkan.

Ketika kamu sudah mau check out, pastikan juga untuk mengecek halaman promo karena Gramedia.com selalu menghadirkan promo terbaik untuk para pelanggan kesayangannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Penulis: Ivory Ayeisha Namira

Sumber : theatlantamall


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 56 / 62
  • Tidak
    9% 9% 6 / 62


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu